Feature

Akibat Terbiasa Melakukan ini, Kita Sebagai Manusia Modern Pantas Dilabeli ‘Tidak Cerdas’

Beberapa tindakan manusia mungkin bisa ditolerir di jaman batu dahulu. Tapi sebagian laginya sudah tak pantas ada di masa modern. Namun faktanya, beberapa perilaku masih terpelihara meski kini sudah eranya kecanggihan teknologi. Bukan tak mungkin kita juga masih ikut andil memelihara kebiasaan-kebiasaan ini.

Entah Kenapa Mengaku Manusia Modern Tapi Buang Sampah Sembarangan

sampah

Kita bisa paham ketika jumlah manusia masih sedikit, hidup di gua-gua jaman flinstone dahulu, orang masih meninggalkan sisa makanannya begitu saja. Sampah-sampah ditinggalkan begitu saja oleh manusia purba yang hidupnya nomaden alias berpindah-pindah.

Herannya ketika masa berganti, jumlah manusia makin membludak, kebiasaan ini masih saja dipelihara bagi sebagian orang. Padahal ciri manusia modern adalah mereka yang mampu mengelola sisa hasil kehidupannya. Tak terbayang miliaran penduduk dunia ini cuek terhadap sampahnya, kemudian membuangnya di mana-mana, bisa-bisa dunia jadi timbunan sampah.

Parahnya, sebagian penduduk kota besar macam Jakarta kerap menyalahkan orang lain ketika ada bencana yang diakibatkan perilaku tak disiplin soal sampah ini datang. Ketika banjir menerjang, tudingan langsung diarahkan pada pemerintah dengan alasan tak becus mengurus. Padahal sebaik apapun pemerintah menyediakan fasilitas tak akan berguna banyak jika kita masih saja membuang sampah sembarangan.

Rumit? Tidak juga! Mulailah dari bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Tengoklah bagaimana sampah sisa makanan cepat saji di beberapa negara maju misalnya. Para pelanggan di negara-negara tersebut membuang sendiri sampahnya ke tempatnya. Tidak ada mba-mba atau mas-mas pelayan yang mengurusi hal ini. Semua punya kesadaran dan tanggung jawab membereskan apa yang ditinggalkannya. Mudah bukan?

Entah Kenapa Mengaku Manusia Modern Justru Menghambur-hamburkan uang demi sesuatu yang merusak

rokok

Manusia jaman purba belajar dari pengalamannya. Tidak ada informasi yang diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya. Wajar jika kemudian mereka kerap mengulang-ulang kesalahan yang sama. Kakeknya mati karena memakan tumbuhan beracun, cucunya pun bukan tak mungkin melakukan hal yang sama.

Bagimana manusia modern? Segala informasi dan pengetahuan direkam dengan baik. Apalagi dengan membentangnya jaringan internet, nyaris semua informasi bisa diakses. Kesalahan, kekeliruan, bisa dipelajari dengan lebih cepat. Manusia modern adalah manusia yang membangun, mencipta!

Ini berarti manusia modern adalah mereka yang tak bodoh melakukan kesalahan orang-orang terdahulu? Ternyata tidak!

Cobalah tengok berapa banyak manusia yang masih menghabiskan uangnya untuk Narkoba misalnya. Padahal informasi tentang bahaya zat yang satu itu sudah tak terhitung jumlahnya.

Atau lihatlah orang yang menghabiskan berjuta-juta uangnya untuk memodifikasi motornya yang digunakan balap liar. Dengan segala informasi betapa berbahayanya hal ini.

Lalu bagaimana dengan kamu? Masih membelanjakan uangmu untuk sesuatu yang merusak?

Serobot antrian! padahal kamu tahu itu artinya kamu sudah merampas hak orang lain

antri

Dengan jumlah manusia yang sedikit dan pola kehidupan yang individual serta berjauhan, jelas tak diperlukan antrian di jaman pra sejarah dulu. Beda halnya dengan manusia modern. Tertib mengantri adalah bagian dari konsekuensi pola kehidupan sosial.

