Tips

Haruskah kita membuat resolusi tahun baru?

Tahun baru, resolusi baru! Apa harus selalu seperti itu? Apa kita masih perlu membuat resolusi tahun baru? Kalau iya, bagaimana cara membuat resolusi yang baik? Bagaimana supaya bisa tercapai?

Para ahli psikologi mengungkapkan, agar resolusi tahunan yang dibuat bisa tercapai, kita harus membuat resolusi dengan tujuan yang spesifik, terarah dan memiliki tenggat waktu untuk mewujudkan resolusi tersebut.

Professor Richard Wiseman dari University of Hertfordshire menyebut dalam penelitiannya bahwa dari 5000 orang yang membuat resolusi tahunan, kebanyakan dari mereka gagal memenuhi resolusi yang telah mereka buat. Hal ini terjadi karena mereka tidak memiliki arahan untuk mewujudkan rencana yang ada. Sehingga rencana-rencana yang ada pada resolusi mereka terasa berat untuk diwujudkan. Berikut ini 10 tips dari Professor Richard Wiseman agar resolusi tahunan yang dibuat bisa segera tercapai:

Bikin Resolusi itu Tak Perlu Banyak-Banyak, Cukup Satu Resolusi

pilihan

Ini hal paling keliru yang sering kita lakukan. Membuat resolusi tahun baru dalam daftar yang sangat panjang. Satu resolusi saja sudah cukup untuk tahun baru yang lebih baik. Semakin sedikit resolusi yang kita buat, semakin besar energi dan tekad kita yang terfokus untuk mewujudkan resolusi tadi. Buatlah satu resolusi besar yang punya poin pelaksanaan banyak dan berpengaruh terhadap seluruh kehidupan kita.

Resolusi Jangan Dibuat Pakai Sistem Kebut Semalam

malam tahun baru

Resolusi adalah perencanaan. Jadi jangan membuat resolusi sesaat ketika malam tahun baru. Tak usah menunggu malam tahun baru untuk membuat daftar resolusi yang ingin dicapai. Resolusi yang baik adalah resolusi yang menunjukan apa yang benar-benar Anda ingin capai atau perbaiki di tahun depan. Pikirkanlah dengan tenang apa yang benar-benar Anda mau dan ingin wujudkan di tahun baru mendatang dari jauh-jauh hari sebelum pergantian tahun.

Resolusi Tahun Lalu Sudah Basi, Jangan Digunakan Lagi

resolusi 2015

Mengapa demikian? Mengulang resolusi tahun lalu yang tak terwujud hanya akan menimbulkan penyesalan dan rasa bersalah pada diri kita. Karena kita pasti akan menyalahkan diri sendiri tentang mengapa resolusi tersebut tak bisa terwujud. Jadi, dari pada hanya berfokus pada rasa sesal dan bersalah, lebih baik kita menghindari hal tersebut dengan membuat daftar resolusi baru.

Jangan ikut-ikutan latah, buatlah resolusi berdasarkan pada apa yang diinginkan

barang barang

Jangan membuat resolusi karena mengikuti orang banyak atau teman. Serta jangan pula membuat resolusi yang umum-umum saja. Buatlah resolusi yang sesuai kehendak hati Anda. Hal apakah yang benar-benar Anda ingin wujudkan di hidup Anda tahun mendatang.

Jangan Cuma Ide, Buat Arahan yang Jelas Tentang Cara Mewujudkannya

arahan jelas

Setelah menentukan resolusi apa yang diinginkan, jangan lupa untuk menuliskan arahan-arahan apa saja yang bisa dilakukan untuk mewujudkan resolusi tersebut. Susunlah langkah-langkah nyata yang harus dilakukan, tentukan tenggat waktu dan pantau resolusi kita, sudah seberapa jauh pencapaiannya.

Beritahu teman dan keluarga, supaya mereka bisa ikut membantu

pasangan

Memberitahu teman dan keluarga mengenai resolusi yang telah dibuat bisa sangat membantu loh. Di saat lupa atau capek dengan resolusi yang dibuat, teman dan keluarga bisa menjadi pengingat dan penyemangat.

Sudah fokus saja pada hasil yang akan didapat dan berikan reward untuk diri sendiri

reward

Memikirkan hasil yang akan diraih saat semua usaha dan upaya sudah dilakukan, bisa menjadi suntikan energi dalam mewujudkan resolusi yang telah dibuat.

Ketika resolusi sudah terwujud, jangan lupa untuk memberikan diri kita reward. Hal ini akan menambah kepercayaan diri agar bisa terus mewujudkan resolusi-resolusi yang ada.

Pantau terus yang sudah dikerjakan

memantau

Memantau apa yang sudah dilakukan untuk mewujudkan resolusi yang ada sangat penting. Dengan begitu kita bisa melihat sudah sampai sejauh mana usaha dan upaya yang dilakukan.

Maju terus

nasehat

Dalam usaha mewujudkan resolusi, pasti akan ada kegagalan. Namun, jangan jadikan hal tersebut alasan untuk berkecil hati. Kegagalan bukan alasan untuk menghapus resolusi yang sudah dibuat, evaluasi diri dan lanjutkan kembali tujuan yang sudah dibuat.

1 Comment

1 Comment

  1. Nusantara Adhiyaksa

    February 17, 2017 at 4:03 pm

    Move On 2017 dah …
    selalu berusaha dan berupaya menjadi yang terbaik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top