Feature

Katanya Tertawa Indikasi Bahagia, Namun Tertawa Berlebihan Justru Membahayakan Nyawamu. Loh Kok Bisa?

Senyum yang indah dan tulus mampu membuat penampilan jadi setingkat lebih menarik. Bahkan tak sedikit orang yang mengaku jatuh cinta pada pada gebetan hanya dengan melihat senyum indah yang terukir di wajahnya. Apalagi saat tersenyum, seseorang jadi terlihat menarik lantaran deretan gigi nan rapi yang dipamerkannya.

Tapi ternyata sebagian orang tak seberuntung itu. Alasannya cukup logis, struktur gigi yang tidak rapi membuat seseorang jadi tak percaya diri untuk tersenyum. Untukmu yang mungkin sudah dianugerahi deretan gigi rapi secara alami, kamu boleh bersyukur. Karena bisa jadi teman atau mungkin saudaramu harus berusaha ekstra untuk membuat gigi mereka berjejer rapi. Karenanya, demi memiliki senyum nan indah, tak jarang seseorang akhirnya memutuskan memakai behel.

Kamu Bisa Mengelak Dengan Mengatakan Tawamu Adalah Bentuk Kebahagiaan, Tapi Benarkah Demikian?

Memang sih hampir semua orang akan memiliki jawaban yang sama, jika tertawa adalah bentuk dari ungkapan rasa bahagia. Bahkan bisa jadi beberapa orang akan berkelakar jika tertawa justru membantumu menikmati hidup lebih panjang. Ya, hal itu memang bukanlah sebuah pernyataan yang salah. Tapi untuk segala sesuatu tentu ada sisi baik dan buruknya, termaksud dalam hal tertawa.

Pada hakikatnya, semua hal yang dilakukan dengan berlebihan tidaklah baik. Untuk tertawa terbahak-bahak dalam waktu yang relatif tak sebentar pun dibutuhkan alasan yang benar-benar kuat. Sayangnya sebagian besar dari kita justru tertawa untuk menyembunyikan sesuatu. Bahkan bisa jadi dia tertawa terbahak-bahan hanya untuk menyembunyikan hatinya yang tengah lara. Lantas, masihkan tertawa dianggap sebagai bentuk kebahagiaan?

Karena Tak Hanya Isapan Jempol, Beberapa Penelitian Telah Membuktikannya. Tertawa Terbahak-bahak Bisa Berakibat Fatal!

Salah satu penelitian yang telah mendapatkan bukti dari pernyataan ini adalah hasil dari beberapa ilmuwan dari Universitas Birmingham dan Universitas Oxford. Dalam laporan penelitian yang telah dilakukan sejak 1946 itu, para ilmuwan menuliskan manfaat dan bahaya tertawa pada pasien. Mereka juga menunjukkan bahwa tertawa terbahak-bahak bisa berakibat fatal. Karena bersamaan dengan tertawa, otak kita akan mengeluarkan hormon kimia adrenalin. Dan apabila kadarnya terlalu banyak bisa meracuni dan merusak jantung.

Bahkan seorang profesor bidang neurologi di Harvard Medical School, Dr. Martin Samuels, mengatakan bahwa efek dari perasaan yang sangat ekstrim bisa mengaktifkan bagian otak yang dapat bepengaruh pada pernapasan hingga menyebabkan kematian. Perasaan ekstrim ini bisa jadi sedih lalu menangis dan bahagia lalu tertawa.

Hingga Mengakibatkan Beberapa Hal Yang Bisa Memicu Kematian

Kondisi emosi yang sedang kita alami tentu jadi sesuatu yang berpengaruh pada kesehatan. Untuk itu para peneliti tersebut juga mengungkapkan beberapa hal yang jadi pemicu kematian akibat tertawa yang berlebihan. Mulai dari pecahnya jantung, rusaknya kerongkongan, dan inkonsistensia atau ketidakmampuan menahan air kencing. Ada pula penelitian yang menemukan bahwa tertawa secara berlebihan, dapat menimbulkan penyakit hernia.