Jadi Bisa dibayangkan kita sedang berdiri di baris antrian menuju kasir supermarket yang panjang dan tiba-tiba ada orang lain yang berusaha menempati barisan terdepan. Hanya agar waktu menunggunya menjadi lebih singkat. Meski terkesan sepele tapi perbuatan seperti ini justru yang jadi pemicu kerusakan sebuah konsep cerdas yang ditawarkan zaman modern. Karena peradaban yang maju adalah peradaban yang tertib dan teratur. Menurutmu sanksi apa yang pantas untuk orang yang suka merampas hak orang dengan menerobos antrian?

Bertingkah aneh saat terjebak kemacetan lalu lintas

klaksons

“Beberapa orang ‘jenius’ percaya bahwa membunyikan klakson sekencang mungkin dapat memperlancar lalu lintas”

Ada masa ketika kendaraan bisa bebas berlalu lalng. Tak perlu berhenti untuk sekedar menunggu lampu merah. Mau seperti itu? Silahkan kembali 101 tahun yang lalu. Masa ketika lampu pengatur lalu lintas baru ditemukan.

Bagaimana saat ini? Mari kita ambil contoh di Jakarta. Kendaraan bermotor bertambah 6500 unit setiap harinya atau 12 persen setiap tahunnya. Tentunya dengan jumlah seperti itu, diperlukan tata kelola yang baik bukan? Apalagi pertambahan jumlah jalan hanya 0,01 persen tiap tahunnya.

Hasilnya? Macet! Ini resiko yang tak bisa dihindari. Sayangnya ketika kondisi padat merayap tidak sedikit orang yang mengandalkan klaksonnya Padahal jika kondisinya memang sedang tidak beraturan sebaiknya jangan gunakan klakson secara berlebihan yang justru akan menganggu pengendara-pengendara lainnya. Lagi pula, fungsi utama klakson yang sebenarnya adalah untuk tanda peringatan, bukan alat pemberitahuan. Sayangnya banyak manusia modern yang belum mengetahui hal ini.

Menyebar berita yang kebenarannya belum tentu kamu tahu

smart watch

Kamu tahu apa itu propaganda? Itu adalah informasi yang sengaja ditanamkan ke sebuah masyarakat untuk tujuan tertentu. Tidak jarang informasi tersebut salah namun disuntikan paksa ke kehidupan sosial tertentu.

Ketika perang dunia ke II, pemerintah Amerika menggunakan metode ini secara efektif. Melalui film, poster, berita dan essay bangsa Jepang yang ketika itu menjadi lawannya digambarkan sebagi sosok barbar yang liar.

Bangsa Jepang disebut tidak punya jiwa layaknya manusia. Mereka tak kenal budaya layaknya bangsa lain dan lebih dekat dengan jenis binatang dibanding manusia.

Hal ini untuk mengangkat moral para tentara Amerika. Dan menanamkan sikap tak ragu menghabisi lawannya yang dikondisikan bukan manusia. Informasi ini disebarkan dari satu penduduk ke yang lainnya. Poster dibawa dan ditunjukan dari satu ke yang lainnya. Tentara menceritakan berita satu ke yang lainnya.
Namun kini, benarkah hal itu? Kita bisa menyaksikan sendiri bagaimana bangsa Jepang adalah salah satu bangsa yang paling berbudaya.

Itulah propaganda. Bagaimana informasi salah pun bisa disuntikan dan ditransfer dari satu orang ke orang lainnya. Gawatnya hal itu kini seolah mendapat steroid dengan kehadiran smartphone, internet serta sosial media.

Berkat adanya benda tersebut akses informasi yang bisa kita terima dalam hitungan detik bukanlah hal yang mustahil, semua kendali ada diujung jari tinggal geser dan sentuh layar smartphone pesan yang kita kirimkan pada dunia akan langsung melesat tajam menghiasi dinding-dinding dunia maya yang dapat dibaca orang banyak tanpa ada batasan ruang dan waktu.

