Trending

Fenomena Baru Itu Bernama #HariPertamaSekolah

sekolah 9

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Tak Cuma Soal Virus WannaCry, Langkah-Langkah Ini Dapat Membuat Komputermu Lebih Aman

Virus Wannacrypt atau yang lebih dikenal sebagai Wannacry memang sukses bikin banyak orang menangis. Serangan siber yang memanfaatkan alat peretas milik National Security Agency Amerika itu sukses meluluh lantahkan 200 ribu komputer di 100 negara.

Wannacrypt ini tersebar dalam bentuk ransomware. Program jahat itu akan mengunci komputer beserta data milik korban dan meminta tebusan sejumlah uang jika ingin data-data di komputer itu terselamatkan.

Korbannya tak main-main. Di Indonesia misalnya dari mulai perpustakaan universitas Jember sampai rumah sakit sekelas Dharmais menjadi korbannya. Di Inggris bahkan dikabarkan ada korban meninggal dunia, karena data kesehatan yang terkunci oleh virus ini sementara sang pasien dalam keadaan kritis.

Serangan Ransomware, secara umum, dikabarkan meningkat belakangan ini. Kaspersky Lab, dalam sebuah laporannya berjudul “KSN: Report Ransomware in 2014-2016” mengungkapkan, dari April 2015 hingga Maret 2016, terjadi peningkatan korban Ransomware hingga 17,7 persen, atau dari 1.967.784 korban, hingga 2.315.931 korban di seluruh dunia.

Karena itu sejatinya WannaCrypt cuma satu diantara sekian banyak virus berbentuk ransomware. Itu kenapa kita perlu waspada dan melakukan antisipasi.

Sediakan Budget Untuk Selalu Pakai Sistem Operasi Terbaru

Memang menggunakan sistem operasi terbaru macam windows 10 memang tak menjamin 100 persen datamu aman. Tapi setidaknya, serangan virus macam ini umumnya memanfaatkan lubang yang dimiliki oleh sistem operasi jadul.

Wannacrypt misalnya, banyak menyerang sistem operasi yang lebih lama. Apalagi microsoft sudah menghentikan pembaharuan untuk produk XP dan sistem operasi server yang lebih lama. Sementara dibeberapa bidang masih bergantung pada OS ini. Walhasil, Wannacrypt berhasil menyusup. Dan perusahaan besutan Bill Gates itu harus turun gunung menambal lubang di Microsoft XP.

Bukan Berlagak Hipster, Tapi Pakai Sistem Operasi Alternatif Seringnya Lebih Aman

Pengguna produk apple memang bisa tidur nyenyak kemarin. Karena serangan hanya dilakukan ke OS Windows saja. Umumnya program jahat dirancang untuk bergerak di sistem operasi yang lebih banyak digunakan. Sementara sistem tertutup milik apple lebih mempersulit masuknya virus-virus jahat.

Pilihan lain dengan menggunakan sistem operasi alternatif macam Linux dan turunannya. Biasanya para penjahat malas untuk mengkutak-kutik pengguna OS ini karena jumlahnya yang tidak masif.

Kadang Malas Karena Makan Waktu, Tapi Meng-Update OS Adalah Langkah Bijak

Ini memang penyakit kebanyakan dari kita. Karena biasanya mengupdate OS memakan banyak waktu. Apalagi ketika sudah hendak shutdown komputer dan masih ada peringatan sedang mengupdate dan jangan mematikan komputer.

Padahal sesungguhnya langkah ini merupakan salah satu pencegahan terbaik. Sebagai penyedia sistem operasi, perusahaan macam microsft misalnya punya 3500 tenaga keamanan yang selalu siap siaga mencari celah produknya.

Untuk kasus Wannacrypt misalnya, Microsoft sudah menemukan celah ini sejak april dan memberikan update guna menambalnya. Sayangnya masih banyak pengguna windows yang mengabaikan update terbaru ini.

Pakai Program Antivirus Yang Juga Selalu Di Update

Minimal aktifkan windows defender milikmu. Dan tak ada salahnya memperkuatnya dengan antivirus milik pihak ketiga. Namun secanggih apapun program antivirus milikmu, akan sia-sia kalau tidak diperbaharui secara berkala. Karena perkembangan teknologi program jahat juga tak kenal hari libur dan selalu berkembang.

Zaman Begini Masih Pakai Produk Bajakan?

