Tips

Pijatlah kakimu setiap malam

Tak banyak orang yang menyadari bahwa telapak kaki merupakan sumber dari segala syaraf yang ada dalam tubuh. Maka dari itu, sangat dianjurkan loh untuk secara rutin memijat kaki kita di malam hari. Manfaat apa saja sih yang bisa Kita dapatkan dari memijat kaki rutin setiap malam? Berikut ini penjelasannya

Coba Rasakan Sensasinya Pijat Kaki Bisa Merelaksasi Tubuh Dengan Baik

hak rekreasi

Memberikan pijatan rutin pada kaki Kita di malam hari akan sangat berguna untuk merelaksasi tubuh Kita, sehingga di pagi hari Kita akan bangun dengan tubuh yang terasa lebih bugar. Tubuh yang terelaksasi dengan baik tentu akan memberikan Kita kekuatan lebih untuk menghadapi dan menjalani seluruh rutinitas Kita.

Tak Cuma Fisik Luar, Pijat Kaki Meningkatkan kinerja organ-ogan dalam tubuh Kita

otak

Sumber: health.kompas.com/shutterstock

Seperti yang sudah dikatakan bahwa semua syaraf-syaraf yang ada dalam tubuh, berpusat pada telapak kaki kita. Memberikan penekanan pada area-area tertentu bisa menstimulasi organ-organ dalam tubuh Kita agar berfungsi lebih baik lagi.

Seperti memberikan pijatan lembut di area jempol kaki, hal tersebut akan memberikan stimulasi pada organ paru-paru dan otak agar berfungsi lebih baik lagi. Selain itu, memberikan pijatan pada jari telunjuk kaki, jari tengah kaki, dan jari manis kaki sangat bagus untuk menstimulasi organ gigi. Sementara itu memberikan pijatan pada jari kelingking kaki bisa menstimulasi kinerja organ telinga sekaligus mengatasi rasa sakit di telinga Kita.

Maka tak ada salahnya mulai mencoba memijat rutin kaki Kita setiap malam sehingga kerja organ-organ dalam tubuh Kita akan semakin baik dan tentu menjadikan Kita pribadi yang lebih sehat pula.

Meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh Bisa Lewat Pijat Kaki

sirkulasi darah

Selain memberikan stimulasi baik pada organ-organ dalam tubuh, memijat telapak kaki Kita akan meningkatkan peredaran darah dalam tubuh juga. Sehingga Kita akan merasa tubuh Kita menjadi lebih seimbang, Kita pun tak akan mudah merasa lelah. Lancarnya peredaran darah dalam tubuh bisa meminimalisir kelelahan pada kaki Kita. Selain itu, sirkulasi darah yang bagus pun akan membuat tidur Kita menjadi lebih berkualitas sehingga di pagi harinya Kita akan merasa lebih sehat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Ini Kenapa Kamu Terlihat Lebih Menarik Jika Foto Bersama Kawanmu

Kamu termasuk orang yang merasa sulit mendapatkan foto terbaik ketika melakukan swafoto alias selfie? Merasa diri kurang menarik dan menjadi tak percaya diri untuk menaikan foto di sosial media? Sebetulnya, ada cara cepat dan paling mudah untuk terlihat lebih menarik ketika difoto.

Caranya? Dengan mengambil foto bersama-sama kawanmu alias group selfie. Yup, beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa seseorang bisa terlihat jauh lebih menarik ketika dia berfoto bersama orang lain. Hal ini dikenal dengan sebutan Cheerleader effect.

Coba simak penelitian Drew Walker dan Edward Vul dari University of California, San Diego. Mereka melakukan penelitian sejumlah foto orang. Beberapa disajikan sendiri (selfie) dan sebagian disajikan bersama-sama (group selfie).

Hasilnya? Dalam percobaan manapun dan melibatkan individu yang manapun semua menghasilkan kesimpulan yang sama. Mereka-mereka yang muncul di foto bersama orang lain, cenderung dinilai lebih menarik oleh para responden. Bahkan gabungan dari foto-foto selfie yang ditampilkan secara bersama-sama pun punya efek yang sama menariknya.

Kenapa bisa begitu? Menurut Drew Walker, sistem otak manusia akan membuat indra pengelihatannya menilai penampilan seseorang secara rata-rata jika melihat foto bersama-sama. Nah, menariknya lagi secara sosial manusia lebih mudah menerima sesuatu yang rata-rata dibandingkan sesuatu yang terlihat “sangat jelek” atau “sangat menarik”.

Tapi kamu lebih pilih mana? Selfie vs Group Selfie?

