Video

Kamu Sering Lihat Seleb Ini, Tapi Mungkin Belum Tahu Fakta Unik Mereka!

Dulu Raisa adalah gadis yang tomboi. Wajah Raisa putih tapi leher hitaman. Jadi kelihatan kusam, kucel dan belang.

Raisa

Pages: 1 2 3 4 5 6

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Sebagian Hal Unik Yang Mungkin Baru Kamu Sadari Setelah Masuk Bulan Puasa

Ini memang bukan bulan biasa. Karena kamu harus menahan hawa nafsu dan juga makan minum di waktu siang. Tapi diluar hal itu, sejatinya ada hal-hal menarik yang hanya bisa kamu temui di kala bulan puasa. Bisa jadi di bulan lainnya kamu merindukan saat-saat tersebut.

Baru Tahu Kan Ada Petuah-Petuah Bijak Karena Tiba-Tiba Banyak Yang Share Di Timeline

Puasa kali ini seolah jadi angin segar buat kamu yang sudah penat dengan konten di timeline sosial mediamu. Sebelumnya banyak informasi yang bikin panas hati, kawan yang berdebat tiada henti sampai urusan-urusan sosial pilitik yang nampak tak kunjung selesai.

Tapi semua mereda ketika memasuki bulan ramadan. Timeline menjadi lebih sejuk, karena tiba-tiba banyak kawan-kawan yang membagi kata-kata bijak. Banyak kalimat-kalimat bijaksana penuh motivasi dan introspeksi yang bahkan kamu baru tahu kan.

Makin seru karena tak semua kata-kata bijak itu disajikan dengan nuansa serius. Karena banyak juga yang digelar dengan nuansa canda tawa. Tak sedikit meme-meme unik berlalu lalang membuat kita tertawa kecil. Ya, meski dadakan sebagian kawan kita berubah jadi motivator handal.

Baru Tahu Kan Ada Tetangga Menarik Hati, Karena Bertemu Ketika Menuju Masjid

Akuilah kamu mungkin tak sedekat itu dengan tetangga. Bahkan mungkin siapa yang menghuni sebelah rumah juga kamu tak paham. Baik kiri maupun kanan sama gelapnya entah siapa namanya. Lihat wajah pun jarang.

Untungnya datang bulan puasa. Aktivitas sosial pun meningkat. Minimal bersama tetangga kita berbondong-bondong ke masjid melaksanakan ibadah sholat tawarih. Tanpa diniatkan sebelumnya, bisa jadi kamu baru tahu kan kalau ada tetangga sebaya yang nyatanya begitu menarik hati.

Curi-curi pandang di temaram lampu perumahan jadi latar yang menarik. Kemana saja kamu selama ini? Ternyata mereka yang menarik tak perlu dicari jauh-jauh bukan?

Baru Tahu Kan Makan Pakai Tempe Bareng Keluarga, Lebih Nikmat Dibanding Makan Ayam Sendirian

Selama sebelas bulan kamu mungkin biasa makan siang enak di kantor. Atau buat yang sudah tinggal sendiri, sangat nyaman menikmati menu-menu dari cafe pilihan yang biasa kamu santap. Makan malam bersama kawan atau klien jadi agenda rutin yang tak terlewat.

Tapi masuk bulan puasa kamu banyak menghabiskan waktu di rumah. Sarapan yang biasa dilakukan di tempat aktivitas, jadi berpindah di waktu sahur di rumah. Makan malam bisa bersama keluarga, karena jam kantor yang pulang lebih awal dan melaksanakan berbuka di rumah. Ketika itu kamu baru tahu kan kalau makan bersama keluarga meski dengan menu seadanya masih jauh lebih nikmat dibanding ketika kamu di luar sana.

Baru Tahu Kan Mantanmu Sekarang Jadi Super Menarik, Setelah Ketemu Di Acara Bukber

Bulan Ramdan berarti pula jadwal bukber alias buka puasa bersama. Aktivitas membatalkan puasa ini seringnya jadi ajang reuni kecil buat teman-teman lama. Banyak pula yang sebelumnya jarang bertemu, jadi bisa kembali temu kangen.

