Trending

Karena Kerja Sosial Tak Cuma Soal Urusan Sumbangan

Bidang sosial kok dibikin usaha? Kalau dahimu masih mengernyit dan punya pertanyaan itu, kamu memang perlu membaca tulisan ini lebih lanjut. Ya, di Indonesia konsep social entrepreneurship memang masih sangat baru.

Di Indonesia, bekerja di bidang sosial masih idientik dengan mencari sumbangan dan tak bisa dijadikan profesi. Sayangnya model seperti ini sangat tidak sustainable dan sulit untuk dikembangkan menjadi besar. Sementara sesungguhnya, usaha yang punya dampak sosial tinggi juga bisa dibangun secara profesional hingga mampu menghidupi dirinya sendiri.

Contoh paling anyar adalah yang dilakukan oleh Anang Setiawan. Ia membangun “Gerakan Pulang Ke Desa”. Tujuannya mengajak para Mahasiswa yang merantau untuk kembali pulang membangun desanya.

Tapi siapa yang mau kembali kalau tidak ada peluang? Gerakan sosial hanya akan menjadi gerakan kosong jika seperti itu. Menyadari hal ini, Anang menggulirkan proyek menghubungkan pengusaha-pengusaha baru tersebut dengan investor melalui pembagian saham dalam jumlah kecil tapi banyak.

“Kita membuat konsep investasi keroyokan, sehingga anak-anak muda yang dananya masih terbatas juga tetap bisa ikut bergabung menjadi investor karena nilai investasinya yang kecil” terang Anang.

Berangkat dari itu, Anang Setiawan mendaftarkan idenya untuk ikut dalam kompetisi Ideafest pada tahun 2015 lalu. Setelah melalui jalan panjang dengan mentoring dan penjurian berbulan-bulan, ide pulang ke desa itu pun berhasil menjadi juara.

Dari situ ia dikirim ke Inggris untuk mempertajam kemampuan entrepreneurshipnya di bidang sosial. Walhasil, dengan mentoring yang terus menerus dijalankan oleh Ideafest, usaha Anang kini berkembang dengan pesat.

Sudah ada 25 komunitas pengusaha di desa yang bergabung dengan 40 investor keroyokan. Unit usahanya sudah variatif dengan 100 unit kolam ikan lele, 15 ribu unit log jamur dan usaha pengeringan buah naga. Total dana yang bergulir? Sudah lebih dari 1 miliar rupiah. Dana yang tak main-main untuk ukuran di desa.

Inilah pengusaha di bidang sosial. Anang memberikan dampak sosial yang tak sedikit bagi perkembangan desa. Mengajak mereka yang merantau untuk kembali pulang. Namun gerakannya tak cuma soal unsur sosial. Usahanya bisa menghidupi diri sendiri karena punya profit.

Kamu Punya Usaha Seperti Anang? Ikut ini yuk!

ideafest

Di tahun 2016 ini, Kompetisi Ideafest kembali digelar. Dengan tajuk “Ideas for Indonesia”, kompetisi ini diluncurkan 19 April 2016 lalu di Jakarta. Tujuannya jelas, untuk melahirkan Anang Setiawan yang lain.

Namun format kompetisi tahun ini sedikit berbeda dengan tahun lalu. Chaerany Putri selaku Festival Director Ideafest 2016 menjelaskan bahwa kompetisi tahun ini tak lagi berangkat dari ide. Namun harus bisnis dan usaha yang sudah berjalan minimal 2 tahun.

“Kalau tahun lalu sebatas ide, tahun ini syaratnya bisnis dan usaha tersebut harus sudah berjalan 2 tahun, Tapi tidak harus sudah berbadan hukum, misalnya foundation juga gak masalah. Karena usahanya sudah berjalan 2 tahun kita tidak akan menghabiskan waktu untuk pembentukan prototype dan testing. Proses mentoring bisa berkonsentrasi pada masalah yang dihadapi selama ini” ujar Putri.

Andy F Noya selaku juri menambahkan, dengan disyaratkan minimal sudah berjalan 2 tahun diharapkan peserta yang mendaftar adalah individu-individu yang serius ingin melakukan perubahan sosial. Bukan sekedar ikut-ikutan karena ada kompetisi dan hadiahnya saja.

