Feature

Meskipun Terlihat Biasa, Ternyata Makan dan Minum Sambil Berdiri Berbahaya

Saat ada acara pertemuan seperti kondangan, gathering, atau pertemuan lainnya yang sistem jamuanya prasmanan tetapi tidak memberikan tempat untuk menikmati hidangan sambil duduk, membuat kebanyakan orang memutuskan untuk makan dan minum sambil berdiri. Meskipun tidak dipungkiri beberapa orang lebih suka melakukan itu sambil berdiri, salah satu alasannya mungkin bisa lebih fleksibel pada saat ingin mengambil makanan yang sama ataupun makanan yang berbeda, sehingga mereka tidak perlu repot untuk bangun dari tempat duduknya dan mencari tempat duduk yang baru. Hal yang sudah menjadi kebiasaan dan terasa wajar untuk semua manusia di belahan dunia ini, nyatanya ada efek samping yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

 

Makan dan Minum Sambil Berdiri Memang Lebih Efisein, Tetapi Faktanya Bisa Menimbulkan Masalah untuk Kesehatan Lambungmu.

Minum sambil berdiri ternyata dapat menyebabkan asam lambung naik. Hal ini dikarenakan tekanan air yang diminum saat berdiri mengejutkan bagian saluran (sphincter) yang menuju lambung yang disebut juga dengan (Gastroesophageal Reflux Disease) GERD. Tidak jauh dengan aktivitas minum, makan sambil berdiri rentan menyebabkan asam lambung naik ke arah esofagus apalagi jika makanan tersebut mengandung cabai atau merica efek panas yang bisa memicu luka serta iritasi pada dinding esofagus.

Untuk kamu yang mempunyai riwayat penyakit maag sebaiknya hindari aktivitas makan sambil berdiri karena makanan yang masuk ke dalam sistem pencernaan tidak menjalani proses penggilingan dengan benar, sehingga bisa memicu maag kambuh yang berefek pada rasa mual atau bahkan muntah.

 

Ginjal kamu juga bisa bermasalah jika rutinitas makan dan minum sambil berdiri masih kamu jalani

Saat seseorang makan sambil berdiri bukan hanya bisa menganggu lambung, tetapi ternyata juga bisa merusak ginjalmu. Karena pada saat makan sambil berdiri bisa membuat proses penggilingan makanan dengan benar, bisa berimbas juga pada penyerapan nutrisi yang ikut terhambat dan mengakibatkan ginjal bekerja keras untuk mengolah air supaya dapat mendukung terjadinya proses penghancuran makanan tersebut. Dengan kondisi tersebut tidak menutup emungkinan ginjal bisa mengalami iritasi, kelelahan dan kinerjanya menjadi menurun sehingga kerusakan ginjal tidak bisa dihindari.

Tidak jauh berbeda bahayanya makan dan minum sambil berdiri. Ketika kamu minum sambil berdiri ginjal tidak akan mendapatkan penyaringan yang sempurna sehingga dapat merusak fungsi ginjal dalam bekerja. Tidak hanya dapat merusak ginjal kamu, tetapi juga bisa berpengaruh gangguan saluran kandungan kemih.

Meskipun Terlihat Sepele Nyatanya Makan Sambil Berdiri Bisa Memicu Kanker

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa makan sambil berdiri bisa mempengaruhi rusaknya dinding esofagus. Organ pencernaan yang mengalami luka akan memberikan efek nyeri yang sangat luar biasa. Dan yang paling menakutkan lagi apabila sel-sel kerongkongan mengalami iritasi dan infeksi. Hal itu bisa mempercepat pertumbuhan sel abnormal yang berpotensi menjadi sel kanker aktif pada saluran esofagus.

 

Minum Sambil Berdiri Seringkali Dilakukan, Tanpa Kita Sadari Ternyata itu Bisa Menyebabkan Arthritis

Pada saat kebiasaan minum sambil berdiri akan menimbulkan gangguan keseimbangan cairan dalam tubuh yang tersalurkan sampai bagian sendi, dan dapat memicu peradangan pada sendi. Selain itu juga dapat menyebabkan arhtitis yaitu kondisi kaku pada sendi sehingga dapat terjadi pembengkakan. Dan tentu saja efek sampingnya adalah penderita tidak dapat lagi bergerak dengan leluasa.

