Feature

Akibat Terbiasa Melakukan ini, Kita Sebagai Manusia Modern Pantas Dilabeli ‘Tidak Cerdas’

Beberapa tindakan manusia mungkin bisa ditolerir di jaman batu dahulu. Tapi sebagian laginya sudah tak pantas ada di masa modern. Namun faktanya, beberapa perilaku masih terpelihara meski kini sudah eranya kecanggihan teknologi. Bukan tak mungkin kita juga masih ikut andil memelihara kebiasaan-kebiasaan ini.

Entah Kenapa Mengaku Manusia Modern Tapi Buang Sampah Sembarangan

sampah

Kita bisa paham ketika jumlah manusia masih sedikit, hidup di gua-gua jaman flinstone dahulu, orang masih meninggalkan sisa makanannya begitu saja. Sampah-sampah ditinggalkan begitu saja oleh manusia purba yang hidupnya nomaden alias berpindah-pindah.

Herannya ketika masa berganti, jumlah manusia makin membludak, kebiasaan ini masih saja dipelihara bagi sebagian orang. Padahal ciri manusia modern adalah mereka yang mampu mengelola sisa hasil kehidupannya. Tak terbayang miliaran penduduk dunia ini cuek terhadap sampahnya, kemudian membuangnya di mana-mana, bisa-bisa dunia jadi timbunan sampah.

Parahnya, sebagian penduduk kota besar macam Jakarta kerap menyalahkan orang lain ketika ada bencana yang diakibatkan perilaku tak disiplin soal sampah ini datang. Ketika banjir menerjang, tudingan langsung diarahkan pada pemerintah dengan alasan tak becus mengurus. Padahal sebaik apapun pemerintah menyediakan fasilitas tak akan berguna banyak jika kita masih saja membuang sampah sembarangan.

Rumit? Tidak juga! Mulailah dari bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Tengoklah bagaimana sampah sisa makanan cepat saji di beberapa negara maju misalnya. Para pelanggan di negara-negara tersebut membuang sendiri sampahnya ke tempatnya. Tidak ada mba-mba atau mas-mas pelayan yang mengurusi hal ini. Semua punya kesadaran dan tanggung jawab membereskan apa yang ditinggalkannya. Mudah bukan?

Entah Kenapa Mengaku Manusia Modern Justru Menghambur-hamburkan uang demi sesuatu yang merusak

rokok

Manusia jaman purba belajar dari pengalamannya. Tidak ada informasi yang diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya. Wajar jika kemudian mereka kerap mengulang-ulang kesalahan yang sama. Kakeknya mati karena memakan tumbuhan beracun, cucunya pun bukan tak mungkin melakukan hal yang sama.

Bagimana manusia modern? Segala informasi dan pengetahuan direkam dengan baik. Apalagi dengan membentangnya jaringan internet, nyaris semua informasi bisa diakses. Kesalahan, kekeliruan, bisa dipelajari dengan lebih cepat. Manusia modern adalah manusia yang membangun, mencipta!

Ini berarti manusia modern adalah mereka yang tak bodoh melakukan kesalahan orang-orang terdahulu? Ternyata tidak!

Cobalah tengok berapa banyak manusia yang masih menghabiskan uangnya untuk Narkoba misalnya. Padahal informasi tentang bahaya zat yang satu itu sudah tak terhitung jumlahnya.

Atau lihatlah orang yang menghabiskan berjuta-juta uangnya untuk memodifikasi motornya yang digunakan balap liar. Dengan segala informasi betapa berbahayanya hal ini.

Lalu bagaimana dengan kamu? Masih membelanjakan uangmu untuk sesuatu yang merusak?

Serobot antrian! padahal kamu tahu itu artinya kamu sudah merampas hak orang lain

antri

Dengan jumlah manusia yang sedikit dan pola kehidupan yang individual serta berjauhan, jelas tak diperlukan antrian di jaman pra sejarah dulu. Beda halnya dengan manusia modern. Tertib mengantri adalah bagian dari konsekuensi pola kehidupan sosial.

