Feature

Kalau Menahan Lapar Dan Haus Tak Baik Buat Kesehatan, Namun Kenapa Puasa Ramadan Justru Baik?

Sulit memang mengatakan bahwa tidak makan dan tidak minum itu membuat badan sehat. Karena walau bagaimana pun tubuh pastilah butuh asupan gizi dari makanan dan minuman. Jika seseorang menahan lapar dan haus, dalam jangka waktu panjang bisa mengakibatkan malnutrisi alias kekurangan nutrisi bagi tubuh.

Efek paling segera adalah berkurangnya metabolisme tubuh yang akan sangat berpengaruh pada kinerja otot, dan jantung. Ketika seseorang berusaha menahan lapar, dia akan kehilangan asupan potasium dan vitamin D, secara segera tekanan darahnya akan meningkat. Akan mengalami tekanan darah tinggi.

Kekurangan cairan, magnesium, sodium dan kalsium sebagai akibat dari menahan lapar dan haus juga akan berpengaruh pada otak. Kemampuan berpikir akan menurun, badan akan mengalami kelelahan sekaligus juga meningkatkan agresivitas seseorang. Itu kenapa diet-diet yang mendorong pada kebiasan menahan lapar dan haus sangat tidak dianjurkan di bidang medis.

Namun, coba kita cari informasi mengenai efek berpuasa khususnya puasa ramadan. Sebagian besar informasi didominasi oleh manfaat baik dari puasa tersebut. Sangat berbeda dibanding penelitian-penelitian menganai diet menahan lapar dan haus. Lantas apa yang membedakan puasa dengan sekedar menahan lapar dan haus?

Puasa Ramadan Adalah Soal Mengatur Pola Makan, Itu Kenapa Sahur Sangat Dianjurkan

vegetarian

Iya, berbeda dengan menahan lapar, apalagi menahan lapar karena keadaan yang tak punya pola tertentu, puasa ramadan mempunyai pola yang tetap. Sangat dianjurkan untuk mengawali puasa dengan memakan sahur. Dari sisi medis hal ini juga penting karena untuk mempersiapkan tubuh ketika di pagi hingga sore hari.

Dengan makan yang lebih terpola dan bukan sekedar tak makan, hasilnya puasa ramadan justru efeknya baik. Salah satu yang membuktikan manfaat puasa Ramadan adalah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM dengan dibantu tim ahli gizi Instalasi Gizi RSCM Jakarta. Hasil penelitian membuktikan, puasa Ramadan dapat mengurangi lemak di dalam tubuh.

Penelitian yang diberi judul The Ramadan fasting decreased body fat but not protein mass in healthy individuals tersebut dilakukan di RSCM pada 43 orang sehat (staf medis) yang melakukan ibadah puasa Ramadan.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan komposisi tubuh secara lengkap dengan menggunakan alat khusus, yaitu GAIA 359 PLUS (Jawon Medical, South Korea), pemeriksaan antropometri dan analisa asupan makan harian.

Menurut Dr Ari Fahrial Syam, Ketua Tim Peneliti, Selama Ramadan ternyata terjadi penurunan berat badan dan perubahan komposisi tubuh, tetapi tidak pada massa protein tubuh. Ari menyebut hal ini merupakan hal yang baik bahwa walau terjadi penurunan berat badan dan penurunan kadar lemak tubuh, tetapi ternyata tidak menyebabkan penurunan protein.

Karena Protein sendiri memang dibutuhkan untuk kekuatan otot baik otot anggota gerak, maupun otot untuk pernapasan dan otot jantung. Puasa yang berlangsung 14 jam tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan tubuh bahkan sebaliknya justru akan memperbaiki tubuh karena yang dibakar hanya lemak tubuh dan tidak membakar protein.

Puasa Ramadan Itu Berbeda Dengan Mogok Makan, Ada Aturan Berbuka Harus Disegerakan, Usahakan Dengan Yang Manis

Puasa Ramadan berbeda dengan puasa menahan lapar para pertapa atau aksi mogok makan yang tidak ada waktu berhentinya. Keutamaan dalam berpuasa justru harus menyegerakan berbuka.

Menurut peneliti nutrisi Anna Denny menyegerakan berbuka itu penting. Karena setelah lebih dari 12 jam, metabolisme tubuh akan mulai mengalami penurunan drastis. Konsentrasi tak lagi bisa dipertahankan dan reaksi refleks akan mulai berkurang.