 

Syaraf Kamu Bisa Bermasalah Jika Makan dan Minum Sambil Berdiri Masih Menjadi Kebiasaanmu

Saat kita berdiri sistem urat syaraf simpatis akan aktif untuk menahan semua otot dan menjaga keseimbangan tubuh, dan Jika pada saat kondisi seperti ini kita minum maka akan berimbas dengan ketegangan di bagian syaraf. Hal yang sama juga akan terjadi jika kita makan sambil berdiri, karena pada saat posisi berdiri dapat menyebabkan makanan yang masuk lewat kerongkongan akan langsung berjalan dengan kasar menuju pencernaan yang bisa menyebabkan disfungsi syaraf kronis pada syaraf otak ke sepuluh dan bisa memicu denyut jantung menjadi kacau.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Sebagian Hal Unik Yang Mungkin Baru Kamu Sadari Setelah Masuk Bulan Puasa

Ini memang bukan bulan biasa. Karena kamu harus menahan hawa nafsu dan juga makan minum di waktu siang. Tapi diluar hal itu, sejatinya ada hal-hal menarik yang hanya bisa kamu temui di kala bulan puasa. Bisa jadi di bulan lainnya kamu merindukan saat-saat tersebut.

Baru Tahu Kan Ada Petuah-Petuah Bijak Karena Tiba-Tiba Banyak Yang Share Di Timeline

Puasa kali ini seolah jadi angin segar buat kamu yang sudah penat dengan konten di timeline sosial mediamu. Sebelumnya banyak informasi yang bikin panas hati, kawan yang berdebat tiada henti sampai urusan-urusan sosial pilitik yang nampak tak kunjung selesai.

Tapi semua mereda ketika memasuki bulan ramadan. Timeline menjadi lebih sejuk, karena tiba-tiba banyak kawan-kawan yang membagi kata-kata bijak. Banyak kalimat-kalimat bijaksana penuh motivasi dan introspeksi yang bahkan kamu baru tahu kan.

Makin seru karena tak semua kata-kata bijak itu disajikan dengan nuansa serius. Karena banyak juga yang digelar dengan nuansa canda tawa. Tak sedikit meme-meme unik berlalu lalang membuat kita tertawa kecil. Ya, meski dadakan sebagian kawan kita berubah jadi motivator handal.

Baru Tahu Kan Ada Tetangga Menarik Hati, Karena Bertemu Ketika Menuju Masjid

Akuilah kamu mungkin tak sedekat itu dengan tetangga. Bahkan mungkin siapa yang menghuni sebelah rumah juga kamu tak paham. Baik kiri maupun kanan sama gelapnya entah siapa namanya. Lihat wajah pun jarang.

Untungnya datang bulan puasa. Aktivitas sosial pun meningkat. Minimal bersama tetangga kita berbondong-bondong ke masjid melaksanakan ibadah sholat tawarih. Tanpa diniatkan sebelumnya, bisa jadi kamu baru tahu kan kalau ada tetangga sebaya yang nyatanya begitu menarik hati.

Curi-curi pandang di temaram lampu perumahan jadi latar yang menarik. Kemana saja kamu selama ini? Ternyata mereka yang menarik tak perlu dicari jauh-jauh bukan?

Baru Tahu Kan Makan Pakai Tempe Bareng Keluarga, Lebih Nikmat Dibanding Makan Ayam Sendirian

Selama sebelas bulan kamu mungkin biasa makan siang enak di kantor. Atau buat yang sudah tinggal sendiri, sangat nyaman menikmati menu-menu dari cafe pilihan yang biasa kamu santap. Makan malam bersama kawan atau klien jadi agenda rutin yang tak terlewat.

Tapi masuk bulan puasa kamu banyak menghabiskan waktu di rumah. Sarapan yang biasa dilakukan di tempat aktivitas, jadi berpindah di waktu sahur di rumah. Makan malam bisa bersama keluarga, karena jam kantor yang pulang lebih awal dan melaksanakan berbuka di rumah. Ketika itu kamu baru tahu kan kalau makan bersama keluarga meski dengan menu seadanya masih jauh lebih nikmat dibanding ketika kamu di luar sana.

Baru Tahu Kan Mantanmu Sekarang Jadi Super Menarik, Setelah Ketemu Di Acara Bukber

Bulan Ramdan berarti pula jadwal bukber alias buka puasa bersama. Aktivitas membatalkan puasa ini seringnya jadi ajang reuni kecil buat teman-teman lama. Banyak pula yang sebelumnya jarang bertemu, jadi bisa kembali temu kangen.

