Feature

Muncak Teropong Laut, Tak Cuma Tempat Yang Instagramable

Sejak Instagram marak, memang banyak muncul tempat yang dianggap layak untuk muncul di lini masa sosial media tersebut. Namun apa iya, hidupmu cuma sekedar urusan berinstagram saja? Fenomenanya saat ini memang seperti itu.

Orang pergi ke suatu lokasi, datang berfoto, kemudian upload di sosmed dan menunggu komentar dari follower datang. Satu dua kali mungkin seru, tapi lama kelamaan tentu membosankan.

Buat kamu yang sudah jengah dengan rutinitas macam itu, kamu bisa coba pergi ke Muncak Teropong Laut yang berlokasi di Lampung. Perjalanan ke objek wisata Muncak Teropong Laut ini dapat ditempuh dari Kota Bandar Lampung melewati ruas jalan menuju kawasan pantai hingga Lempasing yang mendekati perbatasan Kabupaten Pesawaran.

Lokasi Muncak Teropong Laut ditempuh sekitar 1,5 km dari Dusun Tataan, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Teluk Betung Barat, Kota Bandarlampung dari jalan masuk di depan kawasan wisata Pantai Tirtayasa.

Sebelum sampai lokasi, kamu sebenernya sudah akan mendapatkan sensasi yang tidak biasa. Karena jalan menuju ke lokasi teropong laut ini tidak terlalu jelek, namun tidak juga bisa dikatakan mulus. Kalau kamu mengendarai mobil, jantungmu akan dibuat sedikit terpompa karena jalan yang hanya satu lajur dengan kombinasi aspal dan batuan. Di kiri kanan kamu akan menemui Jurang dan tebing, pemandangan tak biasa buat kamu yang biasa hidup di kota besar. Lalu setelah tiba ada apa disana?

Disebut Teropong Laut Karena Kamu Akan Melihat Keindahan Laut Dari Ketinggian

Sudah pernah ke Lodge Maribaya, Lembang, Bandung? Muncak ini serupa, tapi nilai plusnya selain pemandangan bukit, mata kita juga akan dimanjakan keindahan laut. Letaknya di ketinggian itu dijamin akan membuatmu menemukan sensasi yang berbeda menatap lautan nan luas.

Satu Lokasi Menawarkan Banyak Spot, Harganya? Gilanya Cuma 5000 rupiah

Yup, kamu memang tidak salah membaca. Coba bayangkan dimana lagi kamu bisa pergi berwisata dengan hanya membayar “tiket masuk” 5000 rupiah. Dengan merogoh kocek senilai itu kamu sudah bisa berfoto di sepuluh lokasi.

Nampaknya lokasi ini memang belum tersentuh kaum urban. Parkir pun dikenakan tarif rasional 5000 dengan tanpa ada batasan waktu. Toiletnya sangat bersih, dan terawat dan kalau kamu mau menggunakannya tak lagi dikenakan biaya tambahan.

Mau Berburu Keindahan? Siap-Siap Pacu Adrenaline

Mungkin banyak tempat lain yang menawarkan objek foto di ketinggian macam di Muncak Teropong Laut ini. Biasanya lokasi foto tersebut aslinya tak terlalu tinggi, tapi dengan sudut foto tertentu kamu akan terlihat seperti berada di ketinggian.

Namun tidak demikian dengan Muncak ini. Karena tempat berfoto yang ditawarkan itu memang nyata adanya sangat tinggi. Dibuat dari kayu dan juga bambu, paltform itu digantungkan di tebing atau di ikat kuat ke pohon. Jadi buatmu yang bernyali kecil, jangan harap bisa menikmatinya.

Amankah? Nah, untuk masing-masing tempat, pastikan membaca pentujuk yang tersedia. Mulai dari lama berdiri di satu spot sampai maksimal jumlah orang yang bisa ditampung. Ada yang satu, dua, tiga hingga maksimal lima orang. Jangan memaksakan melebihi kapasitas, disana sudah banyak rambu yang menyebut “utamakan keselamatan ya kawan-kawan”.

Muncak Itu Bukan Cuma Tempat Foto 5 Menit Lalu Pulang

Nah, ini juga yang membedakannya dibanding tempat sejenis. Di sini ketika berpindah-pindah lokasi disediakan bangku-bangku panjang dari bambu untuk duduk. Kamu bisa menunggu sambil menikmati angin semilir dan pemandangan yang luar biasa itu.

