Community

Cuaca Panas Menerpa? Perbaiki Hunianmu dengan 4 Hal Ini

Indonesia dikenal sebagai negara dengan iklim tropis. Sehingga wajar jika terkadang panas yang menerpa wilayah Indonesia cukup ekstrim. Hal ini pun tak jarang mengganggu kenyamanan kamu saat berada di rumah. Nah, solusi buat kamu nih, coba lakukan 5 perbaikan ini pada hunianmu.

1. Memasang Kerai pada Jendela Rumahmu

Mengandalkan tirai kain biasa terkadang nggak cukup untuk mengatasi teriknya matahari di luar rumah. Solusinya kamu bias memasang kerai yang terbuak dari bambu atau bahan lainnya pada jendela rumahmu. Selain membuat rumahmu tak terlalu panas, kerai juga mampu membuat tampilan rumahmu menjadi lebih stylish.

2. Gunakan Jenis Kaca Film

Kamu pasti tahu kan jenis kaca film seperti apa? Biasanya kaca film digunakan untuk kaca mobil. Nah kaca ini memiliki kelebihan dalam hal menghalau sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Jadi hawa di dalam rumah pun tak lagi terlalu panas.

3. Memilih Cat Tembok dengan Warna Terang

Pada dasarnya untuk wilayah dengan iklim tropis memang disarankan untuk menggunakan cat tembok dengan warna terang. Terutama warna putih, karena warna putih dapat memantulkan panas. Nah agar tampilan rumah tak terkesan membosankan, kamu bisa memadukan cat tembok warna putih dengan warna-warna terang lainnya.

4. Menanam Tanaman Rambat di Tembok Luar Rumah

Untuk mencegah sinar matahari masuk secara langsung ke dalam hunian, kamu bisa mengakalinya dengan menanam tanaman rambat di dinding luar hunianmu. Tetapi kamu juga harus rutin mengecek keadaan tanamanmu secara berkala, pastikan akar tumbuhan tidak merusak tembok dinding rumahmu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Menurut Otomotif Award, Motor Ini Merupakan Motor Bebek Terbaik

Otomotif Award tahun 2018 ini jadi gelaran ke 11 penghargaan untuk industri otomotif tanah air. Kali ini tema yang diusung adalah “the right choice”. Tema ini mencerminkan bahwa setiap pemenang merupakan rekomendasi terbaik untuk satu tahun 2018.

Ada dua kategori yang menarik yaitu best of the best cub alias motor kategori bebek terbaik dan kategori best of hypercub. Menjadi menarik karena kedua kategori ini dimenangkan oleh motor yang sama, yaitu All New Satria F150.

Hal ini seolah mempertegas All New Satria F150 sebagai produk yang superior, karena berhasil menang di berbagai sektor penilaian. Dengan perolehan poin penilaian yang tinggi, alhasil All New Satria F150 dinobatkan menjadi yang terbaik di kelas cub/bebek 150cc dan sekaligus mengalahkan perolehan poin motor cub/bebek di kelas lainnya.

Meski produk baru namun Suzuki tak mau penggemar setia Satria kecewa. Karena itu All New Satria 150 ini tetap setia mengusung tema Hyperunderbone. Dapur pacu tetap bertenaga ekstra lewat pemilihan 1150 cc DOHC 4 valve.

Semburan tenaganya bisa mencapai 13,6 KW pada 10 ribu RPM. Sementara torsinya mencapai 13,8 KW pada 8500 RPM. Sistem bahan bakarnya menganut injeksi dengan pengapian standar euro 3. Dengan mesin macam ini jelas dapat penilaian sangat baik pada ajang kali ini.

Apalagi dari segi tampilan, Suzuki melakukan gebrakan baru untuk warna standar yang selama ini mungkin sudah kita kenal. Kali ini pilihannya mulai dari Brillian White, Stronger Red dan Titan Black. Suzuki menyebut, variasi warna-warna ini lahir dari tren dasar otomotif yang digemari pada masa kini.