Dan beruntung atau sialnya, kamu baru tahu kan mantan kamu ternyata sekarang tampil menarik luar biasa. Ini memang jadi sindroma para mantan. Mereka terlihat begitu menarik ketika sudah tak lagi bersamamu. Memori lama bisa kembali muncul menghiasi isi kepalamu. Apa harus kembali mencoba merajut hubungan yang sudah terputus sekian lama? Pilihannya jelas ada di kamu.

Baru Tahu Kan Ternyata Kamu Butuh Internet Yang Cepat Ketika Berpuasa

Okay, selama ini kamu menerima begitu saja koneksi internetmu sebagai bagian dari keseharian. Tak ada yang perlu diperhatikan secara berlebih. Tapi kondisi berbeda kamu temui di kala bulan puasa.

Sebagian aktivitas mungkin saja berkurang, sehingga kamu punya lebih banyak waktu berselancar di dunia maya. Atau malah pekerjaanmu jadi lebih banyak dilakukan di dalam ruangan dan membuatmu lebih intens menggunakan internet.

Masalah memuncak ketika kamu menyadari koneksi internet kamu ternyata kurang oke. Kesal, maarah, sebal? Eits, ingat ini puasa. Tak cuma menahan lapar dan haus, kamu juga harus pandai mengelola perasaanmu.

Agar tak larut berkepanjangan, mungkin ini saat yang tepat buatmu berlaih ke internet 4G LTE yang lebih cepat. Coba deh kamu lirik tawaran menarik promo ramadan dari Smartfren 4G yang super cepat itu.

Tapi pilihan handphonenya tidak banyak? kamu tak perlu khawatir karena saat ini kartu perdana Smartfren 4g bisa digunakan di beragam jenis handphone. Selain Smartphone Andromax Smartfren juga bisa digunakan di Samsung, iPhone, Oppo, Lenovo & Motorolla. Untuk daftar lengkapnya, kamu bisa lihat di sini.

Handphone bagus tapi tak punya quota buat apa? Smartfren punya tawaran menarik buat pengguna perdananya. Tak tanggung-tanggung kamu bisa mendapatkan gratis internet setahun sampai sebesar 58GB. Ini masih di luar fasilitas ciamik lain macam gratis chat menggunakan aplikasi Whatsapp, Line dan BBM 500MB. Plus kamu yang iseng ngabuburit bisa mengahabiskan waktu menelfon atau Videocall sesama jaringan Smartfren 4G dengan gratis.

kamu siap menjajal Smartfren 4G di ramdhan sekarang? Nah tahun ini, Smartfren 4G bahkan mengajakmu menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan penuh kebaikan. Salah satunya, kamu mencari tahu tentang hal-hal berbeda di sekitarmu untuk menambah wawasan dan mengurangi buruk sangka. mewujudkan Ramadhan baru dengan mencari tahu hal-hal baru dari orang-orang dan hal-hal lain di sekitarmu melalui aktivitas #BaruTahuKan di sini.

Semakin banyak momen #BaruTahuKan yang kamu dapat, semakin besar kesempatanmu memenangkan hadiah total jutaan rupiah! Salah satu hadiah kerennya itu iPhone 7. Jadi kamu baru tahu kan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Ternyata Ini Penyebab Kamu Tetap Mengantuk Mesti Telah Tidur Cukup

Mengantuk adalah kondisi yang wajar. Kondisi tersebut bisa jadi alarm saat tubuh merasa lelah. Mengantuk umumnya terjadi saat malam hari, mengingat tubuh memang memiliki respon khusus yang membuat manusia merasa lebih nyenyak saat tidur dimalam hari.

Menjadi tidak wajar jika kamu mengantuk dijam-jam yang seharusnya digunakan untuk beraktifitas. Misalnya saat bekerja atau menyetir. Mengantuk diluar jam tidur bisa jadi merupakan sinyak kurang baik dari tubuh. Ini bukan kondisi yang bisa diabaikan begitu saja. Menurut beberapa peneliti, orang dengan gangguan tidur yang berkepanjangan mengalami 2,5 kali kecelakaan mobil lebih sering dibandingkan orang yang tidur cukup. Bahkan diperkirakan jumlah penderita gangguan tidur setiap tahun semakin lama kian meningkat hingga menimbulkan masalah kesehatan.

