Feature

5 Keluhan Utama Karyawan Kantor Berkonsep Open Office

Saat ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan konsep open office untuk ruang kerja pegawainya. Khususnya perusahaan yang bergerak di industri digital seperti startup teknologi, e-commerce, media atau agensi.

Jika dilihat dari segi keindahan, ruangan kantor open office lebih keren dan enak dilihat dibandingkan kubikel.  Ketiadaan kubikel dan penggantian komputer desktop dengan laptop membuat ruang kantor open office bisa menampung lebih banyak karyawan.

Dari segi budget, ruangan kerja open office jauh lebih murah dibandingkan ruangan kerja konvensional dengan kubikel-kubikel. Pengerjaannya pun lebih cepat dan membersihkannya lebih mudah. Ini juga salah satu alasan mengapa banyak perusahaan yang memilih konsep open office.

Tapi tahukah kamu kalau open office juga memiliki banyak poin negatif yang menurunkan tingkat kepuasan kerja karyawan? Kalau kamu sekarang bekerja di ruangan open office, mungkin kamu akan merasakan hal yang sama.

Susah Konsentrasi karena Terlalu Banyak Gangguan

man-1191845_640

Orang yang mondar mandir, rekan kerja yang sibuk menelepon dengan suara keras, semuanya itu akan terdengar dan terlihat dengan jelas olehmu. Apa lagi kalau ada yang sedang sakit dan tidak bisa berhenti batuk, bersin atau membuang ingus.

Konsentrasimu jadi mudah terpecah dan akibatnya pekerjaan jadi tidak kunjung selesai. Produktivitas pun menurun. Ini karena sebenarnya konsep open office tidak cocok untuk semua jenis departemen kerja.

Kalau pekerjaan kamu terkait dengan kreativitas misalnya desainer, copywriter atau yang butuh konsentrasi tinggi seperti IT, database atau akuntansi, pasti akan sulit konsentrasi jika ditempatkan di ruang kerja yang terbuka.

Kantor Ibarat Rumah Kedua, Tapi Sekarang Tidak Ada Privasi Lagi

office-1094826_640

Karena serba terbuka, otomatis apa yang kamu lakukan akan kelihatan oleh rekan kerja di seberang, sebelah kiri, kanan dan belakangmu. Mau chatting, telepon atau nonton video jadi sulit.

Mau menaruh barang-barang pribadi pun sulit karena biasanya open office menerapkan konsep clean desk. Jadi setelah dipakai, meja kerja harus berada dalam kondisi bersih dan kosong. Kenapa? Karena belum tentu Anda akan duduk di meja yang sama keesokan harinya.

Awkward Jika Duduk Bersebelahan dengan Rekan Kerja yang Tidak Dikenal

workspace-820315_640

Tidak ada sekat atau kubikel, berarti kamu akan face to face dengan rekan kerja di sebelahmu. Kamu juga tidak punya tempat duduk yang tetap. Setiap hari bisa saja kamu duduk di sebelah orang yang berbeda.

Kalau kalian sudah akrab, mungkin tidak masalah. Kalau ingin ngobrol, ya ngobrol. Kalau sedang tidak ingin ngobrol karena capek atau sibuk, ya tidak masalah. Kalau tidak akrab? Awkward… Terutama ketika kamu sedang tidak ingin berbasa-basi.

Lagipula, siapa yang duduk di sebelah kita sangat menentukan mood kerja hari itu. Betul gak?

Harus Investasi Headphone yang Benar-benar Kedap Suara

pile-764867_640

Ada saja rekan kerja yang sikapnya mengganggu. Mulai dari yang suka menyanyi, menyetel lagu lewat speaker ponselnya, teriak-teriak saat stres atau bicara di telepon dengan suara keras. Kalau ditegur, rasanya tidak enak hati. Apa lagi kalau mereka lebih tua atau lebih senior.