Kalau sudah bosan berfoto, kamu juga bisa beristirahat di tempat yang mirip rumah dengan area terbuka menghadap laut. Menikmati cemilan ringan dan minuman pelepas dahaga. Harga untuk jajanan di tempat ini juga tergolong rasional, sama sekali tak mahal. Dijamin sedikitnya kamu akan menghabiskan waktu minimal satu jam di lokasi ini.

Yang Seru Itu Pergi Ke Muncak Sama Sahabat (Atau Si Dia)

Dengan kombinasi macam itu, tentunya tempat ini tak untuk dihabiskan sendiri. Coa pergi bersama sahabat-sahabat terbaikmu ke lokasi ini. Atau mungkin kamu memilih pergi berdua si dia. Kalian akan banyak menghabiskan waktu relaksasi menikmati pemandangan sambil mengobrol santai, tanpa perlu diburu waktu macam di tempat wisata lain.

Tapi tentunya semua cerita itu adalah kini. Saat muncak masih seperti sekarang. Belum tersentuh kaum urban yang hanya gila berfoto untuk instagram saja. Semua masih nyaman, dengan kepadatan pengunjung yang kerap terjaga. Entah kalau nanti Muncak lebih dikenal dan banyak dikunjungi orang. Mungkin situasinya akan berubah. Makanya, rasanya ini saat yang tepat buatmu untuk pergi ke Muncak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Menurut Otomotif Award, Motor Ini Merupakan Motor Bebek Terbaik

Otomotif Award tahun 2018 ini jadi gelaran ke 11 penghargaan untuk industri otomotif tanah air. Kali ini tema yang diusung adalah “the right choice”. Tema ini mencerminkan bahwa setiap pemenang merupakan rekomendasi terbaik untuk satu tahun 2018.

Ada dua kategori yang menarik yaitu best of the best cub alias motor kategori bebek terbaik dan kategori best of hypercub. Menjadi menarik karena kedua kategori ini dimenangkan oleh motor yang sama, yaitu All New Satria F150.

Hal ini seolah mempertegas All New Satria F150 sebagai produk yang superior, karena berhasil menang di berbagai sektor penilaian. Dengan perolehan poin penilaian yang tinggi, alhasil All New Satria F150 dinobatkan menjadi yang terbaik di kelas cub/bebek 150cc dan sekaligus mengalahkan perolehan poin motor cub/bebek di kelas lainnya.

Meski produk baru namun Suzuki tak mau penggemar setia Satria kecewa. Karena itu All New Satria 150 ini tetap setia mengusung tema Hyperunderbone. Dapur pacu tetap bertenaga ekstra lewat pemilihan 1150 cc DOHC 4 valve.

Semburan tenaganya bisa mencapai 13,6 KW pada 10 ribu RPM. Sementara torsinya mencapai 13,8 KW pada 8500 RPM. Sistem bahan bakarnya menganut injeksi dengan pengapian standar euro 3. Dengan mesin macam ini jelas dapat penilaian sangat baik pada ajang kali ini.

Apalagi dari segi tampilan, Suzuki melakukan gebrakan baru untuk warna standar yang selama ini mungkin sudah kita kenal. Kali ini pilihannya mulai dari Brillian White, Stronger Red dan Titan Black. Suzuki menyebut, variasi warna-warna ini lahir dari tren dasar otomotif yang digemari pada masa kini.

 

Suzuki sengaja memilih dominasi warna tunggal pada varian standar ini. Hal itu bertujuan untuk memudahkan para pemiliknya yang ingin berkreasi sepuasanya pada si kuda besi kesayangan. Sebab penggemar setia Satria memang dikenal gemar memodifikasi tunggangannya.

Untuk kamu yang mungkin senang terlihat berkelas dan bersih, Brillian White yang tampilan warna putihnya kini lebih mendominasi dari seri sebelumnya, mungkin bisa kamu jadikan pilihan. Sedangkan yang senang menjadi pusat perhatian Stronger Red dengan warnanya yang lebih menyala mungkin tentu layak jadi tunggangan. Mereka yang gemar elegan bisa memilih Titan Black.

Jika 3 warna lain dari wajah baru Satria F150 hadir untuk memenuhi gaya hidup anak muda masa kini. Daya pikat dari 2 warna yang spesial berikutnya ini juga tak kalah hebatnya. Bagaimana tidak, Titan Black Red dan Metallic Triton Blue, identik dengan tampilan Suzuki GSX-RR milik Team Suzuki Ecstar di MotoGP 2017. Sehingga membantumu menunjukkan sisi kejantanan yang ingin kamu tunjukkan.

Maka tak heran jika warna biru pada Metallic Triton Blue, untuk seri ini membuat tampilan motor lebih tajam dipadu striping ala Suzuki MotoGP 2017 yang cerah, memberikan kesan pengendara yang antusias dan serius.

