Feature

Namanya Lahar, Sang Pemberani Anggota Tim Relawan Evakuasi Korban Selfie Maut Merapi!

lahar bakat setyawan

Secercah harapan menyembul di antara duka yang menyelimuti keluarga Erri Yunanto, korban yang jatuh ke kawah Gunung Merapi setelah melakukan Selfie. Jenazahnya berhasil dievakuasi dari ganasnya gunung tersebut.

Dari balik suksesnya proses evakuasi, menyembul nama seorang relawan pemberani. Namanya Bakat Setyawan, tapi Ia biasa dipanggil oleh kawan-kawannya dengan nama Lahar! Pria inilah yang turun ke dalam kawah dan mengikatkan tali ke tubuh Erri agar bisa dievakuasi.

Ini bukan proses mudah. Perhitungan matang dilakukan untuk mengurangi resiko. Diputuskan untuk melakukan evakuasi mulai dari jam 10 pagi Waktu Indonesia Bagian Barat. Saat itu diperkirakan matahari sudah cukup tinggi untuk membakar gas CO2 berbahaya yang ada dalam kawah. Dibutuhkan waktu 90 menit hanya untuk mencapai dasar kawah.

Beserta satu anggota tim lain bernama Endro, Lahar mengikat dan mengunci Jenazah Erri Yunanto untuk bisa ditarik ke atas. Semua dilakukan dalam resiko sangat tinggi. BPPT (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian) merekomendasikan agar evakuasi hanya dilakukan hingga pukul 3 sore hari. Mengingat resiko yang dihadapi.

Namun, Lahar paham bahwa mereka tak mungkin melakukan dua kali naik turun ke kawah. Belum tentu situasi akan kondusif seperti hari itu. Lahar dan Endro, memutuskan untuk menyelesaikan tugasnya saat itu juga. Mereka bertarung resiko hingga baru selesai pukul 5 sore harinya.

Atas keberaniannya ini Basarnas Jateng mengusulkan memberi penghargaan kepada Lahar dan sejumlah kawannya. Hal ini mengingat proses evakuasi dari dalam kawah membutuhkan keberanian yang luar biasa.

“Akan kami usulkan ke Basarnas. Ini kasus unik sekali dan langka. Baru kali ini evakuasi dari kawah berhasil. Untuk masuk ke dalam kawah merapi dibutuhkan keberanian dan beresiko tinggi. Selain ancaman temperatur yang bisa berubah sewaktu-waktu, gas beracun dan kondisi bebatuan labil. Bahkan suhu di dalam kawah bisa mencapai 420 derajat celsius,” ujar Agus Haryono, Kepala Kantor SAR Semarang, Basarnas Jateng seperti dikutip dari Detik.com

“Keenamnya adalah Tim SAR lokal yang sudah mengetahui jalur-jalurnya dan karakteristik Merapi. Namun demikian yang berani masuk ke kawah gunung aktif adalah orang-orang yang berani dan memiliki dedikasi tinggi untuk kemanusiaan. Dia harus berjibaku dengan berbagai resiko tinggi. Tim SAR dengan kemampuan yang hebat pun akan mikir seribu kali jika diminta masuk ke kawah,” lanjutnya.

Menanggapi hal ini Lahar menolak tegas jika dikatakan keberhasilan itu akibat keberaniannya sendiri. Menurutnya ini adalah hasil kerja keseluruhan tim evakuasi. Tak mungkin ia bisa mencapai jenazah Erri dan menguncinya tanpa bantuan pengawasan rekan-rekannya di atas. Ia memaparkan, banyak tim berbagai kesatuan dari daerah hingga pusat yang segera datang lalu melakukan koordinasi sangat baik dan semua bekerja keras.

Total ada enam orang yang tergabung dalam tim evakuasi langsung. Dari keenam orang itu, hanya dua orang yang benar-benar masuk hingga dasar kawah, sedangkan empat lainnya memberikan back-up di ketinggian 50 meter dari dasar kawah. Dua orang yang masuk hingga dasar itu adalah Bakat Setyawan alias Lahar dan Endro Sambodo.

Pemberani berarti modal nekat? Jangan salah, Lahar sudah punya hitungan presisi mengenai kondisi merapi. Ini bukan kali pertama ia turun ke kawah merapi. Ia berkali-kali turun untuk memetakan mitigasi bencana merapi.

