Trending

Hai Blogger, Kenalkan Ini Pembunuh Blog Yang Paling Tangguh

blog sudah mati

Ini bukan kali pertama blog diprediksi akan mati. Bahkan sejak fenomena blog melesat pesat di 2004, banyak orang yang pesimis bahwa blog bisa bertahan. Di Indonesia, kalau kamu sudah mulai ngeblog dari tahun 2008 pasti pernah panas telinga mendengar pernyataan Roy Suryo.

“Tidak, saya tidak pernah nge-blog dan tidak pernah punya blog karena blog sifatnya hanya tren sesaat, Blog tidak bertanggung jawab, bahkan blogger itu tukang tipu” Begitu Pria Berkumis itu berujar pada 26 Februari 2008.

Di saat yang sama Ahmad Dhani juga mengeluarkan pernyataan keras yang mengatakan bahwa “blog hanya buat orang kurang kerjaan dan bodoh”.

Intinya kedua tokoh tersebut mengatakan bahwa ngeblog bukanlah sebuah kegiatan yang akan bertahan lama. Blogger dan blognya hanya sebuah trend yang tak punya masa depan dan akan habis segera. Apakah terbukti? Tahun berganti dan blog tetap eksis.

Lalu kemudian, maraknya sosial media disebut juga akan mematikan blog tradisional yang berbasis website. Sifat sosial media yang pendek dan cepat dikatakan lebih adaptif dibandingkan blog yang panjang dan bersifat kaku. Apa terbukti? Blog memang sempat mengalami penurunan peminat. Namun di tengah booming sosial media, blog justru kembali berkibar sejak 2013 akhir hingga sekarang.

Blog Memang Hebat, Tunggu Sampai Kamu Tahu ScreenShort

Namun, belakangan muncul trend baru bernama ScreenShort. Apa itu? Mekanismenya simple, untuk kamu pengguna smartphone. Cukup menulis artikel layaknya ngeblog dalam aplikasi note standar yg kamu miliki di gadget. Lalu tulisan tersebut dicapture, screenshot dan dinaikan ke sosial media dalam bentuk gambar.

Lantas kenapa mekanisme simple tersebut dianggap akan mematikan aktivitas ngeblog secara tradisional? Screenshort menjanjikan kemudahan dan kecepatan. Saat ini masih sedikit para blogger yang nyaman melakukan aktivitas bloggingnya melalui smartphone. Semua harus dilakukan melalui laptop atau desktop. Tidak bisa sesegera mungkin dipublish.

Sementara di sisi lain, setiap sosial media memiliki batas karakter untuk bisa memposting secara panjang. Twitter misalnya, hanya bisa 144 Karakter. Instagram, jelas berkonsentrasi di gambar. Facebook, memotong tulisan dengan fitur read more. Jelas tidak adaptif untuk tulisan agak panjang yang biasa disajikan para blogger. Metode Screenshort seolah menjembatani ini. Keinginan menulis panjang terwadahi, sementara kemudhan dan kecepatan bisa diperoleh.

Foto kiriman Lorde (@lordemusic) pada

Menguatnya fenomena Screenshort ini juga didukung oleh perilaku netizen. Para pengguna yang berusia muda, lebih familiar membuka internet melalui aplikasi dan bukan dibrowser. Walhasil, mereka cenderung enggan untuk mengklik sebuah tautan dan untuk kemudian keluar dari aplikasinya.

“Tapi khan, screenshort gak bisa dicustom tampilannya sesuai yang kita mau?”

Sebagian blogger mungkin berpikir demikian. Perlu diketahui, fenomena ini banyak bermunculan di blogger early adaptor dan para pengguna internet muda. Sekali lagi, mereka mengenal internet melalui sosial media dan apps.

Mereka tak pernah berkenalan dengan email yang bisa dicustom, friendster yang bisa digonta-ganti tampilannya, multiply yang bisa diubah-ubah, wordpress dan blogger yang fully custom. Penggunaan internet mereka berkonsentrasi pada konten. Custom yang mereka kenal adalah isi dan konten, bukan lagi disoal tampilan.

Masih belum percaya? Dalam Social Media Week di Indonesia kemarin, Scott Lamb Vice President BuzzFeed, situs yang kini menjadi raja viral itu membuka rahasia angka yang menarik. Disebutnya bahwa saat ini, Buzzfeed mendapatkan 200 juta page view setiap bulannya.

Gila? Tunggu dulu, karena ternyata angka ini sangat kecil jika dibandingkan seluruh total impresi view yang dimiliki Buzzfeed. Melalui seluruh channel sosmednya, Buzzfeed memperoleh 1,6 miliar view setiap bulannya.

Angka ini membuktikan bahwa hanya sedikit pengguna sosial media yang melakukan aktivitas keluar ketika sudah berada dalam apps mereka. Bayangkan tak sampai 20 persennya yang melakukan hal tersebut.

Karena itu Screenshort jadi trend yang menarik buat para pengguna sosial media muda ini. Mereka bisa membaca tulisan panjang menarik, tanpa harus keluar dari apps yang mereka buka. Semua teratur rapi dalam linimasa yang mereka miliki.

Bagaimana Screenshort di Indonesia?

Di luar negeri, fenomena ini sangat dipengaruhi oleh para selebriti. Mereka yang berpengaruh ramai-ramai menggunakan metode screenshort untuk menuliskan buah pikirnya yang panjang.

Di Indonesia fenomena ini belum tampak booming. Masih sedikit yang mencoba terjun menggunakan model screenshort ini.

