Community

Ingin Cepat Kaya Meski Gaji Pas-pasan? Trik Berhemat Hingga 50% Ini Harus Kamu Coba!

Setiap tahun, bahkan setiap 6 bulan sekali, harga kebutuhan pokok di Indonesia mengalami inflasi. Buat kamu yang belum tahu, inflasi adalah kemerosotan nilai uang (kertas) karena cepatnya uang kertas beredar sehingga menyebabkan naiknya harga barang-barang (sumber: KBBI).

Nah, akibat inflasi inilah banyak harga barang mengalami kenaikan, apalagi dimomen-momen tertentu seperti saat memasuki bulan Ramadhan, natal, atau tahun baru. Meski saat ini kamu belum mempunyai tanggungan keluarga, setidaknya kamu pun harus hidup berhemat. Hal ini, agar kamu memiliki persiapan ketika semua harga mengalami kenaikan dan tidak membuatmu harus pinjam uang ke teman bahkan ke bank untuk memenuhi kebutuhan sehari-harimu.

Bagaimana caranya? Berikut beberapa hal yang bisa kamu terapkan dikehidupan sehari-hari untuk mengelola keuanganmu agar tidak defisit karena harga kebutuhan pokok yang terus naik.

Buatlah Daftar Keluar-Masuk Uang Yang Jelas

Banyak dari kita yang sering melakukan pemborosan dikarenakan tidak pernah membuat catatan tentang dana yang masuk dan keluar. Akibatnya, kita tidak tahu persis dana yang keluar itu telah digunakan untuk apa saja. Kamu hanya tahu setiap hari uangmu berkurang tanpa perhitungan yang jelas.

Catatan keuangan ini berguna lho agar kamu tahu dengan jelas kemana dana yang kamu peroleh digunakan, kamu juga bisa membuat anggaran dana jika punya catatan keuangan agar tidak terlalu boros saat menggunakan uang.

Ketika Ada Diskon, Manfaatkan Hal Itu untuk Membeli Perlengkapan Sehari-hari

Jika ada diskon pasta gigi, minyak goreng, telur, atau apa pun itu, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengurangi anggaran belanja bulanan. Bila perlu ketika barang yang kamu butukan sedang diskon, kamu bisa membelinya dalam jumlah cukup banyak untuk stok satu bulan. Memang sih barang diskonan jumlah potongannya tidak terlalu banyak. Tetapi, potongan harga ini sangat bermanfaat jika kamu sedang ingin berhemat.

Usahakan Untuk Memiliki Tempat Penyimpanan Uang yang Berbeda-beda

Disarankan agar kamu memiliki tempat penyimpanan uang yang berbeda-beda untuk terhindar dari sifat boros. Tempat penyimpanan uang itu bisa kamu sesuaikan dengan skala prioritasnya. Misalnya, kamu mempunyai tiga buah rekening yang diperuntukan untuk menabung, kebutuhan sehari-hari, dan dana untuk keperluan mendesak.

Memang ribet sih, tapi ini semua demi keuanganmu yang sehat dan terhindar dari sifat boros. Setiap kali gaji kamu masuk, segera sisihkan 20%-nya untuk menabung. Kemudian sisanya disimpan untuk kebutuhan sehari-hari dan dana mendesak.

Oia, jika kamu tidak ingin penghasilanmu dipotong karena adanya bunga bank dan biaya administrasi bank, kamu bisa menyimpan uangmu dengan cara tradisional, yakni simpan di celengan atau kotak khusus yang jauh dari pandangan mata agar kamu terhindar dari godaan untuk memakainya.

Jangan Mudah Terbawa Nafsu Ketika Berbelanja

Ini yang biasanya membuat kita jadi berperilaku boros. Mudah terbawa nafsu untuk membeli barang-barang yang menurut kita lucu atau menarik. Saat berjalan-jalan di mal, usahakan untuk tidak mudah tergoda oleh tawaran SPG/SPB yang menawarkan barang padamu.

Jika kamu tidak benar-benar butuh atau masih ada barang di rumah yang bagus, kamu tidak perlu membelinya. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan ya!

Menabunglah Menggunakan Rumus 80-20!

Seorang pemikir manajemen bisnis bernama Joseph M. Juran memperkenalkan konsep menabung 80-20. Konsepnya dari rumus ini sangat sederhana. Kamu hanya perlu menabung sebesar 20% dari pendapatan bersih yang telah kamu peroleh. Kemudian gunakan sisanya untuk dibelanjakan. Sebesar 50% dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, sedangkan 30% sisanya dipakai untuk membeli apa yang kita inginkan.

Saat kamu telah terbiasa menggunakan rumus ini, uang simpananmu bisa digunakan untuk hal lain guna meningkatkan pendapatan yang lebih besar. Salah satunya dengan mulai melakukan investasi misalnya.

Jangan Pelit untuk Saling Berbagi Rezeki dengan Orang Lain, Kamu Tidak akan Jatuh Miskin Hanya Karena Memberi

Terakhir, jangan pelit untuk berbagi rezeki dengan orang lain. Semakin banyak kamu berbagi, semakin terbuka lebar pintu rezekimu. Jangan takut miskin karena telah berbagi dengan orang lain, justru kamu akan mendapatkan bekal untuk pergi menuju surga-Nya. Apalagi sebentar lagi bulan Ramadan tiba, bulan ini adalah waktu yang tepat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Justru hal yang salah adalah jika kamu berbagi penghasilan dengan orang yang tidak semestinya dan untuk kegiatan yang tidak baik. Misalnya, pergi berfoya-foya bersama teman, mentraktir teman untuk mabuk-mabukan, menggunakan uang untuk tujuan jahat, dan hal-hal lainnya.