Hal ini juga bisa menimbulkan dampak yang kurang baik terhadap produktifitas dan prestasi. Kalau sudah seperti itu,  kamu harus segera mencari tahu penyebabnya. Berikut adalah alasan-alasan kenapa orang bisa mengantuk diluar waktu yang semestinya.

Perubahan jam kerja bisa mengakibatkan jam tidurmu terganggu. Tak heran bila kamu merasa mengantuk saat jam kerja. Ingat tubuhmu butuh waktu untuk adaptasi!

Jika kamu bekerja dengan sistem shift biasanya ini akan memberikan reaksi tubuh yang berbeda. Apalagi bila perubahan jam kerja dilakukan setiap minggu, belum lagi ditambah jam kerja yang lebih panjang. Tidak heran bila hal ini mengakibatkan kamu  jadi memiliki masalah dengan jam tidur. Ingat, tubuh anda tidak memiliki kemampuan untuk merubah jam tidur dalam waktu yang relatif cepat.

Depresi dan tekanan mental akan membuatmu cepat merasa lelah baik secara fisik maupun mental. Kalau sudah begini tak heran bila kamu jadi gampang mengantuk!

Berada dalam situasi gelisah, cemas atau memiliki banyak masalah akan membuat otak memberikan reaksi yang berbeda dari bisanya. Hal ini yang membuat reaksi tubuh dari perasaan dan emosi diterjemahkan otak menjadi rasa mengantuk. Semua orang yang berada dalam kondisi tertekan atau depresi memang berpotensi untuk lebih cepat mengantuk. Mengontrol pikiran dan berusaha meminimalisir stres akan membuatmu memperoleh waktu tidur yang semestinya.

Obesitas bisa mempengaruhi metabolisme dalam tubuhmu, kondisi ini mengakibatkan kamu lebih sering mengantuk!

Obesitas juga dapat membuatmu lebih mudah mengantuk. Hal ini dikarenakan cadangan lemak yang terdapat pada tubuh bisa menyebabkan kurangnya aktivitas. Kamu pun jadi lebih mudah mengantuk. Selain itu obesitas juga dapat mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh, sehingga orang  yang obesitas cenderung memiliki masalah dengan jam tidurnya.

Kondisi kesehatan yang tidak normal bisa menjadi peyebab kamu sering mengantuk. Bisa jadi kamu memiliki penyakit yang belum kamu sadari! Kunjungi dokter untuk memperoleh kepastian!

Kabar kurang baiknya adalah mengantuk dapat diindikasikan sebagai sinyal dari kondisi kesehatan yang tidak normal. Beberapa gangguan kesehatan berhubungan dengan rasa kantuk yang berlebihan. Diabetes, anemia, penyakit jantung, hipertensi, obesitas, hiperkalsemia, hipotiroidisme, hiponatremia adalah gangguan kesehatan yang ditandai dengan rasa kantuk yang tak semestinya. Untuk memastikannya kamu bisa berkunjung ke dokter agar bisa mendapat pengobatan yang tepat.

Gangguan tidur akan membuatmu tidak bisa tidur nyenyak dan akibatnya kamu jadi lebih mudah mengantuk dijam kerja!

Beberapa orang bisa tidur nyenyak pada siang hari, tapi mereka malah tidak bisa tidur pada malam hari. Ini adalah gejala gangguan tidur yang perlu mendapat perhatian khusus. Hal ini bisa diesebabkan oleh gangguan pernafasan saat tidur, mendengkur atau cemas yang berlebihan. Bahkan gangguan tidur sambil berjalan juga bisa menyebabkan jam tidur menjadi berantakan. Kamu jadi mudah mengantuk disiang hari dan tak bisa tidur pada malam hari. Jika kamu merasakan gejala seperti ini, langkah terbaik yang bisa dilakukan adalalah berkunjung ke dokter atau psikolog demi mendapat penanganan terbaik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Terbiasa Tidur Setelah Sahur? Mulai Sekarang Jangan Lakukan Lagi! Ini Akibat Negatifnya!

Makan sahur adalah salah satu sunah saat menjalankan ibadah puasa. Ibadah sunah itu lazimnya dilakukan saat dini hari. Tak heran kamu pun kerap harus menahan kantuk saat makan sahur. Hal ini sangat wajar karena makan sahur dilakukan sekitar pukul 03.00. Ini adalah saat kamu tertidur nyenyak.