Namun bukan tak mungkin fenomena ini akan menjadi tren baru di dalam negeri. Hal ini mengingat sebelum fenomena Screenshort muncul pun netizen di Indonesia sering kali mengakali keterbatasan karakter dan fitur sosmednya. Lihat saja bagaimana kultwit akhirnya menjadi begitu trend di sini.

Ya hal ini menggambarkan bagaimana screenshort bisa menjadi penantang serius para blogger tradisional. Tulisan yang dibentuk gambar dan ditaruh di sosial media, punya tingkat share yang jauh lebih besar, karena orang cenderung lebih ragu membagikan sebuah tautan dibandingkan gambar. Beberapa survey juga menyebut, gambar jauh lebih meningkatkan enggagement dibandingkan sebuah link. Apalagi dalam kasus di Indonesia masih banyak pengguna internet yang berlangganan paket bulanan khusus sosmed yang tidak memungkinkan mereka membuka tautan situs lain di luar appsnya. Bagaimana menurut kamu?

15 Comments

15 Comments

  1. Janiarto Paradise

    May 12, 2015 at 10:10 pm

    sosmed hanya satu dari banyak sumber traffic, bahkan, menurut saya sosmed hanya sedikit menyumbangkan traffic… metode baru ini seperti lebih cocok untuk pengikut tren, bukan pencari informasi… sementara pengunjung blog utamanya adalah pencari

  2. sarmanps

    May 13, 2015 at 12:21 am

    Wah, saya malah belum dengar pengguna screenshot mas.. tapi sepertinya ada benarnya juga blog killer yang satu ini..

  3. rudiansyah

    May 13, 2015 at 4:55 am

    Untuk saat ini belum ada yang bisa menandingi blog, karena banyak fungsi selain sarana berbagi dan belajar sekarang blog juga menjanjikan kepada seseorang untuk mendapatkan penghasilan dan itu sangat mudah, lalu apa yang bisa bunuh?? saat ini blm ada.

  4. Irly

    May 13, 2015 at 8:14 am

    Fenomena yang menarik,menurut saya bagaimanapun blog masih mempunyai keunggulan tersendiri, benar kata Mas Janiarto di atas. Selain itu Screenshort ini bentuknya baku, sedangkan di blog, kita masih bisa meng-edit tulisan yang sudah kita buat, entah sekedar memperbaiki typo atau memperbarui informasi yang hendak kita bagikan melalui tulisan 🙂

  5. kw

    May 13, 2015 at 11:18 am

    wah wah wah… tapi blog tetep tak bisa digantikan, karena semua informasi detail personil ada di situ :))

  6. Rangga

    May 13, 2015 at 12:23 pm

    search engine is God!!
    hehe.. gak kepake yg ginian kata sayah mah.. blog tetep punya andil yg lebih besar..

  7. Syafaatfm

    May 13, 2015 at 2:18 pm

    menyimpulkan dari semua penjelasan diatas, menurut saya peran blog tetap tidak bisa digantikan. Kecenderungan banyak orang untuk mencari sumber informasi dari Search engine merupakan salah satu alasan utama. Seperti halnya diatas, Screenshot jg hanya tren, tren yg diikuti segelintir orang saja… Saya merasakannya sendiri…

  8. Aulia

    May 13, 2015 at 3:16 pm

    Tetap goblog, karena yang namanya login terus buka dasbor lalu menulis lebih indah rasanya daripada instan. Istiqamahlah dalam menulis untuk blog 🙂

  9. Indra Permana

    May 13, 2015 at 7:16 pm

    Wah, saya baru tau ada yang kayak gini. Hehehe

    Tapi menurut ane, tetep aja blog memiliki daya tarik tersendiri daripada hanya sebuah screenshot. Walaupun sebenarnya ada dan banyak orang yang merasa cukup hanya dengan melihat screenshot.

  10. Shinta

    May 14, 2015 at 10:27 am

    Setujulah sama semua blogger di atas. Search engine paling utama. Dari jaman Geocities selalu diramalin blog bakal punah. Lah nyatanya sampe sekarang CMS WordPress terus berkembang walo udah banyak platform yang mati.

    Sosial media sekeren apapun bahkan cara screenshot kaya gini juga efeknya cuma menjadi bagian dari blog itu sendiri. Ngga bisa menggantikan apalagi membunuh.

  11. Icah Banjarmasin

    May 14, 2015 at 12:07 pm

    Kalau saya untuk porsi ngeblog sekarang ini sanagat sedikit sekali maklum cari SEPIRING NASI bang…hahahyy

  12. Lastboy

    May 16, 2015 at 9:51 pm

    Mesin pencari tetap yang utama, blog masih bisa bertahan menurut saya 🙂

  13. Resep Aneka Kue

    May 18, 2015 at 4:08 pm

    Blog dan web tidak akan pernah mati selagi masih ada yang namanya Search Engine (SE). Kamu mencari informasi apapun melalui SE, dan akan bertaburan informasi yang banyak sekali contohnya di SE milik google. 🙂 Salam kenal ?

  14. Diana Putri

    June 6, 2015 at 3:05 pm

    terimakasih artikelnya, awalnya saya baca sudah serem sekali, tapi ternyata tidak …

  15. Isa Maulana

    February 11, 2016 at 9:06 pm

    Ya engga laah… gimana bisa screenshot ngalahin blog, no way. Blog ramai salah satunya dijadikan senjata andalan untuk meraup $ oleh para net marketer, seperti gobagi ini.
    Kalo cuma sscreenshot begitu, bisa apppaa…?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Pergi ke Bandung, Bisa Lewat Banyak Cara. Kamu Pilih yang Mana?