Tidak hanya berhenti sampai situ berawal dari orang yang terjangkit virus “kepolosan” mulailah tersebar berita tanpa menelaahnya terlebih dahulu. Akibatnya mental masyarakat berhasil terbentuk dan dikendalikan dari berita-berita tersebut.

Inikah cermin manusia modern yang cerdas? Sebaiknya perlu kita pikirkan lagi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Akhiri Cinta Kepada Mantanmu Itu, Dengan Menulis Surat Cinta Pakai Tangan Kiri

surat cinta

Putus cinta itu tidak sakit, yang sakit itu sudah putus tapi masih cinta! Yup, berniat mengakhiri sebuah hubungan itu memang sejatinya mudah. Namun yang sulit adalah melupakan alias move on dari kisah cinta yang mengharu biru itu, padahal sudah beragam cara mungkin kamu lakukan, seperti berniat membuat mantan menyesal karena telah meninggalkanmu dengan mencoba berubah kearah positif menjadi pribadi yang lebih baik lagi tetapi tetap saja usaha itu terasa percuma karena kamu masih belum bisa lepas dari bayang-bayang seseorang yang pernah mengisi hatimu dengan cinta.

Kenapa Melupakan Mantan Itu Sulit?

Tapi apa yang sebenarnya membuat keputusan untuk pergi itu sedemikian sulit? Ini karena pertarungan tiada henti antara perasaanmu dan pikiranmu. Biasanya keputusan untuk move on dari sebuah hubungan itu berasal dari keputusan logika. Bagian dalam diri yang terbiasa menyajikan untung rugi. Sementara hati alias perasaan adalah bagian yang selalu memaksa untuk tinggal karena sudah merasa nyaman.

Nah, ini berarti cara termudah melakukannya adalah dengan mengedepankan logika berpikir. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan menulis surat cintamu menggunakan tangan kiri, dengan syarat kamu terbiasa menulis dengan tangan kanan. Apa hubungannya?

Jadi ketika kita menulis surat cinta atau buku harian menggunakan tangan aktif (orang Indonesia biasanya tangan kanan), maka perasaan kita cenderung mendominasi. Maklum saja kita tak perlu lagi berpikir untuk menulis. Sementara jika menggunakan tangan kiri, kita cenderung sedikit kesulitan dan ketika itu logika berpikir akan diberi ruang dan waktu untuk maju ke depan.

Ini bukan sekedar omong kosong. Karena sudah ada penelitian tentang ini, dan yang diteliti itu tidak main-main, yaitu surat cinta Thomas Jefferson yang belakangan menjadi Presiden Amerika Serikat. Kala itu di usianya yang ke 43, Thomas Jefferson terlibat cinta terlarang bersama Maria Cosway yang berstatus istri orang.

Sejak awal ia sudah berpikir untuk meninggalkan pasangannya tersebut karena jelas mereka menjalin hubungan yang melanggar etika. Namun berulang kali ia mencobanya, berulang kali pula ia gagal.

Sampai suatu ketika di tahun 1786 ia mengalami terkilir di pergelangan tangan kanannya. Sementara ia ingin menuliskan curahan perasaannya melalui surat kepada kekasih terlarangnya tersebut. Dengan sangat terpaksa ia menulisnya menggunakan tangan kiri.

Hasilnya ternyata luar biasa! Surat yang kemudian dikenal sebagai “Head and Heart letter” ini berisi tentang pergulatan dan pertarungan antara pikiran rasionalnya yang menyuruhnya pergi melawan perasaannya yang menyuruhnya tinggal. Akhirnya nuansa surat itu didominasi oleh kemenangan pikirannya.