Dengan kombinasi macam itu tak heran jika All New Satria F150 berhasil menggaget dua penghargaan bergensi tersebut. Menyambut penghargaan yang baik ini, Yohan Yahya – Department Head of Sales & Marketing 2W SIS berkomentar, “Terima kasih kami ucapkan kepada tim Tabloid Otomotif yang telah memberikan penghargaan dan kepercayaan Best of The Best Cub kepada Suzuki All New Satria F150. Dengan hal ini berarti Suzuki telah berhasil memberikan produk sesuai kebutuhan publik masa kini. Selain itu dengan penghargaan spesial sebagai public relations terbaik tahun ini, meyakinkan kami bahwa apa yang sudah kami berikan dan lakukan dengan teman-teman Jurnalis sudah memenuhi kebutuhan mereka terhadap informasi yang berkualitas.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Tampilan Memang Penting, Tapi Beli Motor Harus Perhatikan Mesinnya

Tak salah memang memilih motor karena tampilannya. Tapi sejatinya motor juga adalah tentang mesinnya. Tampilannya oke tapi kalau mesinnya payah untuk apa.

Karena mesin itu ibarat jantung bagi motor. Vital dan jadi penentu keseluruhan kinerja. Karena itu penting untuk memahami urusan satu ini sebelum memutuskan membeli motor. Setidaknya pilihlah yang sesuai dengan karakter berkendara kamu

Di Indonesia sendiri terdapat tiga tipe mesin yang umum diaplikasikan pada kendaraan roda dua. Tak cuma soal dimensi namun karakteristiknya pun berbeda.

Pertama adalah tipe Overstroke. Mesin ini memiliki langkah piston (stroke) lebih besar dari diameter piston (bore). Mesin dengan tipe ini punya karakteristik mampu mengeluarkan tenaga dan torsi yang besar pada RPM rendah dan menengah.

Tenaga puncaknya bisa diraih di rpm yang rendah. Hal ini membuat motor dengan mesin overstroke bisa lincah dalam mengarungi kemacetan kota atau medan berat. Kekurangannya, putaran mesin tak bisa terlalu tinggi dan jika dipaksakan bisa beresiko mesin jebol.

Kedua adalah mesin Square. Mesin disebut square jika angka diameter dan langkah pistonnya sama atau hanya berselisih sedikit. Mesin berjenis square ini memiliki tenaga yang hampir merata di semua tingkatan rpm, baik pada rpm rendah maupun pada rpm tinggi.

Mesin dengan tipe ini biasanya diaplikasikan pada motor-motor harian yang memiliki kemampuan universal untuk melahap semua medan baik dalam kota maupun luar kota. Meski merata, namun konsekuensinya mesin ini tidak memiliki tenaga yang terlalu menonjol.

Jenis terakhir adalah Overbore yang memiliki diamter piston lebih besar dari langkahnya. Jenis mesin overbore ini sangat cocok pada motor berkarakter sport . Karena mesin ini terkesan jinak diputaran bawah namun menjadi ganas diputaran menengah dan tinggi.

Nah biasanya pada motor sport pengendara akan memacu motornya dengan mempertahankan putaran mesin pada RPM yang tinggi agar dapat mengeluarkan kemampuan maksimum motor tersebut.

Contoh dari mesih overbore adalah mesin yang digunakan Suzuki GSX-S150 dan Suzuki GSX-R150. Suzuki mengambil langkah berbeda dengan para kompetitornya yang memilih mesin over stroke atau Square. Karena dapur pacu yang disematkan pada GSX-R150 ini justru mengadopsi tipe ukuran over bore alias diameter pistonnya (62,0 mm) lebih lebar bahkan berselisih jauh dibanding langkahnya (48,8 mm).

Mesin overbore Suzuki GSX-S150 dan Suzuki GSX-R150, mengadopsi DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan kapasitas 150cc dan berkompresi 11,5 : 1 yang sudah dilengkapi teknologi fuel injection yang canggih untuk pembakaran maksimal, motor ini menghasilkan tenaga sebesar 14,1 kw/10.500 rpm dan torsi sebesar 14 nm/9.000 rpm yang tersalurkan dengan kuat melalui transmisi 6 percepatan.

Layaknya mesin over bore, tenaga yang dihasilkan pada putaran bawah cenderung lebih jinak dan kalem. Karena itu motor ini cukup ramah digunakan di tengah kemacetan tanpa kerepotan mengatasi tenaga dan torsi berlebihan pada putaran bawah.