Untukmu yang tinggal di kawasan Jabodetabek, mungkin agak suntuk kalau menghabiskan waktu liburan atau akhir pekan hanya di sekitaran tempat tinggalmu. Ingin rasanya pergi sejenak ke luar kota demi menghilangkan kepenatan setelah lima hari dalam seminggu suntuk bekerja di Ibukota. Kota terdekat yang biasanya jadi tujuan warga Jabodetabek untuk berlibur ya salah satunya Bandung.

Berjarak sekitar 150 km dari Jakarta, Bandung menawarkan suasana yang kontras nan asri dibanding Jakarta. Meski tak dipungkiri, kemacetan kini juga mendera kota tersebut—terutama saat hari libur, tapi tak menyurutkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Bandung. Akhir pekan biasanya dipilih, terutama bila ada tanggal merah di hari Jumat, Bandung akan tumpah ruah oleh wisatawan asal Jabodetabek. Menariknya, kini kita tak lagi dipersulit untuk akses ke Bandung. Kamu sendiri, bagaimana? Kalau diminta memilih, kamu akan ke Bandung naik apa?

Naik KRL Disambung Kereta Ekonomi. Meski Memakan Waktu, Setidaknya Tak Memakan Banyak Biaya Perjalanan

Tahukah kamu kalau ongkos ke Bandung bisa bermodalkan kurang dari Rp 30 ribu? Untukmu yang terbiasa naik KRL, barangkali perlu mencoba. Karena ternyata pergi ke Bandung bisa dengan sambung-menyambung KRL sehingga tak memakan ongkos yang cukup banyak. Caranya, dari stasiun asalmu, kamu naik KRL hingga Stasiun Manggarai.

Dari stasiun Manggarai yang adalah stasiun transit, sambung lagi dengan menaiki KRL dengan tujuan akhir Stasiun Cikarang. Selanjutnya, dari Stasiun Cikarang kamu beralih ke kereta ekonomi Walahar jurusan Purwakarta dengan harga tiket Rp 6 ribu. Baru dari Purwakarta, kamu kembali naik kereta ekonomi Cibatuan menuju Bandung hanya dengan tarif Rp 8 ribu. Coba hitung, ongkos perjalananmu dari Jakarta menuju Bandung tak sampai Rp 30ribu. Hemat bukan?

Beli Tiket Bus Travel Agar Tak Lelah dan Bisa Tidur Sepanjang Perjalanan

Kalau tak ingin lelah selama perjalanan ke Bandung, kamu bisa memilih untuk naik bus travel. Apalagi varian bus travel kian beragam dan semakin menawarkan kenyamanan sepanjang perjalanan. Alih-alih lelah, kamu justru bisa tertidur lelap selama perjalanan.

Keberadaan jalan tol Cipularang pun mempercepat perjalananmu dari Jakarta ke Bandung. Di luar adanya situasi waktu tempuh hingga ke pintu tol daerah Bandung bisa dipersingkat hanya 3 jam saja. Nantinya sampai tujuan, kamu cukup check in di penginapan dan melanjutkan agenda jalan-jalanmu. Efisien dan menyenangkan, bukan?

Naik Kereta Argo Parahyangan Demi Efisiensi Waktu

Kereta Argo Parahyangan sudah jadi primadona bila ingin bepergian dari Jakarta ke Bandung. Harga tiket dibawah Rp 100 ribu terbilang cukup terjangkau lantaran fasilitasnya juga mumpuni selama penumpang berada di dalam gerbong kereta. Belilah tiket dari jauh-jauh hari. Karena walaupun hanya bepergian ke Bandung, tiket kereta yang satu ini cukup banyak peminatnya.

Kereta ini memulai rutenya dari Stasiun Gambir dan berakhir di stasiun tujuan, Stasiun Bandung. Hal menarik lainnya kalau kamu memilih naik kereta Argo Parahyangan yaitu pemandangan selama di perjalanan. Rute kereta yang satu ini akan melewati jalur yang cukup ekstrem namun tetap aman. Sebagian dari penumpang mengaku penasaran dan memilih naik kereta ini lantaran ingin menikmati sensasinya berkereta lewat jalur yang ekstrem.

Kalau Pergi Sekeluarga Mungkin Memang Lebih Baik Menyewa Mobil Pribadi

Sementara untukmu yang mungkin memang berencana pergi ke Bandung bersama keluarga besar, memang lebih baik berkendara dengan mobil pribadi. Meski tak senyaman naik travel, yang terpenting kamu tiba di tujuan dengan selamat, bukan? Lagi pula, selama perjalanan, kamu dan anggota keluargamu bisa menghabiskan waktu dengan bercengkrama. Kalau sepanjang hari kerja kamu sukar sekali menemukan momen semacam ini, maka biarlah perjalanan ke Bandung jadi kenangan yang menarik untuk keluargamu.

Tapi Kalau Pergi Bareng Teman Sepermainan, Sangat Disarankan untuk Touring Demi Menambah Pengalaman

Touring ke Bandung? Pasti seru! Apalagi kalau hal ini sudah masuk agendamu bersama kawan-kawan sejak jauh-jauh hari. Kapan lagi kamu bisa berkendara sembari membuat momen agar diingat sampai hari tua? Soal persiapan, H-sebulan sebisa mungkin kamu berdiskusi dengan teman-temanmu agar rencana touring bisa dieksekusi. Terpenting, keselamatan dan keamanan saat berkendara yang pasti harus jadi dua hal utama. Meski mungkin kamu terbiasa touring dengan jarak melebihi Jakarta-Bandung, ingatlah mungkin touring kali ini akan memberikan pengalaman berbeda. Tetap buatlah perjalanan kali ini jadi mengesankan.