Jadi Bisa dibayangkan kita sedang berdiri di baris antrian menuju kasir supermarket yang panjang dan tiba-tiba ada orang lain yang berusaha menempati barisan terdepan. Hanya agar waktu menunggunya menjadi lebih singkat. Meski terkesan sepele tapi perbuatan seperti ini justru yang jadi pemicu kerusakan sebuah konsep cerdas yang ditawarkan zaman modern. Karena peradaban yang maju adalah peradaban yang tertib dan teratur. Menurutmu sanksi apa yang pantas untuk orang yang suka merampas hak orang dengan menerobos antrian?

Bertingkah aneh saat terjebak kemacetan lalu lintas

klaksons

“Beberapa orang ‘jenius’ percaya bahwa membunyikan klakson sekencang mungkin dapat memperlancar lalu lintas”

Ada masa ketika kendaraan bisa bebas berlalu lalng. Tak perlu berhenti untuk sekedar menunggu lampu merah. Mau seperti itu? Silahkan kembali 101 tahun yang lalu. Masa ketika lampu pengatur lalu lintas baru ditemukan.

Bagaimana saat ini? Mari kita ambil contoh di Jakarta. Kendaraan bermotor bertambah 6500 unit setiap harinya atau 12 persen setiap tahunnya. Tentunya dengan jumlah seperti itu, diperlukan tata kelola yang baik bukan? Apalagi pertambahan jumlah jalan hanya 0,01 persen tiap tahunnya.

Hasilnya? Macet! Ini resiko yang tak bisa dihindari. Sayangnya ketika kondisi padat merayap tidak sedikit orang yang mengandalkan klaksonnya Padahal jika kondisinya memang sedang tidak beraturan sebaiknya jangan gunakan klakson secara berlebihan yang justru akan menganggu pengendara-pengendara lainnya. Lagi pula, fungsi utama klakson yang sebenarnya adalah untuk tanda peringatan, bukan alat pemberitahuan. Sayangnya banyak manusia modern yang belum mengetahui hal ini.

Menyebar berita yang kebenarannya belum tentu kamu tahu

smart watch

Kamu tahu apa itu propaganda? Itu adalah informasi yang sengaja ditanamkan ke sebuah masyarakat untuk tujuan tertentu. Tidak jarang informasi tersebut salah namun disuntikan paksa ke kehidupan sosial tertentu.

Ketika perang dunia ke II, pemerintah Amerika menggunakan metode ini secara efektif. Melalui film, poster, berita dan essay bangsa Jepang yang ketika itu menjadi lawannya digambarkan sebagi sosok barbar yang liar.

Bangsa Jepang disebut tidak punya jiwa layaknya manusia. Mereka tak kenal budaya layaknya bangsa lain dan lebih dekat dengan jenis binatang dibanding manusia.

Hal ini untuk mengangkat moral para tentara Amerika. Dan menanamkan sikap tak ragu menghabisi lawannya yang dikondisikan bukan manusia. Informasi ini disebarkan dari satu penduduk ke yang lainnya. Poster dibawa dan ditunjukan dari satu ke yang lainnya. Tentara menceritakan berita satu ke yang lainnya.
Namun kini, benarkah hal itu? Kita bisa menyaksikan sendiri bagaimana bangsa Jepang adalah salah satu bangsa yang paling berbudaya.

Itulah propaganda. Bagaimana informasi salah pun bisa disuntikan dan ditransfer dari satu orang ke orang lainnya. Gawatnya hal itu kini seolah mendapat steroid dengan kehadiran smartphone, internet serta sosial media.

Berkat adanya benda tersebut akses informasi yang bisa kita terima dalam hitungan detik bukanlah hal yang mustahil, semua kendali ada diujung jari tinggal geser dan sentuh layar smartphone pesan yang kita kirimkan pada dunia akan langsung melesat tajam menghiasi dinding-dinding dunia maya yang dapat dibaca orang banyak tanpa ada batasan ruang dan waktu.

Tidak hanya berhenti sampai situ berawal dari orang yang terjangkit virus “kepolosan” mulailah tersebar berita tanpa menelaahnya terlebih dahulu. Akibatnya mental masyarakat berhasil terbentuk dan dikendalikan dari berita-berita tersebut.

