Feature

Kamu Yang Mudah Jatuh Sakit Belum Tentu Penyakitan, Mungkin Itu Tanda Kamu Kesepian

Dua hari kemarin flu, kemarin pusing, hari ini sakit perut. Buatmu mungkin itu biasa. Musim pancaroba, konsumsi maakanaan yang taak benaar, jarang olah raga, mungkin itu sebagian hal yang sering dijadikan kambing hitam ketika tubuh sering tak sehat.

Bahkan tak jarang, stigma sebagai orang penyakitan dilekatkan padamu. Dan gawatnya kamu menerima begitu saja tanpa mencoba mencari tahu lebih lanjut, penyebabnya. Padahal ada kemungkinan lainnya. Yaitu itu kesepian. Apa? Iya, kamu tak salah baca. Kesepian memang dapat mendorong seseorang jadi lebih mudah sakit.

Nyatanya rasa kesepian ini tidak bisa disepelekan begitu saja, karena ketika jiwa merasa terguncang oleh rasa sedih, maka fisik juga akan merasa tidak berdaya. Benar saja pernyataan beberapa orang tentang hal ini, jika fisikmu sehat tetapi hatimu sedang sakit maka fisikmu akan sakit, jika hatimu sedang bahagia maka ketika sakitpun kamu akan merasa baik-baik saja. Kesepian juga merupakan salah satu bagian dari kesedihan dirasakan oleh jiwa dan bisa berimbas dengan kesehatanmu.

Rasa sepi membuat imun tubuhmu juga melemah, tidak heran jika kamu jadi gampang tumbang

Sebuah penelitian dilakukan Ohio State University, rasa kesepian dapat membebani sistem kekebalan tubuh seperti halnya seseorang yang mengalami stres kronis. Bahkan rasa kesepian dapat mengaktifkan virus herpes dan memunculkan gelaja lain yang berkaitan dengan stres kronis. Mereka juga mengatakan bahwa rasa sepi meningkatkan protein tertentu di dalam tubuh. Protein ini akan diproduksi ketika terjadi peradangan dan pada akhirnya bisa memicu banyak penyakit seperti jantung koroner, diabetes tipe 2, arthritis dan alzheimer.

Jika Dibiarkan, rasa kesepian bisa membuatmu lebih cepat tua bahkan bisa mati muda

Seperti yang dilansir oleh Counsel dan Heal, seorang peneliti Lisa Jaremka mengatakan “hubungan yang buruk kualitasnya dikaitkan dengan sejumlah gangguan kesehatan, termasuk kematian prematur dan segala macam penyakit yang sangat serius. Orang-orang yang kesepian jelas merasa seolah berada dalam hubungan yang berkualitas buruk.”

Lia Jaremka meneliti 200 relawan yang telah berhasil sembuh dari kanker payudara. Relawan ini rata-rata berusia 51 tahun. Interval waktu antara selesainya pengobatan dan keikutsertaan dalam penelitian ini adalah sekitar 2 bulan – 3 tahun. Semua sampel darah relawan dikumpulkan dan respon kekebalan tubuhnya terhadap antibodi Epstein-Barr dan sitomegalovirus juga ikut diteliti. Kedua virus ini merupakan jenis virus herpes. Keunikan dari virus ini adalah bisa tidak aktif dan dapat diaktifkan kembali.

Pada proses aktif kembali atau reaktifasi, terjadi peningkatan antibodi dalam sistem kekebalan tubuh walau tidak menunjukkan gejala yang jelas. Proses ini menunjukkan adanya masalah pada pengaturan sistem kekebalan tubuh seluler.

“Kami melihat peradangan lebih banyak terjadi pada orang yang merasa kesepian daripada yang tidak merasa kesepian. Penting juga untuk diingat, bahwa orang-orang yang merasa sangat terhubung secara sosial mendapatkan dampak yang lebih positif,” pungkas Jaremka.

Sendiri Tak Berarti Kesepian, Kesepian Tak Berarti Sendiri

 

Nah, jangan sampai keliru mengartikan kesepian. Mereka yang sendiri belum tentu merasa kesepian dan sebaliknya mereka yang merasa kesepian tak berarti sedang sendiri. Karena kesepian adalah soal rasa dan mental psikologis.