Soal kendaraan, kamu bisa mempercayakan kuda besi dari Suzuki yaitu Suzuki GSX-S150. Kamu jangan khawatir, tak hanya nyaman dipakai berkendara sehari-hari, motor ini pun tetap menunjukkan performa yang mumpuni untuk durasi perjalanan jauh.

Untuk urusan dapur pacu GSX-S150 ini disematkan mesin berkapasitas 150 cc DOHC yang sama dengan saudaranya tipe R. Berbekal mesin overbore, DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan kapasitas 150cc dan berkompresi 11,5 : 1 yang sudah dilengkapi teknologi fuel injection yang canggih untuk pembakaran maksimal, GSX-S150 menghasilkan tenaga sebesar 14,1 kw/10.500 rpm dan torsi sebesar 14 nm/9.000 rpm yang tersalurkan dengan kuat melalui transmisi 6 percepatan.

Tipe GSX-S150 ini memang bergaya street fighter yang juga mengadopsi tampilan touring yang cocok untuk perjalanan jauh. Karena itu posisi berkendaranya tak terlalu menunduk macam di tipe R. Handle barnya dibuat lebar dengan posisi yang berada tinggi di atas tangki dan tempat duduk. Tentunya gaya berkendara ini dimaksudkan agar pengemudi tak lekas lelah dalam perjalanan jauh.

Manajemen mesin GSX-S150 ini dilengkapi dengan 6 sensor untuk efisiensi kerja untuk membuat konsumsi bahan bakar lebih ekonomis. Sistem pengapiannya disebut closed loop, dengan adanya oksigen sensor pada pembuangan yang bisa dibilang jarang diterapkan pada motor sekelasnya. Ini juga termasuk penerapan throttle body diameter 32mm dan injektor 10 lubang produk Mitsubishi agar pengabutan campuran bahan bakar lebih atomized. Sebagai bocoroan, teknologi ini serupa yang ada pada GSX-R 1000 loh.

Serunya performa tinggi ini diimbangi dengan radiator yang besar. Dengan ukuran pendingin air yang besar ini, diharapkan suhu mesin akan tetap optimal meski dipacu dengan tenaga maksimal. Dan pastinya akan tetap nyaman jika dipakai dalam durasi perjalanan jauh atau untuk dipakai harian.

Konsisten dengan konsep ini, tangki dibuat aerodinamis dengan bentuk melengkung. Kapasitasnya yang mencapai 11 liter, dipastikan cukup untuk mencapai jarak tempuh jauh. Meski aerodinamis  justru penampilan GSX-S150 ini terlihat cukup gagah. Dijamin perjalan touring ke Bandung akan jadi momen tak terlupakan.

15 Comments

15 Comments

  1. Janiarto Paradise

    May 12, 2015 at 10:10 pm

    sosmed hanya satu dari banyak sumber traffic, bahkan, menurut saya sosmed hanya sedikit menyumbangkan traffic… metode baru ini seperti lebih cocok untuk pengikut tren, bukan pencari informasi… sementara pengunjung blog utamanya adalah pencari

  2. sarmanps

    May 13, 2015 at 12:21 am

    Wah, saya malah belum dengar pengguna screenshot mas.. tapi sepertinya ada benarnya juga blog killer yang satu ini..

  3. rudiansyah

    May 13, 2015 at 4:55 am

    Untuk saat ini belum ada yang bisa menandingi blog, karena banyak fungsi selain sarana berbagi dan belajar sekarang blog juga menjanjikan kepada seseorang untuk mendapatkan penghasilan dan itu sangat mudah, lalu apa yang bisa bunuh?? saat ini blm ada.

  4. Irly

    May 13, 2015 at 8:14 am

    Fenomena yang menarik,menurut saya bagaimanapun blog masih mempunyai keunggulan tersendiri, benar kata Mas Janiarto di atas. Selain itu Screenshort ini bentuknya baku, sedangkan di blog, kita masih bisa meng-edit tulisan yang sudah kita buat, entah sekedar memperbaiki typo atau memperbarui informasi yang hendak kita bagikan melalui tulisan 🙂

  5. kw

    May 13, 2015 at 11:18 am

    wah wah wah… tapi blog tetep tak bisa digantikan, karena semua informasi detail personil ada di situ :))

  6. Rangga

    May 13, 2015 at 12:23 pm

    search engine is God!!
    hehe.. gak kepake yg ginian kata sayah mah.. blog tetep punya andil yg lebih besar..

  7. Syafaatfm

    May 13, 2015 at 2:18 pm

    menyimpulkan dari semua penjelasan diatas, menurut saya peran blog tetap tidak bisa digantikan. Kecenderungan banyak orang untuk mencari sumber informasi dari Search engine merupakan salah satu alasan utama. Seperti halnya diatas, Screenshot jg hanya tren, tren yg diikuti segelintir orang saja… Saya merasakannya sendiri…

  8. Aulia

    May 13, 2015 at 3:16 pm

    Tetap goblog, karena yang namanya login terus buka dasbor lalu menulis lebih indah rasanya daripada instan. Istiqamahlah dalam menulis untuk blog 🙂

  9. Indra Permana

    May 13, 2015 at 7:16 pm

    Wah, saya baru tau ada yang kayak gini. Hehehe

    Tapi menurut ane, tetep aja blog memiliki daya tarik tersendiri daripada hanya sebuah screenshot. Walaupun sebenarnya ada dan banyak orang yang merasa cukup hanya dengan melihat screenshot.

  10. Shinta

    May 14, 2015 at 10:27 am

    Setujulah sama semua blogger di atas. Search engine paling utama. Dari jaman Geocities selalu diramalin blog bakal punah. Lah nyatanya sampe sekarang CMS WordPress terus berkembang walo udah banyak platform yang mati.