Kendati begitu, tidak semua orang merasa kesulitan mendapatkan foto terbaik dirinya bukan? Kamu termasuk mereka yang percaya diri untuk muncul sendiri ketika foto? Atau kamu lebih nyaman untuk melakukan group selfie?

Nah, OPPO saat ini sedang mengadakan kontes Selfie VS Group Selfie untuk mencari momen terbaik kamu. Hadiahnya juga seru, Smartphone terbaru dari OPPO. Penasaran mau ikutan?

Caranya mudah!
1. Kamu like dulu fan page OPPO Indonesia.
2. Kemudian buka aplikasi berikut ini dan klik “Ikuti Promosi ini”
3. Isi data diri dengan lengkap dan benar.
4. Klik tombol langkah berikutnya
5. Lalu ikuti Votingnya apakah kamu lebih suka memilih Group Selfie atau Selfie
6. Klik Confirm
7. Masukan alasan kenapa kamu memilih itu
8. Kirim foto selfie kamu atau group selfie bersama temanmu
9. Mengirimkan foto bisa melului dua cara. Memilih foto dari album facebook kamu atau memilih foto baru. Lalu klik selanjutnya.
10. Berikan judul #OPPOF3Plus #BestDualMoment kemudian klik confirm
11. Klik posting
12. Share Campaign ini ke teman-temanmu dengan tag OPPO Indonesia (@IndonesiaOPPO)

Yuk ikut kompetisinya!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Katanya Terlalu Banyak Menonton TV Bisa Bikin Bodoh

Sebuah studi menemukan orang yang sering menonton TV dua kali lebih mungkin mengalami penurunan kesehatan mental. Penelitian ini dilakukan oleh Universities of California and San Francisco, yang menemukan hubungan antara menonton televisi dengan penurunan fungsi kognitif. Penelitian yang dipublish di JAMA Psychaiatry Journal ini mengungkapkan bahwa orang yang sering menonton televisi cenderung mengalami penurunan kempuan ketika dihadapkan pada tes intelegensia.

Penelitian ini melibatkan responden sebanyak 3247 orang dewasa yang berusia antara 18 sampai 30 tahun. Mereka yang yang terliibat dikategorikan berdasarkan berapa sering mereka menonton televisi. Dari kategori ini kemudian diuji kemampuan olah informasinya dan kemampuan komunikasinya.

Hasilnya disimpulkan hanya empat jam saja menonton televisi sudah menurunkan kapasitas intelejensia kamu. Kenapa? Cobalah simak beberapa alasannya berikut ini.

Kurangnya Aktivitas Fisik, Membuat fungsi Kognitifmu menurun

Duduk manis atau tiduran di sofa merupakan posisi yang nyaman saat menonton televisi. Tentu saja kita akan berdiam diri dalam jangka waktu yang lama. Artinya, aktivitas fisik yang kita lakukan sangatlah rendah. Perilaku seperti ini ternyata meningkatkan penurunan fungsi kognitif manusia. Kecepatan memproses informasi menjadi berkurang. Hal ini tentu memperburuk kemampuan respon yang dilakukan oleh otak kita.

Semakin Lama Menonton, Semakin Sedikit Kesempatan Menimba Ilmu

orang tua baca buku

Semakin lama durasi menonton televisi, semakin berkurang pula waktu untuk kegiatan lainnya. Belajar bukan hanya untuk mereka yang di usia sekolah bukan? Kita pun masih harus banyak menyerap informasi, dan dengan menonton televisi kesempatan kita melakukannya menjadi lebih sedikit.

Tidak Bisa Konsentrasi Penuh Akibat Jam Tidur Berkurang

Kamu Kecanduan Drama Korea? Menonton acara televisi yang menarik seperti inimembuat kita penasaran dan enggan untuk segera mengakhirinya. Akibatnya lamanya jam tidur menjadi berkurang, badan terasa kurang nyaman dan suasana mengantuk. Kegiatan yang kita lakukan keesokan harinya menjadi tidak lancar akibat kurangnya konsentrasi.

Kapan Terakhir Kamu Lihat Acara Mendidik Di Televisi?

Tidak jarang pula acara televisi yang menampilkan kekerasan, bulliying dan trend yang tidak mendidik. Banyak tindakan kriminal yang ditampilkan malah mendatangkan ide untuk ikut melakukannya. Kebobrokan moral terlihat biasa saja. Akibatnya, banyak yang malah mencontoh hal-hal yang tidak baik. terlebih anak-anak yang tidak didampingi orangtua. Hati-hati, televisi pun bisa jadi bumerang.