Hal ini terjadi karena tubuh membutuhkan glukosa (gula dalam darah) untuk menciptakan energi. Semua itu diperoleh dari asupan makanan. Ketika kita mencerna makanan, glukosa akan dilepaskan pada aliran darah sementara sisanya disimpan dalam bentuk glikogen untuk energi. Kalau kemudian kita membutuhkan energi tapi tidak makan lagi alias puasa, maka glikogen tak akan terbentuk lagi.

Siklus ini bisa dipertahankan antara 12-15 jam. Karena itu puasa ramadan bisa tetap menyehatkan karena ada batasan akhirnya. Dan disertai anjuran untuk berbuka dengan yang manis, untuk mengembalikan persediaan gula yang terpakai tadi.

Adanya Sholat Tarawih Penting Dan Menjadi Pembeda Puasa Dari Sekedar Diet Biasa

Penelitian yang dilakukan RSCM juga menemukan fakta menarik lain. Aktivitas puasa ramadan bukan hanya soal menahan lapar dan haus ketika siang harinya. Sebab meningkatnya aktivitas sholat sunnah dan tarawih juga punya faktor penting.

Asupan kalori ternyata tidak berubah pada hari pertama hinga hari terakhir puasa, karena adanya sahur dan berbuka. Tetapi aktivitas yang berhubungan dengan ibadah menjadi meningkat, misal peningkatan jumlah salat sunat dan salat Tarawih. Serupa dengan mereka yang melakukan olah raga aktif. Artinya pengeluaran energi akan meningkat selama Ramadan.

“Hal ini yang menyebabkan terjadi penurunan lemak tubuh walaupun asupan makan tetap sama. Asupan makan sebenarnya bisa kita kurangi selama puasa dan tentu hal ini akan membawa dampak yang lebih baik untuk kesehatan,” kata Ari.

Rasa Lapar Memang Bikin Emosi, Tapi Kesadaran Untuk Menahan Emosi Dan Nafsu Justru Menjadi Pendorong Utama Berpuasa

Seperti dijelaskan sebelumnya, kurangnya asupan nutrisi akan membuat seseorang menjadi lebih agresif. Seolah mengantisipasi ini, puasa ramadan justru menekankan pada unsur menahan emosi dan nafsu sesaat ini.

Secara psikologis mereka yang melakukan ramadan harus mengkondisikan dirinya untuk lebih siap menahan emosi. Jadi puasa ramadan sangat berbeda dengan “tidak makan” karena belum sempat banyak pekerjaan atau menunggu makanan yang lama datangnya di restoran favorit. Sebab tubuh akan lebih siap menerima tantangan tersebut dibanding dengan menahan lapar karena kondisi. Apalagi dianjurkan untuk memperbanyak membaca Quran dan makin mendekatkan diri pada Allah, hal ini membuat kondisi psikologis seseorang lebih baik.

Perasaan Terlibat Dalam Sebuah Kelompok Besar Ketika Puasa Ramadan, Menjadikan Seseorang Lebih Tenang Dan Nyaman

Nah, terakhir salah satu aktivitas penting dalam puasa ramadan adalah merasa jadi bagian dari komunitas yang lebih besar dari seorang individu saja. Sebagai mahluk sosial yang memerlukan kehadiran orang lain, menjadi bagian dari masyarakat luas tentunya baik bagi psikologis manusia.

Kapan waktu imsak dan kapan waktu berbuka dilakukan secara bersamaan. Bukan ditentukan sendiri-sendiri. Walhasil, ada perasaan diterima dan menjadi bagian dari orang lain. Apalagi seperti di Indonesia dan negara mayoritas muslim lainnya, ada tradisi sahur bersama keluarga atau tradisi berbuka bersama.

Sejenak kita bisa beralih dari rutinitas sarapan terburu-buru sendiri di kantor, menjadi sahur bersama keluarga. Atau makan malam seadanya menjadi buka bersama kawan-kawan dekat. Kalau pun melaksanakannya sendiri, kita paham bahwa ada jutaan orang lainnya yang secara bersama melakukannya dengan kita.

Itu lah kenapa kita harus melaksanakan Puasa Ramadan secara utuh. Sebab kalau tidak yang tersisa hanya lapar dan haus, dan itu tidak baik buat tubuhmu bukan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Sebagian Hal Unik Yang Mungkin Baru Kamu Sadari Setelah Masuk Bulan Puasa

Ini memang bukan bulan biasa. Karena kamu harus menahan hawa nafsu dan juga makan minum di waktu siang. Tapi diluar hal itu, sejatinya ada hal-hal menarik yang hanya bisa kamu temui di kala bulan puasa. Bisa jadi di bulan lainnya kamu merindukan saat-saat tersebut.