Dan beruntung atau sialnya, kamu baru tahu kan mantan kamu ternyata sekarang tampil menarik luar biasa. Ini memang jadi sindroma para mantan. Mereka terlihat begitu menarik ketika sudah tak lagi bersamamu. Memori lama bisa kembali muncul menghiasi isi kepalamu. Apa harus kembali mencoba merajut hubungan yang sudah terputus sekian lama? Pilihannya jelas ada di kamu.

Baru Tahu Kan Ternyata Kamu Butuh Internet Yang Cepat Ketika Berpuasa

Okay, selama ini kamu menerima begitu saja koneksi internetmu sebagai bagian dari keseharian. Tak ada yang perlu diperhatikan secara berlebih. Tapi kondisi berbeda kamu temui di kala bulan puasa.

Sebagian aktivitas mungkin saja berkurang, sehingga kamu punya lebih banyak waktu berselancar di dunia maya. Atau malah pekerjaanmu jadi lebih banyak dilakukan di dalam ruangan dan membuatmu lebih intens menggunakan internet.

Masalah memuncak ketika kamu menyadari koneksi internet kamu ternyata kurang oke. Kesal, maarah, sebal? Eits, ingat ini puasa. Tak cuma menahan lapar dan haus, kamu juga harus pandai mengelola perasaanmu.

Agar tak larut berkepanjangan, mungkin ini saat yang tepat buatmu berlaih ke internet 4G LTE yang lebih cepat. Coba deh kamu lirik tawaran menarik promo ramadan dari Smartfren 4G yang super cepat itu.

Tapi pilihan handphonenya tidak banyak? kamu tak perlu khawatir karena saat ini kartu perdana Smartfren 4g bisa digunakan di beragam jenis handphone. Selain Smartphone Andromax Smartfren juga bisa digunakan di Samsung, iPhone, Oppo, Lenovo & Motorolla. Untuk daftar lengkapnya, kamu bisa lihat di sini.

Handphone bagus tapi tak punya quota buat apa? Smartfren punya tawaran menarik buat pengguna perdananya. Tak tanggung-tanggung kamu bisa mendapatkan gratis internet setahun sampai sebesar 58GB. Ini masih di luar fasilitas ciamik lain macam gratis chat menggunakan aplikasi Whatsapp, Line dan BBM 500MB. Plus kamu yang iseng ngabuburit bisa mengahabiskan waktu menelfon atau Videocall sesama jaringan Smartfren 4G dengan gratis.

kamu siap menjajal Smartfren 4G di ramdhan sekarang? Nah tahun ini, Smartfren 4G bahkan mengajakmu menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan penuh kebaikan. Salah satunya, kamu mencari tahu tentang hal-hal berbeda di sekitarmu untuk menambah wawasan dan mengurangi buruk sangka. mewujudkan Ramadhan baru dengan mencari tahu hal-hal baru dari orang-orang dan hal-hal lain di sekitarmu melalui aktivitas #BaruTahuKan di sini.

Semakin banyak momen #BaruTahuKan yang kamu dapat, semakin besar kesempatanmu memenangkan hadiah total jutaan rupiah! Salah satu hadiah kerennya itu iPhone 7. Jadi kamu baru tahu kan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Agar Kamu Bisa Merasa Nyaman Saat Di Rumah, Perhatikan 5 Hal Ini!

Disaat kamu penat dengan segala rutinitas, hal yang paling sering terbesit untuk melepas lelah adalah segera kembali ke rumah. Rumah menjadi tujuan kamu melepas lelah, bercengkrama dengan orang-orang tersayang, serta mengawali  hari. Untuk bisa menciptakan kehangatan dan juga kebahagiaan rumah, kamu harus memperhatikan aspek-aspek penting dalam rumah yang akan kamu bangun atau tempati. Jangan sampai karena salah pilih malah membuat petaka, bukan betah malah jengah.