    Sosial media sekeren apapun bahkan cara screenshot kaya gini juga efeknya cuma menjadi bagian dari blog itu sendiri. Ngga bisa menggantikan apalagi membunuh.

  11. Icah Banjarmasin

    May 14, 2015 at 12:07 pm

    Kalau saya untuk porsi ngeblog sekarang ini sanagat sedikit sekali maklum cari SEPIRING NASI bang…hahahyy

  12. Lastboy

    May 16, 2015 at 9:51 pm

    Mesin pencari tetap yang utama, blog masih bisa bertahan menurut saya 🙂

  13. Resep Aneka Kue

    May 18, 2015 at 4:08 pm

    Blog dan web tidak akan pernah mati selagi masih ada yang namanya Search Engine (SE). Kamu mencari informasi apapun melalui SE, dan akan bertaburan informasi yang banyak sekali contohnya di SE milik google. 🙂 Salam kenal ?

  14. Diana Putri

    June 6, 2015 at 3:05 pm

    terimakasih artikelnya, awalnya saya baca sudah serem sekali, tapi ternyata tidak …

  15. Isa Maulana

    February 11, 2016 at 9:06 pm

    Ya engga laah… gimana bisa screenshot ngalahin blog, no way. Blog ramai salah satunya dijadikan senjata andalan untuk meraup $ oleh para net marketer, seperti gobagi ini.
    Kalo cuma sscreenshot begitu, bisa apppaa…?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Ternyata Tidak Semua Benda Boleh Dibuang ke Dalam WC, Simak dan Pahami Penjelasannya

Mungkin ini adalah pembahasan yang tak perlu sering dibahas lagi karena banyak yang sudah mengetahuinya. Namun tetap saja banyak yang menyepelekan hal ini. Fakatas yang kita ketahui, wc adalah tempat pembuangan. Tapi perlu diingat, arti kata tempat pembuangan bukan berarti pembuangan untuk semua benda.

Bahkan barang kecil pun yang nampaknya aman-aman saja dan bisa masuk dengan mudah ke wc bisa memiliki dampak yang tidak baik. Karena itulah coba simak penjelasannya dalam artikel ini.

Tampungan WC Harus Terjaga dengan Baik

Meskipun tampungan kotoran dari wc ada  jauh di dalam tanah, kamu harus tetap memperhatikan benda yang masuk ke dalamnya. Jika ada barang yang tak netral ke dalamnya, tentu bisa mencemari kotoran yang ada di dalam tampungan (septic tank). Hal ini tentu akan berbahaya bila merembes ke luar.

Akan Ada Dampak Buruk yang Terjadi Jika Kamu Membuang Benda ke dalam WC Secara Sembarangan

Bayak hal yang bisa terjadi jika kamu masih saja ngotot untuk membuang sembarang benda ke dalam WC. Dampaknya tidak hanya akan dirasakan oleh keluargamu, tapi bisa juga berdampak pada warga yang tinggal di sekitar rumahmu.

Hal yang mungkin terjadi adalah bau yang menyengat karena tercemarnya kotoran yang ada di dalam septic tank dengan benda asing yang masuk ke dalamnya. Selain itu hal ini juga bisa menyebabkan adanya pencemaran tanah akibat bercampurnya kotoran dengan benda asing yang tak seharusnya ikut tercampur di dalam septic tank.

Ini Daftar Benda yang Tidak Boleh Kamu Masukkan ke dalam WC

Jika ditulis semua, mungkin daftar ini akan sangat panjang. Ini hanya beberapa contoh barang yang paling umum kamu masukkan ke dalam wc. Berikut daftarnya:

  • obat-obatan yang sudah tak digunakan
  • tissue wajah
  • pembalut bekas
  • kotoran hewan
  • plastik

Lantas Apa Saja yang Boleh Dibuang ke dalam WC

Jawabannya sederhana. Ada 3 benda saja yang boleh kamu masukkan ke dalam WC, yaitu kotoranmu, air kencingmu, dan tissue toilet. Jika kamu ingin membuang benda selain 3 benda itu, buanglah di tempat sampah saja.

15 Comments

15 Comments

  1. Janiarto Paradise

    May 12, 2015 at 10:10 pm

    sosmed hanya satu dari banyak sumber traffic, bahkan, menurut saya sosmed hanya sedikit menyumbangkan traffic… metode baru ini seperti lebih cocok untuk pengikut tren, bukan pencari informasi… sementara pengunjung blog utamanya adalah pencari

  2. sarmanps

    May 13, 2015 at 12:21 am

    Wah, saya malah belum dengar pengguna screenshot mas.. tapi sepertinya ada benarnya juga blog killer yang satu ini..

  3. rudiansyah

    May 13, 2015 at 4:55 am

    Untuk saat ini belum ada yang bisa menandingi blog, karena banyak fungsi selain sarana berbagi dan belajar sekarang blog juga menjanjikan kepada seseorang untuk mendapatkan penghasilan dan itu sangat mudah, lalu apa yang bisa bunuh?? saat ini blm ada.

  4. Irly

    May 13, 2015 at 8:14 am

    Fenomena yang menarik,menurut saya bagaimanapun blog masih mempunyai keunggulan tersendiri, benar kata Mas Janiarto di atas. Selain itu Screenshort ini bentuknya baku, sedangkan di blog, kita masih bisa meng-edit tulisan yang sudah kita buat, entah sekedar memperbaiki typo atau memperbarui informasi yang hendak kita bagikan melalui tulisan 🙂

  5. kw

    May 13, 2015 at 11:18 am

    wah wah wah… tapi blog tetep tak bisa digantikan, karena semua informasi detail personil ada di situ :))

  6. Rangga

    May 13, 2015 at 12:23 pm

    search engine is God!!
    hehe.. gak kepake yg ginian kata sayah mah.. blog tetep punya andil yg lebih besar..

