Feature

Pilihan Beladiri Praktis untuk Pria Metropolis

Padatnya aktivitas kerja membuat kegiatan setiap hari terkesan monoton. Apalagi untuk kita yang menghabiskan separuh waktu untuk menunggu di tengah kemacetan saat berangkat atau pulang bekerja. Setiap hari kita harus melakukan aktivitas yang dirasa terjadi berulang kali dan terasa sama.

Bahkan karena kesibukan ini, kita sampai lupa untuk merawat dan menjaga kesehatan tubuh. Untuk olahragapun tak sempat. Padahal selain membuat bentuk tubuh yang ideal, olahraga juga berguna untuk menjaga agar tubuh kita tetap bugar.

Terutama untuk pria metropolis, olahraga yang baik salah satunya adalah beladiri praktis. Selain menjaga tubuh, jago beladiri juga untuk meningkatkan kualitas diri di depan para perempuan idaman loh. Tanpa menghabiskan banyak waktu, simak beberapa referensi olahraga beladiri ini.

Krav Maga Beladiri ala militer Israel

krav maga

Fokus utama dari pelajaran beladiri ini adalah menghindari konflik, bukan langsung memberikan perlawanan. Gerakannya pun tak seindah yang kita lihat di layar kaca, karena memang gerakan dibuat sesederhana mungkin. Yang utama adalah melumpuhkan lawan dan pertahanan terbaik adalah menyerang.

Dikembangkan oleh pasukan militer Israel, dan difokuskan kepada tempat tempat di daerah perkotaan seperti rumah, gedung hingga jalanan padat dan gang sempit. Saat di awal pembelajaran, pastilah kita diajarkan untuk menghindari konflik dan lari.

Gerakan utama krav maga berfokus pada area mata, leher dan persendian. Sebenarnya kombinasi ini agak tabu diajarkan di beladiri lainnya. Namun, beladiri ini termasuk disarankan karena gerakannya sederhana.

MMA Beladiri Yang Super Lengkap

mma

MMA adalah singkatan dari Mixed Martial Art yang artinya beladiri ini tidak berfokus pada satu cabang ilmu saja. MMA menggabungkan seni beladiri seperti Mhuay Thai boxing, tinju dan gulat.

Ketika itu di awal tahun 1990-an, terdapat ajang bertajuk Ultimate Figthing Championship yang mempertemukan ahli-ahli beladiri. Beladiri ini muncul karena melihat keterbatasan seni beladiri tradisional yang bertarung dalam even tersebut. Tinju misalnya tak bisa berkutik ketika bertarung dilantai. Sebaliknya gulat tak sanggup melawan tendangan kencang Thai Boxing. Dari sinilah kemudian muncul beladiri MMA.

Di Indonesia sendiri, MMA berkembang sejak tahun 2012 berawal dari ketika Indonesia menjadi tuan rumah untuk ajang MMA dunia. Perkembangannya tidak seperti beladiri lain yang berlatih dilapangan atau dojo. MMA biasa berlatih diarena yang sejuk dan nyaman macam Gym.

TARUNG DRAJAT : ANDALKAN OTAK dan KECERDASAN

tarung derajat

Seni beladiri asli Indonesia ini diciptakan oleh Achmad Derajat asal Jawa Barat. Pada tingkat awal, latihan fisik pun memiliki porsi yang banyak, sehingga tak heran jika pada level dasar sudah bisa melakukan latihan fisik misalnya push up, sit up dalam jumlah banyak.

Meski terlihat keras, tapi ternyata tarung drajat mengutamakan otak dan kecerdasan. Artinya kita harus pintar melihat situasi dan memilih gerakan yang tepat dalam waktu yang singkat. Pada latihan tarung drajat, latihan reflex diutamakan dibandingkan penguasaan jurus.

Sekarang pun, tarung drajat bukan hanya digunakan untuk latihan personil ke personil. Tapi dengan melihat fungsinya, tarung drajat dijadikan standar latihan militer di Indonesia khususnya TNI angkatan darat.

MENJADI BRUCE LEE dengan WING CHUN

wing-chun

Kalau sudah menonton IP Man, pasti pernah mendengar perguruan beladiri Wing Chun. Beladiri ini menitik beratkan pada kemampuan refleks. Sekalipun refleks, Wing Chun tetap mengutamakan sifat rileks sekalipun saat menghadapi lawan.

Senjata utama dari Wing Chun adalah kepalan tangan, kaki dan sikut. Namun tidak seperti beladiri biasanya, gerakan Wing Chun sangatlah lentur dan mengalir sehingga pegiat Wing Chun lebih cepat memberikan serangan pada lawan.

Karena kemampuan setiap individu berbeda beda, pastinya membutuhkan waktu yang berbeda untuk belajar beladiri. Namun, beladiri ini sangat cocok bagi kaum adam yang sibuk di tengah hiruk pikuk perkotaan. Jangan mau kalah sama perempuan yang sekarang sudah jago melindungi dirinya ya!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top