Feature

Rasa Pahit Ketika Pesan Cuma Di-Read Sementara Balasnya Diirit-irit

Entah sudah berapa hati yang tersakiti sejak perusahaan Apple mengenalkan fitur Read Receipt alias tanda “pesan sudah dibaca” pada tahun 2011 lalu. Apalagi kemudian penggunaan fitur ini meluas karena diterapkan oleh aplikasi lain mulai dari Whatsapp, Line, FB Messanger, Telegram, Line, Snapchat dan sejumlah aplikasi berkirim pesan lainnya. Meski penyebutannyaa berbeda-beda dan terdapat perbedaan minor, tapi intinya sama yaitu memberi tahu pengirim bahwa pesannya sudah dibaca

Sesungguhnya, fasilitas untuk mengetahui pesan telah terkirim ini telah lama ada jauh sebelum era pesan singkat ala iOS milik Apple tersebut. Di jaman surat masih konvensional, kantor pos di seluruh dunia sudah punya fitur tambahan ini. Mereka yang mengirim surat bisa membayar biaya tambahan agar mendapatkan tanda terima bahwa suratnya sudah dikirimkan sampai ke alamat. Petugas pos akan membawa kertas bukti tanda terima yang akan ditanda tangani si penerima dan kemudian dikirimkan balik oleh kantor pos kepada si  pengirim.

Ketika bergeser ke ranah digital, Microsoft Outlook dan Thunder Bird mengadopsi layanan konvensional tersebut. Pemilik akun bisa mengaktifkan fitur email tracking yang gunanya memberi tahu pengirim email bahwa pesannya sudah diterima.

Lantas kalau fitur semacam itu sudah dikenal lama, kenapa hingga kini tanda “sudah dibaca” itu masih jadi kontroversi? Beberapa pengguna bahkan lebih nyaman untuk mematikannya. Dan aplikasi yang penggunanya tak punya pilihan mematikannya macam FB messanger kerap mendapat komplain agar bisa dimatikan saja.

Karena Lawannya Cinta Itu Bukan Benci, Tapi Perasaan Diabaikan

Elie Wiesel, seorang pemikir dan peraih Nobel Perdamaian, pernah bilang: “Lawannya cinta bukanlah benci, melainkan perasaan diabaikan.” Ini pula yang terjadi ketika menerima tanda sudah dibaca pada aplikasi chatting yang biasa kita gunakan, sementara menunggu pesan tak dibalas. Mengetahui seseorang sudah membaca pesan kita namun tak kunjung memberikan balasan itu akan menimbulkan perasaan terabaikan dan berujung pada sakit hati.

Setidaknya menurut seorang psikolog bernama Guy Winch, perasaan demikian memicu pergolakan di otak serupa saat seseorang terluka fisik terluka. Artinya, perasaan diabaikan memang memicu rasa sakit yang parahnya sama dengan luka di fisik, atau bahkan lebih parah. Gawatnya dalam kadar yang tinggi menurut Winch, penolakan berkali-kali bahkan bisa menurunkan IQ seseorang karena perasaan rendah diri.

Kondisinya Makin Runyam Dengan Kehadiran Sosial Media

Yup, adanya fitur tanda sudah dibaca itu saja telah memunculkan sejumlah perasaan terbaikan, namun kondisinya makin runyam dengan hadirnya sosial media. Coba bayangkan apa yang terjadi ketika pesan Whatsapp sudah memberikan tanda centang biru dua tanda dibaca, namun si penerima tak kunjung memberi balasan sementara dia bisa update status di facebook atau mempublish instagram stories.

“Woi balas pesan gak bisa, tapi update status bisa. Gak perlu dimention lah orangnya, kudu sadar diri aja”

Sering melihat kalimat sejenis bukan? Kehadiran sosial media memang seringnya “membantu” meningkatnya perasaan diabaikan ini. Karena mereka yang pesannya sudah dibaca tapi tak kunjung mendapat balasan, umumnya gelisah dan kemudian ingin mencari segera jawabannya. Cara tercepatnya adalah dengan men-stalking sosial media orang yang dikirimi pesan. Dan jika kemudian ditemukan update, siap-siap saja membaca status nyinyir no mention dari pengirim pesan.

Tanda “Sudah Dibaca” Ini, Kemudian Mematikan Imajinasi Yang Berujung Pada Minimnya Toleransi

Ketika kita melefon seseorang dan tidak diangkat, kita mungkin merasa kecewa. Namun tak begitu parah karena kita punya ruang imajinasi yaang cukup luas. Ada beragam kemungkinan skenario yang kita pikirkan. Bisa jadi karena disilent, bisa saja sedang meeting, bisa saja sedang mengemudi, dan sejenisnya.