  7. Syafaatfm

    May 13, 2015 at 2:18 pm

    menyimpulkan dari semua penjelasan diatas, menurut saya peran blog tetap tidak bisa digantikan. Kecenderungan banyak orang untuk mencari sumber informasi dari Search engine merupakan salah satu alasan utama. Seperti halnya diatas, Screenshot jg hanya tren, tren yg diikuti segelintir orang saja… Saya merasakannya sendiri…

  8. Aulia

    May 13, 2015 at 3:16 pm

    Tetap goblog, karena yang namanya login terus buka dasbor lalu menulis lebih indah rasanya daripada instan. Istiqamahlah dalam menulis untuk blog 🙂

  9. Indra Permana

    May 13, 2015 at 7:16 pm

    Wah, saya baru tau ada yang kayak gini. Hehehe

    Tapi menurut ane, tetep aja blog memiliki daya tarik tersendiri daripada hanya sebuah screenshot. Walaupun sebenarnya ada dan banyak orang yang merasa cukup hanya dengan melihat screenshot.

  10. Shinta

    May 14, 2015 at 10:27 am

    Setujulah sama semua blogger di atas. Search engine paling utama. Dari jaman Geocities selalu diramalin blog bakal punah. Lah nyatanya sampe sekarang CMS WordPress terus berkembang walo udah banyak platform yang mati.

    Sosial media sekeren apapun bahkan cara screenshot kaya gini juga efeknya cuma menjadi bagian dari blog itu sendiri. Ngga bisa menggantikan apalagi membunuh.

  11. Icah Banjarmasin

    May 14, 2015 at 12:07 pm

    Kalau saya untuk porsi ngeblog sekarang ini sanagat sedikit sekali maklum cari SEPIRING NASI bang…hahahyy

  12. Lastboy

    May 16, 2015 at 9:51 pm

    Mesin pencari tetap yang utama, blog masih bisa bertahan menurut saya 🙂

  13. Resep Aneka Kue

    May 18, 2015 at 4:08 pm

    Blog dan web tidak akan pernah mati selagi masih ada yang namanya Search Engine (SE). Kamu mencari informasi apapun melalui SE, dan akan bertaburan informasi yang banyak sekali contohnya di SE milik google. 🙂 Salam kenal ?

  14. Diana Putri

    June 6, 2015 at 3:05 pm

    terimakasih artikelnya, awalnya saya baca sudah serem sekali, tapi ternyata tidak …

  15. Isa Maulana

    February 11, 2016 at 9:06 pm

    Ya engga laah… gimana bisa screenshot ngalahin blog, no way. Blog ramai salah satunya dijadikan senjata andalan untuk meraup $ oleh para net marketer, seperti gobagi ini.
    Kalo cuma sscreenshot begitu, bisa apppaa…?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Hanya Tidur Tapi Dibayar Ratusan Juta, Kamu Mau?

Umumnya, untuk menadapatkan uang maka kita harus bekerja. Namun nyatanya ada pekerjaan unik. Kamu hanya perlu tidur untuk bayaran ratusan juta rupiah. Dan orang yang berhasil mendapatkan pekerjaan ini adalah seorang pria bernama Andrew Iwanicki.

Andrew Iwanicki Berhasil Mengalahkan 2500 Pendaftar Lainnya

Setelah melewati tahap seleksi, Andrew berhasil mendapatkan pekerjaan ini dan mengalahkan 2500 pendaftar lainnya. Berawal dari keisengan semata, ternyata dialah yang lolos untuk mendapat pekerjaan unik ini. Setelah seleksi tersebut, Andrew juga harus menjalani tes fisik dan mental.

Dia Diharuskan Tetap Berbaring Selama 70 Hari

Cukup lama memang untuk ukuran tidur normal seseorang yang biasanya hanya beberapa jam dalam sehari. Namun memang hal ini yang menjadi pekerjaannya. Hanya tidur dan berbaring saja tanpa boleh bangun meskipun hanya sebentar.

Susah Buang Air Besar dan Kecil

Pada minggu pertama, Andrew sudah mulai merasakan pegal di seluruh tubuhnya. Punggung pun terasa susah untuk diluruskan. Tidak hanya itu, dia juga mengalami kesulitan untuk buang air besar dan air kecil.

Pekerjaan Ini Bertujuan Untuk Sebuah Penelitian

Sebenarnya pekerjaan ini adalah sebuah penelitian yang dilakukan oleh NASA untuk kepentingan astronot Amerika Serikat saat berada di luar angkasa dalam waktu yang lama. Mengingat jika seseorang terlalu lama berbaring bisa menyebabkan kerusakan pada kepadatan tulang dan menghilangkan masa otot. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan harapan sebagai acuan astronot NASA ke depannya.

Pada Akhirnya Setiap Pekerjaan Memiliki Risikonya Masing-masing

Dengan melihat adanya pekerjaan yang mungkin sebagian orang memandangnya sepele, ternyata kita diperlihatkan bahwa apapun pekerjaannya, pasti memiliki risikonya masing-masing. Karena itu hargailah apapun pekerjaan yang kamu geluti saat ini. Karena di luar sana banyak orang yang sulit mendapatkan pekerjaan dan banyak yang ingin menempati posisi pekerjaanmu saat ini.