Baru Tahu Kan Ada Petuah-Petuah Bijak Karena Tiba-Tiba Banyak Yang Share Di Timeline

Puasa kali ini seolah jadi angin segar buat kamu yang sudah penat dengan konten di timeline sosial mediamu. Sebelumnya banyak informasi yang bikin panas hati, kawan yang berdebat tiada henti sampai urusan-urusan sosial pilitik yang nampak tak kunjung selesai.

Tapi semua mereda ketika memasuki bulan ramadan. Timeline menjadi lebih sejuk, karena tiba-tiba banyak kawan-kawan yang membagi kata-kata bijak. Banyak kalimat-kalimat bijaksana penuh motivasi dan introspeksi yang bahkan kamu baru tahu kan.

Makin seru karena tak semua kata-kata bijak itu disajikan dengan nuansa serius. Karena banyak juga yang digelar dengan nuansa canda tawa. Tak sedikit meme-meme unik berlalu lalang membuat kita tertawa kecil. Ya, meski dadakan sebagian kawan kita berubah jadi motivator handal.

Baru Tahu Kan Ada Tetangga Menarik Hati, Karena Bertemu Ketika Menuju Masjid

Akuilah kamu mungkin tak sedekat itu dengan tetangga. Bahkan mungkin siapa yang menghuni sebelah rumah juga kamu tak paham. Baik kiri maupun kanan sama gelapnya entah siapa namanya. Lihat wajah pun jarang.

Untungnya datang bulan puasa. Aktivitas sosial pun meningkat. Minimal bersama tetangga kita berbondong-bondong ke masjid melaksanakan ibadah sholat tawarih. Tanpa diniatkan sebelumnya, bisa jadi kamu baru tahu kan kalau ada tetangga sebaya yang nyatanya begitu menarik hati.

Curi-curi pandang di temaram lampu perumahan jadi latar yang menarik. Kemana saja kamu selama ini? Ternyata mereka yang menarik tak perlu dicari jauh-jauh bukan?

Baru Tahu Kan Makan Pakai Tempe Bareng Keluarga, Lebih Nikmat Dibanding Makan Ayam Sendirian

Selama sebelas bulan kamu mungkin biasa makan siang enak di kantor. Atau buat yang sudah tinggal sendiri, sangat nyaman menikmati menu-menu dari cafe pilihan yang biasa kamu santap. Makan malam bersama kawan atau klien jadi agenda rutin yang tak terlewat.

Tapi masuk bulan puasa kamu banyak menghabiskan waktu di rumah. Sarapan yang biasa dilakukan di tempat aktivitas, jadi berpindah di waktu sahur di rumah. Makan malam bisa bersama keluarga, karena jam kantor yang pulang lebih awal dan melaksanakan berbuka di rumah. Ketika itu kamu baru tahu kan kalau makan bersama keluarga meski dengan menu seadanya masih jauh lebih nikmat dibanding ketika kamu di luar sana.

Baru Tahu Kan Mantanmu Sekarang Jadi Super Menarik, Setelah Ketemu Di Acara Bukber

Bulan Ramdan berarti pula jadwal bukber alias buka puasa bersama. Aktivitas membatalkan puasa ini seringnya jadi ajang reuni kecil buat teman-teman lama. Banyak pula yang sebelumnya jarang bertemu, jadi bisa kembali temu kangen.

Dan beruntung atau sialnya, kamu baru tahu kan mantan kamu ternyata sekarang tampil menarik luar biasa. Ini memang jadi sindroma para mantan. Mereka terlihat begitu menarik ketika sudah tak lagi bersamamu. Memori lama bisa kembali muncul menghiasi isi kepalamu. Apa harus kembali mencoba merajut hubungan yang sudah terputus sekian lama? Pilihannya jelas ada di kamu.

Baru Tahu Kan Ternyata Kamu Butuh Internet Yang Cepat Ketika Berpuasa

Okay, selama ini kamu menerima begitu saja koneksi internetmu sebagai bagian dari keseharian. Tak ada yang perlu diperhatikan secara berlebih. Tapi kondisi berbeda kamu temui di kala bulan puasa.

Sebagian aktivitas mungkin saja berkurang, sehingga kamu punya lebih banyak waktu berselancar di dunia maya. Atau malah pekerjaanmu jadi lebih banyak dilakukan di dalam ruangan dan membuatmu lebih intens menggunakan internet.