Solusi terbaik adalah beli headphone yang benar-benar kedap suara dan selalu setel musik kesukaan saat kamu ingin kerja. Seolah-olah kamu menciptakan ruang pribadi imajiner untuk dirimu sendiri.

Lebih Cepat Merasa Lelah dan Stres  

work-management-907669_640

Karena tidak ada pembatas, bosmu bisa dengan mudah memantau semua yang terjadi di ruangan. Kamu merasa selalu diawasi. Lalu jika dulu pekerjaanmu bisa ditagih lewat telepon atau email, sekarang mereka bisa cukup teriak saja dari ujung meja.

Ketika ada rekan kerja yang stres dan marah-marah, energi negatifnya bisa menyebar ke seluruh ruangan dengan cepat. Menularkan energi negatif ke dirimu. Konsep open office ini secara tidak langsung juga membuat orang-orang jadi lebih agresif. Tanpa ada sekat yang menandakan hirarki, komunikasi jadi lebih mudah. Semua ingin cepat. Lalu kamu terseret ke dalam arus ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tips

Minum Kopi Bagus Buat Kesehatan Liver Tapi Ada Caranya, Begini Menurut Penelitian

Kopi memang menyimpan sejuta cerita. Dari awal ditemukannya, kopi sudah punya kisah menarik. Berabad lalu di dataran eutiopia, paraa penggembala menemukan sejumlah kambing yan terlihat penuh energi. Setelah mereka perhatikan lebih lanjut, ditemukan bahwa kelompok kambing yang riang gembira itu adalah yang memakan biji kopi. Dari sinilah kemudian para penggembala itu mulai ikut memakan biji kopi.

Dimakan? Iya, dahulu kopi hanya dmakan. Sementara sebagai minuman, kopi justru baru dipopulerkan pada abad 15. Tepatnya di Yaman tanah arab dimana kopi dijadikan salah satu produk perdangangan. Kala itu juga mulai berdiri, tempat-tempat menikmati secangkir kopi sambil melakukan perbincangan santai. Dengan banyaknya orang yang beribadah haji dari seluruh penjuru dunia, kopi pun semakin tersebar kepopulerannya.

Dari saat itu Kopi semakin dikenal sebagai minuman pengusir rasa kantuk yang ampuh. Namun sesungguhnya tak hanya itu manfaat kopi, selain nikmat kopi juga memiliki manfaat lain yang tersembunyi terutama untuk kesehatan organ hati.

Para peneliti dari Universitas Southampton mengumumkan bahwa minum kopi sebanyak dua cangkir setiap hari dapat berdampak baik pada penurunan risiko penyakit liver sirosis dan mengobati kerusakan yang ditimbulkan akibat sering mengonsumsi alkohol.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal bernama Alimentary Pharmacology and Therapeutics menemukan bahwa minum kopi sebanyak dua cangkir per hari dapat mengurangi setengah dari dampak risiko terkena penyakit liver sirosis.

Apa sih penyakit liver sirosis itu? Berbahayakah buat kesehatan? Yup, penyakit tersebut sudah tergolong berbahaya bagi kesehatan kamu, bukan hanya bikin menderita juga bisa sampai menyebabkan kematian!

Liver Sirosis Berbahaya Jika Didiamkan Terus-Menerus, Kamu Bisa Kehilangan Masa Muda Kamu Jika Sudah Didiagnosa Sirosis

Sirosis sendiri merupakan suatu kerusakan yang terjadi pada hati manusia yang telah terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama atau kronis yang akhirnya menyebabkan luka pada organ hati. Perkembangan penyakit yang perlahan-lahan tapi pasti menyebabkan jaringan sehat diganti oleh jaringan yang rusak, akhirnya hati tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Untuk diketahui, organ hati sendiri memiliki fungsi untuk memproses nutrisi, hormon, obat dan racun yang diproduksi oleh tubuh. Jika hati terganggu, semua pekerjaan yang biasa dilakukan oleh hati akan terhambat termasuk dalam memproduksi protein yang sangat penting untuk tubuh.