15 Comments

15 Comments

  1. Janiarto Paradise

    May 12, 2015 at 10:10 pm

    sosmed hanya satu dari banyak sumber traffic, bahkan, menurut saya sosmed hanya sedikit menyumbangkan traffic… metode baru ini seperti lebih cocok untuk pengikut tren, bukan pencari informasi… sementara pengunjung blog utamanya adalah pencari

  2. sarmanps

    May 13, 2015 at 12:21 am

    Wah, saya malah belum dengar pengguna screenshot mas.. tapi sepertinya ada benarnya juga blog killer yang satu ini..

  3. rudiansyah

    May 13, 2015 at 4:55 am

    Untuk saat ini belum ada yang bisa menandingi blog, karena banyak fungsi selain sarana berbagi dan belajar sekarang blog juga menjanjikan kepada seseorang untuk mendapatkan penghasilan dan itu sangat mudah, lalu apa yang bisa bunuh?? saat ini blm ada.

  4. Irly

    May 13, 2015 at 8:14 am

    Fenomena yang menarik,menurut saya bagaimanapun blog masih mempunyai keunggulan tersendiri, benar kata Mas Janiarto di atas. Selain itu Screenshort ini bentuknya baku, sedangkan di blog, kita masih bisa meng-edit tulisan yang sudah kita buat, entah sekedar memperbaiki typo atau memperbarui informasi yang hendak kita bagikan melalui tulisan 🙂

  5. kw

    May 13, 2015 at 11:18 am

    wah wah wah… tapi blog tetep tak bisa digantikan, karena semua informasi detail personil ada di situ :))

  6. Rangga

    May 13, 2015 at 12:23 pm

    search engine is God!!
    hehe.. gak kepake yg ginian kata sayah mah.. blog tetep punya andil yg lebih besar..

  7. Syafaatfm

    May 13, 2015 at 2:18 pm

    menyimpulkan dari semua penjelasan diatas, menurut saya peran blog tetap tidak bisa digantikan. Kecenderungan banyak orang untuk mencari sumber informasi dari Search engine merupakan salah satu alasan utama. Seperti halnya diatas, Screenshot jg hanya tren, tren yg diikuti segelintir orang saja… Saya merasakannya sendiri…

  8. Aulia

    May 13, 2015 at 3:16 pm

    Tetap goblog, karena yang namanya login terus buka dasbor lalu menulis lebih indah rasanya daripada instan. Istiqamahlah dalam menulis untuk blog 🙂

  9. Indra Permana

    May 13, 2015 at 7:16 pm

    Wah, saya baru tau ada yang kayak gini. Hehehe

    Tapi menurut ane, tetep aja blog memiliki daya tarik tersendiri daripada hanya sebuah screenshot. Walaupun sebenarnya ada dan banyak orang yang merasa cukup hanya dengan melihat screenshot.

  10. Shinta

    May 14, 2015 at 10:27 am

    Setujulah sama semua blogger di atas. Search engine paling utama. Dari jaman Geocities selalu diramalin blog bakal punah. Lah nyatanya sampe sekarang CMS WordPress terus berkembang walo udah banyak platform yang mati.

    Sosial media sekeren apapun bahkan cara screenshot kaya gini juga efeknya cuma menjadi bagian dari blog itu sendiri. Ngga bisa menggantikan apalagi membunuh.

  11. Icah Banjarmasin

    May 14, 2015 at 12:07 pm

    Kalau saya untuk porsi ngeblog sekarang ini sanagat sedikit sekali maklum cari SEPIRING NASI bang…hahahyy

  12. Lastboy

    May 16, 2015 at 9:51 pm

    Mesin pencari tetap yang utama, blog masih bisa bertahan menurut saya 🙂

  13. Resep Aneka Kue

    May 18, 2015 at 4:08 pm

    Blog dan web tidak akan pernah mati selagi masih ada yang namanya Search Engine (SE). Kamu mencari informasi apapun melalui SE, dan akan bertaburan informasi yang banyak sekali contohnya di SE milik google. 🙂 Salam kenal ?

  14. Diana Putri

    June 6, 2015 at 3:05 pm

    terimakasih artikelnya, awalnya saya baca sudah serem sekali, tapi ternyata tidak …

  15. Isa Maulana

    February 11, 2016 at 9:06 pm

    Ya engga laah… gimana bisa screenshot ngalahin blog, no way. Blog ramai salah satunya dijadikan senjata andalan untuk meraup $ oleh para net marketer, seperti gobagi ini.
    Kalo cuma sscreenshot begitu, bisa apppaa…?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Manfaat Luar Biasa yang Bisa Kamu Dapatkan dari Membaca

Ada yang bilang kamu akan melihat seluruh isi dunia dengan membaca. Mungkin pernyataan itu memang benar adanya. Kamu pun akan merasakan manfaat dari membaca saat kamu mulai melakukannya dengan rutin.

Sebab selain membuka jendela kehidupan, ternyata membaca memiliki banyak manfaat lainnya. Yuk simak apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan membaca.

1. Menurukan Tingkat Stress

Saat kamu membaca buku dengan genre komedi, tentunya kamu akan terhibur oleh lelucon yang dibubuhkan penulis di buku tersebut. Manfaatnya, hal ini bisa mengurangi stress yang menyerangmu.

2. Membuat Rasa Simpatimu Meningkat

Kamu akan tahu banyaknya sisi kehidupan dari membaca. Dengan begitu kamu bisa belajar banyak hal dan memupuk rasa simpatimu menjadi lebih besar. Kamu pun akan menjadi sosok yang lebih menghargai hidup.

3. Otak Bisa Bekerja Lebih Baik

Semakin banyak kamu membaca, maka semakin banyak pula pengetahuan yang kamu dapatkan. Pengetahuan itu akan kamu olah di dalam otak. Jika kamu rutin membaca, artinya otakmu pun akan rutin bekerja dan alhasil kinerja otak pun tak berhenti dan bisa bekerja lebih optimal.