 

Suzuki sengaja memilih dominasi warna tunggal pada varian standar ini. Hal itu bertujuan untuk memudahkan para pemiliknya yang ingin berkreasi sepuasanya pada si kuda besi kesayangan. Sebab penggemar setia Satria memang dikenal gemar memodifikasi tunggangannya.

Untuk kamu yang mungkin senang terlihat berkelas dan bersih, Brillian White yang tampilan warna putihnya kini lebih mendominasi dari seri sebelumnya, mungkin bisa kamu jadikan pilihan. Sedangkan yang senang menjadi pusat perhatian Stronger Red dengan warnanya yang lebih menyala mungkin tentu layak jadi tunggangan. Mereka yang gemar elegan bisa memilih Titan Black.

Jika 3 warna lain dari wajah baru Satria F150 hadir untuk memenuhi gaya hidup anak muda masa kini. Daya pikat dari 2 warna yang spesial berikutnya ini juga tak kalah hebatnya. Bagaimana tidak, Titan Black Red dan Metallic Triton Blue, identik dengan tampilan Suzuki GSX-RR milik Team Suzuki Ecstar di MotoGP 2017. Sehingga membantumu menunjukkan sisi kejantanan yang ingin kamu tunjukkan.

Maka tak heran jika warna biru pada Metallic Triton Blue, untuk seri ini membuat tampilan motor lebih tajam dipadu striping ala Suzuki MotoGP 2017 yang cerah, memberikan kesan pengendara yang antusias dan serius.

Dengan kombinasi macam itu tak heran jika All New Satria F150 berhasil menggaget dua penghargaan bergensi tersebut. Menyambut penghargaan yang baik ini, Yohan Yahya – Department Head of Sales & Marketing 2W SIS berkomentar, “Terima kasih kami ucapkan kepada tim Tabloid Otomotif yang telah memberikan penghargaan dan kepercayaan Best of The Best Cub kepada Suzuki All New Satria F150. Dengan hal ini berarti Suzuki telah berhasil memberikan produk sesuai kebutuhan publik masa kini. Selain itu dengan penghargaan spesial sebagai public relations terbaik tahun ini, meyakinkan kami bahwa apa yang sudah kami berikan dan lakukan dengan teman-teman Jurnalis sudah memenuhi kebutuhan mereka terhadap informasi yang berkualitas.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Tampilan Memang Penting, Tapi Beli Motor Harus Perhatikan Mesinnya

Tak salah memang memilih motor karena tampilannya. Tapi sejatinya motor juga adalah tentang mesinnya. Tampilannya oke tapi kalau mesinnya payah untuk apa.

Karena mesin itu ibarat jantung bagi motor. Vital dan jadi penentu keseluruhan kinerja. Karena itu penting untuk memahami urusan satu ini sebelum memutuskan membeli motor. Setidaknya pilihlah yang sesuai dengan karakter berkendara kamu

Di Indonesia sendiri terdapat tiga tipe mesin yang umum diaplikasikan pada kendaraan roda dua. Tak cuma soal dimensi namun karakteristiknya pun berbeda.

Pertama adalah tipe Overstroke. Mesin ini memiliki langkah piston (stroke) lebih besar dari diameter piston (bore). Mesin dengan tipe ini punya karakteristik mampu mengeluarkan tenaga dan torsi yang besar pada RPM rendah dan menengah.

Tenaga puncaknya bisa diraih di rpm yang rendah. Hal ini membuat motor dengan mesin overstroke bisa lincah dalam mengarungi kemacetan kota atau medan berat. Kekurangannya, putaran mesin tak bisa terlalu tinggi dan jika dipaksakan bisa beresiko mesin jebol.

Kedua adalah mesin Square. Mesin disebut square jika angka diameter dan langkah pistonnya sama atau hanya berselisih sedikit. Mesin berjenis square ini memiliki tenaga yang hampir merata di semua tingkatan rpm, baik pada rpm rendah maupun pada rpm tinggi.

Mesin dengan tipe ini biasanya diaplikasikan pada motor-motor harian yang memiliki kemampuan universal untuk melahap semua medan baik dalam kota maupun luar kota. Meski merata, namun konsekuensinya mesin ini tidak memiliki tenaga yang terlalu menonjol.