Masalah memuncak ketika kamu menyadari koneksi internet kamu ternyata kurang oke. Kesal, maarah, sebal? Eits, ingat ini puasa. Tak cuma menahan lapar dan haus, kamu juga harus pandai mengelola perasaanmu.

Agar tak larut berkepanjangan, mungkin ini saat yang tepat buatmu berlaih ke internet 4G LTE yang lebih cepat. Coba deh kamu lirik tawaran menarik promo ramadan dari Smartfren 4G yang super cepat itu.

Tapi pilihan handphonenya tidak banyak? kamu tak perlu khawatir karena saat ini kartu perdana Smartfren 4g bisa digunakan di beragam jenis handphone. Selain Smartphone Andromax Smartfren juga bisa digunakan di Samsung, iPhone, Oppo, Lenovo & Motorolla. Untuk daftar lengkapnya, kamu bisa lihat di sini.

Handphone bagus tapi tak punya quota buat apa? Smartfren punya tawaran menarik buat pengguna perdananya. Tak tanggung-tanggung kamu bisa mendapatkan gratis internet setahun sampai sebesar 58GB. Ini masih di luar fasilitas ciamik lain macam gratis chat menggunakan aplikasi Whatsapp, Line dan BBM 500MB. Plus kamu yang iseng ngabuburit bisa mengahabiskan waktu menelfon atau Videocall sesama jaringan Smartfren 4G dengan gratis.

kamu siap menjajal Smartfren 4G di ramdhan sekarang? Nah tahun ini, Smartfren 4G bahkan mengajakmu menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan penuh kebaikan. Salah satunya, kamu mencari tahu tentang hal-hal berbeda di sekitarmu untuk menambah wawasan dan mengurangi buruk sangka. mewujudkan Ramadhan baru dengan mencari tahu hal-hal baru dari orang-orang dan hal-hal lain di sekitarmu melalui aktivitas #BaruTahuKan di sini.

Semakin banyak momen #BaruTahuKan yang kamu dapat, semakin besar kesempatanmu memenangkan hadiah total jutaan rupiah! Salah satu hadiah kerennya itu iPhone 7. Jadi kamu baru tahu kan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Menjawab Penasaran Kenapa Kamu Terlihat Lebih Muda Dibanding Teman Sebaya

Momen terakhir bertemu kawanmu, dihabiskan untuk melakukan foto bersama. Diunggah ke sosial media, lalu kamu bisa menikmati hasil jepretan tersebut. Dari satu foto ke foto lainnya, kamu telusuri. Dan kamu tersadar sesuatu.

Kamu terlihat jauh lebih muda dibanding kawanmu yang lain. Okay, ini bukan soal merasa lebih baik dari kawan lainnya. Namun memang demikian adanya yang kamu rasakan setelah melihat foto tersebut.

Serunya klaim ini dibenarkan pula oleh orang lain sekitarmu. Mereka yang melihatmu bersama kawan-kawan sebayamu tak jarang memberi komentar iseng, betapa kawan-kawanmu terlihat jauh lebih tua darimu.

Nah penasaran bukan atas apa yang terjadi padamu? Kenapa kamu bisa terlihat lebih muda dibanding yang lain?

Meski Terdengar Kontradiksi, Tapi Kamu Yang Tak Pernah Menolak Tua Justru Akan Terlihat Awet Muda

orangtua

Mungkin kedengarannya aneh. Namun sejumlah penelitian mengatakan demikian. Mereka yang lebih bisa menerima bahwa usia terus bertambah justru malah terlihat lebih muda. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan di harvard, menyebut bahwa berusaha tampil muda dengan berpakaian, bersolek dan berperilaku tak sesuai usia justru membuat seseorang terlihat lebih tua di mata orang lain.

Penelitian ini juga mengatakan bahwa sikap menerima “proses penuaan”, membuat seseorang tak dilanda stres. Kamu lebih bisa menerima bahwa tak ada yang abadi sehingga lebih santai menghadapi semuanya. Ujungnya? Kamu lebih relaks dan membuatmu lebih sehat dan terlihat muda.

Disadari Atau Tidak Pola Asupan Makananmu Membantumu Terlihat Oke Seperti Sekarang

Mungkin kamu tidak dengan sengaja menjaga asupan makananmu. Namun ternyata pola makanmu justru membantumu terlihat lebih muda. Karena Ariel Ostad, MD peneliti dari American Academy of Dermatology menyebut ada makanan yang bisa mempercepat proses penuaan kulit dan gigi.