“Dengan syarat sudah berjalan 2 tahun, diharapkan akan menjaring peserta yang memang serius memberikan perubahan sosial” tutur Andy.

Pada tahun ini, total hadiah yang akan diperebutkan oleh lima peserta terbaik adalah uang senilai Rp 500 juta, bimbingan dari para mentor, serta perjalanan studi singkat ke luar negeri. Melalui proses kolaborasi dari berbagai ahli, kompetisi Idea for Indonesia, akan memfasilitasi para partisan untuk menyempurnakan konsepnya, termasuk menghubungkan dengan institusi yang dapat menginkubasi dan juga memberikan dukungan investasi.

Kamu tertarik daftar? Bisa langsung ke situs ideafest.id, karena pendaftaran akan ditutup pada akhir mei 2016 ini

Tak Cuma Kompetisi, Ideafest Jadi Ajang Kolaborasi Ide Kreatif

Acara Ideafest sendiri pertama kali muncul pada tahun 2011 silam. Digagas karena makin menguatnya industri kreatif dan teknologi di tanah air..

“Efeknya adalah confident market bahwa industri kreatif juga mampu bersaing. Dulu-dulu yang bisa tampil dan muncul hanyalah dari industri konvensional seperti perminyakan, properti, perbankan, consumer goods dan sejenisnya. Sementara kini banyak pemain kreatif yang sudah mulai percaya diri. Bahkan saat ini, pemerintah juga telah membentuk Badan sendiri untuk mengurusi hal ini, yakni Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf)” ujar Chairman Ideafest 2016, Ben Soebiakto.

Puncak event ideafest 2016 sendiri akan digelar pada 23-24 September 2016. Akan dihadiri setidaknya oleh 300 Narasumber yang akan mengisi 80-90 kelas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Tak Cuma Soal Virus WannaCry, Langkah-Langkah Ini Dapat Membuat Komputermu Lebih Aman

Virus Wannacrypt atau yang lebih dikenal sebagai Wannacry memang sukses bikin banyak orang menangis. Serangan siber yang memanfaatkan alat peretas milik National Security Agency Amerika itu sukses meluluh lantahkan 200 ribu komputer di 100 negara.

Wannacrypt ini tersebar dalam bentuk ransomware. Program jahat itu akan mengunci komputer beserta data milik korban dan meminta tebusan sejumlah uang jika ingin data-data di komputer itu terselamatkan.

Korbannya tak main-main. Di Indonesia misalnya dari mulai perpustakaan universitas Jember sampai rumah sakit sekelas Dharmais menjadi korbannya. Di Inggris bahkan dikabarkan ada korban meninggal dunia, karena data kesehatan yang terkunci oleh virus ini sementara sang pasien dalam keadaan kritis.

Serangan Ransomware, secara umum, dikabarkan meningkat belakangan ini. Kaspersky Lab, dalam sebuah laporannya berjudul “KSN: Report Ransomware in 2014-2016” mengungkapkan, dari April 2015 hingga Maret 2016, terjadi peningkatan korban Ransomware hingga 17,7 persen, atau dari 1.967.784 korban, hingga 2.315.931 korban di seluruh dunia.

Karena itu sejatinya WannaCrypt cuma satu diantara sekian banyak virus berbentuk ransomware. Itu kenapa kita perlu waspada dan melakukan antisipasi.

Sediakan Budget Untuk Selalu Pakai Sistem Operasi Terbaru

Memang menggunakan sistem operasi terbaru macam windows 10 memang tak menjamin 100 persen datamu aman. Tapi setidaknya, serangan virus macam ini umumnya memanfaatkan lubang yang dimiliki oleh sistem operasi jadul.

Wannacrypt misalnya, banyak menyerang sistem operasi yang lebih lama. Apalagi microsoft sudah menghentikan pembaharuan untuk produk XP dan sistem operasi server yang lebih lama. Sementara dibeberapa bidang masih bergantung pada OS ini. Walhasil, Wannacrypt berhasil menyusup. Dan perusahaan besutan Bill Gates itu harus turun gunung menambal lubang di Microsoft XP.