Gejala-Gejala Sirosis Agar Kamu Bisa Cegah Sedini Mungkin

Seperti kebanyakan penyakit pada umumnya, penyait liver sirosis juga memiliki gejala yang patut kamu waspadai, jika kamu mengalami hal-hal seperti di bawah ini sebaiknya kamu cepat-cepat ke dokter deh..

  • Kamu akan kehilangan selera makan
  • Kekurangan energi
  • Terjadi pembengkakan pada pergelangan kaki
  • Memar
  • Mulai sakit kuning
  • Muntah darah
  • Kulit gatal-gatal

Umumnya penyebab timbulnya penyakit ini dikarenakan virus hepatitis B, hepatitis C, konsumsi minuman keras berlebihan, dan kebiasaan-kebiasaan buruk yang menyebabkan racun merusak hati. Musisi Jimi Hendrix sang legenda pun diketahui wafat karena sirosis. Faktanya, penyakit ini menjadi penyebab jutaan orang meninggal tiap tahunnya.

Beruntung Bagi Kamu Para Penikmat Kopi, Kopi Berdampak Positif Terhadap Kesehatan Hati

Nah, para peneliti dari Universitas Southampthon melakukan peninjauan terhadap sembilan studi jangka panjang yang bersangkutan dengan liver sirosis yang ada di enam negara dan melibatkan sebanyak 500 ribu partisipan wanita dan pria. Hasil dari peinjauan tersebut menghasilkan simpulan bahwa kopi memiliki dampak yang positif pada organ hati.

“Sirosis dapat berpotensi fatal dan tidak ada obatnya. Oleh karena itu, penting bahwa pengembangan risiko sirosis dapat dikurangi dengan meminum kopi,” terang Dr. Oliver Kennedy, salah satu peneliti dari Universitas Southampthon.

Faktanya, mengonsumsi kopi secara reguler (dua cangkir dalam satu hari) dapat menurunkan risiko terkena penyakit sirosis sebanyak 44 persen. Kopi lebih efektif dibandingkan dengan obat-obatan, sebut saja statin yang hanya mengurangi risiko sirosis hanya sebesar 25 persen saja.

Bagi Pria Penikmat Kopi Ada Kabar Gembira Buat Kamu

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di PLOS One pada Mei 2015 yang lalu, menemukan bahwa minum dua hingga tiga cangkir kopi per hari dapat mengurangi kerusakan disfungsi ereksi pada pria, termasuk orang yang menderita obesitas dan punya hipertensi (kedua kondisi yang biasa dikaitkan dengan disfungsi ereksi).

Kopi Membantu Menjaga Ingatan Jangka Panjang

Masih seputar penelitian yang dilakukan belum lama ini yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Neurosciences menemukan hasil bahwa kafein dapat menjaga formasi memori jangka panjang tetap baik.

Selain itu kafein juga baik untuk pengusir radikal bebas yang selalu kita terima dalam kehidupan sehari-hari. Radikal bebas dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh, membuat tubuh mudah sakit jika sistem imun sedang tidak baik sehingga tubuh dengan mudah terserang berbagai penyakit yang merugikan.

Kopi selama ini dianggap sebagai minuman yang buruk bagi kesehatan. Asal tidak berlebihan dan dikonsumsi masih dalam batas yang wajar yakni dua cangkir kopi sehari tanpa gula tidak akan membahayakan kesehatan kamu.

Selamat minum kopi !

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Kamu Yang Mudah Jatuh Sakit Belum Tentu Penyakitan, Mungkin Itu Tanda Kamu Kesepian

Dua hari kemarin flu, kemarin pusing, hari ini sakit perut. Buatmu mungkin itu biasa. Musim pancaroba, konsumsi maakanaan yang taak benaar, jarang olah raga, mungkin itu sebagian hal yang sering dijadikan kambing hitam ketika tubuh sering tak sehat.