Sudah tak jamannya lagi menggunakan program bajakan. Terlebih sistem operasi bajakan. Biasanya dalam program bajakan sudah ditanam program-program jahat yang siap mencuri data hingga meluluh lantahkan komputermu.

Umumnya, program bajakan ini akan meminta antivirus komputer kita untuk dimatikan. Dengan alasan program tak akan jalan jika antivirus dinyalakan. Begitu diinstall, semua program jahat yang ada di dalamnya akan langsung tersebar tanpa ada yang menghalangi.

Coba Periksa Berulang-ulang Kalau Terima Email Dengan Lampiran File

Virus juga sangat umum tersebar melalu email yang berisi lampiran. Dalam sebuah serangan Ransomware, peretas akan mengirim email pada calon korban. Dalam email yang dikirimkan, peretas menautkan link atau lampiran dan link atau lampiran tersebut. Email yang terkirim dengan iming-iming tertentu agar pengguna komputer lengah dan masuk dalam jebakan.

Saat pengguna komputer meng-klik tautan link atau meng-klik lampiran, program jahat otomatis langsung bekerja. Selanjutnya, malware ini mengenkripsi file, folder, bahkan drive di komputer yang diserang dan meminta tebusan melalui pesan yang peretas tinggalkan. Meskipun korban berhasil membersihkan komputernya dari Ransomware, file, folder, atau drive yang terenkripsi, hampir mustahil bisa digunakan kembali tanpa kunci yang digenggam oleh peretas.

Tak Perlu Kunjungi Situs Yang Aneh-Aneh

Nah, terakhir jangan suka mengunjungi situs yang aneh-aneh. Macam situs-situs musik atau film bajakan, konten esek-esek, perjudian, informasi hoax atau situs-situs tak jelas lainnya. Karena banyak situs yang juga ditanam program-program jahat yang siap melumpuhkan komputermu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Mengapa Jalin Hubungan di Era Modern Justru Rentan Rapuh?

Jika di rata-rata dari jumlah kasus di pengadilan Agama, setiap 2 menit sekali terjadi perceraian di Indonesia. Iya, kamu tidak salah baca jumlahnya memang sebanyak itu. Secara prosentase, 15 persen dari pernikahan, harus kandas di pengadilan.

Tentunya ini sebuah ironi. Ketika di era modern segala hal dikatakan telah terhubung, perceraian justru mengalami peningkatan. Sejatinya para pasangan seharusnya dengan mudah mengail informasi tips-tips langgeng berumah tangga yang bertebaran di internet. Namun hal ini tak mampu mendongkrak suksesnya angka pernikahan. Apa yang menyebabkan usaha mempertahankan bahtera cinta justru lebih rumit di era saat ini?

Cara Kita Berkomunikasi dengan Pasangan Tidaklah Efektif, Meski Ada Smartphone yang Memudahkan Komunikasi

Komunikasi yang baik adalah fondasi bagi suksesnya suatu hubungan. Banyak terjadi kasus dimana emosi dipendam terlalu lama dan akhirnya malah menjadi bom waktu yang berbahaya. Ini terjadi karena tidak terjalinnya komunikasi yang baik.

Meski kini sudah ada ponsel cerdas yang seharusnya bisa memudahkan kita berkomunikasi dengan pasangan, justru keberadaannya malah menjaauhkan kita dari pasangan. Seberapa sering kamu berhubungan dengan pasangan (resmi) kamu dibandingkan dengan pasang status atau membalas komentar? Mana yang lebih penting buatmu, mengetahui kabar terakhir pasangan, atau tak mau ketinggalan informasi viral terakhir di timeline? Seringkali, kita asyik sendiri dengan smartphone daripada harus mengobrol dan mengakrabkan diri dengan pasangan.

Kita Terpaksa Bertahan dengan Orang yang Tidak Sungguh-sungguh Kita Cintai

Kebanyakan dari kita enggan menghabiskan waktu sendirian bukan? Karena ketakutan akan kesendirian ini, banyak orang yang memilih untuk menjalin hubungan dengan orang lain dalam keadaan “terpaksa” hingga akhirnya mereka tidak benar-benar bahagia.

Alasan lainnya mengapa seseorang harus bertahan dengan orang yang tidak sungguh-sungguh dia cintai adalah karena faktor usia, tekanan dari orangtua untuk segera menikah, dan lingkungan. Keadaan-keadaan yang memaksa untuk menjalin sebuah hubungan yang tidak disukai. Hubungan yang dilandasi keterpaksaaan hanya akan berakhir dengan perpisahan.