Inikah cermin manusia modern yang cerdas? Sebaiknya perlu kita pikirkan lagi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Pergi ke Bandung, Bisa Lewat Banyak Cara. Kamu Pilih yang Mana?

Untukmu yang tinggal di kawasan Jabodetabek, mungkin agak suntuk kalau menghabiskan waktu liburan atau akhir pekan hanya di sekitaran tempat tinggalmu. Ingin rasanya pergi sejenak ke luar kota demi menghilangkan kepenatan setelah lima hari dalam seminggu suntuk bekerja di Ibukota. Kota terdekat yang biasanya jadi tujuan warga Jabodetabek untuk berlibur ya salah satunya Bandung.

Berjarak sekitar 150 km dari Jakarta, Bandung menawarkan suasana yang kontras nan asri dibanding Jakarta. Meski tak dipungkiri, kemacetan kini juga mendera kota tersebut—terutama saat hari libur, tapi tak menyurutkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Bandung. Akhir pekan biasanya dipilih, terutama bila ada tanggal merah di hari Jumat, Bandung akan tumpah ruah oleh wisatawan asal Jabodetabek. Menariknya, kini kita tak lagi dipersulit untuk akses ke Bandung. Kamu sendiri, bagaimana? Kalau diminta memilih, kamu akan ke Bandung naik apa?

Naik KRL Disambung Kereta Ekonomi. Meski Memakan Waktu, Setidaknya Tak Memakan Banyak Biaya Perjalanan

Tahukah kamu kalau ongkos ke Bandung bisa bermodalkan kurang dari Rp 30 ribu? Untukmu yang terbiasa naik KRL, barangkali perlu mencoba. Karena ternyata pergi ke Bandung bisa dengan sambung-menyambung KRL sehingga tak memakan ongkos yang cukup banyak. Caranya, dari stasiun asalmu, kamu naik KRL hingga Stasiun Manggarai.

Dari stasiun Manggarai yang adalah stasiun transit, sambung lagi dengan menaiki KRL dengan tujuan akhir Stasiun Cikarang. Selanjutnya, dari Stasiun Cikarang kamu beralih ke kereta ekonomi Walahar jurusan Purwakarta dengan harga tiket Rp 6 ribu. Baru dari Purwakarta, kamu kembali naik kereta ekonomi Cibatuan menuju Bandung hanya dengan tarif Rp 8 ribu. Coba hitung, ongkos perjalananmu dari Jakarta menuju Bandung tak sampai Rp 30ribu. Hemat bukan?

Beli Tiket Bus Travel Agar Tak Lelah dan Bisa Tidur Sepanjang Perjalanan

Kalau tak ingin lelah selama perjalanan ke Bandung, kamu bisa memilih untuk naik bus travel. Apalagi varian bus travel kian beragam dan semakin menawarkan kenyamanan sepanjang perjalanan. Alih-alih lelah, kamu justru bisa tertidur lelap selama perjalanan.

Keberadaan jalan tol Cipularang pun mempercepat perjalananmu dari Jakarta ke Bandung. Di luar adanya situasi waktu tempuh hingga ke pintu tol daerah Bandung bisa dipersingkat hanya 3 jam saja. Nantinya sampai tujuan, kamu cukup check in di penginapan dan melanjutkan agenda jalan-jalanmu. Efisien dan menyenangkan, bukan?

Naik Kereta Argo Parahyangan Demi Efisiensi Waktu

Kereta Argo Parahyangan sudah jadi primadona bila ingin bepergian dari Jakarta ke Bandung. Harga tiket dibawah Rp 100 ribu terbilang cukup terjangkau lantaran fasilitasnya juga mumpuni selama penumpang berada di dalam gerbong kereta. Belilah tiket dari jauh-jauh hari. Karena walaupun hanya bepergian ke Bandung, tiket kereta yang satu ini cukup banyak peminatnya.