Setelah makan sahur pun kamu kembali tergoda untuk tidur. Sangat sulit menahan mata agar tetap terbuka. Alih-alih mendapatkan tubuh yang kembali segar begitu bangun, tidur setelah sahur justru bisa membuat kepala terasa sakit. Bagian leher akan terasa kaku dan sakit. Menurut studi, tidur setelah sahur akan mengakibatkan serebrospinal bergerak ke otak. Hal inilah yang menjadi pencetus sakit kepala. Bukan hanya itu saja, ternyata tidur setelah sahur juga bisa menimbulkan efek negatif berikut ini.

Puasa malah bikin perut buncit dan berat badan naik? Langsung tidur setelah makan sahur bisa menjadi penyebabnya!

Setelah makan, tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan. Lain cerita ketika kamu langsung tidur setelah selesai makan sahur. Bisa-bisa lemak tertimbun dalam perut karena tidak bisa dicerna dengan baik. Kalau sudah begini, bisa-bisa perut kamu buncit dan berat badanmu bertambah. Wah, ukuran baju bisa bertambah nih!

Langsung tidur setalah makan bisa menyebabkan refluks asam lambung. Membayangkannya saja sudah terasa tak nyaman!

Refluks adalah keadaan dimana makanan yang baru masuk ke perut bisa berbalik. Makanan yang telah berada di lambung bisa berbalik menuju kerongkongan. Hal ini akan menimbulkan efek kerongkongan yang terasa panas seperti terbakar. Bukan itu saja, mulut pun akan terasa panas. Tentu kamu tak ingin mengalami hal itu bukan?

Langsung tidur setelah makan sahur juga akan membuat pencernaamu bekerja lebih keras dari bisanya. Kadar asam lambung pun rentan meningkat. Ditandai dengan rasa panas di area dada. Hal ini bisa berisiko membuat kamu sakit maag. Naiknya asam lambung ini juga bisa menimbulkan rasa panas di area dada.

Bukan hanya rasa panas di area dada, bakteri jahat di perut kamu pun akan meningkat!

Sebenarnya ini masih kelanjutan dari efek makanan yang tak tercerna sempurna tadi. Seiring dengan itu bakteri jahat di dalam usus pun meningkat. Kalau sudah begini bakteri miskin energi/bakteri anaerob pun akan mendominasi dalam tubuh. Bakteri jahat ini juga bersifat asam dan menyebabkan asam lambung ikut meningkat. Kamu pun akan sakit maag.

Tidak hanya membuatmu sakit maag, bakteri jahat tadi juga bisa mengakibatkan kerja liver jadi berat. Heran kenapa hal itu bisa terjadi? Jumlah bakteri jahat yang mendominasi dalam tubuh akan mengakibatkan derajat keasaman pada tubuh ikut meningkat. Hal ini mengakibatkan timbulnua asam nitrit yang berbahaya bagi hati. Sebab asam nitrit ini akan membuat kerja organ hati jadi meningkat dan lebih gerak. Tentu kamu kasihan dengan livermu kan kalau harus bekerja lebih berat? Nah mulai sekarang sayangi organ hatimu dengan tidak langsung tidur setelah makan sahur ya!

Lebih baik menahan kantuk sebentar saja deh daripada resiko terkena diebetes jadi meningkat!

kue

Diabetes adalah penyakit yang bisa muncul karena obesitas. Penyakit diabetes salah satunya disebabkan oleh lemak dan kalori yang menumpuk. Hal ini bisa timbul karena obesitas yang bisa terjadi jika kamu langsung tidur selepas makan sahur. Kalau sudah begini, tentu kamu lebih memilih menahan kantuk sebentar setelah sahur daripada memiliki resiko terkena penyakit ini kan?

Mungkin kamu menganggap langsung tidur setelah sahur itu hal sepele. Jangan salah sangka, ini bisa memicu timbulnya serangan jantung loh!

Bukan hanya bisa menimbulkan obesitas, lemak dan kalori yang tidak terbakar bisa menyumbat pembuluh darah. Ini adalah kondisi yang perlu diwaspadai, karena bisa memicu timbulnya serangan jantung. Bahkan kondisi ini bisa menyebabkan kadar kolesterol kamu menjadi diatas normal. Masih mau langsung tidur setelah makan sahur?

