Tips

Menghargai Diri Sendiri Akan Memberimu Pemahaman Bagaimana Menghargai Orang Lain. Tuluskah Kamu Menghargai Dirimu Sendiri?

Mencintai diri sendiri adalah tindakan yang egois. Benarkah? Salah! Karena Mencintai diri sendiri adalah bentuk Kamu menghargai diri Kamu sendiri. Jika Kamu tidak menghargai diri sendiri bagaimana kamu bisa menghargai orang lain?

Bagaimana mungkin orang yang tak bisa naik sepeda, mengajarkan orang lain naik sepeda, iya kan? Karena Kamu harus tahu bahwa menghargai dirimu sendiri akan memberimu suatu pemahaman bagaimana menghargai orang lain secara tulus.  Sudahkah Kamu Menghargai Dirimu Sendiri?

Jujurlah Pada dirimu Sendiri Tentang apa yang benar-benar Kamu inginkan

Sumber: Tempo.com

Sumber: Tempo.com

Sudahkan Kamu berani jujur pada dirimu sendiri tentang apa yang benar-benar Kamu kamu inginkan? Jangan-jangan Kamu hanya menjalani kehidupan saja tanpa pernah tahu apa yang kamu inginkan. Kamu hanya mengikuti keinginan orang tua, mengikuti padangan teman-temanmu tetapi Kamu tidak pernah berani jujur pada diri sendiri tentang apa yang benar-benar Kamu ingikan.

Kawan, Hidup ini singkat! Jangan buang-buang waktumu dengan mengerjakan sesuatu yang tidak pernah Kamu Sukai. Akan sangat disayangkan jika Kamu menjali kehidupan yang benar-benar tidak Kamu inginkan. Kamu menjelani kehidupan yang Kamu sendiri inginkan.  Jujurlah Pada dirimu Sendiri Tentang apa yang benar-benar Kamu inginkan.

Perlakukan dirimu sebagaimana memperlakukan pacarmu

ki daus

Sumber Gambar: http://kapanlagi.com/

Jika kamu memperlakukan pacarmu dengan penuh cinta, kebaikan, kepercayaan, apresiasi, penerimaan, dan penghargaan. Kamu rela memperjuangkan sesuatu yang mustahil untuk pacarmu. Kamu rela mewujudkan apa yang menjadi keinginan pacarmu dengan cara apapun. Maka kamu juga bisa begitu pada dirimu sendiri.

Kamu Rela menyerahkan Masa mudamu tanpa memiliki rencana dan bertidak untuk masa depan

catatanDalam hidup mengalir sajalah seperti air, begitulah nasihat  kehidupan. Tapi apakah benar Kamu rela menyerahkan hidupmu, masa mudamu, dengan mengalir begitu saja?

Kamu bingung tentang masa depanmu. Ketika ada orang bertanya, Apa cita-citamu? Apa keinginan terbesarmu di masa depan? Kamu ingin bekerja di bidang apa? Jawabanmu adalah ”aku tidak tahu”.  Benar-benar menyedihkan, ditanya mimpi untuk masa depanmu saja tidak tahun, bagaimana  bisa kamu berecana akan masa depanmu.

Kawan, Hidup ini singkat! Kamu harus mulai mengenal jati dirimu dengan baik, lalu kemudian bermimpi dan merencanakan masa depanmu, berani mewujudkan mimpimu dengan bertindak, dan pada akhirnya Kamu merayakan hasilnya.

Behentilah meniru orang lain, Kamu harus lebih menghargai dirimu sendiri dengan menjadi dirimu yang sesungguhnya

Setiap Orang terlahir unik dan berbeda. Semua orang diciptakan oleh tuhan mempunya kebihannya masing-masing. Tugas Kamu menemukan, kemudian mengsahnya.

Hargailah kelebihan dan keunikanmu. Berhentilah menjadi dan meniru-niru orang lain. Kamu memang bisa menjadi orang lain, tapi pada akhirnya hal itu hanya akan menyakitimu. Segeralah menjadi dirimu sendiri.

Kamu Tidak Menghargai Dirimu dengan Membatasi Dirimu Sendiri

gb_mengurungdiri

sumber gambar: http://wallpaperose.com

Kamu selalu merasa Kamu tidak berkembang, tapi sudahkah Kamu merasa jika sebenarnya itu karena sika kamu yang membatasi dirmu sendiri? Kamu sudah menilai dirimu tidak bisa melakukan suatu pekerjaan padahal kamu belum pernah benar-benar melakukannya atau kamu merasa kamu tidak pantas mendapatkan orang yang kamu cintai.

Kamu Terlalu Fokus pada Kekurangan tapi Mengabaikan kelebihan dirimu. Kamu Sesungguhnya Akan Luar Biasa jika Memaksimalkan Kelebihanmu Sendiri

Manusia yang selalu menghabiskan waktu untuk mengeluh dan komplain mengenai kekurangannya, akan gagal melihat kelebihan yang sebenarnya ada pada dirinya. Bayangkan saja apabila  Stephen Hawking yang syaraf motoriknya tidak berfungsi dengan baik, terus menerus meratapi cacat tubuhnya, apa mereka bisa menjadi figur-figur yang sukses?

