Trending

Hati-hati Fotomu Di Instagram Bisa Dijual Orang Tanpa Izin Senilai Rp1 Miliar!

Kamu penggila Instagram? Sudah berapa foto kamu pajang di akun instagrammu? Coba bayangkan kalau ada seseorang yang mengambil fotomu itu dan tanpa izin menjualnya ke orang lain. Apalagi nilainya tak main-main sampai 1 miliar rupiah.

Ya, peristiwa ini bukan isapan jempol. Seorang seniman kontroversial Richard Prince melakukan hal tersebut. Ia mengadakan pameran tunggal “hasil karyanya”. Kenapa harus dibubuhi tanda kutip pada kata “hasil karyanya”? Karena yang dipamerkan Richard adalah screenshot dari foto yang ditaruh orang lain di Instagram.

pameran instagram

Tindakan Richard seolah mengingatkan kita semua bahwa sesuatu yang sudah diposting di internet menjadi ranah publik, dan hukum bisa dibengkokkan dengan sedemikian rupa. Ia dengan tegas menyatakan foto tersebut hasil screenshot akun orang lain. Tidak meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik foto.

Ia pun tidak perlu berkeringat banyak untuk mengubah konten foto. Richard hanya mengubah isi komentar, jumlah like, dan sejenisnya untuk lolos dari jeratan hukum bahwa ia tidak menggunakan foto orang lain. Ia beralasan bahwa ia mereproduksi dengan menscreenshot bukan menggunakan foto orang lain tersebut. Dan karenanya ia tidak perlu membagi keuntungan.

Memang ada untungnya? Ya, hasil utak-utik edit komen itu sudah ada yang terjual. Harganya juga tak main-main. Salah satunya laku seharga $90.000 alias mencapai 1,1 miliar rupiah. Luar biasa bukan, nilai tersebut dibayarkan untuk hasil edit, pembesaran foto dan printer yang sejatinya bisa dilakukan siapapun.

Salah satu pemilik asli dari foto tersebut juga sudah memberikan tanggapannya lewat akun sosial medianya. Pengguna bernama doedeere menyatakan dengan tegas bahwa ia tidak pernah memberi izin kepada Richard Prince untuk menggunakan fotonya tersebut.

Apa Richard Prince tidak khawatir dengan jeratan hukum? Ini bukan kali pertama Richard memanfaatkan celah sempit di ruang hukum. Sejak tahun 1970 ia sudah melakukan hal yang kurang lebih serupa.

Richard memfoto majalah, iklan, buku untuk kemudian memodifikasinya sedikit. Kemudian memamerkannya sebagai barang seni dan menjualnya secara komersial.

hasil foto richard prince

Karya-karyanya ini sudah beberapa kali masuk ke meja hijau. Namun ia selalu lolos dari jeratan hukum. Alasannya karena ia bukan menggunakan barang asli yang di copyright. Ia menggunakan barang publik (majalah, koran, buku, dll), kemudian mentransformasikannya dalam bentuk lain. Prinsip ini juga yang digunakannya pada pameran foto instagramnya yang sedang berlangsung.

Bagaimana dengan kamu? Apa rasanya kalau seseorang menggunakan foto instagrammu dan menjualnya seharga 1 miliar? Apa kamu akan melakukan sesuatu?

3 Comments

3 Comments

  1. angki

    June 6, 2015 at 6:50 am

    wah keren yah boleh lah di ATM ni haseehehh tpi ya bahaya juga yah tapi ya smeua ga ada yg abadi….

  2. cumilebay.com

    June 10, 2015 at 10:08 pm

    Gila 1 milliar … gw juga mau di jual 1 milliar semalam #Ngigau

  3. uwien

    June 25, 2015 at 8:17 am

    Wuiii, 1M. Nggak kuatir ah, kan nggak mainan IG.
    #NggakKekinianBangetDehGue

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top