Bahkan tak jarang, stigma sebagai orang penyakitan dilekatkan padamu. Dan gawatnya kamu menerima begitu saja tanpa mencoba mencari tahu lebih lanjut, penyebabnya. Padahal ada kemungkinan lainnya. Yaitu itu kesepian. Apa? Iya, kamu tak salah baca. Kesepian memang dapat mendorong seseorang jadi lebih mudah sakit.

Nyatanya rasa kesepian ini tidak bisa disepelekan begitu saja, karena ketika jiwa merasa terguncang oleh rasa sedih, maka fisik juga akan merasa tidak berdaya. Benar saja pernyataan beberapa orang tentang hal ini, jika fisikmu sehat tetapi hatimu sedang sakit maka fisikmu akan sakit, jika hatimu sedang bahagia maka ketika sakitpun kamu akan merasa baik-baik saja. Kesepian juga merupakan salah satu bagian dari kesedihan dirasakan oleh jiwa dan bisa berimbas dengan kesehatanmu.

Rasa sepi membuat imun tubuhmu juga melemah, tidak heran jika kamu jadi gampang tumbang

Sebuah penelitian dilakukan Ohio State University, rasa kesepian dapat membebani sistem kekebalan tubuh seperti halnya seseorang yang mengalami stres kronis. Bahkan rasa kesepian dapat mengaktifkan virus herpes dan memunculkan gelaja lain yang berkaitan dengan stres kronis. Mereka juga mengatakan bahwa rasa sepi meningkatkan protein tertentu di dalam tubuh. Protein ini akan diproduksi ketika terjadi peradangan dan pada akhirnya bisa memicu banyak penyakit seperti jantung koroner, diabetes tipe 2, arthritis dan alzheimer.

Jika Dibiarkan, rasa kesepian bisa membuatmu lebih cepat tua bahkan bisa mati muda

Seperti yang dilansir oleh Counsel dan Heal, seorang peneliti Lisa Jaremka mengatakan “hubungan yang buruk kualitasnya dikaitkan dengan sejumlah gangguan kesehatan, termasuk kematian prematur dan segala macam penyakit yang sangat serius. Orang-orang yang kesepian jelas merasa seolah berada dalam hubungan yang berkualitas buruk.”

Lia Jaremka meneliti 200 relawan yang telah berhasil sembuh dari kanker payudara. Relawan ini rata-rata berusia 51 tahun. Interval waktu antara selesainya pengobatan dan keikutsertaan dalam penelitian ini adalah sekitar 2 bulan – 3 tahun. Semua sampel darah relawan dikumpulkan dan respon kekebalan tubuhnya terhadap antibodi Epstein-Barr dan sitomegalovirus juga ikut diteliti. Kedua virus ini merupakan jenis virus herpes. Keunikan dari virus ini adalah bisa tidak aktif dan dapat diaktifkan kembali.

Pada proses aktif kembali atau reaktifasi, terjadi peningkatan antibodi dalam sistem kekebalan tubuh walau tidak menunjukkan gejala yang jelas. Proses ini menunjukkan adanya masalah pada pengaturan sistem kekebalan tubuh seluler.

“Kami melihat peradangan lebih banyak terjadi pada orang yang merasa kesepian daripada yang tidak merasa kesepian. Penting juga untuk diingat, bahwa orang-orang yang merasa sangat terhubung secara sosial mendapatkan dampak yang lebih positif,” pungkas Jaremka.

Sendiri Tak Berarti Kesepian, Kesepian Tak Berarti Sendiri

 

Nah, jangan sampai keliru mengartikan kesepian. Mereka yang sendiri belum tentu merasa kesepian dan sebaliknya mereka yang merasa kesepian tak berarti sedang sendiri. Karena kesepian adalah soal rasa dan mental psikologis.