Tuhan itu adil, Ia tidak akan menciptakan manusia yang tidak bisa melakukan apapun. Manusia pasti memiliki jalan kesuksesannya masing-masing. Sekarang semuanya tergantung dirimu sendiri, sudahkah kamu berhenti mengeluh dan mencoba mengembangkan kelebihanmu?

Kamu Terlalu Fokus pada Kekurangan Tapi Tidak berusaha memperbaiki kekuranganmu

Kamu mengetahui kekuranganmu tetapi kamu tidak berusaha untuk memperbaikinya. Kebiasaan dan tingkah laku yang buruk adalah sesuatu yang bisa kamu perbaiki ketika kamu sudah menyadarinya. Jangan selalu memakai alasan bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Memang selalu akan ada kekurangan, tidak peduli seberapa keras kamu berusaha. Namun memang itulah tujuan manusia hidup, untuk terus belajar. Live from zero to hero and die still as a hero.

Sabarlah, Semua butuh proses. Meraih target itu perlu waktu dan proses

sabar

Jangan terburu-buru mencapai sesuatu, dan jangan pula kehilangan kesabaran. Poin mendasar dalam hidup adalah memperbaiki dirimu sendiri, dan itu memerlukan cukup waktu.

Kamu harus lebih bersabar ketika mewujudkan mimpi-mimpimu, semua butuh proses. Mie yang katanya instan saja butuh proses untuk memasaknya. Hargai dirimu dengan bersabar menjalani proses dan menikmati setiap moment perjuanganmu.

“Hidup tidak dihitung dari banyaknya tahun yang telah dilewati, tetapi dihitung dari banyaknya momen menakjubkan yang membuatmu menahan napas, serta dihitung dari banyaknya tangis bahagia yang mengalir dari matamu.”

Katanya Memikirkan Diri Sendiri itu Egois, Padahal tidak Selamanya memikirkan diri sendiri itu Egois!

memikirkan diri sendiri

Kamu merasa dirimu Kamu egois karena terlalu memikirkan diri sendiri. Tidak selamanya memikirkan diri sendiri itu egois. Dengan memikirkan diri sendiri terlebih dahulu, Kamu sedang menghargai dirimu sendiri.

Misalnya Kamu memikirkan diri sendiri agar tidak sakit. Jika kamu sakit apakah kamu bisa membantu orang lain? Jika kamu tidak merawat dirimu sendiri apakah kamu bisa merawat orang lain dengan efektif?

Waktumu Terbatas kawan! Maksimalkan setiap yang Kamu kerjakan

waktunya terbatas

Ingat waktumu terbatas, sebaiknya Kamu selalu lakukan yang terbaik dari apa yang Kamu kerjakan. Kamu harus mengerjakannya dengan penuh kerja keras, kerja keras dan kerja tuntas. Tetapi ketika tidak mampu mencapai kesempurnaan  kamu harus iklas, maka itu bukanlah kegagalan. Berhentilah mengkritik diri sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Sebagian Hal Unik Yang Mungkin Baru Kamu Sadari Setelah Masuk Bulan Puasa

Ini memang bukan bulan biasa. Karena kamu harus menahan hawa nafsu dan juga makan minum di waktu siang. Tapi diluar hal itu, sejatinya ada hal-hal menarik yang hanya bisa kamu temui di kala bulan puasa. Bisa jadi di bulan lainnya kamu merindukan saat-saat tersebut.

Baru Tahu Kan Ada Petuah-Petuah Bijak Karena Tiba-Tiba Banyak Yang Share Di Timeline

Puasa kali ini seolah jadi angin segar buat kamu yang sudah penat dengan konten di timeline sosial mediamu. Sebelumnya banyak informasi yang bikin panas hati, kawan yang berdebat tiada henti sampai urusan-urusan sosial pilitik yang nampak tak kunjung selesai.

Tapi semua mereda ketika memasuki bulan ramadan. Timeline menjadi lebih sejuk, karena tiba-tiba banyak kawan-kawan yang membagi kata-kata bijak. Banyak kalimat-kalimat bijaksana penuh motivasi dan introspeksi yang bahkan kamu baru tahu kan.

Makin seru karena tak semua kata-kata bijak itu disajikan dengan nuansa serius. Karena banyak juga yang digelar dengan nuansa canda tawa. Tak sedikit meme-meme unik berlalu lalang membuat kita tertawa kecil. Ya, meski dadakan sebagian kawan kita berubah jadi motivator handal.

Baru Tahu Kan Ada Tetangga Menarik Hati, Karena Bertemu Ketika Menuju Masjid

Akuilah kamu mungkin tak sedekat itu dengan tetangga. Bahkan mungkin siapa yang menghuni sebelah rumah juga kamu tak paham. Baik kiri maupun kanan sama gelapnya entah siapa namanya. Lihat wajah pun jarang.