Sangat penting untuk memperhatikan kondisi rumah. Menurut banyak penelitian, lingkungan yang bersih akan membuat orang lebih fokus pada pekerjaannya sehingga lebih produktif. Bahkan sebuah studi di Princeton University Neuroscience Institute menemukan bahwa orang dengan rumah berantakan mengalami peningkatan kelelahan akibat perluasan energi mental  pada stres yang disebabkan oleh lingkungan. Melihat hal itu, rasanya bisa menempati rumah yang nyaman telah menjadi kebutuhan pokok yang tak lagi bisa diabaikan. Perhatikan hal-hal  berikut agar kamu bisa merasa nyaman di rumah.

Demi memperoleh kenyamanan saat berada di rumah, pilih tempat tinggal dengan lingkungan yang kondusif!

Kenyamanan bukan hanya tentang bagaimana sebuah rumah bisa terbangun megah, tapi kamu juga harus memperhatikan lingkungan sekitarmu. Coba bayangkan jika rumah kamu lokasinya tidak sehat seperti dekat dengan pabrik, akan seperti apa bahaya yang mengancam penghuni rumah. Pabrik yang aktif dalam melakukan pembakaran akan otomatis menghasilkan asap dan juga polusi air yang tercemar bahan kimia. Akibatnya udara dan air yang ada di sekitar rumah menjadi terkena dampak dan bisa memicu penyakit pernapasan ataupun penyakit kulit karena air yang tercemar.

Sebisa mungkin pilihlah lingkungan rumah yang tidak kumuh. Lingkungan yang kumuh juga bisa menjadi penyebab datangnya penyakit. Tanda lingkungan kumuh bisa kamu lihat dari banyaknya sampah yang berserakan dan juga saluran pembuangan air yang tersumbat. Selain itu kamu juga harus memperhatikan lingkungan demi kenyamanan rumah yang kamu miliki, jangan pilih lokasi yang minim tumbuhan hijau. Jika lingkungan rumahmu gersang, bukan saja terasa lebih panas, kamu juga bisa kekurangan oksigen. Untuk mengubah kondisi ini kamu bisa menanam pohon, dengan demikian udara di sekitar rumahmu pun akan menjadi lebih segar dan sehat.

Kondisi rumah yang sehat juga harus menjadi perhatian, mulai dari kebersihan hingga sirkulasi udara

Setelah memperhatikan lingkungan rumah, kamu juga harus memperhatikan rumah yang kamu tempati. Jangan sampai suasana yang tercipta di rumah terasa tidak nyaman karena salahnya tata ruang dan juga kebersihan. Hal ini bisa mengakibatkan suasana hati dan pikiranmu menjadi lebih tertekan dan juga stres. Setiap orang pasti senang melihat rumahnya bersih dan juga rapih. Jangan biarkan serangga dan hewan menjijikkan seperti kecoa, tikus, atau semut menjadikan rumahmu sebagai sarangnya. Saat kamu sering membersihkan rumah, hewan-hewan tersebut juga akan enggan untuk menetap di rumahmu. Dengan demikian rumah pun akan terasa nyaman ditempati.

Selain kebersihan kamu juga harus memperhatikan sirkulasi udara agar rumah tidak menjadi lembab dan udara pun bersih. Jika rumahmu dalam keadaan terlalu lembab tak hanya akan merusak kenyamanan penghuninya, tapi juga bisa merusak rumah. Karena udara yang lembab akan membuat dinding rumahmu menjadi berjamur, kalau sudah begini dibutuhkan perawatan lebih untuk mengembalikannya ke kondisi semula. Kamu bisa menghindarkan rumah kamu dari kelembapan dengan mengecek seluruh rumah dari atap demi memastikan tidak ada bagian yang retak. Karena hal itu berpengaruh pada kelembapan rumah.