Bukan Berlagak Hipster, Tapi Pakai Sistem Operasi Alternatif Seringnya Lebih Aman

Pengguna produk apple memang bisa tidur nyenyak kemarin. Karena serangan hanya dilakukan ke OS Windows saja. Umumnya program jahat dirancang untuk bergerak di sistem operasi yang lebih banyak digunakan. Sementara sistem tertutup milik apple lebih mempersulit masuknya virus-virus jahat.

Pilihan lain dengan menggunakan sistem operasi alternatif macam Linux dan turunannya. Biasanya para penjahat malas untuk mengkutak-kutik pengguna OS ini karena jumlahnya yang tidak masif.

Kadang Malas Karena Makan Waktu, Tapi Meng-Update OS Adalah Langkah Bijak

Ini memang penyakit kebanyakan dari kita. Karena biasanya mengupdate OS memakan banyak waktu. Apalagi ketika sudah hendak shutdown komputer dan masih ada peringatan sedang mengupdate dan jangan mematikan komputer.

Padahal sesungguhnya langkah ini merupakan salah satu pencegahan terbaik. Sebagai penyedia sistem operasi, perusahaan macam microsft misalnya punya 3500 tenaga keamanan yang selalu siap siaga mencari celah produknya.

Untuk kasus Wannacrypt misalnya, Microsoft sudah menemukan celah ini sejak april dan memberikan update guna menambalnya. Sayangnya masih banyak pengguna windows yang mengabaikan update terbaru ini.

Pakai Program Antivirus Yang Juga Selalu Di Update

Minimal aktifkan windows defender milikmu. Dan tak ada salahnya memperkuatnya dengan antivirus milik pihak ketiga. Namun secanggih apapun program antivirus milikmu, akan sia-sia kalau tidak diperbaharui secara berkala. Karena perkembangan teknologi program jahat juga tak kenal hari libur dan selalu berkembang.

Zaman Begini Masih Pakai Produk Bajakan?

Sudah tak jamannya lagi menggunakan program bajakan. Terlebih sistem operasi bajakan. Biasanya dalam program bajakan sudah ditanam program-program jahat yang siap mencuri data hingga meluluh lantahkan komputermu.

Umumnya, program bajakan ini akan meminta antivirus komputer kita untuk dimatikan. Dengan alasan program tak akan jalan jika antivirus dinyalakan. Begitu diinstall, semua program jahat yang ada di dalamnya akan langsung tersebar tanpa ada yang menghalangi.

Coba Periksa Berulang-ulang Kalau Terima Email Dengan Lampiran File

Virus juga sangat umum tersebar melalu email yang berisi lampiran. Dalam sebuah serangan Ransomware, peretas akan mengirim email pada calon korban. Dalam email yang dikirimkan, peretas menautkan link atau lampiran dan link atau lampiran tersebut. Email yang terkirim dengan iming-iming tertentu agar pengguna komputer lengah dan masuk dalam jebakan.

Saat pengguna komputer meng-klik tautan link atau meng-klik lampiran, program jahat otomatis langsung bekerja. Selanjutnya, malware ini mengenkripsi file, folder, bahkan drive di komputer yang diserang dan meminta tebusan melalui pesan yang peretas tinggalkan. Meskipun korban berhasil membersihkan komputernya dari Ransomware, file, folder, atau drive yang terenkripsi, hampir mustahil bisa digunakan kembali tanpa kunci yang digenggam oleh peretas.

Tak Perlu Kunjungi Situs Yang Aneh-Aneh

Nah, terakhir jangan suka mengunjungi situs yang aneh-aneh. Macam situs-situs musik atau film bajakan, konten esek-esek, perjudian, informasi hoax atau situs-situs tak jelas lainnya. Karena banyak situs yang juga ditanam program-program jahat yang siap melumpuhkan komputermu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Ketika Mobil LCGC Mulai Menguasai Pasar Indonesia

Sewaktu mobil LCGC masuk pasar Indonesia, tak semua pihak optimis dengan kehadiran mobil murah ramah lingkungan ini. Sempat diduga hanya trend sesaat, ternyata justru LCGC kini menyelamatkan target penjualan mobil di tahun 2016.