Dari segi pengalaman, Lahar juga berulang kali terlibat menjadi relawan evakuasi keganasan gunung berapai. Mulai dari erupsi merapi yang sering terjadi, hingga hebatnya amukan gunung Sinabung.

Khusus untuk kejadian Erri Yunanto ini, terasa sangat personal untuk Lahar. Karena dengan tangannya sendiri, ia memasang rambu-rambu peringatan untuk para pendaki. Hal ini dilakukannya karena ia begitu khawatir dan memprediksi hal seperti ini akan terjadi.

“Harus menjadi perhatian bersama, tentang mentaati aturan. Rambu-rambu juga sudah dipasang. Saya sendiri yang ikut memasang. Tapi memang sering diabaikan. Saya sudah memperkirakan hal seperti ini akan terjadi,” ujar Lahar kepada wartawan di Posko Induk pencarian Erri Yunanto di Selo, Boyolali.

Itulah Lahar!

(Image Source: Muchus Budi/detikcom)

2 Comments

2 Comments

  1. Irly

    May 22, 2015 at 8:17 am

    Saya nyimak videonya, di menit 20an baru ngeh kalau videonya tentang pengalaman di Sinabung( Soalnya nyebut banyak mayat)*tepok jidat

    Saya setuju dengan penghargaan yang direncanakan untuk mas Lahar. Btw, nama Lahar diberikan sejak dulu atau baru setelah berhasil mengevaluasi jenazah Alm. Erri?

  2. Said Rahman (@bangsaid)

    June 4, 2015 at 7:53 am

    Wew, bahkan mas Lahar sudah memprediksi ini akan terjadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Padahal Iklan Tapi Video di Youtube Ini Banyak Ditonton! Kok Bisa?

Makin populernya Youtube bikin sebagian orang penasaran mencari rumusan agar videonya bisa ditonton oleh banyak orang. Mungkin termasuk kamu, yang sedang memulai karir sebagai youtuber.

Google pemilik situs Youtube, melalui Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, merilis daftar iklan terpopuler yang tayang di youtube. Salah satu video yang menduduki 10 iklan Youtube terpopuler di Indonesia adalah video berjudul “Semua Gara-Gara Saaih Halilintar – Ep 1” yang diunggah di kanal Youtube Smartfren. Dari data yang dirilis oleh social media analytics partner, Socialbakers, tiga video series bertajuk “Semua Gara-Gara Saaih Halilintar” menempati tiga posisi teratas sebagai video Youtube terbaik di Indonesia pada bulan Juni.

“Sebenarnya, video ‘Semua Gara-Gara Saaih Halilintar’ merupakan bagian dari kampanye digital #BaruTahuKan yang dibuat oleh Smartfren,” terang Fikri Hidayat Rangkuti, Senior Manager of Digital Operation Growmint yang merupakan digital agency partner Smartfren.

Fikri menjelaskan bahwa webseries mengenai ‘Semua Gara-Gara Saaih Halilintar’ merupakan hero content dari kampanye bertagar #BaruTahuKan yang digunakan untuk menjelaskan kepada publik bahwa Smartfren saat ini merupakan provider telekomunikasi dengan jaringan 4G dan dapat digunakan di semua telepon selular berbasis 4G.
“Selain webseries, campaign #BaruTahuKan juga terintegerasi dengan situs web barutahukan.com dan kanal media sosial Smartfren lainnya.” Terang Fikri.

Lantas apa saja resep Growmint dan Smartfren dalam membuat konten video ‘Semua Gara-Gara Saaih Halilintar’?

Memilih key opinion leader Yang Tepat, Jadi Penentu

“Kenapa webseries #BaruTahukan bisa menjadi populer di Youtube? Semuanya diawali dari pemilihan Saaih Halilintar sebagai key opinion leader sekaligus icon dalam video. Sebelum mengeksekusi video, tim di Growmint telah melakukan riset terlebih dahulu mengenai popularitas influencer di media digital selama tiga bulan terakhir,” ucap Fikri.

Kunci Lainnya Adalah Memilih Dan Menyesuaikan Momen Yang Pas

Video yang punya korelasi dengan keadaan saat ini cenderung bisa lebih viral. Hal ini yang juga dimanfaatkan Smartfren ketika membuat video web series #BaruTahukan. Cerita dari video tersebut disesuaikan dengan momen Ramadhan ketika video tersebut ditayangkan.