Sebut misalnya gula. Ketika kita memakan makanan manis, tubuh akan menghasilkan advance glycation. Terlalu banyak zat tersebut akan merusak kolagen kulit yang berfungsi untuk membuat kulit tampil muda dan segar.

Contoh lain adalah bagian hitam di daging bekas bakaran atau panggangan. Sepele memang, kamu yang doyan sate mungkin tak pernah perduli dengan ini. Atau malah disitu kenikmatannya. Padahal bagian hitam itu mengandung hydrocarbon yang juga berpengaruh pada kolagen kulit.

Beberapa makanan lainnya yang jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan penuaan adalah garam, daging hasil proses seperti sosis, daging burger, nugget, daging merah, minuman berenergi, minuman soda, lemon, dan makanan mengandung lemak berlebih.

Kamu Yang Doyan Pedas, Itu Bisa Membuatmu Lebih Muda Beberapa Tahun

Masih dari penelitian yang sama disebut bahwa makanan pedas akan membuat pembuluh darah menjadi lebih aktif. Ujungnya sel akan aktif meregenrasi dirinya dan membuat seseorang jadi terlihat lebih muda karenanya.

Namun khususnya untuk perempuan. Ketika nanti memasuki usia menopose, konsumsi makanan pedas ini harus dikurangi. Karena justru akan memiliki efek sebaliknya dan membuat kulit menjadi lekas terlihat tua.

Kamu Tidak Merokok, Tidak Minum Kopi, Tak Juga Minum Alkohol, Kulitmu Jadi Lebih Lembab dan Segar

Journal of the British Medical Association (BMA) merilis bahwa nikotin dapat membuat wajah menjadi cepat berkerut, gigi menjadi rusak dan rambut juga kehilangan kecemerlangannya. Disamping soal penampilan, terlihat muda juga berkaitan dengan tubuh secara keseluruhan bukan?

Tubuh yang sering sakit akibat rokok membuatmu jadi terlihat lebih tua. Mau berhenti tapi tak tahu caranya? Sini Aku kasih tahu cara berhenti merokok.

Efek ini juga yang ditimbulkan oleh konsumsi alkohol berlebihan. Liver alias hatimu menjadi tak sehat lagi. Padahal fungsi hati adalah untuk memproses racun. Jadi jika hatimu tak baik akibat alkohol, kulitmu juga akan banyak menyimpan toksin alias racun.

Bagaimana dengan Kopi? Kopi itu bersifat menyerap cairan. Sementara salah satu kunci untuk terlihat muda dan segar adalah dengan menjaga kelembaban kulit.

Kamu Punya Kucing? Mereka lah Obat Awet Mudamu

Dari hasil penelitian dengkuran yang dihasilkan kucing berbeda sekali dengan suara-suara lain, karena dengkuran yang dihasilkan kucing pada saat dia menarik maupun menghembuskan napas. Gelombang dari dengkuran kucing berkisar antara 25 hingga 150 Hertz. Dengan kisaran gelombang tersebut Journal of Vascular and Interventional Neourology, menyebut bahwa memelihara kucing bisa menurunkan resiko terkena stroke dan penyakit jantung.

Sentuhan yang kamu berikan kepada kucingmu dengan membelai lembut bulunya adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi kadar stress yang menyerangmu. Saat kucing duduk dipangkuanmu dan tertidur pulas dengan suara dengkuran yang halus, kamu akan mendapatkan energi kenyamanan dan kesenangan tersendiri pada saat itu. Hal ini timbul karena adanya hubungan emosional yang terjalin antara kamu dan kucing peliharaanmu.

Studi lain mengungkapkan bahwa frekuensi yang muncul dari dengkuran kucing dapat membantu menyembuhan cedera pada tulang dan otot. Tak heran jika panti-panti jompo, sering menggunakan kucing sebagai terapi untuk para orang tua.

Istirahat Dan Tidurmu Cukup, Tak Pernah Kamu Memaksakan Aktivitasmu

Yup, Kamu awet muda? Bisa jadi tidur dan istirahatmu cukup. Seperti juga mesin dan kendaraan, tubuh butuh istirahat untuk memulihkan setiap selnya. Karena masing-masing sel dalam tubuh itu punya usia pakai. Cara mengganti sel yang mati adalah dengan tidur yang cukup. Yang cukup itu berapa? 8 jam setiap harinya.