Jenis terakhir adalah Overbore yang memiliki diamter piston lebih besar dari langkahnya. Jenis mesin overbore ini sangat cocok pada motor berkarakter sport . Karena mesin ini terkesan jinak diputaran bawah namun menjadi ganas diputaran menengah dan tinggi.

Nah biasanya pada motor sport pengendara akan memacu motornya dengan mempertahankan putaran mesin pada RPM yang tinggi agar dapat mengeluarkan kemampuan maksimum motor tersebut.

Contoh dari mesih overbore adalah mesin yang digunakan Suzuki GSX-S150 dan Suzuki GSX-R150. Suzuki mengambil langkah berbeda dengan para kompetitornya yang memilih mesin over stroke atau Square. Karena dapur pacu yang disematkan pada GSX-R150 ini justru mengadopsi tipe ukuran over bore alias diameter pistonnya (62,0 mm) lebih lebar bahkan berselisih jauh dibanding langkahnya (48,8 mm).

Mesin overbore Suzuki GSX-S150 dan Suzuki GSX-R150, mengadopsi DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan kapasitas 150cc dan berkompresi 11,5 : 1 yang sudah dilengkapi teknologi fuel injection yang canggih untuk pembakaran maksimal, motor ini menghasilkan tenaga sebesar 14,1 kw/10.500 rpm dan torsi sebesar 14 nm/9.000 rpm yang tersalurkan dengan kuat melalui transmisi 6 percepatan.

Layaknya mesin over bore, tenaga yang dihasilkan pada putaran bawah cenderung lebih jinak dan kalem. Karena itu motor ini cukup ramah digunakan di tengah kemacetan tanpa kerepotan mengatasi tenaga dan torsi berlebihan pada putaran bawah.

Tapi sifat asli over bore mulai kelihatan pada putaran menengah dan atas dimulai dari 7000 RPM. Apalagi putaran mesinnya bisa berteriak hingga 13.000 RPM. Tenaga maksimalnya berada di 18,9 dk dengan torsi 14NM. Jangan heran seandainya kamu menggunakan motor ini untuk beradu kecepatan, di putaran tengah dan atas cepat mengasapi motor lain.

Setelah paham ketiga tipe mesin di atas, kamu sudah punya pilihan yang ingin dibawa pulang?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Karakter Milenial Itu Sebetulnya Macam Apa?

Meski istilah milenial atau generasi langgas itu sudah banyak yang menyebut dan menggunakan, namun sesungguhnya masih banyak pula yang belum bisa memahami generasi yang satu ini. Bahkan mereka yang jelas-jelas masuk golongan milenial pun masih tergagap jika diminta menjelaskan sebetulnya seperti apa generasi langgas itu.

Nah, salah satu pihak yang mencoba menerjemahkan arti generasi milenial ini adalah produsen motor Suzuki. Mereka menerapkannya pada produk Suzuki Nex II yang baru saja dikenalkan ke publik belum lama ini.

Mengusung tema #KerenCaraBaru Suzuki mempelajari karakteristik Milenial dan mengejawantahkannya dalam produk Suzuki Nex II tersebut. Caranya adalah dengan membuat beberapa varian yang dianggap bisa mewakili beragam jenis karakter para generasi langgas. Seperti apa itu?

Para Milenial Itu Sporty Dan Energik

Hidup dalam kondisi yang serba cepat lagi instan membuat generasi langgas ini selalu sigap. Hanya dengan sentuhan jari membuat mereka bisa mengakses informasi secara cepat. Hasilnya para milenial selalu dalam kondisi yang penuh energi dan bersifat sporty.

Karena itu Suzuki Nex II punya varian yang disebut Sporty Runner. Demi menjaga mobilitas mereka yang berkarakter sporty tentu saja, fitur pendukung yang dipasang sangatlah berpengaruh. Seperti ampu utama LED, USB charger, stripping sporty di body hingga peleknya, meter visor, hingga cover mufflerl. Untuk USB charger, jelas menjadi fitur vital untuk kondisi saat ini yang membutuhkan gadget untuk selalu bisa on.