Kereta ini memulai rutenya dari Stasiun Gambir dan berakhir di stasiun tujuan, Stasiun Bandung. Hal menarik lainnya kalau kamu memilih naik kereta Argo Parahyangan yaitu pemandangan selama di perjalanan. Rute kereta yang satu ini akan melewati jalur yang cukup ekstrem namun tetap aman. Sebagian dari penumpang mengaku penasaran dan memilih naik kereta ini lantaran ingin menikmati sensasinya berkereta lewat jalur yang ekstrem.

Kalau Pergi Sekeluarga Mungkin Memang Lebih Baik Menyewa Mobil Pribadi

Sementara untukmu yang mungkin memang berencana pergi ke Bandung bersama keluarga besar, memang lebih baik berkendara dengan mobil pribadi. Meski tak senyaman naik travel, yang terpenting kamu tiba di tujuan dengan selamat, bukan? Lagi pula, selama perjalanan, kamu dan anggota keluargamu bisa menghabiskan waktu dengan bercengkrama. Kalau sepanjang hari kerja kamu sukar sekali menemukan momen semacam ini, maka biarlah perjalanan ke Bandung jadi kenangan yang menarik untuk keluargamu.

Tapi Kalau Pergi Bareng Teman Sepermainan, Sangat Disarankan untuk Touring Demi Menambah Pengalaman

Touring ke Bandung? Pasti seru! Apalagi kalau hal ini sudah masuk agendamu bersama kawan-kawan sejak jauh-jauh hari. Kapan lagi kamu bisa berkendara sembari membuat momen agar diingat sampai hari tua? Soal persiapan, H-sebulan sebisa mungkin kamu berdiskusi dengan teman-temanmu agar rencana touring bisa dieksekusi. Terpenting, keselamatan dan keamanan saat berkendara yang pasti harus jadi dua hal utama. Meski mungkin kamu terbiasa touring dengan jarak melebihi Jakarta-Bandung, ingatlah mungkin touring kali ini akan memberikan pengalaman berbeda. Tetap buatlah perjalanan kali ini jadi mengesankan.

Soal kendaraan, kamu bisa mempercayakan kuda besi dari Suzuki yaitu Suzuki GSX-S150. Kamu jangan khawatir, tak hanya nyaman dipakai berkendara sehari-hari, motor ini pun tetap menunjukkan performa yang mumpuni untuk durasi perjalanan jauh.

Untuk urusan dapur pacu GSX-S150 ini disematkan mesin berkapasitas 150 cc DOHC yang sama dengan saudaranya tipe R. Berbekal mesin overbore, DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan kapasitas 150cc dan berkompresi 11,5 : 1 yang sudah dilengkapi teknologi fuel injection yang canggih untuk pembakaran maksimal, GSX-S150 menghasilkan tenaga sebesar 14,1 kw/10.500 rpm dan torsi sebesar 14 nm/9.000 rpm yang tersalurkan dengan kuat melalui transmisi 6 percepatan.

Tipe GSX-S150 ini memang bergaya street fighter yang juga mengadopsi tampilan touring yang cocok untuk perjalanan jauh. Karena itu posisi berkendaranya tak terlalu menunduk macam di tipe R. Handle barnya dibuat lebar dengan posisi yang berada tinggi di atas tangki dan tempat duduk. Tentunya gaya berkendara ini dimaksudkan agar pengemudi tak lekas lelah dalam perjalanan jauh.

Manajemen mesin GSX-S150 ini dilengkapi dengan 6 sensor untuk efisiensi kerja untuk membuat konsumsi bahan bakar lebih ekonomis. Sistem pengapiannya disebut closed loop, dengan adanya oksigen sensor pada pembuangan yang bisa dibilang jarang diterapkan pada motor sekelasnya. Ini juga termasuk penerapan throttle body diameter 32mm dan injektor 10 lubang produk Mitsubishi agar pengabutan campuran bahan bakar lebih atomized. Sebagai bocoroan, teknologi ini serupa yang ada pada GSX-R 1000 loh.

Serunya performa tinggi ini diimbangi dengan radiator yang besar. Dengan ukuran pendingin air yang besar ini, diharapkan suhu mesin akan tetap optimal meski dipacu dengan tenaga maksimal. Dan pastinya akan tetap nyaman jika dipakai dalam durasi perjalanan jauh atau untuk dipakai harian.