Untungnya datang bulan puasa. Aktivitas sosial pun meningkat. Minimal bersama tetangga kita berbondong-bondong ke masjid melaksanakan ibadah sholat tawarih. Tanpa diniatkan sebelumnya, bisa jadi kamu baru tahu kan kalau ada tetangga sebaya yang nyatanya begitu menarik hati.

Curi-curi pandang di temaram lampu perumahan jadi latar yang menarik. Kemana saja kamu selama ini? Ternyata mereka yang menarik tak perlu dicari jauh-jauh bukan?

Baru Tahu Kan Makan Pakai Tempe Bareng Keluarga, Lebih Nikmat Dibanding Makan Ayam Sendirian

Selama sebelas bulan kamu mungkin biasa makan siang enak di kantor. Atau buat yang sudah tinggal sendiri, sangat nyaman menikmati menu-menu dari cafe pilihan yang biasa kamu santap. Makan malam bersama kawan atau klien jadi agenda rutin yang tak terlewat.

Tapi masuk bulan puasa kamu banyak menghabiskan waktu di rumah. Sarapan yang biasa dilakukan di tempat aktivitas, jadi berpindah di waktu sahur di rumah. Makan malam bisa bersama keluarga, karena jam kantor yang pulang lebih awal dan melaksanakan berbuka di rumah. Ketika itu kamu baru tahu kan kalau makan bersama keluarga meski dengan menu seadanya masih jauh lebih nikmat dibanding ketika kamu di luar sana.

Baru Tahu Kan Mantanmu Sekarang Jadi Super Menarik, Setelah Ketemu Di Acara Bukber

Bulan Ramdan berarti pula jadwal bukber alias buka puasa bersama. Aktivitas membatalkan puasa ini seringnya jadi ajang reuni kecil buat teman-teman lama. Banyak pula yang sebelumnya jarang bertemu, jadi bisa kembali temu kangen.

Dan beruntung atau sialnya, kamu baru tahu kan mantan kamu ternyata sekarang tampil menarik luar biasa. Ini memang jadi sindroma para mantan. Mereka terlihat begitu menarik ketika sudah tak lagi bersamamu. Memori lama bisa kembali muncul menghiasi isi kepalamu. Apa harus kembali mencoba merajut hubungan yang sudah terputus sekian lama? Pilihannya jelas ada di kamu.

Baru Tahu Kan Ternyata Kamu Butuh Internet Yang Cepat Ketika Berpuasa

Okay, selama ini kamu menerima begitu saja koneksi internetmu sebagai bagian dari keseharian. Tak ada yang perlu diperhatikan secara berlebih. Tapi kondisi berbeda kamu temui di kala bulan puasa.

Sebagian aktivitas mungkin saja berkurang, sehingga kamu punya lebih banyak waktu berselancar di dunia maya. Atau malah pekerjaanmu jadi lebih banyak dilakukan di dalam ruangan dan membuatmu lebih intens menggunakan internet.

Masalah memuncak ketika kamu menyadari koneksi internet kamu ternyata kurang oke. Kesal, maarah, sebal? Eits, ingat ini puasa. Tak cuma menahan lapar dan haus, kamu juga harus pandai mengelola perasaanmu.

Agar tak larut berkepanjangan, mungkin ini saat yang tepat buatmu berlaih ke internet 4G LTE yang lebih cepat. Coba deh kamu lirik tawaran menarik promo ramadan dari Smartfren 4G yang super cepat itu.

Tapi pilihan handphonenya tidak banyak? kamu tak perlu khawatir karena saat ini kartu perdana Smartfren 4g bisa digunakan di beragam jenis handphone. Selain Smartphone Andromax Smartfren juga bisa digunakan di Samsung, iPhone, Oppo, Lenovo & Motorolla. Untuk daftar lengkapnya, kamu bisa lihat di sini.

Handphone bagus tapi tak punya quota buat apa? Smartfren punya tawaran menarik buat pengguna perdananya. Tak tanggung-tanggung kamu bisa mendapatkan gratis internet setahun sampai sebesar 58GB. Ini masih di luar fasilitas ciamik lain macam gratis chat menggunakan aplikasi Whatsapp, Line dan BBM 500MB. Plus kamu yang iseng ngabuburit bisa mengahabiskan waktu menelfon atau Videocall sesama jaringan Smartfren 4G dengan gratis.

kamu siap menjajal Smartfren 4G di ramdhan sekarang? Nah tahun ini, Smartfren 4G bahkan mengajakmu menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan penuh kebaikan. Salah satunya, kamu mencari tahu tentang hal-hal berbeda di sekitarmu untuk menambah wawasan dan mengurangi buruk sangka. mewujudkan Ramadhan baru dengan mencari tahu hal-hal baru dari orang-orang dan hal-hal lain di sekitarmu melalui aktivitas #BaruTahuKan di sini.