Sejak surat itu dibuat, tidak pernah lagi Thomas Jefferson menjalin hubungan dengan Maria Cosway. Memang ada beberapa surat cinta dengan tulisan tangan kanan yang dikirim belakangan. Namun hal itu tidak membuatnya kembali kepada perempuan tersebut. Bahkan sesudah Maria Cosway menjanda pun, mereka tak lagi menjalin hubungan sampai Thomas menjadi Presiden.

surat thomas jefferson

Hal macam ini yang perlu kamu lakukan. Awalilah dengan menulis sebuah catatan harian. Tulis kenapa kamu harus kembali pada pasanganmu dan kenapa harus tidak kembali. Gunakan tangan kiri alias yang tidak aktif kamu gunakan untuk menuliskan surat tersebut.

Cara ini juga bisa digunakan dalam kasus yang lain. Misalnya ketika terpikir untuk mengakhiri sebuah hubungan atau justru sudah benar-benar berakhir, kemudian kamu menerima pesan via sosmed atau aplikasi pesan. Gunakan tangan kirimu untuk mengetik pesan balasan.

Tidak lancar memang dan mungkin berulang kali typo. Tapi tidak mengapa, hal ini akan memberi kamu jeda waktu berpikir sebelum mengirim pesan. Logika kita akan lebih dikedepankan dan perasaan kita akan cenderung mengalah. Hasilnya, keputusan apa pun yang kemudian muncul, biasanya akan jauh lebih baik.

Kapanlagi Lupain Mantan, Kalau Bukan Sekarang?

Cara melupakan mantan dengan menulis surat cinta menggunakan tangan kiri itu sebetulnya hanya salah satu cara. Sesungguhnya masih ada cara lain yang cukup ampuh buatmu agar bisa dengan mudah melupakan mantanmu.

Agar kamu tak melulu bergantung pada masa lalu bersama mantan, kamu bisa lihat tips-tips melupakan mantan yang ada di Kapanlagi #lupainmantan di sini.  Ini adalah semi reality show dengan unsur komedi di dalamnya. Sebuah cerita yang mengangkat keseharian seorang pria bernama Kinoy yang berusaha melupakan mantan kekasihnya. Ia pun lalu berusaha mencari saran dari 8 orang YouTuber dengan berbagai gaya dan pengalaman mereka masing-masing untuk membantu Kinoy melupakan mantannya.

Meski berbalut komedi, namun tips dan trick melupakan mantan yang ada di sana cukup jitu untuk kamu yang ingin hidupmu mengalir lagi. Simak misalnya tips dari Han Yoo Ra untuk Kinoy ini mulai dari makan yang manis sampai cari hobby baru.

Nah itu baru satu, kalau masih belum manjur juga bagimu untuk bisa melupakan mantan. Mungkin kamu harus lihat saran-saran lainnya yang dipersembahkan oleh MyTea di Kapanlagi #lupainmantan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tips

Sering Baca Berita Online? Yuk Pelajari Cara Mudah untuk Tetap Mengingatnya

Memang hidup kita saat ini sudah sangat mudah. Kini mencari informasi pun semudah menjentikan jari. Hanya perlu berbekal smartphone dan kuota internet. Dalam hitungan detik, ribuan informasi dengan mudah kamu dapatkan.

Masalahnya mudah mendapatkan, mudah pula melupakannya. Meski faktanya, kita selalu membaca berita online setiap hari di ponsel, Kita hanya melihatnya sekilas tanpa ada usaha untuk menyimpannya di dalam memori otak kita.

Tidak percaya? Coba jawab pertanyaan ini. Kamu masih ingat apa yang menjadi trending topic 2 hari lalu? Satu minggu lalu? Dua bulan lalu? Pernah membaca manfaat buah-buahan tertentu? Masih ingat apa saja manfaatnya?

Atau Misalnya hari ini kamu membaca informasi seputar hutan amazon, hari ini bila ditanya tentang amazon kamu mungkin akan dapat dengan cepat menjawabnya. Tapi satu bulan kemudian atau bahkan satu minggu kemudian saat ditanya lagi tentang hutan amazon, kamu akan lupa dan berusaha mencarinya lagi di internet.