Hal ini juga diamini oleh Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi. Menurutnya, pertumbuhan industri otomotif 2016 didominasi kendaraan kecil jenis low cost green car (LCGC) yang mencapai lebih dari 20 persen. Kehadiran Toyota Calya dan Daihatsu Sigra disebut Yohannes menjadi salah satu kunci sukses pasar LCGC. Karena selain murah, kedua mobil tersebut juga memiliki kapasitas penumpang hingga tujuh orang. Ia juga optimis, kenaikan ini akan terus terjadi sampai 2017.

Kenaikan angka ini juga diakui oleh Auto2000 selaku founder founder dealer Toyota yang kembali catat penjualan positif di triwulan pertama 2017. Rasa optimis Auto2000 yang ditunjukkan pada awal tahun ini dibuktikan dengan pencapaian penjualan lebih dari 41ribu unit untuk periode 3 bulan pertama. Angka tersebut meningkat sekitar 2000 unit atau 5,2 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 39.360 unit.

Memang Toyota Avanza masih menjadi favorit konsumen kendaraan roda empat dengan penjualan tertinggi sekitar 12 ribu unit atau 30,09 persen dari total penjualan. Namun menariknya, Toyota Calya tahun ini menjadi kontributor kedua di Auto2000 dengan penjualan lebih dari 8200 unit atau 19,95 persen dari total penjualan. Disusul oleh Toyota Kijang Innova sebagai kontributor terbesar ketiga dengan penjualan lebih dari 6ribu unit atau 14,63 persen dari total penjualan.

“Dengan pencapaian sampai bulan Maret ini, kami optimis total penjualan mobil tahun ini minimal sama dengan tahun lalu sekitar 176ribu unit”, ujar chief executive Auto2000 Agus Prajitno.

Hal menarik lainnya penjualan Astra mencatat kenaikan jumlah penjualan di luar daerah Jabodetabek. Penjualan Auto2000 tetap didominasi oleh wilayah Jakarta dengan kontribusi 43,3 persen. Namunterdapat kenaikan di luar wilayah Jakarta dibandingkan dengan tahun 2016, seperti Jawa Barat yang kontribusinya 15,1 persen naik sebesar 1,2 persen, kemudian wilayah Jawa Timur naik sekitar 1,5 persen menjadi 17,7 persen, dan untuk Sumatera naik sebesar 1,3 persen menjadi 17,4 persen. Terakhir untuk Kalimantan dan Bali berkontribusi sekitar 6,5 persen.

Tak mengherankan untuk menopang kenaikan ini Astra2000 kian memperkuat jaringannya. Tidak tanggung – tanggung, Dealer resmi Toyota terbesar ini membuka dua cabang sekaligus di wilayah Sumatera Utara. Total cabang Auto2000 yang sudah resmi dibuka hingga April ini adalah sejumlah 104 cabang, dengan urutan Medan Binjai adalah cabang yang ke 103 dan Medan Marelan adalah cabang yang ke 104.

Untuk mempermudah warga Sumatera Utara mengakses gerainya, tidak sedikit dana yang diinvestasikan untuk kedua cabang ini. Berapa? Total dana yang keluar tidak kurang dari 92,7 Miliar Rupiah, dimana sekitar 54,1 Miliar diinvestasikan untuk mengembangkan Auto2000 Medan Binjai dengan luas tanah total mencapai 9.176 Meter persegi (m2) dan luas bangunan 3.577 m2 di Jl. Medan Binjai Km. 16,7 Desa Sei Semayang, Kecamatan Sunggal, Deliserdang, Sumatera Utara. Cabang ini ditunjang ditunjang dengan 20 stall yang terdiri dari 12 stall untuk perbaikan umum (General Repair), 2 stall Express Maintenance, serta 6 stall khusus untuk pelayanan lainnya.

Sedangkan cabang Auto2000 Medan Marelan, yang berlokasi di Jl. Titi Pahlawan, Desa Labuhan Deli, Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara, Auto2000 menginvestasikan dana sebesar 38,6 Milyar untuk atas tanah seluas 5.826 meter persegi (m2) dengan luas bangunan 2.928 m2. Dilengkapi dengan 14 stall yang terdiri dari 9 stall untuk perbaikan umum (General Repair), 2 stall Express Maintenance, serta 3 stall khusus untuk pelayanan lainnya.