Gawatnya, tekanan ini diamplifikasi oleh teknologi terkini. Kita bisa dengan mudah menyaksikan kawan kita silih berganti menikah. Lalu di group-group messanger, tak jarang satu dua selentingan di alamatkan pada yang belum menikah. Walhasil, tekanan-tekanan macam ini membuat seseorang memilih untuk menikah padahal belum yakin dengan pasangannya.

Tidak Dilandasi dengan Kepercayaan Satu Sama Lain, Kecanggihan Teknologi Justru Membuat Kita Mudah Cemburu

Selain komunikasi, kunci lainnya agar hubungan dapat bertahan lama adalah kepercayaan satu sama lain. Sayangnya, banyak dari kita yang  tidak menjalankan hal ini ketika menjalin suatu hubungan.

Berapa banyak kita cemburu pada pasangan hingga sampai-sampai kita hampir gila dibuatnya? Hanya karena dia tidak memberi kabar dalam sehari atau karena dia lama membalas pesan WhatsApp yang kita kirim 5 menit yang lalu?

Kecemburuan berasal dari ketidakpercayaan pada pasangan. Ketika foto pasangan mendapatkan “like” atau reaksi lain dari lawan jenis, kita serta merta mudah mengasumsikan dia berselingkuh. Sewaktu melihat mantan pasangan menjadi pengikutnya di sosial media, kita pun merasa terintimidasi. Dan di saat dia tidak segera membalas pesan kita padahal jelas Last Seen-nya baru saja online, masalah besar pun terjadi.

Padahal sesungguhnya, jika hubungan ingin langgeng, kuncinya adalah membangun kepercayaan satu sama lain. Jika sudah percaya, maka tidak ada alasan lagi untuk terlalu cemburu pada pasangan.

Terlalu Sibuk Bekerja Mengejar Materi, Karena Silau Dengan Orang Lain

Konyol memang jika mengatakan hidup tak butuh materi. Namun berkonsentrasi penuh hanya melulu mengejar materi pastinya akan mengabaikan faktor-faktor lain yang sangat penting dalam berhubungan.

Sayangnya, teknologi lagi-lagi berperan dalam memperbesar tuntutan mendapatkan materi lebih ini. Banyak kawan yang memposting perjalanan terakhirnya ke luar negeri misalnya. Lalu tak terhitung juga yang berpose di depan mobil atau rumah barunya. Belum lagi urusan fashion yang tak kalah banyaknya.

Walhasil, tuntutan menghasilkan materi yang setara juga menjadi makin besar. Padahal mungkin pasangan malah tak pernah menuntut lebih. Mereka justru waktunya terbengkalai karena kita makin sibuk memacu diri mendapatkan materi.

Tidak Sabar untuk Mengerti Satu Sama Lain

Masalahnya saat ini, kita sudah dibiasakan dengan segala sesuatu yang cepat.  Makanan cepat saji,  kopi instan, kerja cepat, jalan yang cepat, dan sebagainya. Kebiasaan kita yang  ingin segalanya serba cepat membuat kita jadi tidak sabaran, termasuk dalam soal  percintaan. Segala sesuatu yang cepat dalam soal cinta bisa terlihat ketika kita ada masalah.

Saat ada masalah dengan pasangan, kita rasanya ingin cepat menyelesaikannya. Bukan karena peduli pada hubungan yang sedang dijalani, namun kita terlalu sayang pada waktu kita jika dipakai hanya untuk bertengkar. Alhasil banyak dari kita yang menghindari konflik dengan mengalah secara terpaksa agar tidak terjadi konflik yang berkepanjangan. Ada juga yang menyelesaikan masalah dengan uang.

Padahal, jika kita bisa meluangkan waktu sedikit lebih banyak dan tidak terburu-buru, kita bisa menyelesaikan masalah dengan berdiskusi dan mencari jalan keluar yang disepakati secara bersama-sama. Cara seperti ini merupakan salah satu cara yang baik, agar tidak menyisakan dendam di hati.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Ketika Mobil LCGC Mulai Menguasai Pasar Indonesia

Sewaktu mobil LCGC masuk pasar Indonesia, tak semua pihak optimis dengan kehadiran mobil murah ramah lingkungan ini. Sempat diduga hanya trend sesaat, ternyata justru LCGC kini menyelamatkan target penjualan mobil di tahun 2016.