4. Mempertajam Ingatan

Sering membaca akan membuat otak lebih sering dalam melakukan penyimpanan memori. Dengan begitu ingatan pun akan lebih tajam dengan lebih seringnya kamu membaca.

5. Mampu Berpikir Logis dan Sistematis

Buku memiliki urutannya di dalamnya. Membacanya akan membuatmu terbiasa berpikir secara sistematis. Selain itu, kamu pun akan lebih mampu berpikir dengan logis sebagai efek dari ilmu yang kamu serap dari hasil membaca.

6. Kemampuan Berimajinasi Lebih Terasah

Membaca lebih banyak buku bisa membuatmu lebih hebat dalam berimajinasi. Saat membaca otomatis daya imajinasimu aka bermain untuk membayangkan hal seperti apa yang penulis tulis di buku tersebut.

7. Mudah Memahami Suatu Masalah

Dengan membaca, kamu akan lebih kritis dalam memahami masalah dan mencari solusinya. Hal ini karena saat kita membaca, kita belajar memahami isi dan maksud dari buku tersebut.

15 Comments

15 Comments

  1. Janiarto Paradise

    May 12, 2015 at 10:10 pm

    sosmed hanya satu dari banyak sumber traffic, bahkan, menurut saya sosmed hanya sedikit menyumbangkan traffic… metode baru ini seperti lebih cocok untuk pengikut tren, bukan pencari informasi… sementara pengunjung blog utamanya adalah pencari

  2. sarmanps

    May 13, 2015 at 12:21 am

    Wah, saya malah belum dengar pengguna screenshot mas.. tapi sepertinya ada benarnya juga blog killer yang satu ini..

  3. rudiansyah

    May 13, 2015 at 4:55 am

    Untuk saat ini belum ada yang bisa menandingi blog, karena banyak fungsi selain sarana berbagi dan belajar sekarang blog juga menjanjikan kepada seseorang untuk mendapatkan penghasilan dan itu sangat mudah, lalu apa yang bisa bunuh?? saat ini blm ada.

  4. Irly

    May 13, 2015 at 8:14 am

    Fenomena yang menarik,menurut saya bagaimanapun blog masih mempunyai keunggulan tersendiri, benar kata Mas Janiarto di atas. Selain itu Screenshort ini bentuknya baku, sedangkan di blog, kita masih bisa meng-edit tulisan yang sudah kita buat, entah sekedar memperbaiki typo atau memperbarui informasi yang hendak kita bagikan melalui tulisan 🙂

  5. kw

    May 13, 2015 at 11:18 am

    wah wah wah… tapi blog tetep tak bisa digantikan, karena semua informasi detail personil ada di situ :))

  6. Rangga

    May 13, 2015 at 12:23 pm

    search engine is God!!
    hehe.. gak kepake yg ginian kata sayah mah.. blog tetep punya andil yg lebih besar..

  7. Syafaatfm

    May 13, 2015 at 2:18 pm

    menyimpulkan dari semua penjelasan diatas, menurut saya peran blog tetap tidak bisa digantikan. Kecenderungan banyak orang untuk mencari sumber informasi dari Search engine merupakan salah satu alasan utama. Seperti halnya diatas, Screenshot jg hanya tren, tren yg diikuti segelintir orang saja… Saya merasakannya sendiri…

  8. Aulia

    May 13, 2015 at 3:16 pm

    Tetap goblog, karena yang namanya login terus buka dasbor lalu menulis lebih indah rasanya daripada instan. Istiqamahlah dalam menulis untuk blog 🙂

  9. Indra Permana

    May 13, 2015 at 7:16 pm

    Wah, saya baru tau ada yang kayak gini. Hehehe

    Tapi menurut ane, tetep aja blog memiliki daya tarik tersendiri daripada hanya sebuah screenshot. Walaupun sebenarnya ada dan banyak orang yang merasa cukup hanya dengan melihat screenshot.

  10. Shinta

    May 14, 2015 at 10:27 am

    Setujulah sama semua blogger di atas. Search engine paling utama. Dari jaman Geocities selalu diramalin blog bakal punah. Lah nyatanya sampe sekarang CMS WordPress terus berkembang walo udah banyak platform yang mati.

    Sosial media sekeren apapun bahkan cara screenshot kaya gini juga efeknya cuma menjadi bagian dari blog itu sendiri. Ngga bisa menggantikan apalagi membunuh.

  11. Icah Banjarmasin

    May 14, 2015 at 12:07 pm

    Kalau saya untuk porsi ngeblog sekarang ini sanagat sedikit sekali maklum cari SEPIRING NASI bang…hahahyy

  12. Lastboy

    May 16, 2015 at 9:51 pm

    Mesin pencari tetap yang utama, blog masih bisa bertahan menurut saya 🙂

  13. Resep Aneka Kue

    May 18, 2015 at 4:08 pm

    Blog dan web tidak akan pernah mati selagi masih ada yang namanya Search Engine (SE). Kamu mencari informasi apapun melalui SE, dan akan bertaburan informasi yang banyak sekali contohnya di SE milik google. 🙂 Salam kenal ?

  14. Diana Putri

    June 6, 2015 at 3:05 pm

    terimakasih artikelnya, awalnya saya baca sudah serem sekali, tapi ternyata tidak …

  15. Isa Maulana

    February 11, 2016 at 9:06 pm

    Ya engga laah… gimana bisa screenshot ngalahin blog, no way. Blog ramai salah satunya dijadikan senjata andalan untuk meraup $ oleh para net marketer, seperti gobagi ini.
    Kalo cuma sscreenshot begitu, bisa apppaa…?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top