Tak Cuma Lewat Youtube, Optimasi Juga Dilakukan Melalui Sosial Media Lainnya

Meski Youtube sudah punya 1,3 miliar pengguna, namun kalau mau kontenmu berhasil dan ditonton banyak orang haruslah memanfaatkan sosial media yang lainnya. Sosial media serta aset lainnya tersebut diarahkan untuk mengajak pengunjungnya ke video yang dimaksud.

Hal ini yang dijalankan oleh Smartfren. Mereka memanfaatkan sosial medianya untuk mendapatkan pengunjung. Ditambah lagi untuk mendukung video tersebut, dirilis pula situs barutahukan.com yang membantu video tersebut lebih dikenal.

Pada Akhirnya Penonton Indonesia Itu Senang Tayangan Yang Ringan Dan Mudah Dicerna

Smartfren digital team, memaparkan bahwa selama periode digital campaign #BaruTahuKan, Smartfren yang berpartner dengan Growmint berusaha memahami karakter netizen di Indonesia dalam mengkonsumsi media digital, baik dalam bentuk teks, gambar, maupun video.

“Di bulan Ramadhan, berbagai brand selalu berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian audiensnya masing-masing, begitu pula dengan Smatrfren. Karena itu, kami mencoba mengutamakan konten yang sesuai dengan karakter netizen di Indonesia yang ringan dan mudah dicerna, namun tetap menyampaikan pesan dari Brand Smartfren itu sendiri,” terang Aldrige.

Dari hasil memahami karakter netizen di Indonesia, kemudian merencanakan konten brand campaign secara optimal, ketiga video webseries ‘Semua Gara-Gara Saaih Halilintar’ selalu menempati top trending di YouTube. Selain itu, Smartfren juga menempati 10 besar brand dengan interaksi tertinggi selama bulan Ramadhan menurut data yang dirilis oleh Socialbakers.

“Dan yang lebih utama, dampak terbaik dari keberhasilan digital campaign #BaruTahuKan adalah semakin banyak audiens di Indonesia yang tahu bahwa kini Smartfren bisa dipakai di ponsel apapun dengan jaringan 4G. Dengan kata lain, akan semakin banyak orang Indonesia yang dapat menjangkau koneksi internet yang lebih cepat, luas, dan stabil,” tutup Fikri.

2 Comments

2 Comments

  1. Irly

    May 22, 2015 at 8:17 am

    Saya nyimak videonya, di menit 20an baru ngeh kalau videonya tentang pengalaman di Sinabung( Soalnya nyebut banyak mayat)*tepok jidat

    Saya setuju dengan penghargaan yang direncanakan untuk mas Lahar. Btw, nama Lahar diberikan sejak dulu atau baru setelah berhasil mengevaluasi jenazah Alm. Erri?

  2. Said Rahman (@bangsaid)

    June 4, 2015 at 7:53 am

    Wew, bahkan mas Lahar sudah memprediksi ini akan terjadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Ternyata Begini Cara Ilmiah Untuk Move On

Mengakhiri hubungan yang diharapkan terjalin selamanya hingga maut memisahkan memang bukan perkara mudah. Sering kali kamu harus merasakan patah hati berulang-ulang hingga menemukan pasangan yang tepat untuk menjadi bagian hidupmu. Menjadi masalah jika pada saat patah hati itu kamu merasa sulit untuk keluar dari zona menyakitkan. Rasa sedih yang berlebihan akan membuat seseorang sulit untuk membuka hatinya lagi atau lebih sering dikenal dengan istilah susah move on.

Perasaan ingin mati bahkan turut serta menghiasi perasaan seseorang jika sedang merasakan patah hati. Tidak jarang yang terlihat baik-baik saja justru sedang berusaha keras menata hatinya yang hancur agar bisa pulih kembali. Melakukan segala hal untuk melupakan rasa sakit yang tidak terlihat namun menyiksa.

Sekelompok Ilmuwan Sosial Meneliti Tentang Patah Hati

Apakah kamu pernah mendengar tentang efek plasebo? Ini adalah istilah umum dalam budaya, dan banyak digunakan dalam bidang kedokteran. Efek plasebo merupakan sembuhnya pasien dari penyakitnya ketika mengonsumsi obat kosong atau plasebo dan terjadi walaupun terdapat bukti yang berkebalikan. Atau yang biasa kita sebut dengan sugesti.