Fatalnya hal itu dapat mengakibatkan kematian, karena kurangnya pasokan darah yang masuk ke usus. Selain itu, asupan nafas yang cepat selama tertawa juga memicu terhirupnya benda asing dan juga dapat memicu serangan asma.

Jika Tak Hati-Hati Bukan Tak Mungkin Kita Bisa Jadi Salah Satu Korbannya

Bukan ingin berdoa untuk sesuatu yang buruk, justru ini jadi teguran untuk lebih berhati-hati. Pada beberapa kesempatan yang kita sedang jalani, tentu ada beberapa hal membahagiakan yang membuat kita tertawa. Lalu coba bayangkan bagaimana kamu mengekspresikannya tawa? Apakah cukup dengan memperlihatkan senyum simpul yang menawan, atau tertawa hingga terpingkal-pingkal untuk menarik perhatian. Kedua pilihan ini tentu adalah hakmu sepenuhnya. Dari beberapa bentuk cara yang ada, diri sendiri selalu jadi penentunya. Tapi jika tak ingin jadi korban, kamu cukup tersenyum dan tertawa sewajarnya saja.

Pada Akhirnya Segala Sesuatu Yang Berlebihan Memang Selalu Berujung Dengan Tak Sejalan

Hidup sebagai makhluk sosial tentu kita sering dihadapkan dengan beberapa nasihat hidup. Kalimat bahwa sesuatu yang berlebihan tidaklah baik tentu sudah akrab di telinga kita. Hal itu pun berlaku dalam hal tertawa. Tadinya kamu pasti berpikir bahwa hal menyenangkan layaknya tertawa justru dapat mendatangkan akibat negatif, bahkan hingga bisa menbahayakan nyawamu.

Tapi Bukan Berarti Kamu Tak Bisa Tertawa, Hanya Saja Kamu Perlu Mengontrolnya

Terlepas dari semua hal buruk yang tadi sudah dijelaskan, bukan berarti mulai saat ini kamu tak boleh tertawa. Kita hanya perlu mengingat satu hal, jika ekspresi ini tentu akan jadi sesuatu yang berdampak baik jika dilakukan dengan sewajarnya. Karena dari beberapa hal buruk tersebut, ada banyak hal baik dari tertawa. Sebut saja memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan aliran darah dan asupan oksigen, hingga membantu mengontrol gula darah dan kesempatan hidup yang lebih panjang. Hanya saja kita perlu membatasi diri  saat tertawa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Karena Naik Motor Bukan Sekedar Menyalakan Mesin, Ini Safety Riding Yang Wajib Dilakukan

Berkendara di jalanan, bisa berarti kita sedang berataruh nyawa. Tak percaya? coba lihat berapa banyak nyawa yang hilang karena kecalakaan di jalan saat sedang berkendara. Bahkan dari data dari Analisa dan Evaluasi (Anev) Laka lantas POLRI, ada sekitar 105.374 kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi sepanjang tahun 2016. Dan sebagian besar penyebabnya adalah kelalaian saat bekendara.

Sebagian dari kita mungkin merasa sudah paham bagaimana cara berkendara dengan benar. Tapi justru karena merasa diri sudah tahu, kita malah mengabaikan tindakan yang seharusnya dilakukan. Nah untuk itu, demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan selama dijalan. Cobalah pahami dan jalankan prosedur safety riding ini dengan benar.

Pastikan Jika Kepala Milik Kita Selalu Memakai Helm Yang Akan Melindunginya

Benar, memakai helm jadi salah satu kebutuhan saat berkendara. Bahkan ini juga telah di atur dalam undang-undang lalu lintar. Namun faktanya masih banyak pengendara yang justru mengabaikannya. Coba tengok berapa banyak acara televisi yang sering menayangkan kegiatan para polisi dijalan yang sering menilang pengendara karena tak pakai helm.

Alih-alih tak mau disalahkan, kita sering berdalih “Cuma kesitu saja kok, deket!”
Mungkin kita akan sadar jika nanti, tiba-tiba di jalan kita kehilangan keseimbangan hanya karena ada debu yang masuk ke mata. Dan bukan tak mungkin, sesuatu yang tak di inginkan bisa saja terjadi.