Sebab air adalah kebutuhan penting, memastikan kualitas air adalah hal yang tak bisa diabaikan!

Mandi pakai air, mencuci, memasak juga menggunakan air. Maka dari itu memiliki air yang bersih di rumah adalah kewajiban utama. Jika air yang akan kamu gunakan tidak bersih atau bahkan menyisakan noda kuning, itu akan bermasalah pada buat ke depannya. Hal yang bisa kamu lakukan pertama kali, kamu bisa cek kondisi airnya. Jika airnya berbabu dan berwarna keruh, ini menandakan bahwa air yang tersedia sudah tercemar.   Dan juga kamu harus mulai mengecek keadaan saluran air apakah baik atau tidak. Karena jika saluran air buruk kamu bisa menderita berbagai penyakit. Cara untuk mengecek saluran air yang baik atau buruk bisa ditandai dengan keadaannya yang kotor dan saluran air di sekitar rumah dibiarkan saja. Karena air sangat penting kamu tidak bisa mengabaikan hal ini begitu saja.

Agar rumah dan penghuninya tetap aman, hindari membangun rumah di area tower listrik ya!

Jika kamu mencari rumah, sebisa mungkin hindari pembangunan rumah dekat dengan area tower listrik. Karena hal itu sangat berbahaya untuk kamu dan keluarga. Bahaya yang akan mengancam cukup besar, kamu bisa berisiko terkena radiasi elektromagnetik. Tak hanya itu kamu juga bisa terancam tersambar petir yang cukup tinggi. Hal itu bisa terjadi jika kamu membangun rumah dekat dengan tower listrik. Karena rumah yang akan kamu tempati harus nyaman dan aman, kamu tidak boleh gegabah untuk memilih lokasi yang menjadi hunianmu.

Jangan asal membangun, kamu harus pastikan bangunan rumahmu kokoh dan bisa memberi perlindungan pada penghuninya!

Karena rumah yang akan kamu tempati tidak hanya sehari atau dua hari. Sebab rumah adalah tempatmu untuk pulang dan bertemu dengan orang yang kamu sayang. Tentu rumah akan kamu tempati sampai bertahun-tahun, bahkan seumur hidupmu. Jika kamu sudah pastikan segala hal baik, dari lingkungan hingga rumah. Hal terakhir yang harus diperhatikan dan tidak kalah penting kamu harus cek kekuatan bangunan benar-benar kokoh. Jangan sampai tembok rumah yang kamu tempati bisa pecah hanya karena senggolan kecil. Jika kamu baru mulai membangun, sebaiknya pilihlah bahan dengan kualitas bagus. Mungkin lebih mahal daripada bahan bangunan yang lain, namun itu bisa menjadikan investasi jangka panjang. Karena dengan pemilihan bahan bangunan yang bagus, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk renovasi berkali-kali ataupun perawatan yang akan menggelontorkan uang lebih banyak. Selain itu bangunan yang kokoh juga akan membuat kamu dan keluarga kamu merasa aman ketika berada di dalamnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Kamu Harus Meninggalkan Jenis-jenis Emosi Ini Demi Hidup Yang Bahagia!

Dalam keseharian kata “emosi” kerap digunakan untuk menggambarkan kemarahan.  Padahal sebenarnya kata emosi berasal dari bahasa Prancis, yaitu emotion yang berasal dari kata emouvoir yang berarti “kegembiraan”. Emosi juga berasal dari bahasa Latin emovere dari e- ( varian eks) yang berarti “luar” dan movere yang berarti “bergerak”.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, emosi adalah hasil dari reaksi tubuh dalam menghadapi situasi tertentu. Ini berarti emosi tidak hanya tentang rasa marah tetapi mencakup banyak situasi mulai dari marah, malu, bahagia, takut, dan sedih. Untuk itu sebagai makhluk sosial yang tentu ingin merasa bahagia, kita diharapkan mampu mengelola setiap emosi yang ada. Karena faktanya memang ada beberapa jenis emosi yang harus kita tinggalkan untuk hidup yang lebih bahagia. Apa saja ?