Perasaan terjauhi dan tercabut dari situasi sekitar yang membuat seseorang merasa kesepian. Studi yang dilakukan di negara bagian Ohio Amerika Serikat menemukan bahwa kesepian sering tercipta ketika seseorang menyimpan dan menceritakan pada diri mereka sendiri tentang hal-hal sedih yang terjadi pada dirinya.

Dan ketika perasaan kesepian ini sudah tercipta, efeknya akan seperti bola salju. Karena orang yang merasa kesepian cenderung untuk melihat orang lain secara negatif. Hal-hal baik yang dilakukan oleh orang lain padanya, akan dipandang sinis dan dirasa “ada apa-apanya”. Hasilnya dia akan menjauhi orang lain dan membuat rasa kesepiannya makin memuncak.

Tidak Harus Dengan Pasangan, Ada Banyak Cara Supaya Rasa Sepi Menghilang dari Hatimu

Saat kamu atau mungkin temanmu sedang merasakan kesepian, sebenarnya ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk menghindari rasa kesepian itu sendiri. Tidak hanya terpaku kepada pasangan hidup atau lawan jenis untuk menghilangkan rasa sepi itu. Kamu bisa melakukan banyak hal yang menyenangkan seperti merealisasikan hobimu, bergabung dengan komunitas yang mempunyai minat yang sama denganmu.

Atau kamu bisa menjadi sukarelawan dari berbagai komunitas yang ada, sehingga rasa sepi yang kamu alami bisa hilang bersama dengan kebahagiaan yang kamu bagikan dengan orang-orang yang mungkin tidak lebih beruntung hidupnya dibandingkan dengan kamu. Dan jangan lupa dekatkan diri dengan Tuhanmu, karena dengan merasa Tuhan bersamamu, maka hidupmu akan lebih terasa akan baik-baik saja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Bagaimana Motor Ini Mampu Memecahkan Rekor MURI?

Sepeda motor yang satu ini tergolong anyar, baru diluncurkan pada Maret 2017. Meski masih “produk baru” tapi bukan berarti Suzuki GSX S 150 “anak bau kencur” atau “anak bawang” dalam hal prestasi.

Motor sport dengan desain naked (telenjang) non fairing ini berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Republik Indonesia (MURI) dalam kategori aksi freestyle menggunakan 50 motor dengan 50 pengendara dalam waktu bersamaan.

Aksi pecahkan rekor MURI dilakukan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada hajatan Otobursa Tumplek Blek di Parkir Timur Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta lalu. Pemecahan rekor MURI, berupa aksi freestyle melibatkan 50 motor Suzuki GSX S 150 dengan jumlah peserta 50 orang yang belum pernah dilakukan dalam satu waktu bersamaan. Mereka secara bersama-sama melakukan beragam aksi yang sulit dan menegangkan di hadapan pengunjung yang hadir.

Dalam pemantauan Tim MURI, aksi yang dilakukan para peserta ini sudah memenuhi syarat yaitu jumlahnya banyak yakni 50 biker dan menggunakan 1 jenis motor yang sama secara berbarengan. Uniknya aksi freestyle ini menggunakan Suzuki GSX S 150 dalam kondisi standar ting-ting, alias tanpa modifikasi apapun. Standar pabrik asli.

Sebanyak 50 freestyler yang menunggang GSX S 150 berasal dari berbagai daerah, seperti Garut, Bandung, Bekasi, Jakarta, Bogor, Lampung dan Tangerang. Ajang ini sekaligus membuktikan secara langsung dan otentik, bahwa Suzuki GSX S 150 dalam kondisi standar merupakan motor yang user friendly, sangat mudah dikendarai dan dikendalikan.

Hal ini dimungkinkan karena dimensi dari motor garapan Suzuki menggunakan rangka Single Cradle. Ukurannya sendiri memiliki panjang 1.975 mm, lebar 674 mm, dan tinggi keseluruhan mencapai 1.070 mm. Sedangkan untuk ukuran wheelbase sendiri mencapai 1.300 mm.

Dengan ukuran macam ini, GSX-S150 ini bisa dibilang cukup bongsor untuk kelas 150cc. Tapi tak perlu khawatir, tinggi jok yang 785mm sangat pas untuk ukuran rata-rata orang Indonesia tanpa harus berjinjit.

Kestabilan ini berlanjut hingga urusan kaki-kaki. Di depan menggunakan suspensi teleskopik besar dengan di belakang mengusung tipe monoshock guna menambah kestabilan berkendara. Velg alloy berukuran 2,15 inchi di depan dan 3,5 inchi di belakang dibalut ban depan 90.