Lantas kalau mau ingat harus apa?

Tahu Post-It Kan? Kertas Kecil Yang Bisa Ditempel  Ini Paling Ampuh Sebagai Alat Bantu Untuk Mengingat

Kenapa harus post-it? Kita tahu kan kalau kertas yang punya banyak warna dan bisa ditempel ini biasa digunakan orang-orang kantor untuk menulis memo atau catatan kerja yang penting agar tidak  mudah lupa. Nah sama, alasan kenapa  kamu harus memakai post-it untuk membantu menginat informasi penting yang kamu dapat di internet adalah kertas catatan ini tidak akan hilang kecuali kamu telah selesai mengerjakan tugas atau bisa mengingat dengan baik suatu informasi tersebut di dalam kepalamu.

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa sih tidak catet di smartphone, kertas, atau komputer aja? Bukankah lebih mudah? Masalahnya kalau kamu catat informasi penting di smartphone kamu, apa yakin kamu akan membaca catatan itu? Pastinya, kamu akan close dan berlanjut ke aplikasi game atau musik misalnya.

Sementara kalau catat di buku, kemungkinan setelah mencatat kemudian bukunya kamu tutup begitu saja, kemudian tidak dibaca.Begitu juga di komputer, sama saja kasusnya seperti mencatat di smartphone.

Nah, kalau post-it ktentunya bisa ditempel dan diletakan di tempat yang mudah kamu jangkau. Selain itu bentuknya macam-macam dan berwarna-warni, sangat memudahkanmu dalam mengingat.

Fokuslah Pada Inti Informasi Yang Kamu Baca

Tidak setiap kata pada informasi yang kamu baca harus kamu ingat di dalam kepalamu. Waktumu hanya akan terbuang untuk mengingat kata demi kata. Ingat hanya pada inti informasi yang kamu baca atau ide utama tulisan yang penulis buat. Setidaknya kamu mengerti apa yang ingin penulis sampaikan.

Jika kamu sudah mendapatkan inti informasi yang telah kamu baca, kemudian transfer informasi baru itu ke otak dan jangan lupa catat dalam lembaran post-it. Tulis inti informasi dalam format daftar isian agar lebih mudah dihapal.

Praktikan Informasi Yang Telah Kamu Dapat Setiap Hari Pada Orang-Orang Sekitarmu

Jika kamu sudah mencatat semua informasi penting, hal yang kamu perlu lakukan untuk terus mengingatnya adalah langsung mempraktikannya. Seorang Motivator ternama, Mel Robbins mengatakan, jika kamu tidak mempraktikan informasi yang telah kamu peroleh dalam lima menit itu artinya sama saja kamu tidak mendapatkan informasi apapun.

Sebisa mungkin, informasi yang telah kamu catat dan ingat dalam memori otakmu, kamu ingat terus-menerus. Jika kamu baru saja membaca resep dari internet dan telah mencatatnya, langsung praktikan resep tersebut.

Cara ini akan membuat otakmu terlatih untuk mengingat dan berkoordinasi dengan anggota tubuh agartetap ingat informasi yang telah didapat sebelumnya.

Terlalu Sering Mengandalkan Internet Membuat Otak Tidak Terlatih Dan Kecanduan Internet

otak

Selalu mengandalkan internet tiap kali mencari informasi? Tandanya kamu sudah kecanduan internet. Kita terbiasa bertanya pada om Google tentang segala hal. Tentu tidak asing dong dengar orang bilang, “Tanya aja Google, dia tahu segalanya,” atau “Budayakan Googling sebelum bertanya (pada orang)”.

Tidak bisa dipungkiri, budaya membaca buku kini telah berkurang di dalam kehidupan manusia. Tentunya tak salah memanfaatkan Google untuk mencari informasi akan suatu hal. Tapi sebaiknya tidak terlalu ketergantungan, karena nantinya kita sendiri yang akan kerepotan di masa depan. Otak kita tidak terlatih untuk mengingat karena terlalu mengandalkan alat.