Mudahkan trik di atas? Jika, kamu sudah membiasakan diri untuk menabung bukan tidak mungkin kamu bisa mulai usaha sendiri. Banyak orang dengan kekayaan melimpah justru dari mulai membuka usaha sendiri, bukan bekerja untuk orang lain.

Nah, jika bisa berhemat hingga 50%, tak mustahil keinginanmu untuk cepat kaya bisa segera terwujud? Yuk, mulai menabung dari sekarang agar kamu tidak sengsara dimasa tua!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Dibandingkan Spanyol Atau Italia, Pecinta Motor Tanah Air Jauh Lebih Gila

Kalau bicara soal motor apalagi MotoGP rasanya Italia dan Spanyol merupakan dua negara teratas. Sebagian besar pembalap kasta tertinggi balap motor dihuni oleh warga dari kedua negara tersebut. Setiap gelaran di kedua negara itu juga hampir selalu pecah rekor untuk soal jumlah penonton.

Tapi jangan salah, kalau saja MotoGP diadakan di Indonesia, bisa jadi negara kita jadi nomor satu soal antusiasme masyarakatnya dengan motor. Beberapa kali pembalap MotoGP singgah di Indonesia selalu takjub dengan kegilaan orang Indonesia akan motor.

Tak terkecuali Rrasa antusias bikers di Indonesia yang membuat Andre Iannone dan Alex Rins terpukau. Mereka tidak menyangka kalau para bikers di Indonesia sebegitu besar dan heboh. Hal ini disampaikan kala Iannone dan Rins sedang melakukan kunjungan ke Indonesia dalam event Suzuki Bike Meet Jambore Nasional 2018 yang diadakan di sentul.

Event kali ini merangkul 3.000 bikers dari 63 klub dan komunitas Suzuki yang saling bekerjasama dengan PT.SIS (Suzuki Indomobil Sales). Acara dihelat di Sentul Sirkuit, Bogor daerah Jawa Barat. Yang mana acara pembuka dilakukan dengan iring-iringan yang dipimpin kedua pembalap Team Suzuki Ecstar MotoGP 2018.

Andrea Iannone dan Alex Rins disuguhkan Suzuki GSX-R150. Tak cuma mereka brand ambassador GSX-R150, Hamish Daud sebagai ambasador GSX juga ikut serta di acara ini. GSX dipilih karena mencirikan aura MotoGP.

Tampil dengan model full fairing, GSX-R150 tampilannya memang tampak serupa dengan tunggangan pebalap di arena MotoGP. Lampu depan yang menyudut tajam memberikan kesan yang sangat agresif. Struktur jok pengemudi dan penumpang yang tinggi makin memperkuat kesan ini, karena posisi berkendara jadi menunduk.

Berbekal mesin overbore, DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan kapasitas 150cc dan berkompresi 11,5 : 1 yang sudah dilengkapi teknologi fuel injection yang canggih untuk pembakaran maksimal, GSX-R150 menghasilkan tenaga sebesar 14,1 kw/10.500 rpm dan torsi sebesar 14 nm/9.000 rpm yang tersalurkan dengan kuat melalui transmisi 6 percepatan.

“Saya tidak menyangka kekuatan bikers Suzuki di Indonesia sangat luar biasa seperti ini. Senang sekali saya mendapatkan pengalaman yang sangat beragam dan berbeda bersama rekan balap saya dan ribuan bikers Suzuki,” ungkap Alex Rins.

Kehebohan dari komunitas dan klub terpancar dari acara yang diadakan sejak pagi hari jam 10, sudah dipenuhi oleh ribuan bikers yang berdatangan dari Tanggerang, Cikarang, Cengkareng, Parung dan lain-lain. Bahkan beberapa dari mereka ada yang berangkat ketika matahari belum terbangun dari tidurnya.

Rasa antusiasme total yang diperlihatkan bikers juga dirasakan oleh Andrea Iannone. Ia pun beranggapan antusiasme publik tanah air jadi dorongan luar biasa baginya untuk lebih berprestasi di ajang MotoGP.

“Ini adalah kali pertama bagi saya bisa larut dalam kegembiraan fans Suzuki. Saya sangat menikmati momen hari ini, dan semoga semangat teman-teman bikers Suzuki bisa menambah semangat saya sendiri untuk tampil lebih mengensankan di musim MotoGP 2018 bersama tim saya,” kata Iannone.

Meskipun acara seperti ini bukan yang pertama bagi kedua pembalap. Namun, Iannone mengungkapkan bahwa di Indonesia lebih meriah dari pada Italia dan Spanyol. Lantaran banyak bikers yang ikut serta dalam event ini apalagi pada saat konvoi yang dilakukan sepanjang track Sentul sirkuit.

“Seperti yang Iannone katakan, kami beberapa kali mengadakan acara serupa. Tapi di sini berbeda karena kami (Iannone dan Rins -red) berkendaraan dengan banyak orang. Apabila tahun ini sukses kami ingin mengdakan acara yang lebih besar,:” tambah Alex Rins.

Antusias yang diperlihatkan oleh para bikers dapat menghipnotis Alex Rins dan Andrea Iannone untuk mewujudkan kembali acara serupa di tahun mendatang. Karena selain menjadi wadah berjumpa dengan pembalap luar, hal ini juga menjadi ajang silaturahmi para klub dan komunitas Suzuki

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top