Semakin banyak momen #BaruTahuKan yang kamu dapat, semakin besar kesempatanmu memenangkan hadiah total jutaan rupiah! Salah satu hadiah kerennya itu iPhone 7. Jadi kamu baru tahu kan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Menjawab Penasaran Kenapa Kamu Terlihat Lebih Muda Dibanding Teman Sebaya

Momen terakhir bertemu kawanmu, dihabiskan untuk melakukan foto bersama. Diunggah ke sosial media, lalu kamu bisa menikmati hasil jepretan tersebut. Dari satu foto ke foto lainnya, kamu telusuri. Dan kamu tersadar sesuatu.

Kamu terlihat jauh lebih muda dibanding kawanmu yang lain. Okay, ini bukan soal merasa lebih baik dari kawan lainnya. Namun memang demikian adanya yang kamu rasakan setelah melihat foto tersebut.

Serunya klaim ini dibenarkan pula oleh orang lain sekitarmu. Mereka yang melihatmu bersama kawan-kawan sebayamu tak jarang memberi komentar iseng, betapa kawan-kawanmu terlihat jauh lebih tua darimu.

Nah penasaran bukan atas apa yang terjadi padamu? Kenapa kamu bisa terlihat lebih muda dibanding yang lain?

Meski Terdengar Kontradiksi, Tapi Kamu Yang Tak Pernah Menolak Tua Justru Akan Terlihat Awet Muda

orangtua

Mungkin kedengarannya aneh. Namun sejumlah penelitian mengatakan demikian. Mereka yang lebih bisa menerima bahwa usia terus bertambah justru malah terlihat lebih muda. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan di harvard, menyebut bahwa berusaha tampil muda dengan berpakaian, bersolek dan berperilaku tak sesuai usia justru membuat seseorang terlihat lebih tua di mata orang lain.

Penelitian ini juga mengatakan bahwa sikap menerima “proses penuaan”, membuat seseorang tak dilanda stres. Kamu lebih bisa menerima bahwa tak ada yang abadi sehingga lebih santai menghadapi semuanya. Ujungnya? Kamu lebih relaks dan membuatmu lebih sehat dan terlihat muda.

Disadari Atau Tidak Pola Asupan Makananmu Membantumu Terlihat Oke Seperti Sekarang

Mungkin kamu tidak dengan sengaja menjaga asupan makananmu. Namun ternyata pola makanmu justru membantumu terlihat lebih muda. Karena Ariel Ostad, MD peneliti dari American Academy of Dermatology menyebut ada makanan yang bisa mempercepat proses penuaan kulit dan gigi.

Sebut misalnya gula. Ketika kita memakan makanan manis, tubuh akan menghasilkan advance glycation. Terlalu banyak zat tersebut akan merusak kolagen kulit yang berfungsi untuk membuat kulit tampil muda dan segar.

Contoh lain adalah bagian hitam di daging bekas bakaran atau panggangan. Sepele memang, kamu yang doyan sate mungkin tak pernah perduli dengan ini. Atau malah disitu kenikmatannya. Padahal bagian hitam itu mengandung hydrocarbon yang juga berpengaruh pada kolagen kulit.

Beberapa makanan lainnya yang jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan penuaan adalah garam, daging hasil proses seperti sosis, daging burger, nugget, daging merah, minuman berenergi, minuman soda, lemon, dan makanan mengandung lemak berlebih.

Kamu Yang Doyan Pedas, Itu Bisa Membuatmu Lebih Muda Beberapa Tahun

Masih dari penelitian yang sama disebut bahwa makanan pedas akan membuat pembuluh darah menjadi lebih aktif. Ujungnya sel akan aktif meregenrasi dirinya dan membuat seseorang jadi terlihat lebih muda karenanya.

Namun khususnya untuk perempuan. Ketika nanti memasuki usia menopose, konsumsi makanan pedas ini harus dikurangi. Karena justru akan memiliki efek sebaliknya dan membuat kulit menjadi lekas terlihat tua.

Kamu Tidak Merokok, Tidak Minum Kopi, Tak Juga Minum Alkohol, Kulitmu Jadi Lebih Lembab dan Segar

Journal of the British Medical Association (BMA) merilis bahwa nikotin dapat membuat wajah menjadi cepat berkerut, gigi menjadi rusak dan rambut juga kehilangan kecemerlangannya. Disamping soal penampilan, terlihat muda juga berkaitan dengan tubuh secara keseluruhan bukan?

Tubuh yang sering sakit akibat rokok membuatmu jadi terlihat lebih tua. Mau berhenti tapi tak tahu caranya? Sini Aku kasih tahu cara berhenti merokok.

Efek ini juga yang ditimbulkan oleh konsumsi alkohol berlebihan. Liver alias hatimu menjadi tak sehat lagi. Padahal fungsi hati adalah untuk memproses racun. Jadi jika hatimu tak baik akibat alkohol, kulitmu juga akan banyak menyimpan toksin alias racun.