Menonton TV Di Rumah Membuat Dirimu Tak Kreatif

bijak menulis

Liburan biasanya didominasi oleh kegiatan nonton televisi, salah satu hiburan yang paling mudah didapat. Padahal akan lebih baik jika mau meluangkan waktu untuk melakukan hal lain yang lebih bermanfaat. Misalnya kegiatan sosial, ikut kursus, travelling, dan beragam kegiatan yang mendatangkan banyak inspirasi. Daripada Cuma nonton, pengalaman langsung di lapangan pasti lebih berbeda.

Kurangnya Sosialisai Membuat Makna Hidup Banyak Terlewatkan

teman

Manusia pada masa ini diibaratkan terperangkap dalam dunia yang ia ciptakan sendiri, yaitu berbagai teknologi seperti televisi. Kalau Cuma di rumah, kamu tidak sadar apa yang sedang terjadi di lingkunganmu sendiri. Kurang berinteraksi dengan orang-orang sekitar membuat kehidupan sosialmu menjadi buruk. Menutup mata seperti ini membuat banyak sekali pelajaran hidup yang terlewatkan.

Banyak sekali penelitian yang mengungkapkan dampak negatif menonton televisi terlalu lama. Bukan Cuma bikin bodoh saja, tapi memicu obesitas dan berbagai penyakit lainnya. Lebih baik segera mengurangi durasi menonton televisi. Buatlah jadwal tertentu untuk menonton televisi, dan batasi beberapa jam saja. Selain menghindari dampak buruknya, lumayan juga untuk menghemat listrik. Manfaat yang kamu rasakan pastinya luar biasa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tips

Cara Mendapatkan Tidur yang Nyenyak dan Berkualitas Tanpa Obat

Setiap orang punya gaya tidur sendiri-sendiri. Ada yang tidur sampai berjam-jam lamanya, meskipun diganggu juga tidak akan bangun. Sebagian lagi cuma bisa tidur sebentar saja karena gampang sekali terbangun. Beberapa orang malah mengaku sulit mendapatkan tidur yang nyenyak, padahal ia sudah berusaha.

Jangankan bisa tidur nyenyak, ngantuk pun tidak. Kalau sudah begini, tubuh tidak bisa istirahat dengan maksimal. Kesehatan gampang sekali terganggu, tubuh lemas tidak bertenaga. Aktivitas juga tidak lancar akibat kurangnya konsentrasi.

Berbagai upaya dilakukan agar mendapatkan tidur yang nyenyak, salah satu caranya adalah memakai obat tidur. Sayangnya, keputusan tersebut tidaklah tepat. Ternyata, ada beberapa cara yang dianggap lebih sehat ketimbang obat tidur. Kalau kamu termasuk si sulit tidur atau tidurmu kurang nyenyak, simak saja tips berikut ini.

Jadikan Kamarmu Benar-benar sebagai Tempat Istirahat yang Nyaman

double-bed-1215004_640
Buatlah kamarmu senyaman mungkin. Bebaskan kamar dari unsur-unsur pekerjaan kantor atau tugas lainnya. Gunakan kamar tidur hanya untuk kegiatan tidur, jangan yang lain. Kamar yang rapi membuat mood tidur meningkat. Tempat tidur juga salah satu faktor yang penting. Kalau kasur sudah tidak nyaman lagi, segeralah diganti. Apa salahnya investasi untuk kebutuhan vital seperti tidur. Bagi yang suka aromaterapi, pasang juga di kamar. Kenali dulu apa yang membuatmu merasa nyaman.

Berusahalah untuk Tidur dengan Jam / Pola yang Teratur

alarm-clock-1193291_640
Ada baiknya menentukan jadwal tidur kita setiap hari. Usahakan tidur pada waktu-waktu tersebut. Pola tidur yang teratur membuat tubuh memiliki kebiasaan ingin tidur atau mengantuk pada waktunya. Jangan memaksa tubuh untuk bekerja. Lembur sih boleh, jika kondisinya terpaksa. Tapi jangan keseringan ya lemburnya, nanti pola tidur kamu bakalan ikutan berubah. Maunya sih tidur seperti biasanya, eh jadi tidak bisa.

Kosongkan Pikiranmu Sebelum Tidur, Jangan Memikirkan Apa Pun

pexels-photo (3)
Salah satu penyebab kurang nyenyak tidur adalah banyak pikiran. Sebenarnya ada cara untuk mengurangi pikiranmu. Misalnya, tuliskan apa saja yang akan kamu selesaikan besok, jangan lupa juga buat list penyelesaiannya. Jangan terlalu detail, garis besarnya saja. Perencanaan sebelum tidur membuatmu merasa lebih siap untuk menghadapi hari esok. Tidur menjadi lebih nyenyak tanpa beban pikiran.