Konsisten dengan konsep ini, tangki dibuat aerodinamis dengan bentuk melengkung. Kapasitasnya yang mencapai 11 liter, dipastikan cukup untuk mencapai jarak tempuh jauh. Meski aerodinamis  justru penampilan GSX-S150 ini terlihat cukup gagah. Dijamin perjalan touring ke Bandung akan jadi momen tak terlupakan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Ternyata Tidak Semua Benda Boleh Dibuang ke Dalam WC, Simak dan Pahami Penjelasannya

Mungkin ini adalah pembahasan yang tak perlu sering dibahas lagi karena banyak yang sudah mengetahuinya. Namun tetap saja banyak yang menyepelekan hal ini. Fakatas yang kita ketahui, wc adalah tempat pembuangan. Tapi perlu diingat, arti kata tempat pembuangan bukan berarti pembuangan untuk semua benda.

Bahkan barang kecil pun yang nampaknya aman-aman saja dan bisa masuk dengan mudah ke wc bisa memiliki dampak yang tidak baik. Karena itulah coba simak penjelasannya dalam artikel ini.

Tampungan WC Harus Terjaga dengan Baik

Meskipun tampungan kotoran dari wc ada  jauh di dalam tanah, kamu harus tetap memperhatikan benda yang masuk ke dalamnya. Jika ada barang yang tak netral ke dalamnya, tentu bisa mencemari kotoran yang ada di dalam tampungan (septic tank). Hal ini tentu akan berbahaya bila merembes ke luar.

Akan Ada Dampak Buruk yang Terjadi Jika Kamu Membuang Benda ke dalam WC Secara Sembarangan

Bayak hal yang bisa terjadi jika kamu masih saja ngotot untuk membuang sembarang benda ke dalam WC. Dampaknya tidak hanya akan dirasakan oleh keluargamu, tapi bisa juga berdampak pada warga yang tinggal di sekitar rumahmu.

Hal yang mungkin terjadi adalah bau yang menyengat karena tercemarnya kotoran yang ada di dalam septic tank dengan benda asing yang masuk ke dalamnya. Selain itu hal ini juga bisa menyebabkan adanya pencemaran tanah akibat bercampurnya kotoran dengan benda asing yang tak seharusnya ikut tercampur di dalam septic tank.

Ini Daftar Benda yang Tidak Boleh Kamu Masukkan ke dalam WC

Jika ditulis semua, mungkin daftar ini akan sangat panjang. Ini hanya beberapa contoh barang yang paling umum kamu masukkan ke dalam wc. Berikut daftarnya:

  • obat-obatan yang sudah tak digunakan
  • tissue wajah
  • pembalut bekas
  • kotoran hewan
  • plastik

Lantas Apa Saja yang Boleh Dibuang ke dalam WC

Jawabannya sederhana. Ada 3 benda saja yang boleh kamu masukkan ke dalam WC, yaitu kotoranmu, air kencingmu, dan tissue toilet. Jika kamu ingin membuang benda selain 3 benda itu, buanglah di tempat sampah saja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Hanya Tidur Tapi Dibayar Ratusan Juta, Kamu Mau?

Umumnya, untuk menadapatkan uang maka kita harus bekerja. Namun nyatanya ada pekerjaan unik. Kamu hanya perlu tidur untuk bayaran ratusan juta rupiah. Dan orang yang berhasil mendapatkan pekerjaan ini adalah seorang pria bernama Andrew Iwanicki.

Andrew Iwanicki Berhasil Mengalahkan 2500 Pendaftar Lainnya

Setelah melewati tahap seleksi, Andrew berhasil mendapatkan pekerjaan ini dan mengalahkan 2500 pendaftar lainnya. Berawal dari keisengan semata, ternyata dialah yang lolos untuk mendapat pekerjaan unik ini. Setelah seleksi tersebut, Andrew juga harus menjalani tes fisik dan mental.