Begitu juga dengan saling berkirim pesan. Jika tanpa fitur tersebut otak kita masih terlatih untuk memberikan toleransi pada sejumlah skenario. Namun, dengan adanya fitur read receipt itu, kita menjadi lebih mudah tersingung dan tak mudah memberikan alasan pembenar bagi lawan bicara kita di seberang.

Hingga Memicu Pertanyaan Apa Sebenarnya Yang Menjadi Fungsi Dari Tanda Baca Tersebut

 

Sejak Apple menemukan fitur ini pada 2011 lalu, rasa diabaikan akan terasa lebih cepat karena tanda sudah dibaca bisa meghitung berapa lama pesan yang kita kirimkan telah diabaikan. Dan berbagai alasan serta kemungkinan yang bisa saja memang benar jadi alasan, rasanya menjadi susah untuk bisa ditolerir lagi.

Menyadari ketidaknyamanan sebagian pengguna ini, beberapa aplikasi macam Whatsapp memang menyematkan cara untuk mematikan tanda terima tersebut. Namun situasinya juga sama tak mudahnya. Karena umumnya fitur ini sudah menyala secara by deafult alias sudah dari awalnya dinyalakan. Ketika kemudian kita memilih mematikannya, tak sedikit orang yang justru menanyakannya, “kok dimatikan”. Entah itu pertanyaan langsung atau sekedar dalam hati.

Tapi Apa Iya Ada Alasan Kenapa Orang Membaca Pesan Kita Namun Tak Langsung Membalasnya?

smart watch

Ada, dan banyak alasannya! Salah satunya adalah kemunculan Wearable gadget. Mulai dari jam tangan pintar, kacamata, gelang bluetooth di mobil, dan sebagainya. Beberapa gadget ini hanya memungkinkan penggunanya untuk membaca pesan tanpa bisa membalasnya. Kalaupun bisa hanya singkat karena cukup merepotkan.

Sekarang bayangkan seseorang yang sedang menyetir, kemudian mendapat notifikasi pesan dan membacanya singkat di jam tangan pintarnya. Tentunya dia tak bisa langsung membalasnya bukan? Atau skenario lain dia sedang mengemudi kemudian membuka singkat ponselnya ketika berhenti di lampu merah. Belum sempat membalas, lampu sudah hijau dan kemudian harus jalan.

Kondisi lain adalah aplikasi chat yang saat ini sudah multi platform. Bisa saja kamu bertanya tentang data pekerjaan kepada seseorang via FB messanger. Dia membukanya di ponsel, sementara untuk menjawabnya, dia harus melakukan crosscheck pada laptop dan berniat membalasnya melalui browser web agar mudah di copy paste.

Kamu yang sedang dilanda asmara juga tak jarang didera asumsi-asumsi yang tak perlu soal tanda baca ini. Ketika bercanda ria malam via chat tiba-tiba obrolan terhenti dengan pesan menunjukan sudah dibaca. Pikiran pun langsung kalut dan menduga-duga secara negatif. Padahal mungkin saja si pasangan sudah tertidur misalnya.

Secara Tidak Langsung Muncul Etika Baru Berkirim Pesan Yang Katanya Harus Kita Jaga

Meski ada sejumlah alasan pembenar kenapa pesan dibaca tapi tak kunjung dibalas, suka tidak suka fitur satu ini memang sudah merevolusi etika berbicang via messanger dunia digital.  Merespon dengan waktu yang lama yang dulu tak pernah  dipermasalahkan, tiba-tiba berubah menjadi ketidaksopanan yang dipercaya dapat menimbulkan kejengkelan bagi mereka yang mengirimi kita pesan.

Di sisi lain pada posisi kita sebagai si penerima pesan juga mengharuskan kita untuk berpikir dua kali jika memang tak ingin membalas pesan yang kita terima. Meskipun ada alasan tertentu untuk kita untuk melakukannya tapi tentu kita kerap mendapat tekanan dalam diri untuk tidak disebut sebagai orang yang tidak sopan atau terkesan mengabaikan orang lain.

Mungkin ini waktunya kita belajar etika baru tersebut. Atau kamu mengambil jalan pintas dengan mematikan begitu saja fitur tersebut?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Sebagian Hal Unik Yang Mungkin Baru Kamu Sadari Setelah Masuk Bulan Puasa

Ini memang bukan bulan biasa. Karena kamu harus menahan hawa nafsu dan juga makan minum di waktu siang. Tapi diluar hal itu, sejatinya ada hal-hal menarik yang hanya bisa kamu temui di kala bulan puasa. Bisa jadi di bulan lainnya kamu merindukan saat-saat tersebut.