Untuk mendokumentasikan khasiat efek plasebo ini, peneliti mempelajari efek plasebo pada rasa sakit akibat patah hati dengan rasa sakit dibakar oleh sesuatu yang panas. Karena individu yang mengalami patah hati memiliki 20 kali lebih kemungkinan depresi daripada orang yang sedang tidak mengalaminya. Sakit hati lebih dari sekedar sedih, hal ini berpotensi membahayakan kesehatan.

Sebuah penelitian tentang patah hati dan efek plasebo. Para ilmuwan sosial mengumpulkan 40 orang yang mengalami perpisahan yang tidak diinginkan dalam 6 bulan sebelumnya. Mereka kemudian menunjukkan gambaran tentang mantannya dan para ilmuwan meminta mereka fokus untuk kembali mengalami emosi yang terkait dengan mantan mereka, lalu menanyakan seberapa buruk perasaan mereka pada skala 1-5. Dalam pertemuan selanjutnya lengan mereka juga terkena berbagai tingkat panas, kemudian mereka juga harus ukur tingkat sakitnya dari skala satu sampai lima.

Setelah pemeriksaan pertama, peneliti memperkenalkan plasebo dalam bentuk semprotan hidung. Para ilmuwan mengatakan kepada sebagian partisipan bahwa semprotan itu adalah analgesik kuat yang juga efektif dalam mengurangi rasa sakit dan pengaruh negatif. Dan mengatakan kepada separuh lainnya (kelompok kontrol) bahwa semprotan itu meningkatkan hasil fMRI brain scan imaging dan di luar itu tak ada fungsi lainnya. Pada kedua kelompok, semprotannya hanya mengandung garam.

Satu-satunya Obat Adalah Pemikiranmu Tentang Patah Hati dan Rasa Sakit itu, Untuk Sembuh Kamu Harus Mengatur Hati dan Pikiranmu

Dari penelitian tersebut mereka mengukur respon di berbagai area otak dan menemukan bahwa kelompok plasebo menunjukkan reaksi pengurangan nyeri fisik dan sosial. Sedangkan kelompok kontrol tidak menunjukkan perubahan apa pun. Hal ini menunjukkan hal yang menjanjikan bagi orang yang terjebak masa lalu dan patah hati.

Tor Wager salah salah satu penulis utama dalam penelitian ini mengatakan, manfaat dan kekuatan presepsi ada pada keadaan emosional seseorang. “Fakta bahwa jika anda melakukan sesuatu untuk diri sendiri dan melibatkan sesuatu yang memberi harapan kepada anda, itu akan sangat berdampak. Dalam beberapa kasus, bahan kimia sebenarnya dalam obat mungkin lebih penting daripada yang ada dipikiran kita.”

Jadi untuk kamu yang sedang merasa patah hati ada baiknya memikirkan hal-hal yang menyenangkan dan memberikan harapan yang baru untuk sebuah kebahagiaan. Karena hanya dengan harapan positiflah yang dapat membantu kamu mengatasi sakit hati yang dirasakan. Tidak salah jika seseorang mengatakan obat patah hati adalah jatuh cinta lagi dengan orang lain. Secara tidak langsung sebuah pengharapan menemukan kebahagiaan yang baru dari orang lain adalah efek plasebo yang diberikan untuk menyembuhkan patah hatimu.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menimbulkan efek plasebo, misalnya dengan berjalan-jalan, atau berpergian untuk sekedar minum kopi dengan teman-temanmu, siapa tahu di sana kamu bisa mendapatkan pujaan hatimu yang baru.

2 Comments

2 Comments

  1. Irly

    May 22, 2015 at 8:17 am

    Saya nyimak videonya, di menit 20an baru ngeh kalau videonya tentang pengalaman di Sinabung( Soalnya nyebut banyak mayat)*tepok jidat

    Saya setuju dengan penghargaan yang direncanakan untuk mas Lahar. Btw, nama Lahar diberikan sejak dulu atau baru setelah berhasil mengevaluasi jenazah Alm. Erri?

  2. Said Rahman (@bangsaid)

    June 4, 2015 at 7:53 am

    Wew, bahkan mas Lahar sudah memprediksi ini akan terjadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Agar Tak Penasaran Lagi, Ini Cara Mudah Mengetahui Bentuk Wajah Dengan Tepat!