Latih Diri Dengan Beberapa Gerakan Yang Mungkin Akan Ditemukan Sepanjang Perjalanan

Karena jalanan tak akan selalu lurus, kita perlu tahu bagaimana menyeimbangkan diri dengan baik dan benar sesuai medan yang dilalui. Jangan hanya ketika akan mengambil SIM kita berlatih slalom. Ingat lagi semua ujian pak polisi ketika itu.

Ketika di area rumah, coba buat angka delapan ketika naik motor, lalu putar balik tanpa kaki menyentuh tanah. Lalu latih jalan zig zag untuk menajamkan refleks ketika di jalan. Berjalan pelan sambil menjaga motor tetap stabil. Dan cobalah beberapa alternatif situasi lain di area rumahmu yang aman.

Kemudian Teknik Tarik Rem Yang Tak Boleh Asal-asalan

Untuk beberapa kasus kecelakaan lalu lintas, beberapa dari mereka jatuh karena teknik pengereman yang tak baik. Padahal komposisi mengerem yang ideal adalah 60:40. Dengan kata lain, pengguna rem depan sebanyak 60 persen dan rem belakang sebanyak 40 persen.
Aktualisasi teknik pengereman yang benar akan menghindarkan kita dari terjadinya slip saat sedang menarik rem.

Hal lain yang perlu di ingat, kita juga harus selalu memperhatikan jalanan yang sedang kita lalui. Serta tingkat kecepatan saat kita ingin menarik tuas rem pada motor.

Lalu Pastikan Keadaan Motor Dalam Keadaan Baik Dan Pilih Motor Yang Oke Seperti Suzuki All New Satria 150

Apapun alasannya, keadaan motor yang tak baik, tak seharusnya dibawa untuk berkendara. Karena itu salah satu hal yang wajib kita lakukan adalah memastikan kondisi motor terlebih dahulu.

Cek keadaan motor, mulai dari rem, lampu, termasuk lampu sein. Apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Selanjutnya pastikan pula bahwa tekanan angin pada kedua ban telah sesuai dengan anjuran dari pabrik. Perhatikan pula kaca spion yang akan membantu kita selama perjalanan dan jangan lupa untuk tetap menyalakan lampu selama perjalanan.

Untuk mendukung safety riding tentunya memilih motor yang mumpuni jadi syarat utama. Pilihlah motor yang memiliki perbandingan tenaga dan bobot yang cukup, sehingga tak merepotkan jika harus melewati pengendara lain di jalan.

Kamu bisa memilih Suzuki All New Satria 150. Sebagai motor berdimensi kompak, ringan dan berperforma tinggi, All New Satria F150 tentunya mampu melaju tanpa hambatan. Mendominasi performa di kelasnya, All New Satria F150 dibekali mesin berteknologi fuel injection dan DOHC (Double Over Head Camshaft) yang memberikan akselerasi spontan dan padat saat kapanpun diinginkan pengendaranya. Penggunaan radiator beukuran besar sebagai sistem pendingin suhu mesin, memastikan kondisi terbaik untuk konsistensi performa dan keawetan komponen mesin.

Sementara itu All New Satria F150 juga sudah dilengkapi dengan cakram di depan dan belakang. Tentunya kendaraan berbobot hanya 19 Kg ini akan dengan mudah dihentikan jika kita membutuhkannya. Kita juga tak perlu khawatir jika harus berkendara malam. Karena motor ini sudah dilengkapi dengan lampu LED tipe baru.

Kini All New Satria F150 hadir dengan pilihan warna untuk varian standard, yaitu Brilliant White, Stronger Red dan Titan Black. Selain itu, masih ada 2 pilihan warna spesial untuk varian High Grade, yaitu Titan Black/Red Casting Wheel dan Metallic Triton Blue yang identik dengan tampilan Suzuki GSX-RR milik Team Suzuki Ecstar MotoGP 2017.