Baru Tahu Kan Ada Petuah-Petuah Bijak Karena Tiba-Tiba Banyak Yang Share Di Timeline

Puasa kali ini seolah jadi angin segar buat kamu yang sudah penat dengan konten di timeline sosial mediamu. Sebelumnya banyak informasi yang bikin panas hati, kawan yang berdebat tiada henti sampai urusan-urusan sosial pilitik yang nampak tak kunjung selesai.

Tapi semua mereda ketika memasuki bulan ramadan. Timeline menjadi lebih sejuk, karena tiba-tiba banyak kawan-kawan yang membagi kata-kata bijak. Banyak kalimat-kalimat bijaksana penuh motivasi dan introspeksi yang bahkan kamu baru tahu kan.

Makin seru karena tak semua kata-kata bijak itu disajikan dengan nuansa serius. Karena banyak juga yang digelar dengan nuansa canda tawa. Tak sedikit meme-meme unik berlalu lalang membuat kita tertawa kecil. Ya, meski dadakan sebagian kawan kita berubah jadi motivator handal.

Baru Tahu Kan Ada Tetangga Menarik Hati, Karena Bertemu Ketika Menuju Masjid

Akuilah kamu mungkin tak sedekat itu dengan tetangga. Bahkan mungkin siapa yang menghuni sebelah rumah juga kamu tak paham. Baik kiri maupun kanan sama gelapnya entah siapa namanya. Lihat wajah pun jarang.

Untungnya datang bulan puasa. Aktivitas sosial pun meningkat. Minimal bersama tetangga kita berbondong-bondong ke masjid melaksanakan ibadah sholat tawarih. Tanpa diniatkan sebelumnya, bisa jadi kamu baru tahu kan kalau ada tetangga sebaya yang nyatanya begitu menarik hati.

Curi-curi pandang di temaram lampu perumahan jadi latar yang menarik. Kemana saja kamu selama ini? Ternyata mereka yang menarik tak perlu dicari jauh-jauh bukan?

Baru Tahu Kan Makan Pakai Tempe Bareng Keluarga, Lebih Nikmat Dibanding Makan Ayam Sendirian

Selama sebelas bulan kamu mungkin biasa makan siang enak di kantor. Atau buat yang sudah tinggal sendiri, sangat nyaman menikmati menu-menu dari cafe pilihan yang biasa kamu santap. Makan malam bersama kawan atau klien jadi agenda rutin yang tak terlewat.

Tapi masuk bulan puasa kamu banyak menghabiskan waktu di rumah. Sarapan yang biasa dilakukan di tempat aktivitas, jadi berpindah di waktu sahur di rumah. Makan malam bisa bersama keluarga, karena jam kantor yang pulang lebih awal dan melaksanakan berbuka di rumah. Ketika itu kamu baru tahu kan kalau makan bersama keluarga meski dengan menu seadanya masih jauh lebih nikmat dibanding ketika kamu di luar sana.

Baru Tahu Kan Mantanmu Sekarang Jadi Super Menarik, Setelah Ketemu Di Acara Bukber

Bulan Ramdan berarti pula jadwal bukber alias buka puasa bersama. Aktivitas membatalkan puasa ini seringnya jadi ajang reuni kecil buat teman-teman lama. Banyak pula yang sebelumnya jarang bertemu, jadi bisa kembali temu kangen.

Dan beruntung atau sialnya, kamu baru tahu kan mantan kamu ternyata sekarang tampil menarik luar biasa. Ini memang jadi sindroma para mantan. Mereka terlihat begitu menarik ketika sudah tak lagi bersamamu. Memori lama bisa kembali muncul menghiasi isi kepalamu. Apa harus kembali mencoba merajut hubungan yang sudah terputus sekian lama? Pilihannya jelas ada di kamu.

Baru Tahu Kan Ternyata Kamu Butuh Internet Yang Cepat Ketika Berpuasa

Okay, selama ini kamu menerima begitu saja koneksi internetmu sebagai bagian dari keseharian. Tak ada yang perlu diperhatikan secara berlebih. Tapi kondisi berbeda kamu temui di kala bulan puasa.

Sebagian aktivitas mungkin saja berkurang, sehingga kamu punya lebih banyak waktu berselancar di dunia maya. Atau malah pekerjaanmu jadi lebih banyak dilakukan di dalam ruangan dan membuatmu lebih intens menggunakan internet.

