Feature

Menengok Seberapa Narsis Kamu di Media Sosial

Suatu kali ketika sedang asik membuka instagram, ada satu potret dari teman yang kamu pikir berlebihan. Hingga tanpa sadar dalam hati kamu berujar “Dih, narsis amat nih orang!”  Padahal setiap orang punya kadar narsis yang berbeda-beda, sebab itu apa yang kita pikir berlebihan kadang bukanlah sebuah masalah untuk orang.

Zaman berubah, bahkan Presiden kitapun kini kian gemar membagikan berbagai macam Vlog di laman Youtubenya. Disatu sisi ada yang menilai bahwa ini adalah sebuah pilihan yang baik, karena dengan begitu  masyarakat bisa tahu. Bagaimana seorang presiden menjalani hari dengan segudang tugas kenegaraan dan kehidupan pribadinya. 

Hal lain yang tak kalah menarik, adalah cara narsis oleh para pejabat kita. Yap, mulai dari membuat tread panjang yang mengundang banyak balasan, hingga syair-syair yang memenuhi laman media sosial. Lalu jika ingin dibandingkan, manakah mereka yang jauh lebih narsis? jelas saja tak ada, sebab masing-masing punya pendukung yang tak ingin idolanya dicela. 

Semua berubah, kini siapa saja memang bisa unjuk gigi di hadapan kamera, tapi pernahkah kamu berpikir bahwa kita juga jadi salah satu dari orang-orang yang biasa kita cemooh dengan kata narsis. Ini bukanlah sebuah tudingan untuk menempatkan siapapun sebagai pihak yang akan dijatuhi hukuman, atau menyandang gelar “narsis” yang sungguhan. 

Kali ini kami hanya ingin membantu untuk menengok, sejauh apa tingkat narsismu di akun-akun media sosial kepunyaannmu.

Katamu Kau Tak Narsis, Tapi Membagikan Potret Swafoto Jadi Kebiasaan

Ini jadi tanda pertama yang bisa kamu lihat pada diri sendiri. Coba lihat kembali, foto-foto yang kamu pajang pada akun instagram atau facebook milikmu. Jika ternyata sebagian besar isisnya adalah foto selfie, itu artinya kamu sedang berada pada tingkat sejajar dari mereka yang narsis.

Diambil dalam jumlah yang cukup banyak, tapi hanya akan ada satu foto yang dikirimkan. Setelah melalui beberapa tahap editan, kamu mungkin berharap akan mendapat pujian dari apa yang baru saja kamu kirimkan. Sialnya lagi tak akan berlangsung dalam rentan waktu yang jauh, justru berubah jadi kebiasaan yang terlihat sebagai kebutuhan.

Ciri Lainnya, Kamu Mungkin Tak Suka Posting Foto Tapi Kerap Berkirim Status Meski Itu Adalah Sesuatu yang Tak Penting

Barangkali kamu berpikir bahwa semua orang perlu tahu apa yang terjadi dalam hidupmu. Sehingga tanpa merasa bahwa ini adalah bentuk dari narsis kamu selalu mengirimkan hal-hal yang sejatinya tidaklah diperlukan oleh orang.

Bagimu mengakses media sosial jadi kebiasaan, hingga sudah jadi sesuatu yang perlu untuk dilakukan. Hal ini juga bisa jadi salah satu indikasi bahwa sebenarnya, kamu sedang kecanduan. Ya, kecanduan media sosial.

Meski Kadang Ada Manfaat Lain yang Mungkin Didatangkannya

 

Nah, in mungkin jadi berita baiknya. Karena disetiap sikap tentu ada nilai plus dan minusnya. Jika minusnya mungkin akan ada banyak orang yang tak suka atas apa yang kerap kamu kirimkan. Point plusnya mungkin ini bisa jadi bahan untuk melatih kepercayaan diri.

Pada salah satu wawancaranya dengan Vice, Dr.Ferretti seorang penulis buku kesehatan dan dokter yang juga mempelajari sikap-sikap orang ini berkata bahwa “Saat ini hanya ada dua persen populasi yang mengidap narsisisme patologis,”, Dalam kadar yang modoerat, sifat-sifat narsis bisa bermanfaat dalam pekerjaan.”