Joki freestyle mengakui beberapa gaya dasar dalam freestyle tidak sulit dilakukan dengan GSX S 150 seperti wheelie, stoppie, circle dan burn-out. Tentunya tak mudah melakukan trik “menghabiskan ban” itu tanpa mesin dengan tenaga besar.

Tak masalah karena Untuk urusan dapur pacu GSX-S150 ini disematkan mesin berkapasitas 150 cc DOHC yang sama dengan saudaranya tipe R. Berbekal mesin overbore, DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan kapasitas 150cc dan berkompresi 11,5 : 1 yang sudah dilengkapi teknologi fuel injection yang canggih untuk pembakaran maksimal, GSX-S150 menghasilkan tenaga sebesar 14,1 kw/10.500 rpm dan torsi sebesar 14 nm/9.000 rpm yang tersalurkan dengan kuat melalui transmisi 6 percepatan.

“Kami ingin menunjukan keunggulan dari Suzuki GSX S 150 yaitu bobot yang ringan, handling yang mumupuni dan proposi kendaraan yang didesain khusus untuk pasar Indonesia. Sehingga sangat mudah dan nyaman dikendarai, termasuk ketika digunakan untuk melakukan aksi freestyle,” kata Sales & Department 2W Department Head PT Suzuki Indomobil Sales Yohan Yahya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Kenapa Setiap Orang Membutuhkan Jumlah Jam Tidur Ideal Yang Berbeda? Ini Jawabannya!

Kalau si A tidur sehari hanya 2-4 jam badannya sehat-sehat saja. Tak pernah sakit, mengantuk juga tidak. Tapi si B sudah tidur 8 jam dalam sehari masih suka menguap saat beraktivitas. Atau kamu sendiri pernah merasakan diposisi yang hanya bisa tidur sebentar tapi sudah cukup untuk membuat badan kembali bugar atau malah sudah tidur berjam-jam masih saja tidak bisa menahan kantuk. Sebenarnya berapa lama sih waktu ideal untuk tidur? Apa setiap orang memiliki jumlah tidur ideal yang sama atau berbeda? Kenapa hal itu bisa terjadi? Nah, daripada kamu terus bertanya-tanya, ulasan berikut akan menjadi jawabannya.

Penelitian Menunjukkan Kenapa Kamu Butuh Durasi Tidur Yang Cukup Dan Juga Waktu Ideal Untuk Tidur Sesuai Usia

Pernah dengar tidak pernyataan tentang orang yang kurang tidur lebih galak dibandingkan orang yang sedang lapar? Kalau kamu pernah dengar atau bahkan kamu sendiri yang mengalami kejadian itu, bisa jadi itu sebagai tanda kalau sebenarnya waktu tidur yang cukup mempengaruhi banyak hal termasuk hormon dan juga emosi. Kamu yang kurang tidur bisa jadi akan mengalami masa labil dalam mengendalikan emosi ataupun mempengaruhi hormon yang diproduksi oleh tubuh.

Penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation menyatakan bahwa enam puluh lima persen dari mereka yang tidak memiliki rasa sakit melaporkan kualitas tidur yang baik atau sangat baik, sementara hanya 46 persen orang dengan nyeri akut dan 36 persen orang dengan nyeri kronis melakukan hal yang sama. Selain itu, 23 persen dari mereka yang menderita sakit kronis melaporkan tingkat stres yang lebih tinggi, dibandingkan dengan 7 persen dari mereka tanpa rasa sakit.

Body Clock Berperan Penting Dalam Mengendalikan Kapan Waktunya Kamu Terjaga Ataupun Terlelap

Kamu tipe manusia kelelawar atau tipe manusia ayam? Pernah dengar pertanyaan tersebut tidak? Pertanyaan yang biasanya diajukan untuk mengetahui jam tidur kamu seperti apa. Sebutan kelelawar biasanya untuk orang-orang yang justru bisa terjaga hingga tengah malam bahkan pagi hari. Sedangkan sebutan ayam itu biasanya yang gemar bangun pagi hari. Istilah tersebut sebenarnya tidak relevan dengan penelitian secara ilmiah. seorang profesor yang belajar jam sirkadian di UC San Diego, David Welsh mengatakan “jika anda mendefinisikan diri anda burung hantu atau burung liar merupakan tindakan yang tidak berdasar.”