Masalah memuncak ketika kamu menyadari koneksi internet kamu ternyata kurang oke. Kesal, maarah, sebal? Eits, ingat ini puasa. Tak cuma menahan lapar dan haus, kamu juga harus pandai mengelola perasaanmu.

Agar tak larut berkepanjangan, mungkin ini saat yang tepat buatmu berlaih ke internet 4G LTE yang lebih cepat. Coba deh kamu lirik tawaran menarik promo ramadan dari Smartfren 4G yang super cepat itu.

Tapi pilihan handphonenya tidak banyak? kamu tak perlu khawatir karena saat ini kartu perdana Smartfren 4g bisa digunakan di beragam jenis handphone. Selain Smartphone Andromax Smartfren juga bisa digunakan di Samsung, iPhone, Oppo, Lenovo & Motorolla. Untuk daftar lengkapnya, kamu bisa lihat di sini.

Handphone bagus tapi tak punya quota buat apa? Smartfren punya tawaran menarik buat pengguna perdananya. Tak tanggung-tanggung kamu bisa mendapatkan gratis internet setahun sampai sebesar 58GB. Ini masih di luar fasilitas ciamik lain macam gratis chat menggunakan aplikasi Whatsapp, Line dan BBM 500MB. Plus kamu yang iseng ngabuburit bisa mengahabiskan waktu menelfon atau Videocall sesama jaringan Smartfren 4G dengan gratis.

kamu siap menjajal Smartfren 4G di ramdhan sekarang? Nah tahun ini, Smartfren 4G bahkan mengajakmu menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan penuh kebaikan. Salah satunya, kamu mencari tahu tentang hal-hal berbeda di sekitarmu untuk menambah wawasan dan mengurangi buruk sangka. mewujudkan Ramadhan baru dengan mencari tahu hal-hal baru dari orang-orang dan hal-hal lain di sekitarmu melalui aktivitas #BaruTahuKan di sini.

Semakin banyak momen #BaruTahuKan yang kamu dapat, semakin besar kesempatanmu memenangkan hadiah total jutaan rupiah! Salah satu hadiah kerennya itu iPhone 7. Jadi kamu baru tahu kan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Karena sudah dikenal di 80 negara, Indomie pakai telur terlalu mainstream, ini olahan lain yang tidak kalah enak

Mari kita jujur, kamu mungkin sedikit asing mendengar kata “mie instan”. Karena kamu bisa jadi lebih familiar dengan sebutan indomie bukan? Kepopuleran brand yang satu itu memang mendominasi urusan mie instan. Tak heran jika kemudian kita lebih sering menyebut mie instan apa pun merknya dengan sebutan indomie.

Populernya mie instan asal Indonesia ini memang tak main-main. Tak cuma dalam negeri, merk satu itu sudah merambah sedikitnya di 80 Negara lain. Dan bukan cuma sekedar hadir, mie instan Indonesia ini, juga mendominasi di sejumlah negara, macam Singapura, Malaysia, Hong Kong, dan Taiwan, hingga negara di Eropa, Timur Tengah, Afrika, sampai Amerika.

Kamu bisa mencari sejumlah klip review dan bahasan menarik soal indomie di youtube buatan warga negara asing. Bahkan ada kisah menarik bagaimana warga Nigeria yang berkunjung ke Indonesia kaget ketika menemukan Indomie di sini. Kemudian dengan bangganya mengatakan bahwa produk negaranya (Nigeria) sudah masuk ke Indonesia.

Ya, jangan heran dengan pernyataan sejenis. Karena pabrik Indofood memang sudah hadir di sejumlah negara seperti seperti Malaysia, Saudi Arabia, Suriah, Mesir, dan beberapa negara lain. Sementara di Nigeria pabrik pembuat indomie sudah hadir selama 20 tahun lebih. Sehingga warga negara tersebut sering mengira Indomie adalah merk lokal negaranya.

Harga terjangkau, awet disimpan lama, dan simpel dalam memasaknya telah menjadikan Indomie kini berubah menjadi Global Brand . Buka bungkusnya, rebus air, masukin telur, cabe rawit kalo suka, masukin mie instan, tunggu matang, makan.

Di Indonesia sendiri, apalagi buat para lajang dan anak kosan, mie instant jadi andalan yang tidak mengenyangkan serta murah meriah. Masalahnya cara memasasak seperti yang tadi sudah klise dan hampir dikuasai oleh sebagian besar orang untuk masak mie instant. Pastinya lama-lama bosan kalau tampilan mie instan hanya begitu-begitu aja. Nah, coba kamu bereksperimen sedikit untuk tampil beda dari masak indomie yang biasa. Sebagai negara asal, kita harus lebih kreatif bukan?