Bagaimana dengan Kopi? Kopi itu bersifat menyerap cairan. Sementara salah satu kunci untuk terlihat muda dan segar adalah dengan menjaga kelembaban kulit.

Kamu Punya Kucing? Mereka lah Obat Awet Mudamu

Dari hasil penelitian dengkuran yang dihasilkan kucing berbeda sekali dengan suara-suara lain, karena dengkuran yang dihasilkan kucing pada saat dia menarik maupun menghembuskan napas. Gelombang dari dengkuran kucing berkisar antara 25 hingga 150 Hertz. Dengan kisaran gelombang tersebut Journal of Vascular and Interventional Neourology, menyebut bahwa memelihara kucing bisa menurunkan resiko terkena stroke dan penyakit jantung.

Sentuhan yang kamu berikan kepada kucingmu dengan membelai lembut bulunya adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi kadar stress yang menyerangmu. Saat kucing duduk dipangkuanmu dan tertidur pulas dengan suara dengkuran yang halus, kamu akan mendapatkan energi kenyamanan dan kesenangan tersendiri pada saat itu. Hal ini timbul karena adanya hubungan emosional yang terjalin antara kamu dan kucing peliharaanmu.

Studi lain mengungkapkan bahwa frekuensi yang muncul dari dengkuran kucing dapat membantu menyembuhan cedera pada tulang dan otot. Tak heran jika panti-panti jompo, sering menggunakan kucing sebagai terapi untuk para orang tua.

Istirahat Dan Tidurmu Cukup, Tak Pernah Kamu Memaksakan Aktivitasmu

Yup, Kamu awet muda? Bisa jadi tidur dan istirahatmu cukup. Seperti juga mesin dan kendaraan, tubuh butuh istirahat untuk memulihkan setiap selnya. Karena masing-masing sel dalam tubuh itu punya usia pakai. Cara mengganti sel yang mati adalah dengan tidur yang cukup. Yang cukup itu berapa? 8 jam setiap harinya.

Ketika Kamu Lebih Religius, Kamu Lebih Bahagia Dan Cenderung Terlihat Lebih Muda

Sejumlah penelitian menyebut bahwa dekat dengan agama alias religius bisa membuat kamu terlihat lebih muda. Penyebabnya karena agama menekankan pada penyerahan diri, tak mengenal dendam dan menerima hidup apa adanya. Pemikiran seperti ini membuatmu jadi lebih tenang yang berujung pada hidup yang lebih bahagia senhingga secara fisik lebih sehat. Ujungnya kamu terlihat lebih muda.

Data dari World Economic Forum yang meneliti si 20 negara menyebutkan bahwa setidaknya masih ada 44 persen orang yang menyatakan kebahagiannya sangat terkait dengan keyakinan alias agama. Angka ini mungkin tak terlalu besar kalau dibandingkan faktor lain yang membuat bahagia seperti memiliki teman dan keluarga (91 persen) atau memiliki uang (85 persen). Namun khususnya di Indonesia angkanyaa bukan 44 persen seperti di negara lain, tapi memiliki agama yang baik tercatat 93 persen membuat orang lebih bahagia.

Senyum Dan Tertawa Itu Membuatmu Lebih Terlihat Muda, Setidaknya Penelitian Mengatakan Begitu

Sebuah studi yang di muat di WEBMD mencoba menghubungkan antara psikologi dan penuaan. Para responden dalam penelitian ini ditunjukan foto 174 orang dari berbagai ekspresi. Mulai dari marah, taakut, jijik, senang, bahagia, netral, tersenyum dan tertawa. Kemudian responden diminta menebak usia orang dalam foto yang diliatnya.

Hasilnya? Tebakan paling sesuai dengan kenyataan adalah foto-foto dengan ekspresi netral. Sementara ekspresi tersenyum dan tertawa, hasil tebakannya rata-rata 2 tahun lebih muda dari aslinya.

Mungkin Kamu Akan Terkejut Tapi Terhubung Dengan Internet Membuatmu Lebih Muda

Di luar dari banyaknya kontroversi dan konten negatif, sejumlah penelitian menyebut bahwa terhubung dengan internet membuat seseorang jadi lebih muda. Hal ini dimungkinkan karena berselancar di internet melatih memori otak kita, dan mempertajam kemampuan bahasa serta kemampuan membaca. Hal ini membuat kamu bisa terhindar dari penuaan dini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tips

Kepadamu Yang Mengeluh Hidupmu Tak Pernah Dihargai

Kamu bilang bahwa sudah merasa muak dengan sekelilingmu karena merasa tak dihargai. Orang lain tak mendengarkan yang kamu katakan. Kehadiranmu sering hanya dianggap angin lalu. Jenuh rasanya dengan perasaan macam itu.