Hal ini juga diamini oleh Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi. Menurutnya, pertumbuhan industri otomotif 2016 didominasi kendaraan kecil jenis low cost green car (LCGC) yang mencapai lebih dari 20 persen. Kehadiran Toyota Calya dan Daihatsu Sigra disebut Yohannes menjadi salah satu kunci sukses pasar LCGC. Karena selain murah, kedua mobil tersebut juga memiliki kapasitas penumpang hingga tujuh orang. Ia juga optimis, kenaikan ini akan terus terjadi sampai 2017.

Kenaikan angka ini juga diakui oleh Auto2000 selaku founder founder dealer Toyota yang kembali catat penjualan positif di triwulan pertama 2017. Rasa optimis Auto2000 yang ditunjukkan pada awal tahun ini dibuktikan dengan pencapaian penjualan lebih dari 41ribu unit untuk periode 3 bulan pertama. Angka tersebut meningkat sekitar 2000 unit atau 5,2 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 39.360 unit.

Memang Toyota Avanza masih menjadi favorit konsumen kendaraan roda empat dengan penjualan tertinggi sekitar 12 ribu unit atau 30,09 persen dari total penjualan. Namun menariknya, Toyota Calya tahun ini menjadi kontributor kedua di Auto2000 dengan penjualan lebih dari 8200 unit atau 19,95 persen dari total penjualan. Disusul oleh Toyota Kijang Innova sebagai kontributor terbesar ketiga dengan penjualan lebih dari 6ribu unit atau 14,63 persen dari total penjualan.

“Dengan pencapaian sampai bulan Maret ini, kami optimis total penjualan mobil tahun ini minimal sama dengan tahun lalu sekitar 176ribu unit”, ujar chief executive Auto2000 Agus Prajitno.

Hal menarik lainnya penjualan Astra mencatat kenaikan jumlah penjualan di luar daerah Jabodetabek. Penjualan Auto2000 tetap didominasi oleh wilayah Jakarta dengan kontribusi 43,3 persen. Namunterdapat kenaikan di luar wilayah Jakarta dibandingkan dengan tahun 2016, seperti Jawa Barat yang kontribusinya 15,1 persen naik sebesar 1,2 persen, kemudian wilayah Jawa Timur naik sekitar 1,5 persen menjadi 17,7 persen, dan untuk Sumatera naik sebesar 1,3 persen menjadi 17,4 persen. Terakhir untuk Kalimantan dan Bali berkontribusi sekitar 6,5 persen.

Tak mengherankan untuk menopang kenaikan ini Astra2000 kian memperkuat jaringannya. Tidak tanggung – tanggung, Dealer resmi Toyota terbesar ini membuka dua cabang sekaligus di wilayah Sumatera Utara. Total cabang Auto2000 yang sudah resmi dibuka hingga April ini adalah sejumlah 104 cabang, dengan urutan Medan Binjai adalah cabang yang ke 103 dan Medan Marelan adalah cabang yang ke 104.

Untuk mempermudah warga Sumatera Utara mengakses gerainya, tidak sedikit dana yang diinvestasikan untuk kedua cabang ini. Berapa? Total dana yang keluar tidak kurang dari 92,7 Miliar Rupiah, dimana sekitar 54,1 Miliar diinvestasikan untuk mengembangkan Auto2000 Medan Binjai dengan luas tanah total mencapai 9.176 Meter persegi (m2) dan luas bangunan 3.577 m2 di Jl. Medan Binjai Km. 16,7 Desa Sei Semayang, Kecamatan Sunggal, Deliserdang, Sumatera Utara. Cabang ini ditunjang ditunjang dengan 20 stall yang terdiri dari 12 stall untuk perbaikan umum (General Repair), 2 stall Express Maintenance, serta 6 stall khusus untuk pelayanan lainnya.

Sedangkan cabang Auto2000 Medan Marelan, yang berlokasi di Jl. Titi Pahlawan, Desa Labuhan Deli, Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara, Auto2000 menginvestasikan dana sebesar 38,6 Milyar untuk atas tanah seluas 5.826 meter persegi (m2) dengan luas bangunan 2.928 m2. Dilengkapi dengan 14 stall yang terdiri dari 9 stall untuk perbaikan umum (General Repair), 2 stall Express Maintenance, serta 3 stall khusus untuk pelayanan lainnya.

“Kami optimis, dengan hadirnya cabang Binjai dan Medan Marelan akan memberikan kontribusi positif bagi Toyota Indonesia baik dari sisi penjualan ataupun unit entry servis. “ ujar Operation Manager wilayah Sumatera Judianto.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top