Biasanya, narsisisme bisa jadi hal baik kalau hal tersebut bersifat “adaptif,” menurut Ferretti. Misalnya, seperti rasa percaya diri, sampai kemampuan untuk menghadapi tuntutan kehidupan sehari-hari. Semua itu merupakan sifat positif walau juga memiliki sedikit kesamaan dengan sifat narsis.

Namun Bukan Berarti Kamu Tak Bisa Berubah, Sebab Kamu Hanya Butuh Upaya Demi Menyudahinya

Bisa, tapi jelas perlu upaya!

Karena ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk dirubah. Sikap narsis yang kita miliki sebenarnya jadi salah satu bentuk kecanduan akan media sosial. Sebagai langkah awal, mulailah untuk mengurangi omong kosong yang kadang tak berguna. Sebaliknya mulailah untuk mendengar lebih banyak dari biasanya.

Jika memang dirasa perlu, kamu juga bisa mencari seseorang yang mungkin cocok untuk diajak berbincang untuk perkara yang sedang ingin kamu ubah ini. Usahakan ia adalah orang yang tepat, tak terkontaminasi secara berlebih oleh candu yang kamu alami.

Karena Daripada Berkeluh Kesah di Instagram, Lebih Baik Gunakan Waktu Untuk Berbincang dengan Mereka yang Ada Disekitarmu

Kamu memang wajib membatasi dirimu, dengan mengurangi jumlah postingan yang biasanya kamu kirimkan. Baik berupa foto atau status update-an.

Bahkan masih dalam wawancara yang sama Ferretti mengatakan bahwa sebaiknya, kamu hanya boleh melihat postingan di media sosial hanya satu jam dalam sehari. Konon ini akan lebih menyehatkan diri, dari gangguan keinginan untuk dikenal dalam dunia maya.

Dan daripada kamu harus terlihat manyun dan galau di instagram, cobalah untuk lebih banyak mendengar akan saja yang dibicaraka oleh orang-orang sekitar. Ini akan jadi salah satu cara untuk membantumu melupakan keinginan-keinginan untuk dilihat di Media Sosial. 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Menurut Otomotif Award, Motor Ini Merupakan Motor Bebek Terbaik

Otomotif Award tahun 2018 ini jadi gelaran ke 11 penghargaan untuk industri otomotif tanah air. Kali ini tema yang diusung adalah “the right choice”. Tema ini mencerminkan bahwa setiap pemenang merupakan rekomendasi terbaik untuk satu tahun 2018.

Ada dua kategori yang menarik yaitu best of the best cub alias motor kategori bebek terbaik dan kategori best of hypercub. Menjadi menarik karena kedua kategori ini dimenangkan oleh motor yang sama, yaitu All New Satria F150.

Hal ini seolah mempertegas All New Satria F150 sebagai produk yang superior, karena berhasil menang di berbagai sektor penilaian. Dengan perolehan poin penilaian yang tinggi, alhasil All New Satria F150 dinobatkan menjadi yang terbaik di kelas cub/bebek 150cc dan sekaligus mengalahkan perolehan poin motor cub/bebek di kelas lainnya.

Meski produk baru namun Suzuki tak mau penggemar setia Satria kecewa. Karena itu All New Satria 150 ini tetap setia mengusung tema Hyperunderbone. Dapur pacu tetap bertenaga ekstra lewat pemilihan 1150 cc DOHC 4 valve.

Semburan tenaganya bisa mencapai 13,6 KW pada 10 ribu RPM. Sementara torsinya mencapai 13,8 KW pada 8500 RPM. Sistem bahan bakarnya menganut injeksi dengan pengapian standar euro 3. Dengan mesin macam ini jelas dapat penilaian sangat baik pada ajang kali ini.

Apalagi dari segi tampilan, Suzuki melakukan gebrakan baru untuk warna standar yang selama ini mungkin sudah kita kenal. Kali ini pilihannya mulai dari Brillian White, Stronger Red dan Titan Black. Suzuki menyebut, variasi warna-warna ini lahir dari tren dasar otomotif yang digemari pada masa kini.