Hindari Pemakaian Aksesoris Pada Tubuh Atau Motor Yang Bisa Memicu Bahaya

Niatnya sih melindungi diri, tapi jika sudah bernasib buruk tentu kita tak bisa berbuat apa-apa. Salah satu contoh yang dapat kita ambil adalah pemakaian jas hujan saat berkendara. Jas hujan model ponco masih banyak dipilih pengguna motor. Bukan hanya karena bentuknya yang lebar hingga bisa melindungi dari basah, namun model ini juga sangat mudah untuk di gunakan.

Akan tetapi ponco menyimpan bahaya yang tak bisa dianggap remeh jika bagian belakangnya dibiarkan berkibar, tentu ini jadi masalah besar. Karena bisa saja, bahan belakang dari jas yang sedang berkibar terkait pada benda lain. Hingga tergulung dan masuk pada lingkar roda motor yang kita pakai. Untuk itu jika memang akhirnya memilih model seperti ini, pastikan kita akan memakainya dengan benar. Agar tidak terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Jangan Lupa Pula Untuk Memastikan Kondisi Tubuh Kita

Semuanya tentu tak akan bisa berjalan tanpa adanya kita sebagai pengendaranya. Sebelum memulai perjalanan, jangan lupa untuk memeriksa kondisi tubuh kita. Karena walau bagaimanapun kondisi tubuh yang baik, jadi modal yang harus kita punya jika naik motor. Ini akan membantu kita terhindar dari hal-hal yang tak kita inginkan tentunya.

Berhenti jika memang mengantuk, kumpulkan tenaga dalam beberapa waktu. Ini akan jauh lebih baik daripada tetap memaksakan diri berjalan terus. Karena tujuan bepergian adalah sampai dengan selamat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Bukan Hanya Jadi Penghuni Dapur, Air Jeruk Nipis dan Tepung Pun Bisa Kamu Manfaakan Untuk Memutihkan Gigi

Plak adalah lapisan tipis di gigi yang terbentuk dari dari mikroorganisme, sisa makanan dan bahan organik. Plak dapat meyebabkan gigi menjadi kuning, radang gusi dan bau mulut. Bahkan bila dibiarkan plak akan berubah menjadi karang gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Plak sering menjadi awal untuk masalah gigi yang serius. Oleh kerena itu orang-orang disarankan pergi ke dokter gigi enam bulan sekali untuk melakukan profilaksis gigi. Profilaksis gigi sendiri adalah prosedur pembersihan dan pemolesan untuk menghilangkan plak, kalkulus, dan noda yang terdapat dalam gigi. Namun, bila kamu enggan berkunjung ke dokter gigi, kamu dapat melakukan perawatan gigi sederhana ini di rumah. Senyum menawan dengan gigi bebas plak pun bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Bukan Hanya Bisa Mencerahkan Wajah, Air Jeruk Nipis Juga Akan Membuat Gigimu Bebas Dari Plak

Kamu yang selama ini telah terbiasa menggunakan air jeruk nipis untuk membuat kulit wajah cerah, mulai sekarang harus menjajalnya untuk membuat gigimu bebas dari plak. Siapa sih yang tak kian percaya diri bila bisa memiliki gigi bebas dari plak? Bukan hanya membuat senyummu kian terlihat indah, kamu juga tak lagi canggung saat harus berdekatan dengan orang-orang yang kamu sayangi.

Nah, untuk merasakan khasiat tersebut, kamu bisa mencampurkan satu sendok makan air jeruk nipis, satu sendok makan biji bunga matahari dan seperempat liter air. Didihkan selama satu jam pada api kecil hingga membentuk pasta. Setelah dingin gunakan untuk menyikat gigi selama lima menit. Lakukan sebulan dua kali ya! Melakukan treatment ini secara rutin ampuh untuk membersihkan plak dan tartar dari gigi kamu. 

Tepung, Bahan Makanan Berbentuk Serbuk Ini Bisa Kamu Gunakan Untuk Membuat Gigi Putih!