Dia Diharuskan Tetap Berbaring Selama 70 Hari

Cukup lama memang untuk ukuran tidur normal seseorang yang biasanya hanya beberapa jam dalam sehari. Namun memang hal ini yang menjadi pekerjaannya. Hanya tidur dan berbaring saja tanpa boleh bangun meskipun hanya sebentar.

Susah Buang Air Besar dan Kecil

Pada minggu pertama, Andrew sudah mulai merasakan pegal di seluruh tubuhnya. Punggung pun terasa susah untuk diluruskan. Tidak hanya itu, dia juga mengalami kesulitan untuk buang air besar dan air kecil.

Pekerjaan Ini Bertujuan Untuk Sebuah Penelitian

Sebenarnya pekerjaan ini adalah sebuah penelitian yang dilakukan oleh NASA untuk kepentingan astronot Amerika Serikat saat berada di luar angkasa dalam waktu yang lama. Mengingat jika seseorang terlalu lama berbaring bisa menyebabkan kerusakan pada kepadatan tulang dan menghilangkan masa otot. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan harapan sebagai acuan astronot NASA ke depannya.

Pada Akhirnya Setiap Pekerjaan Memiliki Risikonya Masing-masing

Dengan melihat adanya pekerjaan yang mungkin sebagian orang memandangnya sepele, ternyata kita diperlihatkan bahwa apapun pekerjaannya, pasti memiliki risikonya masing-masing. Karena itu hargailah apapun pekerjaan yang kamu geluti saat ini. Karena di luar sana banyak orang yang sulit mendapatkan pekerjaan dan banyak yang ingin menempati posisi pekerjaanmu saat ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Manfaat Luar Biasa yang Bisa Kamu Dapatkan dari Membaca

Ada yang bilang kamu akan melihat seluruh isi dunia dengan membaca. Mungkin pernyataan itu memang benar adanya. Kamu pun akan merasakan manfaat dari membaca saat kamu mulai melakukannya dengan rutin.

Sebab selain membuka jendela kehidupan, ternyata membaca memiliki banyak manfaat lainnya. Yuk simak apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan membaca.

1. Menurukan Tingkat Stress

Saat kamu membaca buku dengan genre komedi, tentunya kamu akan terhibur oleh lelucon yang dibubuhkan penulis di buku tersebut. Manfaatnya, hal ini bisa mengurangi stress yang menyerangmu.

2. Membuat Rasa Simpatimu Meningkat

Kamu akan tahu banyaknya sisi kehidupan dari membaca. Dengan begitu kamu bisa belajar banyak hal dan memupuk rasa simpatimu menjadi lebih besar. Kamu pun akan menjadi sosok yang lebih menghargai hidup.

3. Otak Bisa Bekerja Lebih Baik

Semakin banyak kamu membaca, maka semakin banyak pula pengetahuan yang kamu dapatkan. Pengetahuan itu akan kamu olah di dalam otak. Jika kamu rutin membaca, artinya otakmu pun akan rutin bekerja dan alhasil kinerja otak pun tak berhenti dan bisa bekerja lebih optimal.

4. Mempertajam Ingatan

Sering membaca akan membuat otak lebih sering dalam melakukan penyimpanan memori. Dengan begitu ingatan pun akan lebih tajam dengan lebih seringnya kamu membaca.

5. Mampu Berpikir Logis dan Sistematis

Buku memiliki urutannya di dalamnya. Membacanya akan membuatmu terbiasa berpikir secara sistematis. Selain itu, kamu pun akan lebih mampu berpikir dengan logis sebagai efek dari ilmu yang kamu serap dari hasil membaca.

6. Kemampuan Berimajinasi Lebih Terasah

Membaca lebih banyak buku bisa membuatmu lebih hebat dalam berimajinasi. Saat membaca otomatis daya imajinasimu aka bermain untuk membayangkan hal seperti apa yang penulis tulis di buku tersebut.

7. Mudah Memahami Suatu Masalah

Dengan membaca, kamu akan lebih kritis dalam memahami masalah dan mencari solusinya. Hal ini karena saat kita membaca, kita belajar memahami isi dan maksud dari buku tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top