Penelitian yang dilakukan oleh pusat kecanduan internet ReSTART dari Amerika Serikat menyatakan, ada 11 tanda-tanda yang mencirikan seseorang mulai kecanduan internet. Beberapa diantaranya adalah terlalu nyaman browsing di situs internet, lebih banyak menghabiskan waktu dengan internet, dan kegagalan untuk mengontrol perilaku.

Ada baiknya, penggunaan internet tidak dilakukan secara berlebihan. Kehidupan di dunia maya dan nyata harus tetap seimbang agar kita bisa dapat menjalani hidup yang lebih harmonis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Untukmu Yang Beranggapan Kucing Hanyalah Hewan Peliharaan Biasa!

Kamu yang belum pernah memelihara kucing mungkin menganggap mahluk satu ini sama saja dengan peliharaan lain. Apalagi sekilas mata, kucing nampak seperti binatang yang sangat pemalas. Padahal sesungguhnya kucing itu menyimpan banyak potensi.

Di jajaran binatang domestik yang dijadikan peliharaan oleh manusia, kucing merupakan salah satu yang tertua. Nenek moyang kucing berasal dari kucing besar liar afrika yang subspesiesnya terpisah sudah dari 130 ribu tahun lalu. Sekitar 10 ribu tahun lalu kucing-kucing liar tersebut di domestifikasi dengan cara dijinakan di daerah-daerah timur tengah. Dengan sejarahnya yang begitu tua, tentunya kucing punya potensi yang tak dimiliki bintang domestik lainnya.

Kamu dapat melatih kedisiplinan dengan memelihara kucing

Saat kamu memutuskan untuk memelihara kucing, tentu kamu juga harus memiliki komitmen yang bagus sebelum memulainya. Dengan memeilhara kucing, kamu dapat sekaligus melatih kedisiplinanmu. Apa alasannya?

Alasannya adalah saat kamu memiliki kucing, kamu harus memerhatikan kesehatan juga kebersihannya. Kamu akan berusaha menyusun jadwal untuk memberi makan, memandikan, membawanya ke dokter hewan dan mengajaknya sekedar bermain bersama.

Kenapa demikian? Kucing yang sudah didomestifikasi sekian lama itu memang kehidupannya sudah sangat tergantung dengan manusia. Mereka tak lagi punya insting survival, setinggi binatang liar lainnya. Bahkan kucing liar yang tak punya majikan juga sulit untuk hidup berjauhan dengan manusia. Sumber makanan mereka diperoleh dari kita manusia. Karena itu, sekali dipelihara maka kamu akan wajib menjadi penyokong kucing tersebut.

Selain melatih kedisiplinan, kucing juga akan menghindarkanmu dari rasa sepi

Kenapa kucing peliharaan dapat menghindarkanmu dari rasa sepi? Alasannya adalah karena kebahagiaanmu ada pada mereka. Kamu harus mengakuinya, dengan melihat wajah dan tingkah laku mereka yang lucu siapa yang tidak akan tergugah hatinya.

Bermain dengannya tentu akan membuat suasana hatimu lebih bahagia dan tentunya kamu tidak perlu merasa sepi. Jika kamu masih tidak percaya, cobalah luangkan waktu untuk bermain dengan kucing peliharaanmu, rasa sepi yang ada dalam hatimu pasti akan berkurang bahkan hilang seketika. Tak heran jika ratu-ratu timur tengah era terdahulu selalu punya kucing yang setia menemani.

Butuh rasa damai? Dengkuran kucing dapat mengurangi stress yang menyerangmu

Dari hasil penelitian dengkuran yang dihasilkan kucing berbeda sekali dengan suara-suara lain, karena dengkuran yang dihasilkan kucing pada saat dia menarik maupun menghembuskan napas. Gelombang  dari dengkuran kucing berkisar antara 25 hingga 150 Hertz. Dengan kisaran gelombang tersebut Journal of Vascular and Interventional Neourology, menyebut bahwa memelihara kucing bisa menurunkan resiko terkena stroke dan penyakit jantung.