Singkirkan Ponsel, Laptop dan Segala Macam Gadgetmu

pexels-photo (4)
Salah satu penyebab sulit tidur adalah keberadaan gadget di samping kita. Selalu saja ada “sesuatu” yang menarik perhatian. Postingan terbaru dari media sosial, informasi terkini ataupun tawaran diskon menarik dari online shop langganan. Akibatnya jam tidur mundur dan menjadi kurang nyenyak. Hei, masih ada waktu besok untuk melihat gadget, tidak harus sekarang. Singkirkan mereka jauh-jauh.

Hindari Minuman Berkafein Seperti Kopi Begitu Sudah Malam

coffee-cup-working-happy
Kopi merupakan salah satu minuman yang mengandung kafein. Kalau kamu termasuk penggemar kopi, pasti tahu efek yang ditimbulkan setelah meminumnya. Kafein yang terkandung membuat kita sulit tidur beberapa jam ke depan. Bukan cuma kopi sih, tapi apa saja yang mengandung kafein, haram dikonsumsi di malam hari. Apalagi sebelum tidur.

Kalau Masih Susah Tidur Juga, Coba “Ramuan Cepat Tidur” Ini

cup-hot-hands

Ramuan ini bukan sejenis racun dalam dongeng puteri tidur loh ya. Bahan-bahan alami berikut ini bisa membuatmu cepat tidur dan bangun dengan kondisi yang segar. Siapkan sendok, campurkan sedikit minyak kelapa, madu dan garam. Setelah jadi, telan saja dengan bantuan air putih. Gabungan ketiganya sangat bermanfaat untuk bekal tidur. Ramuan itu kaya akan kandungan yang diperlukan tubuh selama tidur, dan membuat fresh setelah bangun tidur.

Sebenarnya sangat mudah untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dengan cara yang sehat. Selain tips di atas, jangan lupa jauhkan diri dari hal-hal yang menjadi faktor sulit tidur. Jangan pernah mencoba pakai obat tidur, apalagi sampa ketagihan. Bagi yang sudah terlanjur, ada baiknya berhenti sama sekali. Percayalah, cara sehat lebih aman daripada cara yang instan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tips

Karena Sebenarnya Kamu Bisa Mengubah Struktur Otakmu (Jadi Lebih Baik)

Kalau kamu pikir kemampuan sistem saraf otakmu sudah mentok alias cuma segitu-gitunya, ku sarankan padamu kawan, hapus pikiran itu, sekarang! Karena sebuah teori neuroplastisitas telah membuktikan salah satu fakta yang sangat luar biasa: Otak kita dapat diubah! Itu artinya, kamu selalu bisa meningkatkan kinerja otakmu lebih baik, lebih maksimal dan lebih produktif. Caranya? Olah Raga!

Yup. Seperti halnya anggota tubuh manusia yang lain, otak juga butuh olah raga untuk meningkatkan kemampuannya. Tapi bukan sembarang olah raga. Bentuk olah raga otak adalah dengan memberikan stimulus atau rangsangan pada saraf-saraf di otakmu. Nah, Beberapa aktivitas berikut dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan otak.

Melakukan Hal-Hal Baru Berarti Juga Merancang Struktur Otak Baru

pelangi

Ketika kamu mencoba hal-hal baru, ada informasi baru yang diolah oleh otakmu.  Melakukan hal-hal baru akan menciptakan jalur saraf baru yang akan meningkatkan kecerdasanmu. Kamu dapat memulainya dengan hal-hal yang sederhana. Mencoba rute baru dalam perjalanan ke sekolah, kuliah atau tempat kerja. Mencoba resep baru untuk makan malam keluarga. Atau mencoba metode-metode baru untuk menyelesaikan pekerjaan. Berkunjung ke tempat-tempat yang baru, berkenalan dengan orang-orang baru dalam komunitas baru juga bisa dilakukan. Kurangi melakukan hal-hal lama yang dilakukan dengan cara yang sama. Explore new things.

Meski Cuma Mengingat-Ingat Hal Kecil, Namun Bisa Membawa Perubahan Besar Pada Otak

ingat

Sebagian besar dari kita sadar daya ingatnya berkurang tapi cenderung tak melakukan apa-apa untuk memperbaikinya. Padahal dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal yang sedehana seperti mengingat ulang tahun keluarga, teman dekat atau relasi, mengingat nomor ktp, npwp, sim atau paspor. Kalau perlu buat terget harian menghafal nomor-nomor penting. Mau sekalian bernilai ibadah? bisa juga dengan menghafal surat-surat dalam kitab suci. Dengan mendisiplinkan diri menghafal kamu akan terkagum-kagum dengan peningkatan daya ingatmu.