 

Suzuki sengaja memilih dominasi warna tunggal pada varian standar ini. Hal itu bertujuan untuk memudahkan para pemiliknya yang ingin berkreasi sepuasanya pada si kuda besi kesayangan. Sebab penggemar setia Satria memang dikenal gemar memodifikasi tunggangannya.

Untuk kamu yang mungkin senang terlihat berkelas dan bersih, Brillian White yang tampilan warna putihnya kini lebih mendominasi dari seri sebelumnya, mungkin bisa kamu jadikan pilihan. Sedangkan yang senang menjadi pusat perhatian Stronger Red dengan warnanya yang lebih menyala mungkin tentu layak jadi tunggangan. Mereka yang gemar elegan bisa memilih Titan Black.

Jika 3 warna lain dari wajah baru Satria F150 hadir untuk memenuhi gaya hidup anak muda masa kini. Daya pikat dari 2 warna yang spesial berikutnya ini juga tak kalah hebatnya. Bagaimana tidak, Titan Black Red dan Metallic Triton Blue, identik dengan tampilan Suzuki GSX-RR milik Team Suzuki Ecstar di MotoGP 2017. Sehingga membantumu menunjukkan sisi kejantanan yang ingin kamu tunjukkan.

Maka tak heran jika warna biru pada Metallic Triton Blue, untuk seri ini membuat tampilan motor lebih tajam dipadu striping ala Suzuki MotoGP 2017 yang cerah, memberikan kesan pengendara yang antusias dan serius.

Dengan kombinasi macam itu tak heran jika All New Satria F150 berhasil menggaget dua penghargaan bergensi tersebut. Menyambut penghargaan yang baik ini, Yohan Yahya – Department Head of Sales & Marketing 2W SIS berkomentar, “Terima kasih kami ucapkan kepada tim Tabloid Otomotif yang telah memberikan penghargaan dan kepercayaan Best of The Best Cub kepada Suzuki All New Satria F150. Dengan hal ini berarti Suzuki telah berhasil memberikan produk sesuai kebutuhan publik masa kini. Selain itu dengan penghargaan spesial sebagai public relations terbaik tahun ini, meyakinkan kami bahwa apa yang sudah kami berikan dan lakukan dengan teman-teman Jurnalis sudah memenuhi kebutuhan mereka terhadap informasi yang berkualitas.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Tampilan Memang Penting, Tapi Beli Motor Harus Perhatikan Mesinnya

Tak salah memang memilih motor karena tampilannya. Tapi sejatinya motor juga adalah tentang mesinnya. Tampilannya oke tapi kalau mesinnya payah untuk apa.

Karena mesin itu ibarat jantung bagi motor. Vital dan jadi penentu keseluruhan kinerja. Karena itu penting untuk memahami urusan satu ini sebelum memutuskan membeli motor. Setidaknya pilihlah yang sesuai dengan karakter berkendara kamu

Di Indonesia sendiri terdapat tiga tipe mesin yang umum diaplikasikan pada kendaraan roda dua. Tak cuma soal dimensi namun karakteristiknya pun berbeda.

Pertama adalah tipe Overstroke. Mesin ini memiliki langkah piston (stroke) lebih besar dari diameter piston (bore). Mesin dengan tipe ini punya karakteristik mampu mengeluarkan tenaga dan torsi yang besar pada RPM rendah dan menengah.

Tenaga puncaknya bisa diraih di rpm yang rendah. Hal ini membuat motor dengan mesin overstroke bisa lincah dalam mengarungi kemacetan kota atau medan berat. Kekurangannya, putaran mesin tak bisa terlalu tinggi dan jika dipaksakan bisa beresiko mesin jebol.

Kedua adalah mesin Square. Mesin disebut square jika angka diameter dan langkah pistonnya sama atau hanya berselisih sedikit. Mesin berjenis square ini memiliki tenaga yang hampir merata di semua tingkatan rpm, baik pada rpm rendah maupun pada rpm tinggi.

Mesin dengan tipe ini biasanya diaplikasikan pada motor-motor harian yang memiliki kemampuan universal untuk melahap semua medan baik dalam kota maupun luar kota. Meski merata, namun konsekuensinya mesin ini tidak memiliki tenaga yang terlalu menonjol.