Bukan hanya nikmat dibuat aneka jenis makanan, kamu juga bisa memanfaatkan tepung untuk memutihkan gigi kamu. Bukan hanya mudah didapat, harga tepung juga relatif murah. Kamu pun tak perlu merogoh saku dalam-dalam demi gigi yang lebih putih. Asal kamu rutin melakukannya, maka gigi putih bersih  bebas plak pun bisa kamu miliki.

Untuk mendapat manfaatnya kamu bisa mencampurkan 30 gram tepung dan seperempat liter air. Letakkan di dalam wadah alumunium. Panaskan menggunakan api kecil hingga mencapai titik didih tertinggi. Setelah dingin gunakan layaknya pasta gigi. Pergunakan untuk menyikat gigi selama lima menit. Lakukan treatment ini sebulan dua kali ya! 

Rajin menyikat gigi dua menit setelah makan, menggunakan benang gigi dan obat kumur serta mengunjungi dokter gigi pada waktu yang tepat akan membuat kebersihan gigi lebih terjaga. Dengan demikian gigi kamu pun jadi bebas plak. Gigi yang bebas dari plak akan membuat kamu lebih percaya diri. Kalau sudah begini, senyum menawan pun akan lebih mudah kamu dapatkan.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Bagaimana Emosi Negatif Bisa Mempengaruhi Kesehatanmu

Pengaruh emosi terhadap tubuh sangat berhubungan erat dengan kelenjar pituitari. Kelenjar ini bertanggung jawab untuk mekanisme yang memicu penyakit, yaitu kelenjar yang berada tepat di bawah otak yang memiliki koneksi dengan area jaringan di otak. Kelenjar inilah yang menghasilkan hormon yang mengendalikan semua fungsi tubuh. Emosi dan perasaan yang kuat berdampak pada pengendalian hormon oleh kelenjar pituitari, selanjutnya berpengaruh pada sistim syaraf tubuh dan ahirnya menimbulkan atau memperparah penyakit peredaran darah, pencernaan, pernafasan dan kulit.

Emosi merupakan suatu perasaan atau reaksi yang ditunjukkan manusia. Tentu saja emosi ini bermacam-macam. Kita tentu pernah merasakan senang, pesimis, khawatir, merasa bersalah, ragu-ragu, bahkan kombinasi dari beberapa emosi. Menariknya, emosi yang secara fisik tak terlihat memiliki hubungan erat dengan kesehatan manusia.

Beda emosi yang dirasakan beda pula dampaknya bagi tubuh, karena zat yang dilepaskan dari tubuh juga berbeda. Berbagai penyakit yang datang dipercaya sebagai respon terhadap seringnya merasakan emosi negatif. Berikut ini adalah berbagai emosi negatif yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Terlalu Keras Kepala Dan Berpemikiran Kaku  Hanya Akan Membuat Badanmu Ikut Terasa Kaku

Tidak mudah goyah atau teguh pendirian memang baik. Tapi bagaimana pun kamu harus beradaptasi dengan lingkungan sekitarmu. Tidak mudah memang, yang penting kamu mau. Sebaliknya, terlalu keras kepala dan bertahan dengan pemikiranmu yang kaku itu cuma akan bikin badan ikutan terasa kaku. Hati-hati, sakit pada area leher mungkin akan sering kamu rasakan.

Masalah Perasaan Dan Cinta Bisa Membuat Kamu Terkena Radang Sendi

Sedih sekali kalau tidak ada yang mencintai. Tapi jangan terlalu dalam sedihnya, nanti bisa kena radang sendi. Begitupun kalau mencintai seseorang tapi ditahan-tahan siap-siap kena nyeri pada tulang belakang bagian atas. Yakin saja, pasti ada orang yang mencintaimu, tapi kamu yang tak merasa atau tak tahu. Nah, sebaliknya kalau terlanjur cinta dan terjebak masa lalu, area yang akan terasa nyeri adalah tulang belakang bagian tengah. Jadi, jangan main-main dengan perasaan ya, bisa bikin sakit tulang belakang.

