Feature

Lari, Olahraga yang (Katanya) Murah

Perut rasanya makin buncit. Baju dan celana mulai sempit. Lalu kalau ketemu teman di kondangan atau di mal, pasti kalimat sapaan standarnya “Wah, gemukan deh!” Lama-lama gerah juga. Apa lagi kalau tidak sengaja lihat foto-foto zaman dulu di Facebook. Duh, langsingnya… Wajah juga tirus.

Oke lah, kalau begitu coba olahraga deh. Apa ya olahraga yang murah dan gampang? Kalau kata orang-orang sih, lari. Termasuk jenis olahraga kardio, lari memang efektif membakar kalori. Sebetulnya lari di treadmill akan lebih efisien karena track-nya statis dan mesin canggih bisa memberi tahu kamu sudah berapa banyak kalori yang terbakar dari lamanya kamu berlari.

Tapi ya tidak murah kalau mau pakai treadmill. Beli sendiri terus dipakai di rumah? Hmm.. bisa-bisa malah teronggok sia-sia meski sudah dibeli dengan harga mahal. Mendaftarkan diri di gym? Biayanya lumayan menguras kantong! Setiap bulan setidaknya kamu harus mengeluarkan ratusan ribu rupiah.

SATU-SATUNYA CARA ADALAH LARI DI LUAR RUANGAN (OUTDOOR)

street-marathon-1149220_640

Bisa keliling komplek atau ke taman jogging terdekat dengan rumah. Atau kalau kamu tipe orang yang sosial dan senang beraktivitas bersama teman-teman atau keluarga, bisa memanfaatkan momen Car Free Day (CFD). Seperti teman-teman kita yang ada di Path.

Coba saja cek Path di hari Minggu pagi. Biasanya timeline penuh dengan foto-foto teman yang eksis sehabis lari. Ada yang memang rajin tiap minggu datang ke Car Free Day (CFD), ada juga yang cuma nongol kalau ada event lari bertema seru.

Meski sudah beberapa tahun lewat, tapi acara lari sepertinya masih sangat diminati. Entah oleh runner sejati yang memang ingin menantang dirinya dan memecahkan rekor, atau oleh runner’ yang cuma sekedar ingin eksis saja di media sosial.

Kebetulan panitia penyelenggara acara lari juga semakin kreatif dalam menghadirkan tema-tema baru. Ada yang bisa lari sambil main busa, disemprot cat, cari jodoh, pakai kostum, malah ada juga yang bisa minum wine sehabis lariSemuanya demi menarik perhatian pendaftar.

KATANYA SIH LARI TERMASUK OLAHRAGA YANG BIKIN ‘NAGIH’

running-498257_640

Bukan cuma ketagihan untuk lari semakin jauh atau semakin cepat, tapi termasuk ketagihan dalam bentuk yang lain. Salah satu sahabat pernah ada yang bersyukur sekaligus mengeluh karena pacarnya ketagihan lari. Bersyukurnya karena sejak lari si pacar badannya jadi makin atletis dan seksi.

Tapi masalahnya, si pacar jadi hobi beli sepatu lari! Sepatunya belum rusak, tapi bisa tiap minggu beli sepatu baru. Bukan sepatu sembarangan pula. Minimal sepatu lari bermerek yang ada di mal-mal itulah. Harganya bisa sampai juta-jutaan loh.

APA BENAR LARI TERMASUK OLAHRAGA YANG MURAH?

run-750466_640

Iya ada benarnya juga karena lari tidak harus di atas treadmill di dalam gym yang mengenakan biaya keanggotaan ratusan ribu rupiah setiap bulan. Mau lari keliling komplek atau ke taman jogging terdekat dari rumah juga bisa. Gratis. Tapi coba cek lagi, apakah kamu sudah punya sepatu olahraga?

Supaya lari aman dan nyaman, kamu tidak bisa pakai sembarangan sepatu atau nekat cuma pakai sandal jepit. Setidaknya kamu harus beli sepatu khusus lari lengkap dengan kaos kakinya sebagai modal awal. Belum lagi kostumnya seperti kaos dan celana khusus lari.

Bahan kaos lari berbeda dengan kaos biasa. Selain itu, lari termasuk olahraga sosial. Kamu akan bertemu banyak orang di sepanjang rute lari (kecuali larinya tengah malam). Kalau sampai salah kostum, kamu bisa dilihatin banyak orang. Repot juga ya?

IKUT LOMBA MARATON MEMANG SERU, TAPI SUDAH TAHU KISARAN BIAYA PENDAFTARANNYA?

medal-179766_640

Untuk acara lari maraton standar (5K atau 10K) yang namanya belum terlalu besar, biasanya panitia menetapkan biaya pendaftaran Rp100.000,- per orang. Sementara untuk event maraton kaliber nasional atau internasional, biaya pendaftarannya bisa mencapai Rp300.000,-.

Isi paketnya biasa terdiri dari kaos, medali, nomor dada dan tas. Bagi runner sejati, mungkin ikut event seperti ini sudah jadi panggilan wajib. Ada kebanggaan tersendiri pula kalau bisa finish dalam kurun waktu yang ditentukan. Medalinya pun bisa jadi koleksi membanggakan.

Tapi dengan biaya sebesar itu, apakah kamu yakin kuat bangun subuh lalu lari sejauh 5 kilometer atau 10 kilometer? Belum lagi repot soal transportasi. Kalau tidak punya kendaraan pribadi, kamu harus keluar ongkos lumayan besar untuk naik taksi subuh-subuh ke lokasi acara.

SELAIN LARI, MASIH ADA OLAHRAGA LAIN YANG LEBIH MURAH KOK

weight-loss-1207555_640

Coba saja cari “circuit training” di Wikipedia dan YouTube. Ada banyak aktivitas yang bisa kamu coba. Misalnya burpee, crunch, high knee jump, plank dan sebagainya. Metode ini sangat efektif untuk membangun ketahanan, kekuatan otot dan tentunya membakar kalori dengan cepat.

Kamu juga tidak perlu keluar rumah sama sekali. Untuk kostum, tidak perlu yang bahannya spesial atau yang modelnya keren. Toh tidak ada siapa-siapa yang melihat. Paling-paling kamu hanya butuh sepatu olahraga yang layak pakai. Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top