Para Milenial itu Kreatif Dan Penuh Terobosan

Tak cuma fasilitas yang bertambah banyak, generasi milenial juga menghadapi tantangan yang tambah banyak. Karena itu mereka selalu dituntut untuk menjadi kreatif dan penuh terobosan baru.

Varian Suzuki Nex II yang sangat menghormati kreativitas ini adalah Fancy Dynamic. Warna yang disuguhkan sama dengan varian sebelumnya namun dengan corak yang lebih banyak dan dinamis. Nama yang diambil diklaim sendiri oleh Suzuki ketika terinspirasi dari kedinamisan dan kreatifitas genre muda yang stylish. Untuk segi fitur tidak jauh berbeda dari sebelumnya dengan menyematkan lampu utama LED, LED lamp line, USB charger, dynamic body, striping set dan rim decal.

Para Milenial Punya Kelas Elegan Tersendiri

Meski masih berusia muda namun banyak juga generasi milenial yang senang tampil elegan nan berkelas. Mereka terlihat mapan di usianya yang sangat muda itu.

Tipe Suzuki Nex II yang mewakili golongan ini ini adalah Elegant Premium, dari namanya saja kita sudah bisa menggambarkan orang seperti apa yang pantas untuk menaikinya. Salah satu perbedaan tegas dari varian sebelumnya adalah pilihan warnanya yang mate alias doff. Dengan dua pilihan mate stellar blue dan solid black. Bagian floorboard dan muffler sudah diberi asesoris tambahan.

Para Milenial Yang Elegan Namun Tampil Lebih Simple

Nah varian yang satu ini serupa dengan yang sebelumnya namun untuk mereka yang ingin tampil lebih simple. Cocok untuk yang berkarakter low profile, tak neko-neko.

Kenapa? karena varian ini menggambarkan karakter yang lebih ekonomis dan fungsional. Meski tidak mengusung fitur sebanyak varian sebelumnya, namun, lewat varian Elegant justru Suzuki Nex II membuktikan kalau bisa tampil sederhana namun tetap memikat dan istimewa.

Para Milenial Yang Fungsional

Ini adalah mereka yang berkarakter What you see is what you get alias mereka yang gemar tampil apa adanya. Karena berbicara soal standard, mungkin tipikal mereka yang lebih mengacu kepada fungsi dari roda dua.

Sehingga tak perlu banyak fitur yang memanjakan pengendara dan juga terbilang ekonomis dan juga praktis. Bukan berarti tak istimewa, namun keistimewaan itu diterjemahkan dalam fungsi.

Nah, kamu sendiri masuk golongan yang mana?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Tinggal di Indonesia Terbilang Masih Beruntung, Ada Lho Negara yang Durasi Puasanya Sampai 21 Jam

Bulan Ramadan telah tiba. Setidaknya selama 13 jam kita harus menahan rasa lapar dan haus sampai menanti waktu buka puasa tiba. Untukmu yang tak terbiasa berpuasa, mungkin terasa berat, tapi pernahkah terpikir di benakmu tentang saudara-saudara kita yang lainnya yang juga berpuasa tapi dengan durasi yang lebih lama?

Ya, pasalnya, masih banyak negara-negara lain yang waktu puasanya terbilang ‘tak masuk akal’ untuk kita yang biasa berpuasa selama 13 jam. Mau tahu negara mana saja yang durasi puasanya paling lama di dunia? Ini dia ulasannya.

Islandia dan Greenland, yang Jaraknya Terbentak Belasan Ribu dari Indonesia, Jadi Negara dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia

Islandia, negeri yang dianugerahi lanskap pemandangan yang menakjubkan dan terkenal dengan auroranya ini memang terletak dekat dengan kutub utara. Di ibukota Islandia, Reykjavik, puasa disana bisa memakan waktu yang sangat lama mencapai 21 jam.

Sementara di wilayah tetangga yaitu Greenland, punya durasi yang lebih panjang yaitu 21 jam 2 menit. Kira-kira kalau kamu ditawari jalan-jalan gratis ke dua tempat itu, saat sedang bulan puasa, apa kamu mau mencobanya?