Kemarahan pun makin memuncak, menyalahkan semua orang yang kamu hadapi. Wajar memang, karena perasaan ingin dihargai oleh orang lain merupakan keinginan yang paling dasar yang dimiliki oleh manusia. Seseorang yang dihargai oleh orang lainnya akan merasa dirinya lebih hidup dan lebih bersemangat. Tentunya, kita tidak akan mampu menjalani hidup sehari-hari jika setiap hari hidup kita selalu dicemooh orang lain.

Tapi benarkah orang lain yang bertanggung jawab ketika diri kita merasa tak dihargai? Jangan-jangan justru sikap kita yang membuat orang lain berperilaku demikian.

Tatapanmu saat bertemu orang lain yang tidak setara atau berada di bawahmu selalu memandang rendah mereka. Kamu tidak pernah respect antar sesama karyawan di kantor, kamu hanya bersikap hormat pada atasan atau orang yang derajatnya lebih tinggi darimu saja. Jika kamu tetap berperilaku seperti itu, tidak heran jika tidak ada orang lain yang menghormatimu. Hormatilah orang-orang yang ada disekitarmu, anggaplah mereka semua sama, jangan membeda-bedakan antara kaum atas dan kaum bawah. Jika kamu ingin dihormati orang lain, hormati dulu mereka.

Sudahkah Kamu Menghormati Semua Orang?

Iya semua orang. Mudah untuk berperilaku sopan kepada mereka yang status sosialnya berada di atas kita. Banyak orang bisa melakukan hal ini. Tak perlu ada panduan khusus.

Namun lain ceritanya ketika kamu harus menghormati semua orang termasuk yang posisi dan status sosialnya berada di bawahmu. Banyak orang yang keliru pikir, mengira bisa menaiki tangga penghargaan dengan menginjak mereka yang di bawah. Padahal tak demikian adanya.

Coba mulai dari yang terdekat. Bawahanmu mungkin, office boy di kantor atau cleaning service. Cobalah bersopan santun kepada mereka. Jangan tinggalkan ucapan “tolong” ketika meminta bantuan, dan “terima kasih” ketika memperoleh bantuan. Ketika kamu selalu melakukannya, niscaya semua orang akan memberi penghargaan padamu.

Jangan Pernah Memanfaatkan Orang Lain Demi Kepentingan Pribadi Saja

Sikap suka memanfaatkan orang lain termasuk sikap yang dibenci. Jangan harap kamu bisa dihargai dan dihormati orang lain karena sikap egoismu itu. Kamu yang suka memanfaatkan kebaikan orang lain demi kepentingan diri adalah golongan orang yang licik. Kamu hanya mendekati mereka saat ada kebutuhan atau kepentingan saja, tetapi jika teman atau kerabatmu sedang menghadapi kesusahan, kamu sama sekali tidak pernah menolong mereka. Sikap kamu yang seperti inilah, yang membuat orang lain malas untuk menghormatimu.

Kamu Bukan Tuhan, Berhentilah Berperilaku Seolah-Olah Tahu Semua Hal

memantau

Ya, penting untuk tidak sok tahu. Meskipun kamu merasa pintar dan tahu akan segala hal, tapi sebaiiknya hindari sikap pamer. Terpenting, sebaiknya jangan berkomentar seolah-olah tahu segala hal, padahal kamu tidak tahu akar suatu permasalahan bermula.

Seseorang akan menghargaimu bila kamu dapat bersikap rendah hati dan tidak sok tahu. Hal ini karena sifat ‘sok’ merupakan bagian kesombongan. Sikap sombong dibenci semua orang. Jika kamu dibenci, maka tidak ada lagi yang mau menghormati kamu.

Karena Karaktermu Dinilai Dari Janji Yang Terucap, Maka Usahakan Segenap Hidupmu Untuk Memegang Janjimu

Orang yang suka menepati janji yang pernah diucapkannya akan otomatis mendapat penghormatan dan penghargaan dari orang lain. Menepati janji, artinya kamu menghargai kepercayaan yang telah diberikan orang lain kepadamu. Kalau kamu suka berbohong, orang lain pun tidak akan pernah menaruh hormat sedikitpun kepada kamu.

Seorang peneliti di bidang psikologi dari Universitas of California, bernama Ayelet Gneezy, mengadakan sebuah penelitian tentang ‘janji’. Gneezy menganggap suatu janji adalah hal yang penting dalam hidup manusia. Proses dalam suatu perjanjian menjadi media untuk mempererat hubungan antar manusia. Ketika kamu berjanji kemudian menepatinya, orang lain yang sebelumnya tidak dekat pun menjadi dekat, dan yang tidak hormat akan menjadi menghormati.

Kamu Berharap Dihargai, Sementara Kamu Mendekati Orang Lain Hanya Karena Materi Semata?

mobil mewah

Jangan jadi orang yang matre! Kamu akan mendapatkan penghormatan dari orang lain jika kamu tidak mendekati seseorang hanya karena harta yang dimilikinya. Orang akan menghormati kamu jika saja kamu mendatangi dan berteman dengan mereka dengan hati yang tulus, bukan karena ada maunya.