Lebih parahnya lagi, langsung tidur setelah makan sahur bisa membuat kamu lebih rentan terkenan stroke. Ya, langsung tidur setelah makan bisa meningkatkan resiko terkena stroke. Wah, terdengar menyeramkan ya! Ada penelitian yang menyebutkan bahwa seseorang yang jeda antara tidur dan makannya lebih lama, maka resiko terkena stroke juga akan semakin rendah. Hal ini berlaku kebalikannya. Demi kesehatanmu, rasanya kamu memang harus mengubah kebiasaan langung tidur begitu selesai makan sahur.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tips

Ketika Puasa Itu Haus Boleh, Dehidrasi Jangan

Puasa bukan alasan untuk tak beraktifitas seperti biasanya! Karena itu menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa merupakan hal yang harus diperhatikan. Pasalnya selama menjalankan ibadah selama sebulan, kita akan mengalami  perubahan pola hidup dan pola makan. Meski begitu, seharusnya puasa bukan menjadi hambatan untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

Dengan menjaga menjaga kesehatan, tidur yang cukup, konsumsi vitamin dan minum air putih dalam jumlah yang dibutuhkan kamu tak perlu merasa khawatir aktifitasmu akan terganggu. Namun ada beberapa hal yang patut dicermati dalam mengkonsumsi air putih ini.

Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup saat puasa adalah salah satu kunci agar kamu tetap fit saat puasa!

Agar kamu dapat fit menjalankan puasa selama satu bulan penuh, kamu harus menerapkan pola puasa yang sehat. Penting untuk memperhatikan kebutuhan tubuh saat berbuka dan sahut. Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup adalah hal yang tidak bisa diabaikan. Terlebih jika cuaca sedang panas dan kamu lebih banyak melakukan aktifitas di luar ruangan. Tentu kamu tidak ingin mengalami dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa bukan?

Kebutuhan air orang dewasa sebanyak 2 liter air! Saat Berpuasa kebutuhan air juga tetap sama! Secara umum jumlah kebutuhan air putih orang dewasa adalah 2 liter atau 8 gelas.

Hindari minum sekaligus, sebab akan berpangaruh kurang baik pada tubuhmu!

Pada saat berpuasa kamu tidak bisa minum selam lebih dari 12 jam dari. Oleh karena itu kamu bisa memenuhi kebutuhan minum saat malam hari. Namun minum sekaligus dalam jumlah terlalu banyak juga tidak baik untuk tubuhmu. Hal ini dapat menyebabkan kondisi hiponatremia (penurunan kadar natrium dalam darah hingga dibawah ambang normal) dan pengenceran darah. Tentu itu kondisi yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan 8 gelas air saat berpuasa? Begini caranya!

Agar kebutuhan 8 gelas air dapat terpenuhi kamu dapat minum 1 gelas saat berbuka, 2 gelas saat makan malam, 2 gelas antara makan malam dan menjelang tidur, 1 gelas sebelum makan sahur dan 1 gelas sebelum imsak. Sedangkan kekurangan  1 gelas lagi dapat kamu peroleh dari makanan yang berkuah saat berbuka. Kolak, jus buah, koktail atau sup bisa kamu pilih. Jus yang kental juga bisa kamu minum saat berbuka. Dengan begini kebutuhan 8 gelas air per hari bisa tertutupi.

Lakukan pengecekan warna urinmu secara rutin untuk memastikan apakah kamu telah cukup minum!

Air putih tetap merupakan cairan terbaik yang bisa kamu minum. Meski demikian tetap tak tertutup kemungkinan untuk mengkonsumi minuman favorit, seperti kopi atau teh saat bulan puasa. Untuk memastikan bahwa kebutuhan air dalam tubuhmu telah terpenuhi kamu bisa melakukakan pengecekan warna urin secara rutin. Pengecekan ini penting dilakukan untuk mengetahui status hidrasimu. Warna urin yang sehat adalah kuning jerami. Jika warna urine anda lebih muda, itu artinya kamu minum terlalu banyak. Namun hal ini bukan masalah dan tidak perlu dirisaukan. Yang perlu dikhawatirkan adalah jika warna urine kamu lebih tua. Itu artinya kamu mengalami dehidrasi dan perlu minum lebih banyak lagi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top