Tapi sifat asli over bore mulai kelihatan pada putaran menengah dan atas dimulai dari 7000 RPM. Apalagi putaran mesinnya bisa berteriak hingga 13.000 RPM. Tenaga maksimalnya berada di 18,9 dk dengan torsi 14NM. Jangan heran seandainya kamu menggunakan motor ini untuk beradu kecepatan, di putaran tengah dan atas cepat mengasapi motor lain.

Setelah paham ketiga tipe mesin di atas, kamu sudah punya pilihan yang ingin dibawa pulang?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Tempat Indah di Indonesia Ini Pantang Dilewatkan oleh Para Traveler Sejati

Indonesia adalah salah satu negara yang banyak diminati wisatawan sebagai destinasi wisata mereka. Bagi kamu yang menyebut dirimu sebagai seorang traveller sejati, rasanya kurang afdol jika kamu belum pernah mengunjungi 7 tempat indah di Indonesia ini.

1. Pantai Ora

Letak pantai ini masih tersembunyi sehingga banyak orang yang belum terlalu familiar dengan keberadaan pantai yang satu ini. Medan yang harus kamu tempuh untuk sampai di pantai ini juga cukup sulit dan jauh. Namun saat kamu sudah sampai di pantai ini, keindahannya tentu sangat sebanding dengan usaha yang harus kamu lakukan untuk sampai di pantai ini. Pantai ini terletak di Pulau Seribu Provinsi Maluku.

2. Wakatobi

Wakatobi merupakan salah satu destinasi wisata yang harus kamu kunjungi jika kamu memang pecinta keindahan laut dan isinya. Di sana terdapat sekitar 90% jenis karang yang ada di dunia dan lebih dari 900 spesies hewat laut. Tak heran jika tempat ini menjadi tempat favorit bagi para diver di dunia.

3. Kalibiru, Raja Ampat

Raja Ampat merupakan tempat yang memang sudah terkenal dengan keindahannya yang mengagumkan. Di sana ada satu tempat yang kamu harus kunjungi, yaitu Kalibiru. Tempatnya terletak di Desa Warsambin, Teluk Mayabilit, Raja Ampat. Kalibiru adalah sungai kecil dengan warna air yang biru jernih. Pemandangannya tentu sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang bagus banget.

4. Pulau Nikoi

Pulau Nikoi adalah tempat yang sangat cocok bagi kamu yang butuh privasi. Pulau ini merupakan sebuah pulau privat yang bisa menjauhkan kamu dari para wisatawan yang lain. tempat ini terletak di dekat Pulau Bintan.

5. Nusa Penida

Jika kamu bosan berkunjung ke beberapa pantai yang umum di Bali, mungkin tempat ini bisa kamu jadikan destinasi wisatamu. Banyak orang berkunjung ke sini untuk melakukan snorkelling. Namun kamu juga bisa sekedar berkeliling dan melihat keindahan pantai yang indah dan air terjun yang ada di Nusa Penida.

6. Pulau Halura

Hanya sedikit orang yang tahu tentang keberadaan pulau yang satu ini. Pulau Halura berada di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Medan yang harus kamu hadapi untuk sampai di tempat ini memang cukup sulit. Namun semua pengorbanan yang kamu lakukan akan terbayarkan dengan keindahan alam yang akan kamu dapatkan begitu sampai di Pulau Halura.

7. Taman Nasional Tanjung Putting

Di tempat ini kamu bisa menemui hewan endemik, seperti orang-utan. Di tempat ini juga terdapat lebih dari 200 spesies burung lph. Tempat ini berada di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Jika kamu memang berniat untuk berkunjung ke sana, tetaplah ahti-hati dengan buaya yang kerap melintas di sungainya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

5 Perpustakaan Keren Dunia yang Bikin Kamu Betah Baca di Sana

Bagi kamu yang gemar membaca tentu sudah taka sing lagi dengan kunjungan ke perpustakaan yang menjadi favoritmu sendiri. Berbicara tentang perpustakaan, tentu tak dapat dipungkiri lagi bahwa kondisi perpustakaan itu sendiri sangat berpengaruh kepada kenyamanan dan minat baca bagi pengunjung yang datang.

Nah 5 perpustakaan keren ini memiliki gaya arsitektur yang unik dan mengagumkan sehingga menarik banyak pengunjung untuk datang langsung melihat kemegahannya.