Jenis terakhir adalah Overbore yang memiliki diamter piston lebih besar dari langkahnya. Jenis mesin overbore ini sangat cocok pada motor berkarakter sport . Karena mesin ini terkesan jinak diputaran bawah namun menjadi ganas diputaran menengah dan tinggi.

Nah biasanya pada motor sport pengendara akan memacu motornya dengan mempertahankan putaran mesin pada RPM yang tinggi agar dapat mengeluarkan kemampuan maksimum motor tersebut.

Contoh dari mesih overbore adalah mesin yang digunakan Suzuki GSX-S150 dan Suzuki GSX-R150. Suzuki mengambil langkah berbeda dengan para kompetitornya yang memilih mesin over stroke atau Square. Karena dapur pacu yang disematkan pada GSX-R150 ini justru mengadopsi tipe ukuran over bore alias diameter pistonnya (62,0 mm) lebih lebar bahkan berselisih jauh dibanding langkahnya (48,8 mm).

Mesin overbore Suzuki GSX-S150 dan Suzuki GSX-R150, mengadopsi DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan kapasitas 150cc dan berkompresi 11,5 : 1 yang sudah dilengkapi teknologi fuel injection yang canggih untuk pembakaran maksimal, motor ini menghasilkan tenaga sebesar 14,1 kw/10.500 rpm dan torsi sebesar 14 nm/9.000 rpm yang tersalurkan dengan kuat melalui transmisi 6 percepatan.

Layaknya mesin over bore, tenaga yang dihasilkan pada putaran bawah cenderung lebih jinak dan kalem. Karena itu motor ini cukup ramah digunakan di tengah kemacetan tanpa kerepotan mengatasi tenaga dan torsi berlebihan pada putaran bawah.

Tapi sifat asli over bore mulai kelihatan pada putaran menengah dan atas dimulai dari 7000 RPM. Apalagi putaran mesinnya bisa berteriak hingga 13.000 RPM. Tenaga maksimalnya berada di 18,9 dk dengan torsi 14NM. Jangan heran seandainya kamu menggunakan motor ini untuk beradu kecepatan, di putaran tengah dan atas cepat mengasapi motor lain.

Setelah paham ketiga tipe mesin di atas, kamu sudah punya pilihan yang ingin dibawa pulang?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Salah Satu Obat Patah Hati Adalah Dengan Memanjakan Diri, Kamu pun Tak Perlu Pilu Berlama-lama

Merasakan patah hati karena cinta adalah hal biasa, sedangkan yang menjadi pangkal permasalahan dari putus cinta adalah rasa pilu yang begitu luar biasa. Apalagi, kepiluan dapat berdurasi cukup lama di dalam hati seseorang. Mendekam haru dan membiru. Percintaan berjalan tak sesuai dengan skenario yang diinginkan. Jadinya mengambil kata “putus” menjadi solusi terbaik yang diambil kedua belah pihak.

Biasa menjalani hari ke hari bersama dengan pasangan, mungkin bakal janggal saat baru berpisah. Dikala apa-apa semuanya dilakukan secara bersama-sama, tiba-tiba tanpa ada masa percobaan semua langsung dilakukan sendirian. Move on, menjadi satu bidang terang yang berguna sebagai obat hati bagi seseorang yang sedang patah hati. Usut punya usut lebih dalam lagi, obat dari patah hati bukanlah dengan mencari pengganti, namun melakukan kegiatan positif secara aktif.

Sering Terabaikan Karena Pacaran, Sekarang Saatnya Fokus Dalam Pekerjaan

Rewelnya pasangan mungkin membuat kamu jadi kurang fokus dalam bekerja, bentuk penyikapan yang Bung ambil pun terkadang hingga menelantarkan pekerjaan demi memprioritaskan pasangan. Kini, saat pasangan sudah menjadi bayang-bayang masa lalu, saatnya kamu fokus dalam pekerjaan, tak ada lagi mengalah demi pasangan. Selagi badan belum memberikan sinyal menyerah, kamu tak boleh angkat tangan.