Resepnya masih sama mie instan dengan telur, tapi cara masaknya yang tidak sama bikin pizza mie ini semakin menggugah selera!

Bahannya masih sama seperti masak mie instan seperti pada umumnya kamu buat, tapi kalo cara masaknya beda kayaknya akan bikin warna baru dalam dunia per-miean. Bahan yang diperlukan sesimpel mungkin dan sesuai selera.

  • sebungkus mie instan
  • 1 butir telur
  • bawang bombay yang diiris secukupnya
  • Potongan sosis secukupnya
  • keju secukupnya
  • oregano secukupnya
  • cabai bubuk secukupnya
  • saus sambal secukupnya

Cara membuatnya:

  • Rebus mie instan setengah matang dan tiriskan.
  • Lalu kamu harus mencampurkan mie dengan bumbunya dan telur untuk diaduk setelah itu.
  • Kemudian siapkan loyang yang hendak kamu pakai dan olesi dengan sedikit margarin, lalu tata mie di dalam loyang. Tambahkan topping yang sudah kamu siapkan, yakni sosis, bawang bombay, dan keju. Jangan lupa juga untuk menaburi oregano dan bubuk cabai.
  • Panggang pizza selama kurang lebih 15 menit atau sampai matang ya!
  • Pizza mie panggang pun sudah siap kamu santap dengan tambahan saus sambal.
  • Pizza mie ini juga bisa kamu buat saat lapar tak terduga. Bukan saja mudah cara membuatnya, pizza mie ini juga lezat dan mengenyangkan.

Mie instan keju susu bisa kamu buat sendiri di rumah tanpa harus ke kafe lagi untuk menikmatinya!

Saat ini ada beberapa kafe yang menyediakan penyajian makanan dengan perpaduan mie instan dengan model ala eropa. Mirip-mirip pasta tapi ala kaki lima. Buat kamu yang mau coba mie instan kuah susu keju bisa pakai cara ini.

  • 1 bungkus mie instan rebus
  • 200 ml susu putih
  • 1 buah sosis atau bisa diganti sesuai dengan seleramu
  • keju parut dan batang secukupnya
  • cabai bubuk secukupnya
  • 250 ml air

Dan… Begini cara membuatnya:

  • Panaskan air dan masukkan sosis yang sudah kamu potong-potong, lalu tunggu sampai mendidih.
  • Selagi menunggu air mendidih, kamu bisa sembari menyiapkan bumbu mie instan ke dalam mangkuk.
  • Saat air sudah mendidih, masukkan mie dan masaklah setengah matang, dan setelah matang tiriskan.
  • Setelah itu, buang air rebusan mie instan dan tuangkanlah susu pada panci untuk dipanaskan. Lalu, masukkan keju batangan yang sudah dipotong kecil ke dalamnya.
  • Apabila susu sudah mendidih dan keju sudah meleleh, masukkan mie ke dalam campuran susu dan juga keju tersebut sampai mata. Setelah itu bisa tuang ke mangkuk yang telah berisi bumbu tadi.
  • Lalu taburkan bubuk cabai dan keju yang tersisa sesuai dengan seleramu. Mie kuah susu keju pun siap disajikan!

Mudah bukan? Kamu pun bisa menikmati mie instan dengan rasa kuah yang baru dan lezat, namun dompet kamu tetap aman!

Biar tidak bosan, roti di burger bisa kamu ganti pakai mie instan!

Kamu sudah mulai bosan kalo mau makan burger dengan lapisan roti? Kamu bisa buat sendiri lapisannya dengan mie instan. Cara membuatnya juga tidak repot.

  • Rebus air hingga mendidih dan masukkan mie instan hingga matang, lalu jangan lupa untuk ditiriskan terlebih dulu ya!
  • Kocoklah mie dengan telur di dalam mangkuk yang agak besar secara merata, setelah itu masukkan bumbu mie instan ke dalam adonan tersebut dan kocok lagi secara rata.
  • Siapkan minyak secukupnya di teflon ukuran kecil, masukkan adonan mie, telur, dan bumbu. Goreng hingga matang adonan tersebut
  • Siapkan isian burger sesuai selera dengan menumpuk bagian mie di paling bawah dan paling atas!

Burger mie pun siap dinikmati! Agar lebih seru kamu juga bisa membuat burger mie bersama teman-temanmu loh!

Kalau nunggu mie tek-tek kelamaan, kamu bikin sendiri aja! Gampang kok!