Bukan berarti tidak boleh marah tapi mengelola kemarahan adalah suatu kewajiban!

Dikenal sebagai emosi dasar dan bersifat universal yang dimiliki oleh setiap orang. Marah menjadi emosi yang sulit untuk dikendalikan. Dengan kata lain marah adalah sebuah emosi yang akan timbul ketika kita merasa ada seseorang yang berbuat kesalahan pada kita. Respon atau tindakan kita dalam mengelola emosi ini akan menentukan bahagia atau tidaknya hidup yang kita jalani. Karena ketidak mampuan dalam menguasai emosi ini, sering berakibat fatal. Bahkan merugikan diri sendiri. Tidak bisa mengendalikan kemarahan hanya akan membuat kamu terlihat buruk dimata orang lain. Perlahan orang lain akan mengingat kita sebagai seseorang yang, agresif yang identik dengan kekerasan.

Bahkan hasil penelitian Harvard Medical School menunjukkan bahwa orang yang mudah marah berpeluang  tiga kali lipat memiliki penyakit jantung. Dengan kata lain mudah marah pada usia muda merupakan predikator yang baik terhadap serangan jantung  pada hari tua. Semakin tinggi kemarahan seseorang, semakin tinggi pula resikonya. Selain itu, marah dapat mempengaruhi kulitas kesehatan seseorang. Jadi jika benar ingin lebih bahagia, mulailah untuk meninggalkan emosi ini.

Memiliki rasa malu itu wajar namun jika berlebihan jadi pertanyaan!

Emosi yang satu ini adalah sesuatu yang sering membuat kita kalang kabut dan juga ampuh untuk mengacaukan konsentrasi. Coba ingat kapan terakhir kali kita merasa malu? Hal yang kemungkinan menjadi alasannya pun beragam. Dari hal tersebut kita sering merasa bahwa diri tidak sebaik orang lain, yang jika dipelihara dengan baik akan melukai kita nantinya. Namun jika ternyata rasa malu yang timbul dikarenakan sikap dari orang lain. Kita bisa menerima itu sebagai bentuk kekhawatiran darinya, mungkin ia sedang ingin menjatuhkan kita karena tak ingin disaingi.

Menurut seorang Psikologi di media Online, emosi malu adalah salah satu emosi dari hasil penilaian terhadap diri sendiri. selain malu, emosi yang muncul dari penilaian diri sendiri meliputi rasa bangga, sombong, bingung, dan rasa bersalah. Untuk menghindari rasa malu yang berlebihan mulailah dengan menghargai setiap usaha yang kita lakukan. Atau belajar untuk merespon kesalahan dengan tertawa, ini akan jauh lebih baik dari pada harus tenggelam dalam rasa malu yang nyatanya merugikan kita sendiri.

Berhenti sejenak untuk mengevaluasi diri jauh lebih baik daripada harus tenggelam dalam frustasi!

Berbuat salah dalam cerita perjalanan hidup adalah bagian yang memang harus kita ambil. Langkah ini akan menentukan apakah kita akan bahagia atau tidak. Meski terdengar mudah namun nyatanya hal ini sangat sulit untuk diaplikasikan. Ketika sedang mengalami frustasi rasa marah dan benci pun ikut serta didalamnya. Namun dari kegagalan ini harusnya kita bisa lebih belajar, menyadari bahwa tidak selamanya sesuatu yang kita inginkan bisa berjalan sesuai rencana. Dengan demikian akan ada semangat baru yang kita peroleh. Mengerti tentang bagaimana harus menyikapi kekalahan dan kesalahan yang diperbuat. Selain menghindari diri dari rasa frustasi ini juga akan membantu diri untuk lebih bebas dalam berekspresi. Tantanglah diri untuk lebih bahagia lagi, lakukan sesuatu yang baru. Meski akan ada kelasalahan setidaknya kita akan merasa senang pernah berbuat sesuatu. Dan meski gagal untuk kesekian kalinya, tetap semangat dan jangan pernah menyerah.