Gelorakan Mood-mu Dengan Menjalankan Hobi dan Olahraga

Kondisi fisik kerap kali terserang saat sedang patah hati, rasa-rasa tak mau makan bahkan kehilangan hasrat untuk menggerakan badan sudah menjadi suatu pengalaman setelah gagal menjalin hubungan. Untuk itu kamu tidak boleh membiarkan rasa kalut dan pilu menggerogoti badanmu. Berolahragalah guna mengembalikan kondisi fisik yang prima. Selain itu, mood seseorang pun bisa dikembalikan dengan melakukan segala jenis kegiatan positif, menekuni hobi misalnya.

Mengembalikan Waktu Bersama Kerabat Dekat dan Keluarga

Bisa saja selama kamu asyik berpacaran, serasa dunia milik berdua, membuat hubungan persahabatanmu mulai renggang. Tak bisa membagi waktu atau tak dapat persetujuan untuk ketemu teman bukan lagi masalah baru. Namun, itu menjadi masalah siklus yang biasa dialami pasangan. Sekarang, saat sudah tidak ada lagi yang melarang, puaskanlah waktumu bersama dengan kawan-kawanmu. Bangkitkan romansa persahabatan dulu dengan berbagi cerita lucu semasa hidupmu.

Tumbuhkan Rasa Pedulimu Dengan Menjadi Relawan

Menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama tak harus dilakukan dengan donasi saja. Memang menjadi dermawan sangatlah mulia. Namun, kamu harus merasakan menjadi relawan, entah relawan bencana alam atau apa pun itu. Lantaran dengan kamu menjadi relawan bakal membuka jalan pikiranmu dan kamu bisa melihat dunia dari sudut pandang tak biasa. Intinya, guna mengajarkan kalau rasa sakit yang kamu terima itu tak ada apa-apanya dengan mereka yang tertimpa sebuah bencana.

Karena Hidup Bukan Soal Berpasangan, Namun Juga Soal Menghargai Perasaan

Hidup itu bukan hanya soal berpasangan, mencintai seseorang, dan saling melengkapi. Kamu juga punya waktumu sendiri, jangan sampai lupa untuk melakukan apa saja yang pada saat itu ingin kamu lakukan namun tak dapat terlaksana karena tidak diperbolehkan. Misalnya traveling, main paralayang atau apa pun itu, sekarang adalah saatnya kamu memanjakan diri kamu sendiri. Buatlah setiap waktumu itu berharga dengan segala aktivitas yang ada. Kini, saatnya kamu menghargai perasaan dengan memikirkan apa yang kamu ingin lakukan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Dilema yang Bakal Kamu Rasakan Setelah Usia 23-an

Usia yang bertambah dewasa memang terkadang membawa problematika tersendiri bagi setiap orang. Ada tuntutan yang harus dipenuhi dengan seiring bertambahnya usia seseorang. Berikut adalah 7 hal yang akan menjadi problematika tersendiri setelah usia 23-an.

1. Kumpul Bersama Keluarga

Di usia ini biasanya kalo nggak masih kuliah, pasti kamu sudah bekerja. Apalagi untuk kamu yang jadi anak rantau, pastilah akan ada problematika tentang kapan kamu akan pulang dan berkumpul bersama keluargamu. Saat usiamu lepas dari angka 23-an, pastilah sudah sulit untukmu bisa terus berkumpul bersama keluarga seperti dahulu.

2. Bonus dari Bos Tempat Bekerja

Biasanya seorang karyawan akan mendapat bonus dari bosnya jika kinerjanya dinilai bagus. Nah biasanya kamu yang masih tergolong sebagai karyawan barulah yang akan bertanya-tanya tentang apakah bulan ini kamu akan mendapatkan bonus atau tidak.

3. Cara Mengalokasikan Keuangan Kepada Keluarga

Jika saat kecil dulu kamu biasa menerima uang dari orangtua dan keluarga tertuamu lainnya, saat ini kamulah pihak yang harus memberikan sebagian uangmu untuk memberi uang jajan kepada adik-adik dan keponakanmu yang masih kecil saat ada acara kumpul keluarga.

