Tips

Jangan Takut Ngomong Sama Pengacara, Karena Tak Semua Pengacara Seperti Yang Kamu Lihat Di Televisi

Kamu itu perlu pengacara! Iya kamu! Mungkin sulit buatmu untuk mempercayai kalimat tadi. Karena Kamu berpikir bahwa berurusan dengan hukum itu sesuatu yang sangat jauh dengan kehidupanmu. Toh, selama ini kita selalu jadi warga negara yang baik dan taat aturan.

Padahal sesungguhnya satu saat dalam hidup kita pasti berhadapan dengan hukum. Dari bangun tidur hingga tidur kembali, kita dikelilingi dan terkait oleh peristiwa-peristiwa hukum. Contoh misalnya Kamu ke minimarket untuk berbelanja, itu sudah masuk hukum jual beli.

Lalu setiap sendi kehidupan yang lain juga berkaitan dengan peristiwa hukum. Mulai dari membuat kontrak kerja, warisan, wasiat, perjanjian pra nikah, cerai, dan sejenisnya. Tapi tidak banyak yang menyadari pentingnya mencari jasa layanan hukum yang tepat.

Lebih Baik Menghindari Masalah Dari Pada Memperbaiki Masalah, Pengacara akan Membantumu Untuk Urusan Ini

pengacara

Masalah paling utama adalah kita sama sekali tak mengerti soal hukum. Sementara, hukum itu sesuatu yang rumit dan penuh cabang. Di sinilah fungsi dari pengacara dan ahli hukum untuk kehidupan kita. Mereka menjadi jembatan yang bisa menerangkan kita mengenai hal-hal yang tidak kita pahami.

Jadi kehadiran mereka bukan hanya untuk memperbaiki masalah tapi terutama justru untuk membantu kita terhindar dari masalah. Ambil contoh sederhana ketika kamu menyewakan rumahmu kepada orang lain. Urusannya sepele memang cuma membuat surat perjanjian kontrak rumah.

Tapi coba bayangkan kalau dalam penggunaannya si penyewa melakukan sesuatu sampai rumahmu rusak atau rumah kita ternyata secara diam-diam dipakai sebagai pabrik Narkotika. Kita harus melindungi diri dari hal-hal semacam ini bukan? Karena itu ada baiknya kita berkonsultasi dengan mereka yang paham hukum seperti pengacara sebelum kita membuat surat perjanjian.

Kamu Tak Perlu Was-Was, Pengacara Itu Bukan Membela Yang Salah, Tapi Menempatkan Hukum Sesuai Proporsinya

mulut

Kalau memang gak salah, kenapa harus pakai pengacara?

Idiom ini memang marak muncul di tengah-tengah masyarakat kita. Anggapannya pengacara itu diperlukan untuk orang-orang yang bersalah saja. Padahal sesungguhnya tidaklah demikian. Seandainya kamu suatu saat bermasalah dengan hukum, seharusnya kamu tak perlu ragu untuk menggunakan jasa pengacara. Karena hal itu tidak langsung berkaitan dengan benar atau salahnya kita.

Anggara Suwahju, Operational Director Justika yang juga seorang pengacara menjelaskan bahwa pengacara itu bukan serta merta berarti berusaha membebaskan seseorang dari hukuman.

“Pengacara itu menempatkan hukum sesuai porsinya yang salah dihukum sesuai aturannya, yang tidak salah ya dibebaskan. Jangan sampai terbalik” ujar Anggara.

Kamu Tak Perlu Minder, Tak Semua Pengacara Tampil Mentereng, Sebagian Besar Memilih Tampil Bersahaja

cara investasi

Ini problem lainnya orang enggan pakai pengacara untuk urusan hukumnya. Karena sering melihat para pengacara yang biasa muncul di infotainment. Tampilan perlente dengan jas puluhan juta, jam tangan berharga ratusan juta, perhiasan dan belum lagi mobil berharga miliaran yang digunakan sehari-hari.

Pastinya muncul rasa minder jika kita harus berkonsultasi dengan orang-orang itu. Tapi toh sebenarnya, yang kita lihat itu hanyalah secuil dari seluruh kehidupan para pengacara. Banyak pengacara di luar sana memilih tampil lebih bersahaja yang bisa membuat kita lebih nyaman untuk berkonsultasi. Jadi jangan terlalu terpengaruh dengan yang kamu liat di layar kaca ya.