Ketika Kamu Lebih Religius, Kamu Lebih Bahagia Dan Cenderung Terlihat Lebih Muda

Sejumlah penelitian menyebut bahwa dekat dengan agama alias religius bisa membuat kamu terlihat lebih muda. Penyebabnya karena agama menekankan pada penyerahan diri, tak mengenal dendam dan menerima hidup apa adanya. Pemikiran seperti ini membuatmu jadi lebih tenang yang berujung pada hidup yang lebih bahagia senhingga secara fisik lebih sehat. Ujungnya kamu terlihat lebih muda.

Data dari World Economic Forum yang meneliti si 20 negara menyebutkan bahwa setidaknya masih ada 44 persen orang yang menyatakan kebahagiannya sangat terkait dengan keyakinan alias agama. Angka ini mungkin tak terlalu besar kalau dibandingkan faktor lain yang membuat bahagia seperti memiliki teman dan keluarga (91 persen) atau memiliki uang (85 persen). Namun khususnya di Indonesia angkanyaa bukan 44 persen seperti di negara lain, tapi memiliki agama yang baik tercatat 93 persen membuat orang lebih bahagia.

Senyum Dan Tertawa Itu Membuatmu Lebih Terlihat Muda, Setidaknya Penelitian Mengatakan Begitu

Sebuah studi yang di muat di WEBMD mencoba menghubungkan antara psikologi dan penuaan. Para responden dalam penelitian ini ditunjukan foto 174 orang dari berbagai ekspresi. Mulai dari marah, taakut, jijik, senang, bahagia, netral, tersenyum dan tertawa. Kemudian responden diminta menebak usia orang dalam foto yang diliatnya.

Hasilnya? Tebakan paling sesuai dengan kenyataan adalah foto-foto dengan ekspresi netral. Sementara ekspresi tersenyum dan tertawa, hasil tebakannya rata-rata 2 tahun lebih muda dari aslinya.

Mungkin Kamu Akan Terkejut Tapi Terhubung Dengan Internet Membuatmu Lebih Muda

Di luar dari banyaknya kontroversi dan konten negatif, sejumlah penelitian menyebut bahwa terhubung dengan internet membuat seseorang jadi lebih muda. Hal ini dimungkinkan karena berselancar di internet melatih memori otak kita, dan mempertajam kemampuan bahasa serta kemampuan membaca. Hal ini membuat kamu bisa terhindar dari penuaan dini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Terbiasa Tidur Setelah Sahur? Mulai Sekarang Jangan Lakukan Lagi! Ini Akibat Negatifnya!

Makan sahur adalah salah satu sunah saat menjalankan ibadah puasa. Ibadah sunah itu lazimnya dilakukan saat dini hari. Tak heran kamu pun kerap harus menahan kantuk saat makan sahur. Hal ini sangat wajar karena makan sahur dilakukan sekitar pukul 03.00. Ini adalah saat kamu tertidur nyenyak.

Setelah makan sahur pun kamu kembali tergoda untuk tidur. Sangat sulit menahan mata agar tetap terbuka. Alih-alih mendapatkan tubuh yang kembali segar begitu bangun, tidur setelah sahur justru bisa membuat kepala terasa sakit. Bagian leher akan terasa kaku dan sakit. Menurut studi, tidur setelah sahur akan mengakibatkan serebrospinal bergerak ke otak. Hal inilah yang menjadi pencetus sakit kepala. Bukan hanya itu saja, ternyata tidur setelah sahur juga bisa menimbulkan efek negatif berikut ini.

Puasa malah bikin perut buncit dan berat badan naik? Langsung tidur setelah makan sahur bisa menjadi penyebabnya!

Setelah makan, tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan. Lain cerita ketika kamu langsung tidur setelah selesai makan sahur. Bisa-bisa lemak tertimbun dalam perut karena tidak bisa dicerna dengan baik. Kalau sudah begini, bisa-bisa perut kamu buncit dan berat badanmu bertambah. Wah, ukuran baju bisa bertambah nih!

Langsung tidur setalah makan bisa menyebabkan refluks asam lambung. Membayangkannya saja sudah terasa tak nyaman!

Refluks adalah keadaan dimana makanan yang baru masuk ke perut bisa berbalik. Makanan yang telah berada di lambung bisa berbalik menuju kerongkongan. Hal ini akan menimbulkan efek kerongkongan yang terasa panas seperti terbakar. Bukan itu saja, mulut pun akan terasa panas. Tentu kamu tak ingin mengalami hal itu bukan?

