Tips

Metode Ini Membuat Passwordmu Tak Bisa ditembus Selama 200 Tahun

Dalam bulan Mei tahun 2016 ini saja ditemukan data, sudah ada sekitar 300 juta email yang di hack. Secara detail perusahaan keamanan Hold Security menyebut bahwa sekurangnya ada 272 juta akun beserta datanya yang terdiri dari Gmail, Yahoo Mail dan Hotmail, yang dicuri dan disimpan oleh hacker Rusia.

Angka itu belum seberapa jika dibandingkan temuan beberapa tahun sebelumnya. Dirilis tahun 2014, saat itu dinyatakan sekurangnya 1,2 miliar username dan password disimpan oleh gang kriminal asal Rusia.

Selain email, berbagai akun juga tak luput dari peretasan. Di tahun 2012 terdapat 100 juta username dan password yang berhasil diretas. Kemudian, terdapat juga 360 juta akun myspace yang berhasil diambil alih username dan passwordnya.

Bicara soal peretasan email ini, korbannya bukan hanya orang-orang biasa macam kita. Mereka yang punya posisi tinggi juga ternyata akunnya bisa direbut. Salah satu yang menjadi pemberitaan adalah diretasnya akun milik pendiri dan pemilik Facebook Mark Zuckerberg. Dua akun sosial medianya yaitu twitter dan Pinterest berhasil diambil alih.

Peretasnya tidak menggunakan metode rumit yang mengharuskan mereka membobol keamanan server twitter dan pinterest. Karena mereka cukup “bermain” dengan password milik Zuckerberg tersebut. Fatalnya Zuckerberg menggunakan password yang tegolong lemah yaitu “dadada”.

Ini jadi pertanda jelas bahwa sudah saatnya memperkuat password akun-akun kita. Sebenarnya tak perlu metode rumit untuk membuat akun kita tahan terhadap serangan hacker. Ada sejumlah hal yang patut kita perhatikan.

Para Hacker Sudah Paham Kalau Kamu Sering Menggunakan Password Ini

password

Menjebol akun seseorang jauh lebih mudah ketika sosial media mulai merebak. Apalagi buat kamu yang memang senang eksis di dunia maya. Banyak informasi yang dengan mudah menggambarkan kata kunci untuk masuk ke akun kamu. Berikut daftarnya.

  • nama pasangan, pacar, suami, istri, anak, binatang peliharaan (biasanya ditambah angka 0 atau satu di belakangnya)
  • Tanggal lahir, tanggal lahir pasangan, tanggal lahir anak
  • 123, 1234, 123456, 12345678, 123456789
  • Abcde, Abc123
  • Monyet123, kucing123, anjing,123
  • Password, passw0rd, pasword(plus angka)
  • Qwerty
  • Login
  • (nama kamu)123
  • Nama depan
  • Nomor telfon
  • (nama)nomor telefon
  • Nama idola atau (nama idola)angka
  • Klub sepakbola atau (klub sepakbola) angka

Passwordmu tidak umum? Jangan Bangga Dulu, Metode Brute Force Bisa Membobolnya

informasi

Jangan lekas menepuk dada kalau password kamu tidak ada di daftar yang di atas. Karena para hacker punya metode lain yang bisa memaksa password kamu untuk ditemukan. Salah satunya adalah dengan brute force.

Dengan menggunakan software yang tersebar bebas di dunia maya, para hacker akan mencoba kombinasi beragam password melawan akun kamu secara urut. Dalam versi lebih sederhana, software yang dijalankan tersebut akan mencoba seperti ini.

  • Akun: Budi password: a (gagal)
  • Akun: Budi password: aa (gagal)
  • Akun: Budi password: aaa (gagal)
  • Dstnya
  • Sampai Akun: Budi password: abcde (berhasil)

Dengan mudah sebuah software brute force mampu diperintahkan melakukan percobaan 50 ribu sampai 100 ribu kali sekali diluncurkan. Jadi walaupun password kamu jarang digunakan orang lain, bisa jadi mudah diungkap oleh metode ini.

Ubah sedikit Password Kamu Supaya Jauh Lebih Kuat

membuat passsword yang kuat

Karena burte force mencocokan satu-satu kombinasi secara berurut, maka mempersulit kombinasi adalah cara termudah untuk mengalahkan software ini. Menurut penelitian perusahaan iFusion Labs, password yang mengandung 7 karakter namun hanya huruf kecil, akan bisa dibongkar oleh brute force dalam waktu 2 jam 20 menit saja.

Mau lebih kuat? Ubah salah satu huruf menjadi kombinasi huruf besar dan kecil (contoh: mAjalaH), maka password kamu baru bisa dibongkar setelah 2 tahun menjalankan brute force. Berhenti sampai disini saja, besar kemungkinan akun kamu akan aman. Karena para hacker tidak akan rela menghabiskan waktu sekian lama hanya untuk mengambil akun kita yang notabene bukan selebritis. Tapi kalau iya kamu selebritis, masih ada cara lagi untuk memperkuatnya.

Mengubahnya Sedikit Alay Membuat Passwordmu Tahan 200 Tahun

password yang kuat

Sekarang tambahkan jumlah karakter menjadi 8 dikombinasikan huruf besar, kecil, simbol dan nomor (contoh: kuc!N6ku) akan membuat password kamu tahan hingga 200 tahun alias dua abad lamanya sampai bisa ditembus oleh metode brute force.

Semakin rumit kombinasi yang kamu gunakan, maka semakin sulit password tersebut dibuka. Ini adalah bentuk password yang bahkan membutuhkan hingga 1800 tahun untuk dibobol

  • fImE£=*4Og
  • $*:8A{€m5T
  • <_yF”s3\lQ

Perhitungan lama menjalankan software brute force tersebut tentunya dihitung dari standar komputer tercanggih umumnya yang bisa ditemui saat ini. Jika saja para hacker itu menggunakan komputer dengan prosesor yang jauh lebih cepat beberapa tahun ke depan, tentunya waktu membongkar password itu juga akan lebih singkat.

Bayangkan jika hacker itu menggunakan supercomputer bernama Sunway TaihuLight yang tercepat saat ini. Dengan kemampuan komputasi 33 triliun per detik. Tentunya dalam waktu singkat password kamu akan mudah dibobol.

Tapi kalaupun hacker tersebut mampu membangun Sunway TaihuLight yang membutuhkan dana 1 miliar Yuan atau setara 270 juta dollar Amerika tentunya tidak akan terlalu perduli dengan akun kita bukan?

2 Comments

2 Comments

  1. password

    September 16, 2016 at 11:43 am

    ternyata metode penulisan alay bagus juga yaa buat password 😀

  2. Harga office 365

    October 7, 2016 at 10:01 am

    oke ka makasih ka atas metode nya. jadi dengan begini tidak perlu khawatir dalam masalah hacker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top