Nunggu abang mie tek-tek lama tidak datang-datang, lebih baik kamu bikin aja sendiri mie tek-tek dengan menggunakan mie instan. Untuk membuat mie tek-tek ala kamu, siapkan sebungkus mie instan rebus, sayuran kesukaanmu yang sudah dipotong kasar, potongan daun bawang, sebutir telur, beberapa cabai rawit sesuai dengan selera, 1 siung bawang putih yang diiris tipis, 1 sdm minyak goreng, dan beberapa cabai merah. Dan begini cara membuatnya:

  • Rebus mie instan sebentar saja, lalu tiriskan.
  • Setelah itu, siapkan kuali yang sudah kamu isi dengan 1 sdm minyak goreng.
  • Setelah minyak panas, tumis bawang putih sampai harum diikuti dengan bumbu mie instan yang harus kamu masukkan.
  • Lalu, masukkan juga irisan cabai merah, cabai rawit sampai harum dan masukkan sayuran juga daun bawang.
  • Tambahkan air secukupnya, lalu masukkan mie yang sudah kamu rebus, dan juga masukkan telur yang harus kamu aduk-aduk agar hancur dan tercampur.
  • Setelah mie matang dan air menyusut, matikan api

Mie tek-tek siap dinikmati. Agar lebih nikmat, sajikan selagi hangat ya!

Pecinta keju mozarella, ada menu mie instan yang bisa kolaborasi bareng keju favoritmu

Keju mozarella dan mie instan bisa jadi perpaduan yang cocok banget dijadiin camilan buat di rumah. Buatnya juga gampang dan bahannya tidak susah ditemukan di pasar ataupun supermarket. Yang kamu butuhkan adalah:

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus mie instan
  • 8 batang keju mozarella
  • 1 butir telur
  • 50 gr tepung terigu
  • susu bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuatnya

  • Rebus mie hingga matang, dan campurkan 50gr tepung terigu, 50 gr susu bubu, ½ sdt garam. Kemudian aduk sampai merata
  • Campurkan telur yang sudah dikocok, dan aduk hingga adonan merata
  • Ambil satu sendok adonan dibuat pipih lalu masukkan keju mozarella dan tutup dengan adonan tersebut sampai keju tertutup
  • Goreng adonan hingga matang dan berubah warna

Bukan hanya lezat, camilan ini juga mengenyangkan loh. Bila suka pedas, kamu bisa menyantapnya dengan saos sambal. Selamat mencoba ya!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tips

Karena Pakai Bajakan Bukan Pilihan Bijak, Ini Alternatif Microsoft Office Buatmu

Menulis dokumen, membuat tabel perhitungan serta merancang presentasi, menggunakan komputer. Apa yang kemudian terbesit di kepala ketika mendengar kalimat tadi? Bisa jadi jawabannya Microsoft Office.

Dugaanmu tak salah memang. Karena software besutan perusahaan milik Bill Gates itu memang jadi yang paling populer saat ini. Apalagi di generasi sistem operassi windows saat ini, program office biasanya sudah ikut pre-installed alias sudah termasuk dalam instalasi.

Problemnya, Office 365 begitu nama office besutan microsoft itu menerapkan sistem trial. Alias hanya gratis untuk satu bulan percobaan saja. Sisanya kita diharuskan berlangganan per bulan atau per tahun. Memang sistem ini lebih mudah karena bisa dibayar perblan, kalau dibanding pendahulunya macam Office 2010 atau Office 2016 yang harus dibeli lepas. Kendati demikian harga “sewa” yang berkisar di angka 800 ribu hingga 2 juta rupiah per tahunnya itu tak dapat dikatakan murah.

Lantas bagaimana? Pakai bajakan? Wah, kamu sudah sangat ketinggalan jaman kalau masih terpikir soal menggunakan produk bajakan. Karena menggunakan produk ilegal macam itu, lebih mendatangkan susah dari pada kemudahan. Mulai dari software yang sering berisi virus, hingga laptop yang tak bisa lolos pemeriksaan bandara jika softwarenya bajakan.

Nah, supaya perasaan aman namun kantong tetap tentram, mungkin ada baiknya kamu melirik software alternatif untuk aktivitas office kamu. Meski gratis aplikasi-aplikasi ini juga tergolong sangat baik dan kompatibel dengan Microsoft Office yang umum digunakan banyak orang.

WPS Office: Paling Mirip Milik Microsoft, Tapi Ada Iklannya

Kalau dilihat beberapa tahun ke belakang, program yang satu ini memang tak sepopuler yang lain. Namun belakangan orang mulai mengenal WPS Office. Salah satu keunggulannya adalah tampilannya yang sangat mirip dengan Office milik microsoft. Baik itu untuk menulis dokumen (word), spreadsheetnya (Excel) sampai ke urusan presentasi (power point) semua mirip.