Menurut Welsh jika kamu melihat survei populasi yang besar, kamu akan mendapatkan distribusi chronotip normal, dengan kebanyakan orang memiliki chronotip rata-rata memiliki hasil “rata-rata”, beberapa memilih untuk bangun sedikit lebih awal atau lebih lambat dan kelompok kecil secara alami meningkat sangat awal atau akhir. Tidak ada garis yang membedakan chronotype yang berbeda. Tapi semua orang memiliki jadwal internal yang membuatnya merasa terjaga atau tidur pada waktu yang berbeda. Karena faktor-faktor termasuk kadar hormon, genetika dan paparan cahaya, beberapa orang memiliki kecenderungan untuk lebih waspada dipagi hari dan beberapa orang lainnya lebih memilih pada lain waktu.

Pada Dasarnya Pola Tidur Itu Bisa Diatur Oleh Diri Sendiri, Tergantung Bagaimana Kebiasaan Itu Kamu Lakukan

Sebenarnya terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah waktu tidur yang kamu butuhkan (baik chronotype, saat kamu waspada dan panjang berapa banyak tidur yang kamu butuhkan) sebagian besar bersifat genetik, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menyesuaikan jadwal tidurmu dan setidaknya membuat kamu sedikit lebih mudah untuk bangun lebih awal. Jadi tidak ada istilah orang malam atau orang pagi lagi jika kamu mau menyesuaikan.

Kamu bisa menyesuaikan pola tidur dengan mengendalikan paparan cahaya. Proses yang disebut entrainment ini menentukan tindakan apa yang harus dilakukan untuk tubuh ketika kamu pergi ke tempat dengan zona waktu yang berbeda. Inilah mengapa muncul istilah jet lag. Kamu juga bisa menggunakan ini untuk melatih tubuhmu untuk bangun dan tidur lebih awal dengan membuka cahaya alami di pagi hari dan menghindari cahaya terang dimalam hari. Meskipun tidak merubah kebiasaan sebelumnya secara drastis, setidaknya bisa membantu pola tidurmu jadi lebih baik.

Setiap Orang Punya Kebutuhan Yang Berbeda-beda, Tak Terkecuali Dalam Urusan Kebutuhan Waktu Tidur

Dari banyaknya penelitian, hasil yang didapatkan tentunya akan berbeda satu sama lain. Temuan satu studi tidak langsung dapat digunakan untuk semua orang.Dalam kasus tidur, para ahli merekomendasikan untuk mencari tahu apa yang secara pribadi paling sesuai untuk kamu. Hal ini menunjukkan jika kebutuhan tidur seseorang berbeda satu sama lain tergantung kebutuhan tubuhnya.

Sebaiknya kamu mulai memperhatikan kebutuhan tidurmu dan mulai hitung berapa jam waktu yang kamu butuhkan untuk membuat tubuhmu pulih. Hindari konsumsi alkohol dan kafein dalam jumlah banyak dan atur pencahayaan ruangan pada saat kamu tidur.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Ini Bahaya Minum Es Terlalu Banyak Yang Harus Kamu Waspadai!

Minum air es saat panas terik atau setelah berolahrga memang terasa nikmat dan menyegarkan. Kamu pasti sering melakukan hal itu. Namun tahukah kamu jika itu merupakan kebiasaaan yang tak sepenuhnya bisa dibenarkan. Melakukan hal itu secara terus menerus akan memberi dampak negatif pada kesehatan.

Air es bisa membekukan lemak yang berada di darah, peredaran darah pun bisa jadi tidak lancar.  Kalau sudah begini pembakaran lemak dan metabolisme tubuh pun  jadi terganggu. Tubuhmu pun jadi lebih gampang gemuk. Belum lagi bahaya yang bisa timbul dari es batu yang berasal dari air mentah. Menurut para ahli makanan, bakteri yang berada dalam air mentah tidak  mati meski dalam kondisi beku. Bakteri baru akan mati jika lama berada dalam lingkungan beku. Bukankah berbahaya bila bakteri yang masih hidup hingga masuk dalam tubuh? Lalu apa saja bahaya minum air es? Berikut ulasannya.