Ada banyak hal yang tidak bisa dinilai dan diukur hanya dengan materi saja. Persahabatan yang tulus antar dua orang manusia lebih indah dibanding hanya sekedar mementingkan materi saja. Kalau sudah berteman dengan seseorang dengan tulus, kamu pun akan mendapat penghormatan yang besar dari orang tersebut.

Iya Adalah Iya, Tidak Adalah Tidak. Bersikap tegaslah saat mengambil keputusan

Bersikap tegas saat bertindak dan mengambil keputusan akan membuat orang lain hormat padamu. Ketegasan bukan berarti memaksakan kehendak kamu pada orang lain, tetapi sikap ini dapat membuat orang lain percaya padamu. Sikap ini perlu agar ada satu orang yang bisa dipercaya sebagai pemimpin dalam mengambil sebuah keputusan yang besar dan menanggung segala resiko yang ada. Ketika kamu bisa dipercaya saat mengambil keputusan, orang-orang pun akan menaruh hormat padamu. Tinggal bagaimana caramu untuk siap menanggung tanggung jawab atas segala keputusan yang telah kamu putuskan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Kalau Menahan Lapar Dan Haus Tak Baik Buat Kesehatan, Namun Kenapa Puasa Ramadan Justru Baik?

Sulit memang mengatakan bahwa tidak makan dan tidak minum itu membuat badan sehat. Karena walau bagaimana pun tubuh pastilah butuh asupan gizi dari makanan dan minuman. Jika seseorang menahan lapar dan haus, dalam jangka waktu panjang bisa mengakibatkan malnutrisi alias kekurangan nutrisi bagi tubuh.

Efek paling segera adalah berkurangnya metabolisme tubuh yang akan sangat berpengaruh pada kinerja otot, dan jantung. Ketika seseorang berusaha menahan lapar, dia akan kehilangan asupan potasium dan vitamin D, secara segera tekanan darahnya akan meningkat. Akan mengalami tekanan darah tinggi.

Kekurangan cairan, magnesium, sodium dan kalsium sebagai akibat dari menahan lapar dan haus juga akan berpengaruh pada otak. Kemampuan berpikir akan menurun, badan akan mengalami kelelahan sekaligus juga meningkatkan agresivitas seseorang. Itu kenapa diet-diet yang mendorong pada kebiasan menahan lapar dan haus sangat tidak dianjurkan di bidang medis.

Namun, coba kita cari informasi mengenai efek berpuasa khususnya puasa ramadan. Sebagian besar informasi didominasi oleh manfaat baik dari puasa tersebut. Sangat berbeda dibanding penelitian-penelitian menganai diet menahan lapar dan haus. Lantas apa yang membedakan puasa dengan sekedar menahan lapar dan haus?

Puasa Ramadan Adalah Soal Mengatur Pola Makan, Itu Kenapa Sahur Sangat Dianjurkan

vegetarian

Iya, berbeda dengan menahan lapar, apalagi menahan lapar karena keadaan yang tak punya pola tertentu, puasa ramadan mempunyai pola yang tetap. Sangat dianjurkan untuk mengawali puasa dengan memakan sahur. Dari sisi medis hal ini juga penting karena untuk mempersiapkan tubuh ketika di pagi hingga sore hari.

Dengan makan yang lebih terpola dan bukan sekedar tak makan, hasilnya puasa ramadan justru efeknya baik. Salah satu yang membuktikan manfaat puasa Ramadan adalah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM dengan dibantu tim ahli gizi Instalasi Gizi RSCM Jakarta. Hasil penelitian membuktikan, puasa Ramadan dapat mengurangi lemak di dalam tubuh.

Penelitian yang diberi judul The Ramadan fasting decreased body fat but not protein mass in healthy individuals tersebut dilakukan di RSCM pada 43 orang sehat (staf medis) yang melakukan ibadah puasa Ramadan.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan komposisi tubuh secara lengkap dengan menggunakan alat khusus, yaitu GAIA 359 PLUS (Jawon Medical, South Korea), pemeriksaan antropometri dan analisa asupan makan harian.

Menurut Dr Ari Fahrial Syam, Ketua Tim Peneliti, Selama Ramadan ternyata terjadi penurunan berat badan dan perubahan komposisi tubuh, tetapi tidak pada massa protein tubuh. Ari menyebut hal ini merupakan hal yang baik bahwa walau terjadi penurunan berat badan dan penurunan kadar lemak tubuh, tetapi ternyata tidak menyebabkan penurunan protein.

Karena Protein sendiri memang dibutuhkan untuk kekuatan otot baik otot anggota gerak, maupun otot untuk pernapasan dan otot jantung. Puasa yang berlangsung 14 jam tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan tubuh bahkan sebaliknya justru akan memperbaiki tubuh karena yang dibakar hanya lemak tubuh dan tidak membakar protein.