Menyadari kesalahan itu baik, tapi rasa bersalah yang terlalu dalam malah akan membuat diri merugi!

Kita harus bisa membedakan bagaimana rasa bersalah yang muncul karena menyadari kesalahan dan bagaimana rasa bersalah yang datang hanya karena emosional. Kesadaran akan kesalahan tentu akan membuat hidup kita lebih tenang. Untuk itu segera mengucap maaf jadi kuncinya, namun jika ternyata rasa bersalah yang kita miliki datang dari sesuatu yang lain akan menjadi berbeda. Dalam hal ini kita memang perlu lebih peka untuk memahami satu hal dengan latar belakang yang berbeda ini. Keputusan untuk meminta maaf telah menunjukkan bahwa kita telah bertanggungjawab. Untuk kemudian lanjutkan hidup dengan sesuatu yang baru. Tanpa kita sadari titik ini telah membentuk kita jadi pribadi yang lebih baik. Pribadi yang akan selalu berusaha untuk tidak melakukan kesalahan di lain hari lagi.

Karena tidak selamanya hidup akan bahagia, bersedih juga demikian!

Emosi ini biasanya timbul ketika kita sedang dihadapkan dengan keadaan yang mengecewakan atau kegelisahan. Namun kita harus mengerti bahwa tidak semua orang yang ada d isamping kita bisa memahami apa yang kita rasakan. Cobalah untuk menenangkan diri untuk beberapa saat lamanya. Hal lain yang bisa kita lakukan adalah dengan mencoba berbagi cerita atau bahkan menangis. Ini akan merefkesikan tubuh untuk mengeluarkan segala hormon kesedihan yang ada. Karena jika dipendam terlalu dalam akan menimbulkan akibat yang serius dan fatal. Tubuh akan mengalami depresi berat atau malah menggangu kesehatan tubuh. Sikapi semua hal yang mungkin mengecewakan dengan sesuatu yang positif. Karena pandangan yang positif akan selalu memberikan kita efek yang lebih baik dan membuat hidup terasa lebih bahagia.

Terakhir, tempatkan rasa cemburu untuk mendukung hidup yang lebih baik!

Mungkin selama ini cemburu yang kita pahami adalah sesuatu yang mengatakan tentang perasaan takut kehilangan. Baik itu terhadap orangtua, pasangan atau sahabat serta orang terdekat lainnya. Semua akan masuk dalam kategori baik-baik saja jika memang masih dalam batas wajar. Namun jika ternyata cemburu yang kita miliki terlalu berlebihan, Maka bisa jadi sesuatu yang kita takutkan akan benar-benar terjadi. Tempatkan rasa cemburu dengan tetap mengontrol sikap kita pada mereka yang kita cintai. Menunjukkan cemburu yang berlebihan hanya akan membuat mereka merasa dikekang. Sebaliknya tunjukkan rasa sayang yang kita miliki dengan menghormati mereka dengan baik. Jelas ini akan jauh lebih membahagiakan hidup yang kita punya. Semua emosi yang memang sebaiknya kita kelola dengan baik dan satu-satunya orang yang mampu memberikan itu semua adalah diri kita sendiri. Karena kebahagian yang kita inginkan berada pada pilihan dan keputusan yang kita mau.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Puasa Justru Jadi Lebih Boros? Kenapa?

Diawal bulan Ramadhan mungkin kamu berpikiran bahwa momen puasa akan membuatmu lebih hemat. Kamu tidak perlu membeli sarapan dan makan siang. Tidak perlu mengeluarkan uang untuk makan siang  selama sebulan seharusnya bisa membuat kamu hemat. Namun apa yang dibayangkan tak seindah kenyataan, alih-alih irit dan awet, keuanganmu justru malah lebih boros biasanya. Bayangan untuk bisa menjadi hemat dan bisa lebih banyak menabung dari biasanya pun sirna.

