Feature

Kamu Hobi Travelling? Selamat, Kamu Termasuk Orang Sukses!

pelancong

Sukses sendiri sudah banyak sekali definisinya. Apalagi ketika kita mencari pentunjuk untuk menjadi orang sukses. Hasilnya jauh lebih banyak lagi. Kendati begitu, ada beberapa sifat dasar yang ternyata dimiliki oleh para orang-orang yang umum disebut masyarakat sebagai orang sukses.

Nah, beruntunglah mereka yang senang travelling alias melancong. Sebab, ternyata para traveller kerap kali mengasah karakter dan sifat yang bisa mendukung sebagai orang sukses. Memangnya apa saja itu? Berikut diantaranya.

1. Mampu Berkembang Di Luar Zona Nyaman

Orang-orang sukses adalah mereka yang berani meninggalkan zona nyamannya. Sebut saja misalnya Mark Zuckerberg yang keluar dari kuliahnya sesaat sebelum lulus karena ingin berkonsentrasi mengembangkan Facebook. Atau lihat pembalap MotoGP Valentino Rossi yang keluar dari tim Honda, untuk pindah ke tim Yamaha yang notabene masih kalah jauh pada saat itu.

Namun, langkah-langkah berani ini lah yang membuat mereka bisa sangat sukses. Ragam pengalaman di luar zona nyaman ini yang bisa membentuk mereka menjadi pribadi yang tangguh.

Nah, beruntungnya para Traveller, berada di luar zona nyaman adalah makanan sehari-hari ketika sedang melakukan perjalanan. Sering kali situasi yang dihadapi tidak senyaman kondisi di tempat asal. Belum lagi kondisi yang tak selalu sejalan dengan perencanaan. Dengan terus melatih diri disituasi macam ini, para pelancong lebih bisa bereaksi tenang dan efektif di luar zona nyaman mereka.

2. Menyambut Perubahan Dengan Tangan Terbuka

Para pelancong menyukai perubahan. Traveller selalu dikelilingi hal-hal baru dan kondisi yang berbeda. Hal ini bahkan dilakukan untuk menghindari kebosanan dan bisa tetap fokus pada apa yang dikerjakan sehari-hari. Kondisi macam ini sangat dekat kaitannya dengan inovasi dan kreativitas.

3. Paham Mengatur Emosi

Bepergian ke suatu tempat sering kali menguras emosi luar dalam. Mulai dari penerbangan yang tertunda, pelayanan penginapan yang tak sesuai janji, pemeriksaan bandara, bagasi yang hilang dan hal sejenis lainnya.

Traveller diharuskan untuk mampu mengatur emosi dan berpikir tenang dalam tekanan. Orang yang terlatih dan mampu melakukan hal ini biasanya produktivitasnya akan sangat tinggi dan hidupnya akan sangat bahagia.

4. Paham Kapan Harus Percaya Orang Lain

Para pelancong sering kali harus bergantung dengan orang lain yang baru atau malah tidak dikenalnya. Apalagi mereka yang bepergian keluar negeri tentunya harus berhadapan dengan orang yang bahkan bahasanya pun berbeda. Namun, mereka harus bisa menerima hal ini.

Dalam kehidupan dan bisnis, kemampuan mendelegasikan kepercayaan ini sangat penting. Memahami bahwa tidak selamanya diri harus dan bisa mengontrol semua hal adalah kunci kesuksesan. Tidak ada perusahaan besar yang hanya dikelola sendiri khan? Pemilik sebuah usaha lambat laun harus bisa menaruh kepercayaa dan mengelola kontrol kebijakannya jika ingin usahanya berkembang.

5. Mampu Mengelola Rasa Takut Dan Mengatasinya

Kunci dari kesuksesaan adalah memutuskan untuk berani melangkah meski pun sepertinya akan banyak rintangan menghadang. Menjadi seorang traveller adalah soal kemampuan mengatasi rasa takut. Sering kali para pelancong berhadapan dengan situasi “tidak ada jalan kembali”. Karena itu mereka diharuskan bisa mengelola rasa takut.

6. Terbiasa Mengenali Peluang

Bagi mereka yang sudah candu terhadap melancong, akan sangat terbiasa untuk melihat peluang. Mulai dari hunting tiket murah, berstrategi dijalan, mengatur ransum dan sejenisnya. Insting melihat peluang ini sebenarnya merupakan insting dasar manusia. Sayangnya manusia modern sering tidak menggunakannya. Hal berbeda ditemui pada mereka yang gemar melancong.

7. Handal Dalam Bernegosiasi

Traveller harus pandai bernegosiasi agar tidak dimanfaatkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Kemampuan negosiasi yang baik juga dibutuhkan untuk memperoleh hal-hal yang dibutuhkan dalam perjalanan tanpa harus terkesan memaksa orang lain. Kemampuan seperti inilah yang wajib dimiliki oleh para pemimpin sukses.

traveller

8. Melihat Keindahan Ketika Yang Lain Tak Melihatnya

Dalam perjalanan dan di tempat tujuan para pelancong melihat banyak hal. Untuk menjaga emosinya tetap positif, mereka terlatih untuk menyortir hanya melihat hal-hal yang indah. Mata dan otak para traveller terlatih untuk melihat keindahan ketika orang normal hanya menilainya biasa saja. Kemampuan menangkap sisi positif inilah yang akan membawa mereka ke level kesuksesan yang lebih dari orang lain.

9. Percaya Diri Dan Mampu Pura-Pura Percaya Diri

Mereka yang sering bepergian sering kali harus belajar untuk mempercayai dirinya sendiri. Dan Traveller harus yakin bahwa dirinya bisa menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkannya. Kadang kala bahkan para pelancong berada disituasi yang kurang menguntungkan. Tak sengaja masuk di daerah rawan, bertemu orang lokal yang tak ramah, ketika itu para pelancong harus bisa memalsukan rasa percaya dirinya. Sebab orang yang terlihat lemah akan mudah dimanfaatkan.

Kualitas-kualitas macam inilah yang bisa membuat para traveller lebih sukses dibandingkan mereka yang enggan melakukan perjalanan. Tanpa disadari, para pelancong mengasah kemampuan mereka sambil bersenang-senang. Jadi, siap bepergian?

1 Comment

1 Comment

  1. Janiarto Paradise

    April 27, 2015 at 8:56 am

    Aamiin… mudah2an saya termasuk yang sukses juga…. 😀 nice share…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top