Puasa Ramadan Itu Berbeda Dengan Mogok Makan, Ada Aturan Berbuka Harus Disegerakan, Usahakan Dengan Yang Manis

Puasa Ramadan berbeda dengan puasa menahan lapar para pertapa atau aksi mogok makan yang tidak ada waktu berhentinya. Keutamaan dalam berpuasa justru harus menyegerakan berbuka.

Menurut peneliti nutrisi Anna Denny menyegerakan berbuka itu penting. Karena setelah lebih dari 12 jam, metabolisme tubuh akan mulai mengalami penurunan drastis. Konsentrasi tak lagi bisa dipertahankan dan reaksi refleks akan mulai berkurang.

Hal ini terjadi karena tubuh membutuhkan glukosa (gula dalam darah) untuk menciptakan energi. Semua itu diperoleh dari asupan makanan. Ketika kita mencerna makanan, glukosa akan dilepaskan pada aliran darah sementara sisanya disimpan dalam bentuk glikogen untuk energi. Kalau kemudian kita membutuhkan energi tapi tidak makan lagi alias puasa, maka glikogen tak akan terbentuk lagi.

Siklus ini bisa dipertahankan antara 12-15 jam. Karena itu puasa ramadan bisa tetap menyehatkan karena ada batasan akhirnya. Dan disertai anjuran untuk berbuka dengan yang manis, untuk mengembalikan persediaan gula yang terpakai tadi.

Adanya Sholat Tarawih Penting Dan Menjadi Pembeda Puasa Dari Sekedar Diet Biasa

Penelitian yang dilakukan RSCM juga menemukan fakta menarik lain. Aktivitas puasa ramadan bukan hanya soal menahan lapar dan haus ketika siang harinya. Sebab meningkatnya aktivitas sholat sunnah dan tarawih juga punya faktor penting.

Asupan kalori ternyata tidak berubah pada hari pertama hinga hari terakhir puasa, karena adanya sahur dan berbuka. Tetapi aktivitas yang berhubungan dengan ibadah menjadi meningkat, misal peningkatan jumlah salat sunat dan salat Tarawih. Serupa dengan mereka yang melakukan olah raga aktif. Artinya pengeluaran energi akan meningkat selama Ramadan.

“Hal ini yang menyebabkan terjadi penurunan lemak tubuh walaupun asupan makan tetap sama. Asupan makan sebenarnya bisa kita kurangi selama puasa dan tentu hal ini akan membawa dampak yang lebih baik untuk kesehatan,” kata Ari.

Rasa Lapar Memang Bikin Emosi, Tapi Kesadaran Untuk Menahan Emosi Dan Nafsu Justru Menjadi Pendorong Utama Berpuasa

Seperti dijelaskan sebelumnya, kurangnya asupan nutrisi akan membuat seseorang menjadi lebih agresif. Seolah mengantisipasi ini, puasa ramadan justru menekankan pada unsur menahan emosi dan nafsu sesaat ini.

Secara psikologis mereka yang melakukan ramadan harus mengkondisikan dirinya untuk lebih siap menahan emosi. Jadi puasa ramadan sangat berbeda dengan “tidak makan” karena belum sempat banyak pekerjaan atau menunggu makanan yang lama datangnya di restoran favorit. Sebab tubuh akan lebih siap menerima tantangan tersebut dibanding dengan menahan lapar karena kondisi. Apalagi dianjurkan untuk memperbanyak membaca Quran dan makin mendekatkan diri pada Allah, hal ini membuat kondisi psikologis seseorang lebih baik.

Perasaan Terlibat Dalam Sebuah Kelompok Besar Ketika Puasa Ramadan, Menjadikan Seseorang Lebih Tenang Dan Nyaman

Nah, terakhir salah satu aktivitas penting dalam puasa ramadan adalah merasa jadi bagian dari komunitas yang lebih besar dari seorang individu saja. Sebagai mahluk sosial yang memerlukan kehadiran orang lain, menjadi bagian dari masyarakat luas tentunya baik bagi psikologis manusia.

Kapan waktu imsak dan kapan waktu berbuka dilakukan secara bersamaan. Bukan ditentukan sendiri-sendiri. Walhasil, ada perasaan diterima dan menjadi bagian dari orang lain. Apalagi seperti di Indonesia dan negara mayoritas muslim lainnya, ada tradisi sahur bersama keluarga atau tradisi berbuka bersama.

Sejenak kita bisa beralih dari rutinitas sarapan terburu-buru sendiri di kantor, menjadi sahur bersama keluarga. Atau makan malam seadanya menjadi buka bersama kawan-kawan dekat. Kalau pun melaksanakannya sendiri, kita paham bahwa ada jutaan orang lainnya yang secara bersama melakukannya dengan kita.

Itu lah kenapa kita harus melaksanakan Puasa Ramadan secara utuh. Sebab kalau tidak yang tersisa hanya lapar dan haus, dan itu tidak baik buat tubuhmu bukan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top