Kalau sudah begini, diakhir bulan puasa pun kamu hanya bisa gigit jari. Bahkan bila kurang hati-hati, tabungan kamu pun bisa jadi ikut berkurang demi memenuhi kebutuhanmu selama bulan puasa. Lalu apa yang membuat bulan puasa justru lebih boros dari bulan-bulan sebelumnya. Ini ulasannya.

Harga bahan pangan mendadak melonjak saat bulan puasa terasa sudah biasa tapi ini jelas membuat pengeluaranmu jadi ikut membengkak!

Entah sejak kapan kebiasaan ini timbul, setiap menjelang hari raya besar mendadak harga bahan makanan dan bahan pokok melonjak naik. Entah itu cabai, bawang, ayam, atau bahkan daging semuanya mendadak melonjak. Padahal kalau dipikir-pikir  kebutuhan  pangan bulan Puasa tidak sebanyak bulan lainnya yang harus makan tiga kali sehari. Tapi nyatanya pada saat bulan puasa kebutuhan masyarakat akan bahan pokok justru semakin meningkat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.   Sebuah survei kepada 1505 responden dilakukan oleh situs jakpat mendapatkan hasil bahwa 540 responden dalam survei ini mengaku memiliki perbedaan jumlah belanjaan produk bahan makanan antara bulan Ramadhan dan bulan-bulan lain. 69% dari responden tersebut mengaku bahwa kuantitas jumlah belanjaan mereka justru meningkat di bulan Ramadhan. Adapun lima bahan makanan yang khusus dibeli oleh responden tersebut dibulan Ramadhan meliputi bahan mentah, buah-buahan, sayuran, dan sirup.

Saat lapar dan haus semuanya terlihat enak dan menyegarkan. Lapar mata hanya akan membuatmu boros!

Jam 2 siang sudah mulai memikirkan mau makan apa, buka puasanya pakai apa yang enak, kayaknya ini enak buat buka puasa. Jam 4 sore mikir lagi, wah kayaknya itu enak juga buat buka puasa. Akhirnya 30 menit sebelum buka puasa semua yang terlihat enak diborong. Tanpa sadar kebiasaan yang seperti ini menguras habis kantongmu.   Sedangkan ketika waktu buka puasa sudah tiba, makan dan minum sedikit perut sudah terasa kenyang, dan menyisakan banyak makanan sisa yang tadi kamu beli sesaat sebelum puasa hanya karena laper mata. Kebiasaan seperti ini yang terjadi setiap bulan puasa dan menyebabkan kamu lebih boros dari bulan-bulan sebelumnya. Padahal salah satu tujuan puasa adalah menahan hawa nafsumu, termasuk nafsu ingin berbuka puasa dengan banyak makanan ataupun minuman.

Bulan puasa jadi bulan reuni. Setiap minggunya nyaris selalu ada acara buka puasa bersama dari teman TK sampai teman kerja!

Saat bukan bulan Ramadhan, group sosial media yang berisi teman-temanmu lebih sering sepi. Tapi ketika bulan puasa datang semua group mendadak ramai dan banyak banget yang mengajak kamu untuk buka puasa bersama, mulai dari teman tk sampai teman kerja yang bertemu setiap hari. Entah sejak kapan hal ini bermula, tapi bulan puasa seperti telah menjadi bulan untuk aneka macam reuni. Orang yang sibuk kerja dan tidak bisa bertemu di hari biasa mendadak jadi pada datang ketika buka puasa bersama. Lebih mudah bertemu dibandingkan bulan-bulan biasa, meskipun tetap saja banyak drama yang tercipta hanya untuk menentukan tanggal untuk acara.   Karena banyaknya acara untuk buka puasa bersama yang kamu hadiri, bisa jadi pemicu kamu lebih boros dari biasanya. Entah itu buka puasa bersama seminggu sekali atau bahkan tiap hari karena banyaknya yang mengajak kamu untuk berkumpul. Acara buka puasa ini akan membuat kamu mengeluarkan uang lebih, karena pertemuan yang dilakukan lebih sering di restoran yang sudah ditentukan jadi tempat pertemuan, niat mau irit hanya jadi angan-angan.