Perasaan terjauhi dan tercabut dari situasi sekitar yang membuat seseorang merasa kesepian. Studi yang dilakukan di negara bagian Ohio Amerika Serikat menemukan bahwa kesepian sering tercipta ketika seseorang menyimpan dan menceritakan pada diri mereka sendiri tentang hal-hal sedih yang terjadi pada dirinya.

Dan ketika perasaan kesepian ini sudah tercipta, efeknya akan seperti bola salju. Karena orang yang merasa kesepian cenderung untuk melihat orang lain secara negatif. Hal-hal baik yang dilakukan oleh orang lain padanya, akan dipandang sinis dan dirasa “ada apa-apanya”. Hasilnya dia akan menjauhi orang lain dan membuat rasa kesepiannya makin memuncak.

Tidak Harus Dengan Pasangan, Ada Banyak Cara Supaya Rasa Sepi Menghilang dari Hatimu

Saat kamu atau mungkin temanmu sedang merasakan kesepian, sebenarnya ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk menghindari rasa kesepian itu sendiri. Tidak hanya terpaku kepada pasangan hidup atau lawan jenis untuk menghilangkan rasa sepi itu. Kamu bisa melakukan banyak hal yang menyenangkan seperti merealisasikan hobimu, bergabung dengan komunitas yang mempunyai minat yang sama denganmu.

Atau kamu bisa menjadi sukarelawan dari berbagai komunitas yang ada, sehingga rasa sepi yang kamu alami bisa hilang bersama dengan kebahagiaan yang kamu bagikan dengan orang-orang yang mungkin tidak lebih beruntung hidupnya dibandingkan dengan kamu. Dan jangan lupa dekatkan diri dengan Tuhanmu, karena dengan merasa Tuhan bersamamu, maka hidupmu akan lebih terasa akan baik-baik saja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tips

Freelancer Yang Sukses Itu Tak Punya Pikiran Ini

Boleh dibilang, pekerjaan freelance belum dilirik di Indonesia. Angkanya dari tahun ke tahun belum menunjukan peningkatan yang signifikan. Padahal dari tingkat kepuasan di mata pengguna internasional, pekerja lepas Indonesia itu mendapat angka rata-rata 4,5 dalam skala maksimal 5. Data ini diungkap oleh situs upwork.

Sementara itu di sisi lain situs sribulancer, market place freelancer asal Indonesia pernah merilis soal keyakinan soal pekerja lepas tanah air tentang masa depan mereka di skema pekerjaan non kantoran ini. Survei itu menyebut bahwa sebagian besar anggota sribulancer merasa yakin bahwa pekerjaan mereka saat ini dapat menghidupi mereka nantinya.

Keyakinan ini tak salah, karena hidup dari bekerja sebagai tenaga lepas memang sejatinya cukup menjanjikan. Namun sebelum benar-benar terjun ke sana, ada hal yang perlu kamu ubah dalam pola pikir supaya bisa sukses menjadi freelancer.

Takut Uang yang Diperoleh Tidak Bisa Diandalkan untuk Hidup Sehari-hari

dompet

Banyak orang yang takut terjun menjadi seorang freelancer adalah karena uang yang dihasilkan lebih sedikit daripada orang yang pekerjaannya tetap. Belum lagi tidak ada tunjangan tambahan yang bisa diandalkan kalau  kita mengalami sakit. Hal-hal seperti inilah yang membuat orang berpikir bahwa menjadi freelancer tidak bisa diandalkan untuk kehidupan sehari-hari.

Ada benarnya juga sih pemikiran seperti itu, apalagi jika seseorang yang sudah berkeluarga dan banyak kebutuhan, pastinya akan berpikir berkali-kali sebelum akhirnya memutuskan jadi freelancer. Tetapi, yang perlu diingat adalah jika kamu bisa menjaga kepercayaan klien dengan memberikan hasil pekerjaan yang berkualitas dan memuaskan mereka pun tidak akan segan mengeluarkan banyak biaya untuk membeli hasil kerjamu. Untuk itu, jika kamu ingin mendapatkan penghasilan yang mencukupi sebagai freelancer, hal yang harus kamu utamakan adalah kualitas, baru uang akan mengikutimu.