Jangan Takut, Tak Semua Pengacara Galak Macam Acara Di Televisi Itu, Sebagian Besar Sangat Baik Dan Perduli

menunjuk

Kalau tadi minder, kalau yang ini takut. Pasalnya, lagi-lagi acara di televisi. Kita sering menyaksikan para pengacara berdebat terbuka di acara talkshow atau acara lainnya yang menjadikan pengacara sebagai narasumber. Mereka yang tampil di sini, bicaranya kadang membuat bulu kudukmu berdiri bukan? Tak terbayang kalau kita harus berkonsultasi dengan mereka.

Namun lagi-lagi, yang kamu lihat itu hanyalah gambaran kecil. Sesungguhnya banyak pengacara yang kemampuan komunikasinya sangat baik. Tentunya mereka bisa melayani konsultasi kita dengan sangat nyaman. Nah, pengacara macam ini yang perlu kita cari.

Cari Pengacara Itu Susah? Tidak Juga, Karena Sekarang Kamu Tinggal Klik

tampilan depan justika

Kenapa sulit mencari pengacara? Karena seperti layaknya profesi dokter, pengacara tidak diperbolehkan memasarkan dirinya melalui iklan. Wajar jika kita agak sulit menemukan mereka. Paling umum adalah melalui rekomendasi orang-orang.

Nah, disinilah justika.com hadir untuk menjadi jembatan kebutuhan ini. Dengan menggabungkan platform teknologi “lelang online” dan “location based services”, Justika memungkinkan para pencari bantuan hukum dapat menentukan dan memilih sendiri dari siapa mereka akan memperoleh bantuan atas persoalan hukum yang sedang dihadapinya melalui proses pemilihan yang transparan.

Belum paham? Sederhananya ini adalah marketplace untuk kamu mencari jasa konsultasi dan bantuan hukum. Kamu tinggal daftar gratis di sini, lalu posting masalah atau hal yang mau kamu konsultasikan. Nantinya para pengacara itu akan mengajukan diri dengan sistem lelang untuk menangani kasus kamu. Mudah bukan?

“Masalahnya Jasa Pengacara Itu Mahal…” Itu Tergantung! Bahkan Mereka Juga Memberikan Layanan Gratis

direktori-justika

Pendapat yang mengatakan menggunakan jasa pengacara itu mahal memang tidak keliru. Namun tidak sepenuhnya juga tepat. Karena murah dan mahal sangat relatif dan tergantung dari kemampuan kita bukan?

Yang menjadi masalah selama ini, jasa pengacara diperkenalkan secara diam-diam dengan cara dari mulut ke mulut. Hasilnya, banyak ketidakjelasan di dalamnya termasuk dana-dana di luar jasa si pengacara yang kadang dibuat-buat oleh para pengacara yang nakal itu tadi.

Transparansi ini juga yang coba dimunculkan oleh justika.com. Karena di platform Justika, para pengacara tersebut terpampang semua lisensi dan keahlian yang mereka miliki. Termasuk juga reputasi para praktisi hukum tersebut. Reputasi ini diperoleh dari hasil review para pengguna layanan Justika. Sehingga sangat terbuka dan adil.

“Mahal dan murah itu relatif, tapi Justika ingin membuat layanan konsultasi hukum ini menjadi transparan. Tidak lagi ada biaya-biaya yang tidak jelas karena ada yang nakal. Mereka-mereka yang baik akan muncul dan dimunculkan oleh pengguna Justika dengan sendirinya, sementara yang tidak baik reputasinya akan turun otomatis,” ungkap Andika Gunadarma Managing Director Justika.com

Bahkan di platform Justika ini juga sudah terdaftar sejumlah pengacara yang siap memberikan bantuan hukum Pro Bono alias gratis. Ya, sesuai undang-undang para pengacara memang punya kewajiban untuk memberikan bantuan hukum gratis seminimalnya 50 jam per tahunnya. Justika turut mengelola hal ini. Sehingga jika ada kasus-kasus yang masuk melibatkan orang yang memang tidak mampu di Justika bisa dilayani oleh pengacara secara gratis.

Jadi mulai sekarang jangan takut ngomong sama pengacara. Yuk, coba langsung tengok mereka lewat justika di sini!

2 Comments

2 Comments

  1. Anggara

    October 7, 2016 at 2:47 pm

    Waini, nganu banget ini

  2. Liza

    October 28, 2016 at 12:24 pm

    Selama ini aku mikirnya pengacara itu mahal, baru tahu kalo ada yang gratisan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top