Jadi pengguna baru WPS Office tak perlu lagi penyesuaian ketika pertama kali menggunakannya. Cukup nyalakan dan langsung gunakan. Layaknya juga Office 365, WPS Office menyediakan beragam template ketika memulai dokumen file baru. Sehingga beragam aktivitas bisa segera dilakukan di sotware ini.

Namun jangan kaget jika di awal atau di tengah bekerja, tiba-tiba muncul iklan di layar komputer. Yup, untuk WPS Office free ini, memang tersematkan iklan yang sewaktu-waktu muncul. Kendati begitu tak perlu khawatir durasi iklan ini tak lebih dari satu dua kali setiap membuka dokumen. Jadi masih taraf wajar dan tak mengganggu kok.

LibreOffice: Punya Fitur Paling Canggih Dan Sering Disebut Pesaing Microsoft

Soal kecanggihan bisa dibilang LibreOffice ini salah satu aplikasi office gratisan yang paling unggul. Fiturnya paling lengkap dan sangat mendekati Office milik Microsoft. Dan tak tanggung-tangung fitur LibreOffice ini mampu menyaingi fitur Office 365 yang paling premium.

Namun, tak seperti WPS Office yang punya banyak pilihan template, LibreOffice ini agak sedikit terbatas. Dan Itu pun kita harus menginstallnya terlebih dahulu. Jadi untuk kamu yang sekiranya membutuhkan template macam undangan, surat keluar masuk, invoice, presentasi dan lainnya mungkin harus secara manual membuatnya sendiri.

Apache OpenOffice: Paling Sering Update Dan Minim Bug

Bisa dibilang ini adalah bapaknya LibreOffice. Karena Libre dikembangkan dengan basis Apache OpenOffice ini. Tak heran jika fitur program yang satu ini tak kalah keren dari Libre.

Salah satu keunggulannya adalah sifatnya yang open source. Alias semua orang bisa membuka kode programnya dan mengupdatenya. Dengan begitu perkembangan OpenOffice ini tergolong sangat cepat dan cenderung bebas bug. Karena sedikit saja ditemukan bug, komunitasnya akan segera memperbaikinya.

Namun, kamu mungkin bisa sedikit tertipu dengan penampilannya. Ya, karena OpenOffice ini punya tampilan muka yang lebih klasik. Bukan seperti WPS Office yang menyerupai Office keluaran terbaru, program ini lebih mirip program office era-era 90-an. Walhasil, kalau kamu sebelumnya terbiasa menggunakan produk keluaran Office 2010, 2016 atau Office 365, kamu mungkin akan perlu sedikit penyesuaian.

GoogleDocs: Untuk Kamu Yang Kerap Berkolaborasi Dalam Bekerja

Buat kamu yang gemar bekerja “di awan” alias cloud, Googledocs sangat cocok buatmu. Semua bisa diakses menggunakan browser internet tanpa harus menginstal aplikasi apa pun terlebih dahulu. Jadi buat mereka yang kapasitas penyimpannya terbatas, GoogleDocs jadi solusi paling mujarab. Serunya lagi, karena sifatnya yang di cloud, dokumen yang sedang dikerjakan bisa langsung dipantau dan di edit bersama-sama oleh banyak orang meski dari tempat yang berjauhan.

Namun kelebihannya tersebut sekaligus juga menjadi kekurangannya untuk kita-kita yang tinggal di negara miskin quota. Maklum karena pekerjaan dilakukan di browser internet, ya tentunya dibutuhkan koneksi internet untuk membukanya.

Selain itu, demi kecepatan tidak semua fitur GoogleDocs dibuka begitu saja ketika kita mengaksesnya. Kamu perlu lebih jeli mencari-cari fitur yang kamu inginkan, yang seringnya terbenam di dalam struktur menu yang sedikit membingungkan.

iWork: Untuk Khusus Pengguna Produk Apple

Nah, yang satu ini diperuntukan buat kamu pengguna Apple Mac. Di tengah banyaknya pengguna windows kadang kamu perlu untuk mengerjakan file yang bisa melintas antar platform. iWork adalah jawaban untuk itu.