Pilih kacamata harus sesuai dengan bentuk wajah, mau potong rambut juga tidak bisa sembarangan. Salah pilih bukannya kelihatan semakin kece, bisa-bisa malah terlihat jelek. Wajah memang punya andil  yang sangat besar pada penampilan seseorang. Dari wajah kita bisa menilai kepribadian seseorang, tak jarang juga jadi ajang standarisasi memilih pasangan. Saking begitu besarnya pengaruh wajah, banyak orang yang berlomba memperbagus tampilan wajah bahkan tidak segan melakukan beberapa operasi demi terlihat cantik atau tampan.

Beberapa aspek memang berpengaruh pada bentuk wajah, bagaimana seharusnya si muka bulat memiliki potongan rambut, memilih kacamata yang cocok, hingga penggunaan hijab yang benar. Begitu kita tahu bentuk wajah, hal-hal yang seperti itu tidak menjadi masalah besar, karena sudah ada patokan tersendiri. Lalu bagaimana cara mengetahui bentuk wajah dengan akurat, bukan hanya menerka atau memaksakan kehendak. Jangan sampai yang seharusnya berwajah hati menganggap dirinya berwajah oval. Begini caranya.

Jika Biasanya Cermin Hanya Untuk Berdandan, Sekarang Bisa Kamu Gunakan Untuk Mengidentifikasi Bentuk Wajahmu!

Sekarang cermin di rumahmu punya berbagai manfaat, selain alat penting kamu untuk berdandan atau mengkoreksi penampilan. Cermin juga bisa kamu gunakan untuk mencari tahu sebenarnya bentuk wajahmu. Cara yang digunakan juga tidak terlalu sulit, kamu cukup siapkan spidol yang bisa dihapus saja dan berdiri di depan cermin. Kamu bisa gunakan cermin apa pun asal besar dan tidak bergoyang saat digunakan.

Usahakan berdiri dengan posisi cermin dalam jangkauan tangan, karena kamu harus bisa menggambar di cermin tanpa harus mencondongkan badan. Berdirilah dengan wajah menghadap cermin, punggung lurus, kepala tegak, dan bahu ditarik ke belakang. Bila kamu punya poni, tarik ke belakang. Pastikan lampu di atas kepala dan tidak mengarah ke badanmu, karena cahaya akan mempengaruhi bentuk yang kamu gambar.

Buat garis wajah kamu di cermin dengan hati-hati. Mulai dari bagian bawah dagu, lanjutkan ke satu sisi wajah melewati tulang pipi, ikuti garis rambut, terus ke sisi wajah satunya, dan akhiri di dagu. Cobalah untuk diam tak bergerak ketika melakukannya. Jangan menyertakan telinga, gambar sisi wajah saja.

Meski Bentuk-bentuk Wajah Hanya Berbeda Tipis, Tetap Bisa Kamu Bedakan Dengan Garis

Supaya kamu tidak salah tebak bentuk wajah kamu seperti apa. Deteksi bentuk wajah sesuai garis yang kamu buat di cermin. Bentuk garis yang lonjong bukan berarti kamu memiliki wajah yang oval. Ini bentuk wajahmu sebenarnya berdasarkan garis yang kamu bentuk.

Panjang: Garis wajah kira-kira menyerupai persegi panjang yang tinggi dengan sudut membulat. Wajah panjang memiliki dahi, tulang pipi, dan rahang yang lebar tetapi seimbang.

Bulat: Bila garis wajah mirip lingkaran, dengan tulang pipi lebar, rahang dan dahi melengkung, kemungkinan kamu mempunyai wajah bulat.

Persegi: Garis wajah kamu mestinya tidak tinggi tetapi lebar di semua titik, dengan dahi lebar, tulang pipi kuat, dan rahang menyudut.

Oval: Dahi sedikit lebar, dengan tulang pipi sempit dan garis rahang meruncing.

Hati: Bentuk wajah ini ditandai dengan dahi yang lebar, tulang pipi kuat, dan dagu kecil.

Segitiga: Bila garis wajah menonjolkan rahang yang luas dengan dahi kecil, kamu mempunyai bentuk wajah segitiga.

Berlian: Wajah bentuk berlian berbeda dari wajah bulat atau oval, di mana tulang pipi lebih lebar dari dagu dan dahi yang sempit.

Ragu Dengan Bentuk Berdasarkan Gambar Yang Kamu Buat Di Cermin? Kalau Begitu Pastikan Dengan Mengukurnya!