Minum Air Es Tidak Benar-benar Membuat Rasa Haus Hilang, Justru Akan Membuatmu Semakin Haus Setelah Meminumnya

Minum air es memang menyegarkan. Segelas air es seketika menghilangkan haus. Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya pada saat itu rasa hausmu tak benar-benar hilang. Sensasi dingin yang kamu rasakan itulah yang meyebabkan kamu merasa hausmu telah hilang. Padahal sebenarnya ketika kamu meminum air es, cairan yang hilang di dalam tubuhmu akan menjadi lebih banyak jika dibandingkan pada saat minum air biasa. Jadi setelah kamu minum es dan sensasi dinginnya hilang, maka rasa haus itu akan datang lagi. Itu yang menjadi penyebab jika kamu minum es rasanya tidak bisa berhenti, karena pada saat itu  hausmu tak pernah benar-benar hilang.

Sebaiknya jika kondisimu sedang sangat haus, hindari minum air dengan kondisi dingin. Kamu dapat minum air biasa atau bahkan minuman hangat terlebih dahulu agar dahaga hilang. Baru setelah itu kamu bisa minum air dingin jika masih ingin menikmati sensasi dingin yang segar dari air es.

Minum Air Es Bisa Membekukan Otak Dan  Juga Memperlambat Detak Jantungmu

Kamu pernah merasa otakmu ikut membeku  saat minum air es? Itu bukan perasanmu saja loh. Hal itu benar-benar terjadi pada otakmu. Ketika kamu meminum air es, aliran darahmu akan meningkat menuju otak sehingga kamu tiba-tiba merasa pusing yang kemudian perlahan hilang (pembekuan otak). Orang dengan riwayat migrain, berpotensi besar mengalami pembekuan otak. Belum lagi jika kamu meminum air es pada saat panas terik, akan ada efek pusing yang kamu rasakan setelahnya.

Itu bisa terjadi karena saat metabolisme tubuh terganggu, tubuh tidak bisa langsung beradaptasi ketika terjadi perubahan suhu yang mendadak tatkala kamu minum es. Akibatnya suplai oksigen ke organ-organ tubuh berkurang, termasuk ke otak. Dampaknya, kamu akan merasa pusing. Belum lagi pengaruhnya terhadap jantung, rangsangan pada saraf vagus akibat minum air es bisa memperlambat kinerja jantung. Perlu diketahui, saraf vagus memiliki peranan penting dalam kegiatan yang dilakukan tubuh secara tak sadar, misalnya detak jantung. Jadi orang yang sensitif terhadap suhu akan lebih baik bila menghindari air es.

Minum Es Bisa Buat Perut Begah Sampai Sakit Tenggorokan

Saat kamu minum minuman es ataupun dingin, enzim di dalam lambung akan bereaksi dengan suhu dingin yang dibawa air es. Reaksi ini pun akanmembuat perut akan merasa begah dan juga kembung. Tak heran jika saat minum air dingin ketika makan, maka kamu akan merasakan perutmu sudah penuh padahal makanan yang kamu telan baru sedikit. Asam lambung yang ada di dalam lambung juga akan bereaksi kepada air es yang kamu minum sehingga menimbulkan rasa kembung pada perut.

Minum air es juga bisa memperparah radang tenggorokan. Meskipun penyebab radang tenggorokan disebabkan alergi dan juga bakteri, namun mengonsumsi air es akan memperparah gejala radang tenggorokan. Hal itu terjadi karena air es akan memancing batuk dan menimbulkan peradangan. Jika kamu merasa tenggorokanmu sudah tidak nyaman, sebaiknya hindari minum air es supaya keadaan tenggorokannmu tak kian buruk.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Katakan Selamat Tinggal Pada Insomnia Dengan Menghindari Jenis Makanan dan Minuman Ini!

Bagi sebagian orang bisa tidur nyenyak dengan mudah adalah kenikmatan yang tak ternilai. Hal ini tidak mengherankan, sebab pada saat lelah pun mereka masih saja kesulitan untuk tidur. Kondisi yang sering disebut dengan insomnia ini nyatanya mengganggu banyak orang, bahkan berpengaruh langsung pada kesehatan tubuh dan produktivitas. Memang ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang bisa terkena insomnia, namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa diatasi.

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang susah tidur, salah satunya karena faktor makanan dan minuman. Lalu apa saja makanan dan minuman yang bisa menyebabkan kamu sulit sekali memejamkan mata? Apa saja yang harus dihindari agar kualitas tidurmu bagus sehingga tubuhmu juga mempunyai stamina yang maksimal esok harinya? Ulasan berikut akan menjadi jawabannya.