Kekhawatiran Berlebih Pada Kondisi Finansial Dan Masa Depan Dapat Menimbulkan Sakit Pada Tulang Belakang Bagian Bawah

Jika sakit pada tulang belakang bagian atas dan tengah disebabkan oleh masalah cinta, maka tulang belakang bagian bawah lebih disebabkan oleh masalah finansial. Kekhawatiran pada kondisi finansial dan masa depan kemungkinan menyebabkan sakit pada tulang belakang bagian bawah. Jangan terlalu khawatir, yang penting kamu sudah berusaha dan berdoa untuk yang terbaik di masa depanmu.

Terlalu Membanggakan Diri Sendiri Dan Egois Bisa Membuat Kamu Sakit Di Area Lutut

Setiap orang pasti punya kelebihan, jadi bangga pada diri sendiri sih boleh. Kalau keterlaluan? Bisa jadi sakit di area lutut. Sakit ini juga berlaku untuk orang yang egois atau yang sangat mementingkan dirinya sendiri. Oleh karena itu, mulai sekarang kamu bisa mengendalikan diri ya!

Kamu Yang Suka Marah Dan Pendendam Siap-siap Saja Terkena Radang Sendi

Marah boleh saja dilampiaskan supaya plong. Tetapi kalau keseringan marah, siap-siap terkena berbagai peradangan termasuk radang sendi. Begitu pun kalau kerap membenci atau punya perasaan dendam. Belajar memaafkan bukan saja baik untuk ketenangan jiwa, namun juga berpengaruh baik untuk kesehatanmu.

Tidak Mau Melangkah Ke Jalan Yang Benar Membuatmu Rentan Keseleo

Kakimu pasti pernah keseleo, padahal sudah melangkah dengan hati-hati. Wah, jangan-jangan kamu sedang menempuh jalan hidup yang tidak baik. Kadangkala pilihan tersebut lebih menguntungkan, jadi ada beberapa orang yang memang tidak mau melangkah ke jalan yang benar. Kalau sudah begitu, siap-siap saja keseleo lagi.

Berbagai Emosi Negatif Yang Datang Bersamaan Dapat Menyebabkan Kamu Jadi Luar Biasa Tertekan

Kombinasi dari beberapa emosi mungkin saja terjadi. Misalnya, ada saatnya kamu dituntut untuk jadi ramah dan menyenangkan, padahal emosi yang sedang kamu rasakan adalah kecewa dan marah. Kondisi yang terus-menerus seperti ini bisa menyebabkan tekanan yang luar biasa. Dampaknya kamu akan merasa lelah dan lemah, baik fisik maupun mental. Mungkin jiwamu butuh beristirahat untuk mengembalikannya.

Menjauhkan diri dari berbagai emosi negatif sangatlah mendukung pola hidup yang sehat. Artinya, jangan cuma menjaga dari segi fisik saja, dari segi emosi perlu juga. Tidak mau kan, didatangi banyak penyakit? Pilihan hidup sehat ada di tangan kita sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Untukmu Para Perokok, Ini Alasan Mengapa Merokok Dekat Anak Sangat Berbahaya

Pasti gemas sekali kalau melihat anak-anak yang masih lugu, imut dan ceria. Hati-hati, bahaya asap rokok tengah mengancam mereka.Beberapa perokok belum sadar betul bagaimana bahayanya asap rokok. Akibatnya, mereka dengan santai merokok di tempat umum yang tak jarang di dekat anak-anak.

Dibandingkan orang dewasa, anak-anak tentu lebih rentan menjadi korbannya. Artinya, merokok di dekat anak-anak sangatlah berbahaya.Siapa sih yang rela kalau anak tercinta terkena dampak buruknya? Bahkan membayangkan saja tidak mau.

Penting bagi orangtua untuk mengetahui sejauh mana bahaya rokok mengancam. Meskipun orangtua tersebut perokok atau bukan, waspada tak ada salahnya.Terlebih lagi bagi para perokok aktif,harus tahu banget apa saja bahayanya. Jangan sampai kegiatan merokokmu membahayakan anak-anak. Inilah mengapa merokok di dekat anak-anak sangat berbahaya.