Kalau kamu masih belum yakin dengan bentuk wajahmu hanya melalu garis yang kamu buat di cermin. Kamu juga bisa gunakan cara lain untuk lebih meyakinkan dirimu. Dalam pengukuran ini kamu tetap membutuhkan cermin sebagai bantuan. Untuk hasil terbaik, gunakan cermin besar dalam ruang yang pencahayaannya bagus sehingga bisa melihat setiap bagian wajah dengan jelas. Kebanyakan kamar mandi memiliki cermin besar di atas wastafel, tetapi semua cermin besar (seperti cermin rias di kamar) bisa digunakan. Dalam pengukuran ini kamu membutuhkan pita meteran yang bisa dengan mudah mengikuti lengkungan wajah, beserta selembar kertas dan pulpen atau pensil untuk mencatat hasil pengukuran.

Untuk menemukan lebar wajah, ukur di atas tulang pipi.Tempatkan ujung meteran tepat melewati sudut luar mata, ini adalah titik awal. Kemudian, tarik meteran rata melewati batang hidung sampai bagian sudut luar mata yang satunya, ini titik akhir pengukuran. Meteran harus berada di atas “bulatan” pipi (dengan kata lain, tepat di atas tulang pipi). Baca angka pada meteran dan catat. Berikutnya, kamu perlu menentukan ukuran rahang. Pandang lurus ke cermin dan temukan bagian paling lebar dari rahang. Biasanya ada sekitar 2,5 cm di bawah telinga. Ini menjadi titik awal pengukuran. Ukur dari titik ini ke ujung dagu. Kemudian, angka ini dikalikan dua untuk mendapatkan panjang kedua sisi rahang. Jika angkanya udah diketahui jangan lupa untuk mencatatnya serta beri keterangan bagian yang kamu ukur.

Selanjutnya kamu perlu mengukur dahi, lihat ke dalam cermin dan cari bagian terlebar dari dahi. Biasanya bagian ini ada di pertengahan alis dan garis rambut. Tempatkan titik awal pengukuran di satu sisi dahi pada titik terlebar. Tarik meteran sepanjang dahi sampai ke titik yang sama di bagian dahi satunya. Baca angka pada meteran dan catat. Terakhir menentukan panjang (atau “tinggi”) wajah. Cari bagian tengah garis rambut (garis yang terbentuk di mana rambut bertemu dahi). Mulai pengukuran di titik tengah ini. Tarik meteran ke bawah, melewati hidung, sampai ke ujung dagu. Jangan lupa catat.

Berbeda Dengan Identifikasi Garis, Masih Ada Cara Tersendiri Untuk Tahu Bentuk Wajahmu Setelah Mengukur Wajah

Ada perbedaan yang harus kamu tahu saat menggambar dan mengukur wajahmu, identifikasi yang kamu gunakan tidak bisa sama pada saat kamu menggambar garis. Setelah melihat catatan yang kamu dapatkan dari hasil mengukur wajah, ini cara yang bisa kamu pakai untuk mengidentifikasi bentuk wajahmu.

Wajah panjang ukurannya lebih panjang dari pada lebar wajah. Wajah ini memiliki ukuran yang hampir sama pada pipi, dahi, dan rahang.

Wajah hati ciri- cirinya bentuk wajah segitiga terbalik, yang berasal dari dagu runcing dan ukuran dahi dan pipi sedang sampai lebar. Umumnya wajah ini hanya sedikit lebih panjang dari lebar di pipi (sekitar 4 cm atau kurang).

Wajah persegi kira-kira mempunyai panjang dan lebar yang sama, antara pipi dan panjangnya kira-kira berbeda 2,5 sampai 5 cm. Selain itu, ukuran pipi, dahi, dan rahang wajah persegi hampir sama, sisi wajah atas dan bawah hampir lurus. Rahang wajah persegi pasti mempunyai sudut yang jelas dan tajam pada bagiannya yang terlebar.

Wajah oval adalah bentuk wajah proporsional mirip dengan bentuk telur terbalik. Lebih panjang dari pada lebarnya, dengan dahi lebih lebar dari pada rahang dan dagu yang halus membulat.

Wajah bulat, seperti wajah persegi, kira-kira sama lebar dan panjangnya. Tetapi, wajah ini memiliki dahi yang relatif kecil dan garis rahang kecil yang melengkung. Bila selisih ukuran “pipi” dan “panjang” sekitar 2,5 cm, ukuran dahi lebih kecil dari ukuran pipi, dan rahang hampir tidak mempunyai sudut tajam seperti pada wajah persegi, tandanya kamu mempunyai wajah bulat.