Sentuhan yang kamu berikan kepada kucingmu dengan membelai lembut bulunya adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi kadar stress yang menyerangmu. Saat kucing duduk dipangkuanmu dan tertidur pulas dengan suara dengkuran yang halus, kamu akan mendapatkan energi kenyamanan dan kesenangan tersendiri pada saat itu. Hal ini timbul karena adanya hubungan emosional yang terjalin antara kamu dan kucing peliharaanmu.

Studi lain mengungkapkan bahwa frekuensi yang muncul dari dengkuran kucing dapat membantu menyembuhan cedera pada tulang dan otot. Tak heran jika panti-panti jompo, sering menggunakan kucing sebagai terapi untuk para orang tua.

Kamu dapat melatih rasa empatimu dengan memelihara kucing

Jika kamu bukan berasal dari keluarga yang mencintai hewan lucu yang satu ini, kamu mungkin dapat mulai mengajarkan anak-anakmu untuk mencintai hewan lucu ini. Anak yang tumbuh dilingkungan yang diajarkan untuk mencintai hewan terutama kucing akan menjadi pribadi yang lebih perasa. Dari hal itulah akhirnya sang anak akan menjadi orang yang memiliki empati yang cukup baik.

Hasil domestifikasi ribuan tahun menjadikan kucing sangat sedikit berkomunikasi secara verbal. Berbeda misalnya dengan anjing atau ayam yang lebih banyak menggunakan bahasa verbal, sebagian besar komunikasi kucing menggunakan bahasa tubuh. Seperti mengendus, menggerakan ekor, membelalakan mata, menakan punggung, dan masih banyak lagi.

Karena hewan ini adalah hewan yang memiliki cara berkomunikasi dengan bahasa tubuh, maka anak akan belajar untuk menjadi seorang yang peka. Karena itulah anak-anak dapat belajar untuk mempertimbangkan apa yang orang lain pikirkan dan rasakan. Dan hal ini pastinya akan membantu anak dalam berhubungan dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Tidak hanya jadi hewan peliharaan, kucing juga dapat kamu jadikan sebagai sahabat

Persahabatan tidak hanya dapat terjalin antara manusia dengan manusia, tetapi juga manusia dengan hewan. Mereka yang tidak pernah mendekat dan mencoba bersahabat dengan hewan tak akan mempercayai hal ini. Orang-orang yang tidak memahami dan tidak menyukai kucing akan menganggap bahwa kucing hanyalah hewan yang merepotkan dan selalu membuat onar.

Tapi cobalah kamu mulai menyelami dunianya. Kamu akan paham kenapa kucing adalah salah satu hewan terbaik untuk dijadikan sahabat. Mereka terbukti setia dan cenderung tak mau merepotkan para pemiliknya. Salah satunya adalah kebiasaan kucing untuk bersembunyi di tempat gelap jika dia sakit dan merasa ajalnya sudah dekat. Kenapa mereka melakukan itu? Karena mereka tidak mau pemiliknya melihatnya meregang nyawa. Mungkin dia tak mau melihatmu sedih.

Yang tidak dapat dipungkiri, kucing akan menjadikanmu pribadi yang penuh kasih sayang

Banyak orang yang tidak menyadari hal ini. Tapi pada kenyataannya dengan memelihara kucing, sifat sebagai orang yang mengasihi dan menyayangi akan secara otomatis muncul. Sampai akhirnya tidak hanya kucing yang kamu sayangi, tapi juga rasa sayang itu juga akan tercurah kepada orang-orang di sekitarmu. Bagaimana seseorang bisa menjadi pribadi yang penyayang? Sejatinya, ada hubungan emosional yang cukup tinggi antara pecinta kucing dengan peliharaannya ini. Dan kamu akan memahami itu saat kamu memliharanya sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top