Freelancer Itu Pasti Sukses, Tak Pernah Gagal

Optimis boleh, tapi tetap harus berhitung resiko. Sebagai seorang freelancer, jangan hanya terpatok pada kesuksesan untuk mendapatkan uang saja. Sebagai freelancer harus mau menerima kegagalan sebagai bagian dari proses. Terlalu fokus pada kesuksesan hanya akan membuatmu takut pada kegagalan dan akhirnya kamu tidak mau belajar untuk memperbaiki diri jika gagal. Padahal, sebagai freelancer diwajibkan mengerti bahwa klien tidak selamanya suka akan pekerjaanmu. Kamu harus berlapang dada dan berani merevisi setiap tugas yang diberikan jika ingin uang terus mengalir ke dalam kantongmu.

Tak  Mau Berkembang, Hanya Mau Mengerjakan Tugas Yang Mudah-Mudah Saja

Sebagai freelancer harus siap menerima apapun request dari klien. Jika kamu takut bahwa pekerjaan yang diberikan sulit dan kamu tidak mampu menyelesaikannya, maka mentalmu masih belum siap untuk menjadi freelancer. Jika kamu takut, kamu menunjukan bahwa kemampuan yang kamu miliki tidak memenuhi kualifikasi untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh klien. Terkadang, sebagai freelancer kita harus menerima permintaan klien meskipun itu hal-hal yang aneh dan bikin geleng-geleng kepala. Terkadang permintaan klien sangat mudah, tapi kadang juga sangat susah hingga butuh waktu lebih lama untuk mengerjakannya.

Tetapi, bila kamu bisa mengerjakan apapun tugas yang diberikan oleh klien dan terus mengerjakannya sampai beres, maka kesuksesan dalam belajar dan peningkatan kemampuan pun akan kamu dapatkan. Portofolio  pekerjaanmu pun akan semakin beragam.

Takut Dan Khawatir Ditolak

Tidak semua klien akan menerima hasil kerjamu, apalagi jika kualitasnya buruk. Untuk itu, jangan pernah menyerah mengembangkan kemampuan agar hasil karyamu bisa menarik perhatian klien. Jangan pernah takut ditolak ketika menawarkan proposal penawaran. Penolakan itu wajar, justru jadikan itu sebagai pembelajaran yang ampuh untuk memotivasi diri. Kehidupan sebagai freelancer tidaklah mudah, meski orang-orang melihat kerja kita santai dan tidak terikat oleh aturan perusahaan.

Banyaknya penolakan yang kamu alami itu artinya kamu kurang usaha dengan maksimal. Bisa juga karena ada sesuatu yang salah. Telitilah lebih dalam lagi apa yang menjadi kekuranganmu, hingga akhirnya tidak mengalami penolakan lagi.

Freelancer Berarti Tak Ada Pemasukan Tetap

tanggal

Kehidupan freelancer sangat berbeda dari pegawai tetap. Karyawan swasta yang punya jam kerja tetap sudah ketahuan job description dan penghasilan yang akan didapatkan tiap bulannya. Sedangkan freelancer jika sedang laku dan banyak permintaan, penghasilannya pun bisa mengalahkan gaji pegawai tetap. Tetapi, ketika sepi permintaan ia hanya akan mendapatkan sedikit sekali penghasilan per bulan.

Untuk itu, disarankan agar bisa manajemen keuangan dengan baik. Agar kamu bisa tetap hidup dengan baik dari bulan ke bulan. Jangan langsung habiskan pendapatan yang kamu peroleh hanya dalam waktu satu bulan, karena kamu gak pernah tahu apakah akan dapat job lagi di bulan depan atau tidak. Manajemen uang yang baik akan menghindarkanmu dari kekurangan finansial meski bekerja hanya sebagai freelancer.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top