Pesta diskon dari semua brand menghiasi bulan puasa dan tentu saja ikut menguras uang direkening

Bulan puasa juga jadi ajang para pebisnis untuk meluncurkan berbagai model baru dengan diskon yang menggiurkan. Dari 10%-90% bisa mereka berikan untuk customer mereka, bahkan beberapa mall besar suka mengadakan midnight sale yang membuat kebanyakan orang tergiur untuk borong semua barang, terutama wanita. Karena diskon inilah yang terkadang buat orang gelap mata, alasan kapan lagi dapat harga murah banget kayak sekarang menjadikan seseorang melakukan pembenaran untuk membeli barang yang bukan menjadi kebutuhan mereka.   Belum lagi jika mereka mendapatkan THR, yang membuat seseorang bisa saja menganggap enteng pengeluaran yang mereka lakukan. Pemakluman-pemakluman yang seperti itu sebenarnya menjadi bumerang tersendiri bagi kamu. Keuangan kamu bisa semakin menipis hanya karena keinginan sesaat. Bukan tidak mungkin hal itu akan kamu sesali nantinya.

Tradisi salam tempel membuat kamu harus jadi om dan tante yang baik untuk keponakan-keponakan tersayang, budget ini juga ikut menambah pengeluaranmu

Kalau dulu biasanya kamu dapat salam tempel dari kakek nenek, ibu bapak, bude pakde, om tante. Sekarang pun roda berputar, bukan lagi kamu yang dapat tapi kamu yang harus mengeluarkan uang untuk tradisi salam tempel yang sudah mendarah daging di Indonesia. tradisi yang ada hanya dihari raya ini membuat kamu mau tidak mau harus memikirkan budget tersendiri untuk pengeluaran ini. Kalau ponakan kamu satu atau dua mungkin tidak  masalah, tapi kalau ada 20 bagaimana? Hmmm, kebahagiaan mereka tidak bisa terganti. Lagipula tradisi ini juga sebagai ajangmu untuk berbagi rejeki dengan orang-orang tersayang. Namun kamu juga harus memikirkan jumlah uang yang akan diberikan harus sesuai dengan kondisi keuanganmu dan jangan memaksakan keadaan.

Dari banyaknya penyebab yang membuat kamu semakin boros, kamu masih tetap bisa berhemat dengan cara-cara ini!

Karena kamu sudah mengetahui apa penyebab yang membuat keuanganmu semakin boros di bulan puasa dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Kamu bisa tahu apa saja yang harus kamu lakukan untuk mencegah dompet dan rekeningmu mendadak tiris. Sekarang tugasmu untuk menyiasati cara untuk tak menguras habis uangmu saat bulan puasa. Seperti tidak mengikuti nafsu saat membeli makanan untuk berbuka ataupun sahur. Belajar dari pengalaman, saat buka puasa mengkonsumsi banyak makan hanya akan membuat perutmu sakit dan pencernaan juga jadi terganggu.   Karena tujuan puasa tidak hanya menahan lapar dan haus untuk bisa merasakan penderitaan orang lain yang kurang beruntung dari kita, namun juga untuk mengendalikan ego dan hawa nafsu yang kita punya, karena itu mulailah bisa memilah apa yang menjadi prioritasmu dan mana yang hanya sebatas keinginanmu. Dari makanan sampai pakaian, Ramadhan hadir tak sekedar menjadi perayaan namun melatih diri untuk tetap sederhana. Secara logika seorang pun tidak akan pernah tahu apakah pakaian yang kamu kenakan baru atau lama, saat kamu mencuci pakaian semua akan terlihat sama. Jadi jangan mengikuti gengsimu, itu tidak akan membuatmu terlihat hebat tapi justru akan menyusahkan dirimu sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top