Wajah segitiga kebalikan wajah berbentuk hati, bagian terlebar tipe wajah ini ada di bagian bawah dan paling kecil di bagian atas. Wajah segitiga punya garis rahang yang panjang, lebar dan persegi dengan dahi yang relatif sempit.

Wajah berlian mempunyai titik paling lebar di tulang pipi, dengan dahi meruncing dan dagu kecil dan lancip. Ukurannya lebih panjang dari pada lebar. Bila ukuran pipi kamu lebih besar dari dahi dan rahang, dan dagu kamu relatif lancip, maka wajah kamu berbentuk berlian.

Selamat Mencoba!

 

2 Comments

2 Comments

  1. Irly

    May 22, 2015 at 8:17 am

    Saya nyimak videonya, di menit 20an baru ngeh kalau videonya tentang pengalaman di Sinabung( Soalnya nyebut banyak mayat)*tepok jidat

    Saya setuju dengan penghargaan yang direncanakan untuk mas Lahar. Btw, nama Lahar diberikan sejak dulu atau baru setelah berhasil mengevaluasi jenazah Alm. Erri?

  2. Said Rahman (@bangsaid)

    June 4, 2015 at 7:53 am

    Wew, bahkan mas Lahar sudah memprediksi ini akan terjadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Ternyata Begini Cara Aplikasi Chatting Mobile Mengubah Kita Dalam Berinteraksi!

Menjamurnya berbagai macam aplikasi chatting mobile sekarang ini membawa banyak perubahan pada pola interaksi yang ada. Hal ini bisa kita lihat dari cara orang-orang berinteraksi dalam beberapa tahun terakhir. Fasilitas yang disediakan oleh teknologi memang memberikan kita banyak kemudahan sekaligus merubah pola interaksi. Ketertarikan dengan alasan kebutuhan menjadi hal yang berpengaruh dalam hal ini, secara tidak sadar banyak hal perlahan menjadi berbeda dari sebelumnya.

Namun terlepas dari semua hal baik yang kita dapatkan dari perubahan tersebut, ada hal lain yang juga menjadi dampak buruk yang mempengaruhi cara kita berinteraksi. Hingga pada bagaimana aplikasi chatting mobile yang sesungguhnya diciptakan untuk perubahan yang lebih baik, nyatanya juga memiliki sisi buruk.

Interaksi Tatap Muka Dengan Segala Ekspresi Berubah Menjadi Komunikasi Palsu

Memang kita juga tidak bisa serta merta langsung membenarkan bahwa semua obrolan dalam interaksi yang dilakukan dari chatting adalah palsu, namun kenyataannya hal itu adalah fakta dari sebagian besar komunikasi yang terjadi. Seseorang mampu membalas suatu pesan dengan kalimat yang menjelaskan rasa bahagia meski sebenarnya dia tidak setuju dengan apa yang disampaikannya tersebut. Bukankah itu bisa disebut palsu?

Interaksi secara langsung yang tadinya kita lakukan selalu memenuhi aspek vokal, verbal dan non-verbal hingga informasi yang disampaikan pun bisa dipahami dengan tepat. Kita pun bisa paham dengan segala perubahan ekspresi wajah sebagai wujud reaksi dari interaksi yang terjadi. Hal lain yang juga sering terjadi adalah pemahaman ganda tentang sesuatu yang diterima menjadi sumber pertentangan dalam interaksi.

Karena Disampaikan Dalam Bentuk Teks Membuat Kita Rentan Salah Paham

Seorang peneliti dari Universitas Chicago bernama John Cacioppo mengatakan bahwa aplikasi chatting dapat mempengaruhi mood yang kita miliki. Ini berarti segala interaksi yang diakukan dengan aplikasi chatting mobile akan berpengaruh pada pikiran dan produktifitas kita. Bahkan dalam penyampaian informasi pada interaksi dengan aplikasi chatting membawa kita pada hal-hal yang sering tidak di harapkan. Tentu sebagian besar orang pernah mengalami hal tersebut.