Racun Rokok Tidak Mudah Pergi, Bahkan Akan Mengendap Pada Pakaian, Sofa, Kasur, Bantal Dan Benda Lainnya

Sudah banyak yang berusaha menjauh dari anak-anak saat merokok. Ternyata cara ini tidak sepenuhnya efektif. Racun dari asap rokok akan menempel di mana-mana, termasuk pada pakaian yang dikenakan. Kalau habis merokok, jangan langsung menggendong atau mencium anak. Bisa saja racunnya terhirup. Usahakan mandi dulu, berganti pakaian dan yakin kalau benar-benar bersih. Selain pakaian, racun dapat mengendap di sofa, kasur, bantal dan benda lainnya. Segera amankan si kecil dari racunnya.

Asap Rokok Dapat Mengakibatkan Gangguan Kesehatan Pada Anak-anak

Asap rokok dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti batuk-batuk dan radang tenggorokan. Anak-anak bisa juga mengalami kesulitan bernapas dan resiko infeksi saluran pernapasan akut. Penyakit pada paru-paru banyak yang disebabkan oleh asap rokok. Pertumbuhan paru-paru pada anak juga terganggu sehingga fungsinya menjadi berkurang.

Dalam Jangka Panjang Anak Bisa Terkena Penyakit Akut. Dari Asma, Bronkitis, Pneumonia, Infeksi Telinga Hingga Kanker

Dalam jangka panjang, penyakit yang lebih akut bisa saja muncul. Anak-anak dapat menderita asma, bronkitis, pneumonia, infeksi telinga hingga kanker. Sakit pada usia mereka tentu perlu perawatan yang intensif dan biaya lebih. Belum lagi kalau melihatnya kesakitan, pasti tak tega

Racun Rokok Yang Menumpuk Bertahun-tahun Bisa Mengakibatkan Potensi Penyakit Saat Dewasa

Asap rokok ternyata memiliki bahaya yang laten. Mungkin saja anak tidak terserang penyakit saat kecil, namun masih punya potensi saat ia dewasa. Ada saatnya racun yang menumpuk bertahun-tahun akan memberikan dampaknya. Anak-anak yang terkena asap rokok memiliki resiko lebih tinggi menderita jantung dan stroke saat dewasa.

Meningkatkan Resiko Kematian. Bahkan Pada Bayi, Asap Rokok Dapat Meningkatkan Adanya Sindrom Kematian Mendadak

Berita buruknya, dampak asap rokok meningkatkan resiko kematian. Berbagai penyakit dalam tingkatan yang akut dinilai dapat menyebabkan kematian. Pada bayi, asap rokok dapat meningkatkan adanya sindrom kematian mendadak.

Ibu Hamil Juga Harus Waspada, Asap Rokok Bisa Mengancam Janin Dalam Kandungan

Jangankan pada bayi yang telah lahir ke dunia, janin dalam kandungan juga bisa terancam. Baik pada perokok pasif maupun aktif, asap rokok sama berbahayanya. Asap rokok meningkatkan resiko gangguan kehamilan dan keguguran. Selain itu juga meningkatkan resiko kelahiran mati, bayi prematur, dan permasalahan pasca kelahiran.

Sebab Orang Tua Adalah Contoh Bagi Anak-anaknya, Bisa Saja Anak Menjadi Perokok Aktif

Anak-anak seringkali mencontoh orang dewasa. Hindari merokok di dekat anak, dikhawatirkan mereka akan menirunya. Dapat dipastikan bahaya yang mengancam lebih besar jika anak menjadi perokok aktif. Baik itu saat mereka masih anak-anak atau nanti saat usia dewasa.

Bahaya merokok memang tidak dapat diragukan lagi. Menjauhkan asap rokok dari anak-anak sangatlah penting, demi kesehatannya. Tapi kalau dipikir-pikir, lebih baik memang berhenti merokok. Jangan sampai menyesal nantinya. Kalau belum bisa, setidaknya minimalkan bahayanya bagi orang lain. Sudah siap jadi mantan perokok? Pasti siap dong, kalau kamu paham betul bahayanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top