Langsung tidur setelah makan sahur juga akan membuat pencernaamu bekerja lebih keras dari bisanya. Kadar asam lambung pun rentan meningkat. Ditandai dengan rasa panas di area dada. Hal ini bisa berisiko membuat kamu sakit maag. Naiknya asam lambung ini juga bisa menimbulkan rasa panas di area dada.

Bukan hanya rasa panas di area dada, bakteri jahat di perut kamu pun akan meningkat!

Sebenarnya ini masih kelanjutan dari efek makanan yang tak tercerna sempurna tadi. Seiring dengan itu bakteri jahat di dalam usus pun meningkat. Kalau sudah begini bakteri miskin energi/bakteri anaerob pun akan mendominasi dalam tubuh. Bakteri jahat ini juga bersifat asam dan menyebabkan asam lambung ikut meningkat. Kamu pun akan sakit maag.

Tidak hanya membuatmu sakit maag, bakteri jahat tadi juga bisa mengakibatkan kerja liver jadi berat. Heran kenapa hal itu bisa terjadi? Jumlah bakteri jahat yang mendominasi dalam tubuh akan mengakibatkan derajat keasaman pada tubuh ikut meningkat. Hal ini mengakibatkan timbulnua asam nitrit yang berbahaya bagi hati. Sebab asam nitrit ini akan membuat kerja organ hati jadi meningkat dan lebih gerak. Tentu kamu kasihan dengan livermu kan kalau harus bekerja lebih berat? Nah mulai sekarang sayangi organ hatimu dengan tidak langsung tidur setelah makan sahur ya!

Lebih baik menahan kantuk sebentar saja deh daripada resiko terkena diebetes jadi meningkat!

kue

Diabetes adalah penyakit yang bisa muncul karena obesitas. Penyakit diabetes salah satunya disebabkan oleh lemak dan kalori yang menumpuk. Hal ini bisa timbul karena obesitas yang bisa terjadi jika kamu langsung tidur selepas makan sahur. Kalau sudah begini, tentu kamu lebih memilih menahan kantuk sebentar setelah sahur daripada memiliki resiko terkena penyakit ini kan?

Mungkin kamu menganggap langsung tidur setelah sahur itu hal sepele. Jangan salah sangka, ini bisa memicu timbulnya serangan jantung loh!

Bukan hanya bisa menimbulkan obesitas, lemak dan kalori yang tidak terbakar bisa menyumbat pembuluh darah. Ini adalah kondisi yang perlu diwaspadai, karena bisa memicu timbulnya serangan jantung. Bahkan kondisi ini bisa menyebabkan kadar kolesterol kamu menjadi diatas normal. Masih mau langsung tidur setelah makan sahur?

Lebih parahnya lagi, langsung tidur setelah makan sahur bisa membuat kamu lebih rentan terkenan stroke. Ya, langsung tidur setelah makan bisa meningkatkan resiko terkena stroke. Wah, terdengar menyeramkan ya! Ada penelitian yang menyebutkan bahwa seseorang yang jeda antara tidur dan makannya lebih lama, maka resiko terkena stroke juga akan semakin rendah. Hal ini berlaku kebalikannya. Demi kesehatanmu, rasanya kamu memang harus mengubah kebiasaan langung tidur begitu selesai makan sahur.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Alternatif Menunggu Berbuka Puasa dari MyRepublic

Bulan Ramadhan biasanya akan kita isi dengan ibadah berpuasa dan ngabuburit serta buka bersama diberbagai tempat. Yang mana seharusnya hal tersebut tidak selalu harus kita lakukan diluar rumah, terlebih untuk menunggu waktu buka bersama.

Karena ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di dalam rumah, mulai dari ngobrol bersama, membaca buku, atau menonton tv bersama. Selain untuk menumbuhkan kehangatan dalam keluarga, ini akan menjadi moment berharga yang terasa istimewa. Dapat kita rasakan dengan kurun waktu yang tak kurang dalam 30 hari dalam setiap tahunnya. Ini menjadi hari yang selalu dinanti dan sebisa mungkin menjadi sesuatu yang patut untuk dikenang. Lalu bagaimana mengisi ramadhan dengan kegiatan yang menarik?