1. New York Public Library

Sumber : www.instagram.com/martinamotta/

Bangunan perpustakaan ini termasuk bangunan ikonik di New York yang sering dijadikan lokasi untuk pengambalinan gambar guna pembuatan sebuah film atau acara lainnya. Hal ini karena gaya arsitekturnya yang menawan. Selain itu perpustakaan ini juga merupakan perpustakaan pertama yang ada di New York. Dijamin deh kamu bakalan betah berkunjung ke sana.

2. Salt Lake City Public Library

Sumber : www.instagram.com/dirkjohnson/

Perpustakaan ini terletak di Utah dan didirikan pada tahun 2003. Perpustakaan ini dirancang oleh seorang arsitek bernama Moshe Safdie dengan bangunan enam lantai yang dilengkapi dengan auditorium besar dan area membaca multi-level. Perpustakaan ini dirancang sebagai bangunan yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan pancaran alami matahari dari segala arah gedung.

3. Geisel Library

Sumber : www.instagram.com/dc_hillier/

Perpustakaan ini dirancang pada tahun 1960 dan merupakan perpustakaan miliki Universitas California. Gaya arsitektur perpustakaan ini cukup unik dan menarik. Jika kamu berkunjung ke sana, kamu akan menemui banyak koleksi dengan jumlah lebih dari setengah juta yang terdiri atas koleksi buku, majalah dengan berbagai alat referensinya dan sumber daya digital.

4. Seattle Center Public Library

Perpustakaan ini memiliki 11 lantai yang bangunannya unik banget setelah melalui tahapan renovasi yang cukup besar sebelumnya. Karena keunikannya tersebut, akhirnya perpustakaan ini mendapat julukan sebagai landmark baru kota Seattle.

5. Trinity College Library

Sumber : www.instagram.com/toba_torakitsune/

Perpustakaan ini merupakan salah satu perpustakaan legendaris yang dibangun pada tahun 1592. Di dalam perpustakaan ini terdapat koleksi dengan jumlah 5 juta item berupa buku, majalah, jurnal, manuskrip, peta dan koleksi musik. Nggak hanya itu saja, di perpustakaan ini konon juga tersimpan beberapa naskah kuno loh, keren ya?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

5 Tempat Wisata Bahari yang Patut Kamu Kunjungi dengan Si Dia

Tentu akan membosankan jika kamu hanya menghabiskan waktu liburanmu dengan jalan-jalan di mall atau ke tempat bermain saja. Ketahuilah bahwa ada hiburan lain yang lebih menarik untuk kamu coba. Ini 5 wisata bahari yang sepatutnya kamu kunjungi saat waktu liburan tiba.

1. Menyaksikan Keramaian di Pelabuhan Tanjung Priok

Cobalah sesekali berkunjung ke Tanjung Priok. Tempat ini adalah salah satu pelabuhan yang paling sibuk di Indonesia. Kamu bisa datang ke sana di saat masa liburan tiba dan menyaksikan secara langsung hiruk pikuk yang ada di sana. Bukankah itu akan menjadi hal menarik untuk dicoba?

2. Menyaksikan Keindahan Bawah Laut di Pelabuhan Laut Rublah Aceh

Tempat ini berada di ujung barat pulau Sumatera. Jika kamu adalah salah satu orang yang menyukai wisata bawah laut, tempat ini sangat cocok untuk kamu jadikan destinasi liburanmu nanti. Di sana kamu bisa menyaksikan secara langsung keindahan bawah laut. Luas tempat ini sendiri sekitar 26 hektar.

3. Menyaksikan Keindahan Karang dan Spesies Laut di Taman Nasional Wakatobi

Lagi, bagi kamu yang menyukai keindahan laut, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke tempat yang satu ini. Tempat ini adalah taman laut terluas yang ada di Indonesia yang menjadi tempat tinggal bagi 90% jenis karang laut dan 942 spesies ikan. Di jamin kamu akan benar-benar puas melihat keindahan yang disuguhkan oleh tempat wisata bahari yang satu ini.

4. Menyaksikan Keindahan Alam di Taman Laut Derawan

Tempat ini terletak di Propinsi Kalimantan Timur. Dengan berkunjung ke tempat ini, kamu bisa menyaksikan keindahan alam yang cukup luar biasa. Keindahan pulau ini bahkan sering disandingkan dengan taman bahari kelas dunia seperti Maldives.

5. Menyaksikan Keramaian di Pelabuhan Patimban

Pelabuhan Patimban adalah partner dari Pelabuhan Tanjung Priok. Pelabuhan Patimban dibuat untuk menghadapi pertumbuhan arus barang yang kerap tak tertangani dengan baik. Pelabuhan ini juga disebut sebagai salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia dengan daya tamping 7,5 juta kontainer dan 600.000 unit kendaraan bermotor.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top