4. Belanja Baju Baru atau Pakai Baju yang Lama Saja

Dilema seperti ini akan kamu rasakan saat kamu baru saja menerima gaji bulananmu. Jika baju yang lama masih bisa dipakai, lebih baik pakai saja baju yang lama dengan memadu-padankannya dengan tambahan aksesoris yang membuatnya akan nampak lebih sempurna.

5. Silaturrahmi ke Mantan

Kalau silaturrahmi ke keluarga sendiri sih udah biasa. Tapi bagaimana dengan silaturrahmi sama mantan? Jika kamu ingin bersilaturrahmi sama mantan dan keluarganya, kamu harus pastikan dulu kamu sudah benar-benar move on ya.

6. Calon Pasangan

Dengan usiamu yang sudah cukup matang untuk memiliki pasangan, pasti kamu akan dilanda dilema saat aka nada acara keluarga. Ujung-ujungnya kalau kamu datang sendirian pasti akan ditanya “mana calonnya?”

7. Diet

Diet perlu dilakukan setiap orang. Bukan hanya untuk tujuan menurunkan berat badan, namun lebih fokus pada kesehatan tubuh. Tentu kamu tak mau tumbuh menua dengan tubuh yang tak sehat. Karena itulah kamu perlu mengatur pola makanmu sedini mungkin.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Cewek Butuh Waktu Tidur Lebih Lama Dibanding Cowok, Ini Alasannya

Apakah kamu pernah merasa kamu sangat mudah mengantuk jika dibandingkan dengan teman-teman cowokmu? Itu memang sudah wajar, karena pada dasarnya cewek lebih membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak dibandingkan cowok.

Para Ilmuwan Telah Membuktikan Kerja Otak Cewek Lebih Kompleks Dibandingkan Cowok

Hal inilah yang menyebabkan cewek lebih butuh waktu tidur yang lebih lama dibandingkan cowok. Cewek biasa melakukan aktivitas otak yang lebih kompleks dibandingkan cowok dan menggunakan bagian otak mereka lebih luas dibandingkan cowok. Itulah sebabnya cewek akan lebih kelelahan dibandingkan cowok. Menurut seorang pakar tidur, yaitu John Horne, “ Salah satu fungsi paling penting dari tidur adalah mengembalikan dan memperbaiki otak kita. Semakin otak kita digunakan setiap hari, maka kebutuhan otak untuk memperbaiki juga akan semakin besar sehingga kita harus tidur untuk mengembalikan kesegaran otak.”

Sebuah Studi Menemukan Fakta bahwa Cewek Membutuhkan Waktu Tidur 20 Menit Dibandingkan Cowok

Meskipun cowok sudah melakukan pekerjaan yang sama melelahkannya seperti yang dilakukan oleh cewek, tetap saja cowok tak membutuhkan waktu tidur selama yang cewek butuhkan.

Cara Kerja Otak Cewek dan Cowok Berbeda

Salah satu penyebab cewek membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dibandingkan cowok adalah karena cara kerja otak cewek dan cowok memang berbeda. Pada tahun 2014 sebuah studi menguji 949 orang dan hasilnya menunjukkan bahwa otak cowok memiliki hubungan dnegan satu bagian hemisphere sedangkan otak perempuan memiliki hubungan dengan dua hemisphere.

Otak Cowok Hanya Bisa Fokus pada Satu Pekerjaan, Sementara Otak Cewek Bisa Bekerja dengan Lebih Baik Meski dengan Beberapa Pekerjaan Sekaligus

Cewek memang lebih mahir dalam hal melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Sedangkan cowok hanya bisa fokus dengan baik hanya pada satu pekerjaan saja. Menurut Dr. Apostolos Georgopoulos, ketua Brain Science Centre at the Minneapolis Veterans Affairs (VA) Medical Center, “ Otak perempuan jelas berbeda dengan laki-laki. Apa yang kami temukan adalah bahwa perempuan dalam bentuk aktivitas, mampu memproses informasi lima kali lebih cepat daripada laki-laki, dan perempuan juga jarang menggunakan otak mereka untuk melakukan aktivitas kognitif identik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top