Pelihara Rasa Ingin Tahu Agar Otakmu Tak Jadi Kaku

pengetahuan

Mulailah mempertanyakan banyak hal dengan rasa penasaran yang tinggi. Otak akan terpicu untuk mencari tahu. Rasa ingin tahu mengantarkanmu pada pengetahuan yang baru. Ajak otakmu untuk menggali informasi sedetail-detailnya. Dengan kumpulan informasi-informasi tersebut otak dengan sendirinya akan berinovasi dan menciptakan ide-ide baru. Dari rasa ingin tahulah hal-hal super penting seperti listrik dan komputer diketemukan. Carilah informasi sebanyak mungkin. Cara ini bukan hanya memberikan kamu pengetahuan, tapi juga kemampuan otakmu yang terus meningkat.

Otak Juga Butuh Asupan Makanan

makan ketika puasa

Makanan adalah hal penting yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Untuk menunjang kinerjanya otak perlu asupan nutrisi. Omega-3, vitamin E, oksigen, antioksidan, dan lain-lainnya, adalah makanannya otak. Otak kita mengkonsumsi lebih dari 20% dari semua nutrisi dan oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, penting untuk selalu ingat untuk memberi makan otak anda dengan makanan yang baik dan sehat yang baik seperti buah segar, sayuran dan omega 3 yang banyak ditemukan pada ikan. Kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen otak sebagai asupan tambahan.

Membaca Buku Adalah Vitamin Terbaik Otakmu

orang tua baca buku

Taukah kamu, imajinasi adalah cara yang baik untuk melatih otak. Ketika kita membaca buku, otak diajak untuk menggambarkan segala hal yang diceritakan di buku. Membaca buku membuat otak leluasa dalam mengembangkan imaginasi di dalamnya. Tak hanya menambah pengetahuan, membaca buku juga dapat menghilangkan ketegangan dan stress yang menjadi pembunuh sel otak. Jadi tunggu apa lagi?

Berikan Otakmu Haknya, Yaitu Istirahat

sleeping-1159279_640

Siapa bilang otak tidak perlu istirahat? Otak juga dapat mengalami kelelahan. Otak perlu meregenerasi sel-sel dan menghilangkan semua racun yang sudah ditimbun selama 1 hari. Hal tersebut hanya dapat dilakukan saat otak dalam keadaan rileks dan tenang. Kamu bisa melakukan yoga atau meditasi untuk meningkatkan konsentrasi dan memberikan efek tenang pada pikiran dan tubuh. Dengan begitu kualitas tidur malammu jadi lebih baik. Tidur laksana detoks mini untuk otak. Waktu tidur yang paling efektif dimulai antara jam 9 malam sampai jam 12 malam. Tidurlah dengan waktu yang cukup agar otak dapat beristirahat sejenak agar dapat bekerja secara optimal setelahnya

Teknologi Memang Baik Tapi Jangan Menggantung Diri Padanya Untuk Kebaikan Otakmu

pria smartphone

Apa iya harus selalu pakai kalkulator? Sesekali ajak otakmu olah raga dengan cara berhitung secara manual untuk perhitungan-perhitungan sederhana. Seperti waktu sekolah dulu. Begitu juga dengan GPS. Kalau tidak sedang dikejar waktu untuk tiba di suatu tempat, ajaklah otak bermain-main dengan peta. Mengulang ilmu navigasi yang kita pelajari dari kakak-kakak pembina pramuka kita dulu. Dan taukah kamu, bahwa sebenarnya ada bagian otak yang bertanggung jawab memahami tata ruang? Nah ini cara yang tepat untuk memaksimalkan kembali fungsi bagian otak tersebut.

Jangan Lupa Ajak Otakmu Bermain

newspaper-412452_640

Yap. Asah kemampuan otak kamu dengan permainan-permainan pikiran atau Mind Games. Situs-situs yang menyajikan permainan-permainan mengasah otak bertebaran di internet. Kamu juga bisa menyaksikan program-program televisi seperti Brain Games. Atau yang paling sederhana banget, kamu bisa kembali ke cara lama. Mengisi TTS! gampang kan? hayo tunggu apa lagi?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Gobagi berusaha menyajikan informasi yang layak untuk diperbincangkan. Tak perlu khawatir dengan berita hoax, bohong dan lainnya, karena info menarik yang ditemui dalam situs ini sebelumnya sudah melalui proses kurasi. Dengan begitu situs ini ingin menghindari kesalahan informasi yang tak perlu.

Facebook

To Top