Tips

Tak Punya Waktu Banyak? Olahraga Saja Di Kantor Dengan 5 Cara Ini!

Kamu pekerja kantoran sekarang? Coba deh perhatikan teman-teman kamu di kantor. Atau coba wawancara kecil-kecilan mereka tentang keadaan kesehatan mereka. Paling sering sih keluhan pekerja kantor adalah otot yang kaku dan kegemukan, akibat konsumsi makanan yang tidak diimbangi dengan gerak tubuh atau aktifitas olahraga yang seimbang.

Kenapa sih bisa seperti itu? Biasanya, yang banyak menjadi hambatan orang untuk berolahraga adalah masalah waktu dan tempat. Kesibukan pulang-pergi kantor membuat pegawai tidak sempat lagi berolahraga.

Namun, siapa bilang saat di kantor kamu tidak bisa berolahraga? Coba yuk 5 gerakan sederhana tanpa alat ini yang dijamin membawa efek buat keseharian kantor kamu. Ya, minimal kamu gak bakal mengalami kaku-kaku otot deh..

Kamu Bahkan Tak Perlu Beranjak, Lakukan Olah Raga Di Kursimu

latihan kaki

Sebelum memulai gerakan olahraga yang lain, yang pertama harus dilakukan adalah mengetahui pentingnya postur tubuh yang baik di kursi. Postur tubuh yang baik adalah tegak, bahu ditarik ke belakang dan bagian atas monitor harus sejajar dengan mata. Hindari posisi postur membungkuk ya..

Sehabis itu, duduk tegak di kursi, pegang perut kamu, dan perlahan-lahan angkat satu kaki secara horizontal (sekitar 90 derajat dari lantai). Gerakan ini mengurangi kekakuan di otot kaki kamu.

Sendimu Pasti Kaku Terlalu Lama Diam, Gerakanlah Sendimu!

latihan leher

• Leher : lakukan gerakan peregangan leher ke atas dan ke bawah, lalu ke kiri ke kanan beberapa kali.
• Bahu : putarkan bahu kedepan kiri dan kanan supaya bahu kamu tidak selalu tegang.
• Pergelangan tangan dan kaki : putar-putar pergelangan tangan dan kaki searah jarum jam dan ke arah sebaliknya.
• Dada : jika sering membungkuk di depan keyboard, buka tangan lebar-lebar, lalu putar pergelangan tangan secara eksternal (posisi jempol naik turun) lalu tarik bahu kembali.
• Perut : peregangan bisa dengan cara menarik otot perut lalu menahannya untuk kemudian dilepaskan.

Kamu Paham Bukan, Mata Itu Juga Ada Ototnya? Harus diregangkan Supaya Tidak Mudah Lelah

olah raga mata

Menatap layar komputer dalam waktu lama pastinya akan membuat mata lelah, dan dalam jangka panjang bisa menimbulkan masalah penglihatan. Coba deh kamu gerakkan bola mata kamu memutar ke kanan dan kemudian ke kiri. Kemudian ke atas dan ke bawah.

Kamu juga bisa memejamkan mata secara rileks selama 30 detik. Gerakan ini sangat membantu kondisi mata kamu agar tidak selalu lelah menatap layar komputer.

Biarkan Office Boy Kamu Istirahat, Ambil Sendiri Minummu

berjalan olah raga

Kalau sedang tidak mengerjakan sesuatu, cobalah berjalan ke toilet , mengambil air di dispenser atau pergi makan siang. Intinya, jangan membuat dirimu sendiri selalu diam di balik meja. Percayalah, berjalan dan bergerak akan membuat kekakuan otot kamu sirna, menyegarkan pikiran kamu, dan membuat kamu lebih aktif.

Ketika di lift, turunlah 2-3 lantai sebelumnya. Lalu gunakan tangga!

belanja

Mari lupakan elevator sejenak. Naik turun tangga akan membawa manfaat lebih banyak buat kamu. Selain menguatkan otot kaki, melatih otot perut, dan yang terpenting kamu tidak perlu meluangkan waktu tersendiri untuk sekedar jogging.

Naik-turun ini bisa dilakukan pada saat masuk dan keluar kantor. Daripada waktumu habis menunggu lift sampai di lantaimu, dan setelah itu berdesak-desakan di dalam lift, akan lebih baik kalau waktumu dipergunakan untuk naik-turun tangga di kantor. Jika lantaimu terlalu tinggi, turunlah 2-3 lantai sebelumnya. Lalu gunakan tangga.

Nah, dari aktivitas-aktivitas sederhana di atas, walaupun terkesan sepele, bisa memperlancar sirkulasi darah dan kesegaran badan. Plus tidak membuat otot-ototmu tegang. Siapa tahu teman-temanmu yang lain juga jadi terinspirasi dan ikutan kan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top