“Kami optimis, dengan hadirnya cabang Binjai dan Medan Marelan akan memberikan kontribusi positif bagi Toyota Indonesia baik dari sisi penjualan ataupun unit entry servis. “ ujar Operation Manager wilayah Sumatera Judianto.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Ternyata ini, Orang Yang Pertama Yang Membeli iPhone 7 di Indonesia

Akhirnya iPhone 7 datang juga ke Indonesia. Yup, penggila iPhone di Indonesia sempat kecewa ketika generasi terbaru dari ponsel pintar Apple tersebut tak juga kunjung datang ke Indonesia. Untungnya kerinduan tersebut terobati ketika Smartfren menjalin kerjasama dengan Apple Inc. untuk menjadi salah satu partner yang memasukan iPhone 7 ke Indonesia.

Nah, acara Smartfren iPhone 7 Bundling Package ini sendiri berlangsung tanggal 31 Maret 2017. Lalu siapa orang yang akhirnya pertama kali membeli smartphone anyar tersebut?

Namanya Dominic Daniel, Usianya Baru 22 Tahun loh!

Ya, ini dia orang pertama yang membeli iPhone 7 resmi pertama kali di Indonesia. Usianya baru 22 tahun dengan status mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta.

Bisa berdiri paling depan Karena antri dari jam 6 Pagi dan masih pakai Sendal Jepit

Seperti juga peluncuran iPhone dimana pun di seluruh dunia, pasti selalu memancing antusiasme banyak orang. Tak terkecuali peluncuran iPhone 7 di galeri Smartfren jalan Sabang Jakarta tersebut. Karena itu Daniel sudah datang sebelum jam 6 pagi dan mulai mengantri sebagai pemimpin barisan sejak pukul 6.

Uniknya dia hanya menggunakan sandal jepit. Ketika ditanya Daniel menjawab singkat sambil tertawa:

“Supaya efisien” jawabnya.

Daniel Pesan Online Dari 6 hari sebelumnya

Rupanya sebelum hadir jam 6 pagi itu, Daniel sudah melakukan pre-order 6 hari sebelumnya secara online melalui situs smartfren. Karena itu setelah mendapatkan telepon konfirmasi ia pun lantas bersiap datang pagi-pagi sekali untuk bisa berdiri paling depan.

Wah, Rupanya ini iPhone pertama Daniel

Wajar kalau Daniel begitu antusias, karena Pria murah senyum ini mengaku kalau iPhone 7 yang dibelinya adalah produk smartphone besutan Apple yang pertama dimiliki. Sebelumnya ia tidak pernah menggunakan telepon pintar dengan sistem operasi iOS. Betul-betul pengalaman pertama.

Warna Hitam Jadi Pilihannya

Pilihannya jatuh pada iPhone 7 Plus Jet Black. Meski ini iPhone pertamanya, tapi Daniel tak memilih warna iPhone biasa. Apa harga 15,9 juta yang harus dibayarnya sesuai dengan yang pantas didapatkan?

Ketika ditanyakan mengenai hal ini, Daniel sempat tertawa dan kemudian beberapa saat diam berpikir. Tapi lalu dia melanjutkan “Worth it kok, ini kan resmi!”

Kamera iPhonenya Digunakan Pertama Untuk Selfi Bersama Selebritis

Ya di acara tersebut juga hadir beberapa selebritis macam Nadine Chandrawinata, Maria Selena, Baim Wong dan beberapa lainnya. Daniel pun tak menyianyiakan kesempatan itu dan berwefie ria bersama para artis dengan iPhone barunya.

Smartfren sendiri mengaku bangga menjadi partner pertama Apple inc. untuk menjual iPhone 7. Melalui Merza Fachys, Presiden Direktur PT. Smartfren Telecom mengatakan, “Kami bangga menjadi perusahaan penyedia jasa layanan telekomunikasi pertama yang meluncurkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus di Indonesia. Kami mengundang semua masyarakat serta pelanggan kami untuk merasakan pengalaman berbeda menggunakan iPhone 7 dengan jaringan 4G LTE kami yang terluas dan terbaik di Indonesia.”

Smartfren menawarkan beragam pilihan untuk seri iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Smartfren juga menghadirkan potongan harga, program cash-back, hingga bonus kuota internet yang memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk menikmati layanan yang dihadirkannya melalui iPhone 7 dan 7 Plus. Jadi kamu mau menyusul Dominic Daniel?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top