Salah satunya adalah perbedaan tafsiran pada suatu informasi yang diterima sering berujung pada kesalahpahaman. Meski pengirim berita tidaklah bermaksud demikian namun si penerima ternyata mengartikannya berbeda. Hal ini jika dilakukan dengan interaksi langsung masih ada celah yang memungkinkan kita untuk segera menjelaskan maksud yang sebenarnya, namun akan sulit untuk melakukan hal yang sama saat interaksi dilakukan dengan menggunakan aplikasi chatting.

Mampu Membuat Kita Merasa Terhibur Tapi Sulit Untuk Menemukan Kelegaan

Untuk hal yang satu ini tentu kita semua akan setuju, setiap kita melakukan komunikasi  menggunakan aplikasi chatting mobile akan ada banyak hal yang mampu menyihir kita untuk kemudian bisa merasa terhibur. Namun untuk menemukan semangat baru atau memperbaiki mood yang tadinya mungkin memang sedang tidak baik, hanya akan bisa kita rasakan pada berinteraksi secara langsung.

Berkomunikasi secara langsung memang akan selalu jadi media penyampaian yang dianggap lebih tepat. Karena biar bagaimanapun sesuatu yang disampaikan secara langsung akan selalu memiliki kepuasan tersendiri, pun akan menjadi sangat berbeda dengan interaksi yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi chatting mobile. Meski banyak fasilitas menarik yang hadir dari inovasi tersebut, tetap tidak akan bisa menggantikan  komunikasi secara langsung.

Lalu Perlahan Membentuk Kita Menjadi Manusia Yang Cenderung Menyendiri

Inovasi yang terjadi pada bidang teknologi yang salah satunya bisa ditemukan pada aplikasi chatting membuat sebagian besar dari kita lebih cenderung menyendiri karena terlalu asik dengan dunianya masing-masing. Hal ini jugalah yang akan mengurangi interaksi sosial pada kehidupan nyata yang kita jalani, dan istilah “Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat” menjadi salah satu dampak yang telah kita rasakan.

Perubahan pola interaksi seperti ini haruslah kita waspadai karena bisa merusak hubungan yang ada dalam kehidupan nyata. Hubungan yang terjalin dalam keluarga, teman kantor, teman sepermainan serta orang lain yang juga kita kenal diganti dengan aplikasi chatting yang ada pada tiap telepon genggam, hal ini jelas akan berpengaruh pada kualitas hubungan.

Aktivitas Berlebih Bisa Membuat Kita Menjadi Pribadi Yang Apatis dan Individualis

Tidak sedikit orang yang tiba-tiba mendadak menjadi apatis dan individualis karena terlalu terlena dengan interaksi dan aktivitasnya menggunakan chatting mobile. Rasa peduli terhadap sekelilingnya dan orang-orang yang berada di sekitar mendadak hilang dikarenakan sesuatu yang seakan jadi hal yang paling penting bagi hidup. Jika dulu waktu bersama dengan orang-orang terkasih akan kita manfaatkan dengan bercerita tentang banyak hal, sekarang diganti dengan aktivitas individualis yang berkutat pada chatting mobile masing-masing.

Perubahan ini tentu memudahkan untuk beberapa hal tapi jangan sampai membuat kita jadi pribadi yang kehilangan rasa peduli akan lingkungan sekitar. Memang tidak ada larangan untuk menggunakan aplikasi chatting untuk berinteraksi akan tetapi sebaiknya dilakukan dengan lebih bijak sehingga tidak merubah pola hidup yang bisa saja bedampak buruk pada kehidupan nyata yang kita jalani.

Meski pada kenyataanya segala inovasi yang ada telah dibuat dengan tujuan yang baik, hanya saja terkadang cara kita dalam menyikapinya menjadikan tujuan perubahan tersebut menjadi berbeda. Gunakan aplikasi chatting sebagaimana fungsinya dengan tanpa merubah cara dan pola interaksi yang semestinya.

2 Comments

2 Comments

  1. Irly

    May 22, 2015 at 8:17 am

    Saya nyimak videonya, di menit 20an baru ngeh kalau videonya tentang pengalaman di Sinabung( Soalnya nyebut banyak mayat)*tepok jidat

    Saya setuju dengan penghargaan yang direncanakan untuk mas Lahar. Btw, nama Lahar diberikan sejak dulu atau baru setelah berhasil mengevaluasi jenazah Alm. Erri?

  2. Said Rahman (@bangsaid)

    June 4, 2015 at 7:53 am

    Wew, bahkan mas Lahar sudah memprediksi ini akan terjadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top