Kandungan Kafein Bisa Membuat Sulit Tidur, Hindari Minum Kopi Atau Teh Menjelang Tidur!

Kafein ini merupakan suatu zat yang dapat merangsang sistem syaraf pusat kita. Mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak akan membuat seseorang kesulitan untuk tidur atau biasa disebut dengan insomnia. Itu sebabnya mengapa ketika kamu mengonsumsi kopi identik dengan mengusir rasa kantuk dan terasa tubuh lebih energik. Faktanya kandungan kafein tidak hanya terdapat di dalam kopi tetapi juga minuman lainnya seperti teh, coklat ataupun minuman berenergi.

Batas wajar kafein dalam minuman tidak lebih dari 400 milligram. Jika berlebihan maka efek sampingnya kamu akan sulit untuk bisa tidur dan akhirnya insomnia tidak bisa terhindarkan. Jadi ada baiknya ketika malam kamu menghindari  konsumsi minuman yang mengandung kafein di dalamnya.

Minum Alkohol Dapat Mengakibatkan Kamu Susah Tidur Teratur

Mungkin kamu heran mengapa justru alkohol bisa menyebabkan insomnia, karena biasanya orang yang mengkonsumsi alkohol akan mudah mabuk hingga hilang kesadaran. Pada kenyataannya, alkohol bertanggung jawab pada masalah dehidrasi yang menyebabkan terganggunya tingkat serotonin sehingga menyebabkan sulit tidur. Kalaupun bisa tidur, maka peminum alkohol akan sering terbangun dari tidurnya. Pada kenyataanya kehilangan kesadaran tidak berarti kamu tertidur dengan nyenyak. Akan lebih baik bila kamu menghindari minum alkohol, bukan hanya demi  kesehatanmu saja, tapi agar kamu bisa tidur nyenyak juga.

Jenis Makanan Ini Ternyata Juga Memberikan Efek Sulit Tidur Pada Malam Hari. Waspada!

Efek mengantuk setelah makan rasanya menjadi hal yang biasa dihadapi, tapi ternyata memang ada banyak jenis makanan yang mempunyai efek samping sulit tidur. Efek yang seperti itu bisa ditemui pada makanan  tinggi protein seperti daging merah yang sulit untuk dicerna. Makanan tersebut akan membuat kamu  kesulitan untuk tidur karena menghambat produksi serotonin.

Untuk kamu yang susah tidur sebaiknya menghindari makanan pedas. Mengonsumsi makanan yang memproduksi gas seperti kacang polong, kacang-kacangan dan brokoli juga dapat memperburuk insomnia. Jenis makanan ini juga dapat membuat perut tidak nyaman dan bisa menjadi masalah bagi kamu yang memiliki sakit maag.

Selain itu jenis makanan yang banyak mengandung gula juga menyebabkan kamu susah tidur. Hal ini terjadi karena kandungan gula  dapat meningkatkan energi yang mengakibatkan ketidakseimbangan pola tidur. Makanan  fast food juga menjadi penyebab insomnia sebab mengandung lemak yang tinggi dan juga pedas. Pun sebisa mungkin hindari makanan kemasan atau olahan yang memang telah dikenal sebagai makanan yang sensitif. Jika makanan ini dimakan pada waktu malam hari maka akan menyebabkan mulas lantaran tingginya lemak yang dikandung.

Minum Air Memang Baik, Tetapi Hindari Minum Pada Malam Hari Jika Kamu Tidak Ingin Insomnia

Banyaknya jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Bahkan disarankan untuk meminum 8 liter air setiap harinya. Tetapi hal tersebut tidak berlaku jika kamu  minum air dalam jumlah banyak dimalam hari apalagi ketika menjelang tidur. Kebanyakan minum saat malam hari hanya akan membuat kamu sering buang air kecil, akibatnya kantuk pun hilang. Hal ini bisa terjadi karena salah satu fungsi air dalam tubuh adalah untuk detoksifikasi racun lewat urin. Sering buang air kecil dimalam hari hanya akan membuat tidurmu tak berkualitas. Sebisa mungkin  hindari minum air dalam jumlah berlebih saat malam hari agar kamu bisa tidur nyenyak.

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top