Namun iWork memang sejatinya tidak didesain untuk menyerupai Microsoft Office. Jadi walaupun bisa membuka file milik microsoft, tampilannya bisa dibilang sangat jauh berbeda. Kemudian layaknya produk apple yang lain, iWork juga didesain untuk erat digunakan dengan iCloud. Jadi kalau kamu jarang menggunakan iCloud, bisa jadi bekerja dan berbagi file menggunakan iWork butuh ekstra langkah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Ternyata Laki-laki Baru Dewasa Penuh Di Usia 43 Tahun, Terlambat 11 Tahun Dibanding Perempuan

Kamu yang perempuan, pernah mengeluhkan sikap laki-laki sepantaranmu yang menurutmu kekanakan? Mereka kerap bertingkah layaknya anak kecil. Masih suka melakukan hal yang sepantasnya dilakukan anak kecil, bahkan bertingkah konyol yang membuatmu kerap merasa jengkel.

Ternyata itu bukan cuma perasaan perempuan saja. Karena dugaan tersebut diperkuat oleh hasil penelitian yang dilakukan Nickelodeon Inggris. Ditemukan bahwa perempuan sudah mengalami kedewasaan penuh di usia rata-rata 32 tahun. Sementara laki-laki punya jangka waktu lebih lambat 11 tahun hingga mencapai sikap dewasa penuh. Artinya laki-laki baru mencapai dewasa di usia rata-rata 43 tahun.

Laki-laki memang lebih lambat dalam restrukturisasi otak. Tak heran bila laki-laki lebih lambat dewasa dibanding wanita

Setiap orang memiliki waktu restrukturisasinya masing-masing. Namun dibanding wanita, laki-laki memang lebih lambat mengalami restrukturisasi. Mungkin kalian bertanya-tanya, apa itu restrukturisasi. Restrukturisasi adalah hal yang akan membantu manusia untuk memilah hal-hal penting dari yang kurang penting. Inilah yang akan membantumu untuk menentukan mana yang perlu masuk daftar prioritas dan yang tidak.

Sayangnya laki-laki mengalami keterlambatan dalam proses ini dibandingkan wanita. Kamu juga tak bisa menuntut dia sedewasa kamu dalam menentukan prioritas. Sesekali waktu mungkin kamu akan merasa jengkel saat dia lebih mementingkan main games, daripada menjemputmu di stasiun. Atau lebih memilih bermain dengan ayam kesayangannya dibanding berbincang denganmu. Tenang! Ini hanya soal waktu. Toh lambat laun dia akan lebih paham soal prioritas.

Ini merupakan hal yang wajar, karena laki-laki juga lebih lambat mengalami pubertas bila dibandingkan wanita

Laki-laki mengalami pubertas diatas usia 12 tahun. Sedangkan wanita telah lebih dulu mencapai pubertas pada usia 9 – 11 tahun. Itu berarti wanita telah lebih dulu dewasa secara psikologis bila dibandingkan laki-laki. Mungkin ini bisa menjadi jawaban kenapa laki-laki masih melakukan hal-hal yang dianggap kekanak-kanakan oleh wanita. Kalau sudah menemukan jawabannya, tak pantas lagi rasanya bila kamu masih sering memprotes tindakannya.

Sebenarnya hal ini bukan sepenuhnya kemauan laki-laki, toh kondisi sosial juga ikut memegang andil dalam hal ini!

Kita hidup dalam masyarakat yang memiliki aturan dan norma yang menerapkan aturan berbeda untuk laki-laki dan perempuan. Hal ini memiliki pengaruh langsung terhadap pembentukan psikologis laki-laki yang menjadikannya lebih lambat dewasa dibandingkan wanita.

Aturan dan norma kita memang menuntut wanita udah secepatnya bisa melaksanakan peran sebagai wanita dewasa. Hal ini tentu berbeda dengan kondisi yang dihadapi laki-laki. Ketika wanita telah dituntut menjadi dewasa, laki-laki dengan umur yang sepantaran pun masih dimaklumi bila dia belum bisa menjalankan peran sebagai laki-laki dewasa.

Bahkan masyarakat pun memiliki harapan sosial yang berbeda terhadap perempuan dan laki-laki!

Selain karakteristik kondisi sosial, masyarakat juga memiliki harapan yang sedikit berbeda terhadap laki-laki dan perempuan. Dalam situasi ini, wanita memang lebih diharapkan cepat dewasa dibanding laki-laki. Adanya harapan sosial ini mau tak mau membentuk wanita jauh lebih dewasa dibanding laki-laki.

Bukan hanya sekedar harapan, karena nyatanya masyarakat pun melakukan tindakan-tindakan demi memastikan hal itu terwujud. Meskipun pada awalnya terasa kurang menyenangkan memikul harapan yang tak ringan, namun pada akhirnya ini justru menjadi keuntungan bagi wanita. Cepat menjadi dewasa itu artinya wanita lebih memiliki banyak waktu untuk menata masa depannya dengan lebih baik. Beruntunglah kamu yang menjadi wanita!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top