Berkumpul Bersama Dengan Keluarga Dirumah Setiap Berbuka Jadi Pilihan

keluarga

Berbahagialah jika ternyata kita adalah salah satu dari ribuan orang yang masih bisa berkumpul, dengan keluarga lengkap setiap bulan ramadhan tiba. Karena diluar sana banyak orang yang justru menjalani ibadah puasa ramadhannya dengan seorang diri. Entah karena tinggal jauh dari orangtua atau karena memang sudah tidak punya orangtua lagi.

Untuk itu manfaatkan kesempatan yang masih kita miliki untuk bisa mengukir cerita indah bersama keluarga. Sebisa mungkin aturlah jadwal kegiatan selama ramadhan. Yang akan menyisihkan waktu berbuka dirumah, selain untuk menjaga kesehatan dari makanan luar yang belum tentu terjaga. Ini akan menjadi kesenangan tersendiri bagi orangtua, pasangan dan keluarga besar bahkan bagi diri kita sendiri.

Lalu apa kegiatan tepat yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu kosong menunggu waktu berbuka?

Menonton tv memang jadi hiburan paling sederhana yang bisa kita lakukan bersama. Sembari menunggu waktu berbuka puasa, cukup dengan duduk bersama kita sudah bisa merasakan moment istimewa bersama dengan keluarga. Tidak hanya untuk menambah kedekatan dengan orang-orang tercinta lewat acara-acara tv. Yang bermanfaat dan menghibur, tapi menonton tv juga memberikan manfaat lain yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita.

Meski nyatanya ada banyak hal lain yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu menunggu berbuka. Tapi menonton tv bersama dengan keluarga jadi hal yang paling mudah untuk kita lakukan. Cukup dengan memastikan jenis tontonan dan kualitasnya. Untuk itu baru-baru ini MyRepublic hadir untuk memenuhi kebutuhan kita akan tontonan berkualitas. Yang akan menemani kita selama bulan ramadhan ini.

Kita tidak perlu khawatir untuk budget yang harus kita keluarkan untuk tontonan berkualitas yang ditawarkan. Paket layanan internet dan tv kabel yang ditawarkan dibandrol mulai dari 279 rb untuk kecepatan internet 50Mbps. Selain itu ada promo menarik untuk pelanggan baru selama bulan ramdhan ini, yaitu penamnbahan speed internet, gratis sewa perangkat atau gratis all channel layanan tv secara gratis. Bebas memilih sesuai jenis layanan yang kita butuhkan.

Dan bertepatan dengan acara buka bersama yang diadakan oleh MyRepublic bersama dengan beberapa media pada 14 Juni 2017 lalu bertempat di Ocha Bella yang juga dihadiri oleh Chief Commercial Officer MyRepublic KC Lai. Beliau menjelaskan bahwa saat ini ada 140 ribu pelanggan yang telah mempercayakan layanan internet dan tv kabelnya pada MyRepublic. Ia juga menjelaskan bahwa MyRepublic sangat antusias untuk terus menawarkan produk yang mereka sediakan. Dengan keunggulan yang menggunakan teknologi Fiber to the home dan unlimited atau tidak menggunakan kuota, serta kecepatan internet dengan harga yang terjangkau.

Selain itu Virginia sebagai Strategic Marketing Manager dari MrRepublic juga menambahkan, bahwa layanan ini disediakan untuk menyambut dan menemani kita dalam menjalani aktivitas berpuasa selama bulan ramadhan.

“Kami sadar akan banyaknya content Ramadhan yang akan diakses oleh masyarakat Indonesia, oleh karena itu kami memberikan penawaran menarik dari harga bandrol akan kami berikan tambahan bonus yang dapat dipilih sesuai dengan kecepatan internet. Kami ingin menjadi sahabat Ramadhan untuk masyarakat” tutur Virginia.

Tidak hanya layanan internet, Hiburan melalui channel internasional dan lokal disiapkan dengan promosi menarik, yang saat ini tersedia lebih dari 60 Channel , diantaranya ada 30an lebih channel dengan kualitas HD.

“kami menyediakan hiburan tanpa batas untuk keluarga di rumah, lengkap dengan paket bundling internet dan tv”  tambah Virginia

Meski ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau bukan berarti layanan yang disajikan tidak berkualitas. Bisa kita lihat dari penjelasan yang telah dituturkan oleh Virginia sebagai Strategi Marketing Manager dari MyRepublic. Ini akan menjadi hal menarik yang akan menemani ibadah puasa kita sepanjang bulan ramadhan. Dengan begitu waktu menunggu berbuka tidak lagi membosankan dan terlewati dengan penuh kehangatan, lengkap dengan layanan berkualitas dari MyRepublic.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top