Bergeser Sebentar ke Wilayah Eropa yang Lain, Negara-negara Skandinavia Merasakan yang Namanya Matahari Terbenam Saat Mendekati Tengah Malam

Di periode seperti sekarang ini, banyak negara Skandinavia yang mengalami malam yang sangat sedikit. Matahari terbenam pun menjelang tengah malam. Tak heran, warga Muslim di negara-negara tersebut harus mengalami durasi puasa yang panjang yaitu 19 jam. Berikut ini rinciannya: Finlandia mendapat durasi 19 jam 56 menit, Norwegia 19 jam 48 menit, Swedia 19 jam 42 menit, dan Denmark 19 jam 07 menit. Rusia juga mendapat durasi puasa 19 jam 07 menit.

Tantangan serupa juga dihadapi Muslim yang tinggal di kawasan utara Kanada. Matahari bahkan selalu muncul sehingga tidak ada malam. Nah untuk kondisi yang semacam ini, para ulama memberikan kompensasi agar masyarakat yang berpuasa di wialyah itu mengikuti ketentuan Mekah atau negara Timur Tengah terdekat.

Kamu Boleh Bersyukur, Sebab Waktu Berpuasa di Indonesia Masih Lebih ‘Sebentar’ Sekalipun dibanding Negara-negara di Eropa Barat

Ya, negara-negara di Eropa seperti Belarusia, Jerman, Irlandia, Belanda, Inggris, Belgia, Austria berpuasa selama 18 jam lebih beberapa menit. Namun tetap saja, lumayan juga ya durasi puasa kalau sampai 18 jam. Sementara itu Prancis 17 jam 11 menit dan Italia 16 jam 58 menit saja.

Sementara untuk negara yang mengalami durasi puasa lebih pendek dibanding Indonesia, meliputi Argentina, Australia, serta Selandia Baru yang hanya mendapat durasi puasa selama 11 jam saja.

Demi Menambah Wawasan, Coba Saja Tilik Tabel Jadwal Puasa dari Beberapa Negara di Dunia…

Setidaknya kalau kamu menilik tabel jadwal puasa dari beberapa negara, kamu bisa belajar untuk lebih bersyukur lho lantaran Indonesia punya durasi puasa 13 jam saja. Sebab, belum tentu kita kuat berpuasa 21 jam seperti yang dialami penduduk di Islandia.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

10 Hal Mengerikan di Dunia Maya yang Bisa Membuatmu Berhenti Memainkannya

Kemajuan teknologi saat ini memang sangatlah pesat. Apalagi dengan kecanggihan dan keberagaman media sosial yang ada saat ini. Tentu semua itu diiringi dengan adanya dampak negatif dan positif.

Selain dua jenis dampak tersebut, ternyata ada juga kisah lain yang ada di dunia maya yang bisa membuat bulu kudukmu meremang seketika. Berikut adalah hal-hal misteri mengerikan yang ada di dunia maya.

1. Video Dokter Spesialis Wabah

Di akhir tahun 2015, Website Gadgetzz mengirim sebuah video aneh yang mengerikan. Di dalam video tersebut terdapat seorang dokter yang menggunakan masker anti wabah yang sedang melakukan hal aneh di sebuah gedung kosong yang terlihat sudah tak terpakai.

Video tersebut diunggah pertama kali dengan judul bilangan-bilangan biner. Saat judul tersebut diterjemahkan, ternyata memiliki arti yaitu “kematian”. Tak hanya itu, di dalam video tersebut juga terdapat kode lokasi yang mengarah ke Gedung Putih Amerika Serikat, gerakan catur dan pesan mengancam lainnya.

2. E-mail Alam Arwah

Tim Hart mengalami hal aneh pada tahun 2011 silam di inbox e-mail nya. Dia mendapatkan sebuah pesan dari temannya yang bernama Jack Froese yang berbunyi “Apakah kamu mendengarku? Aku di rumahmu. Bersihkan Lotengmu!” Yang menjadi permasalahan adalah Jack Froese sudah meninggal dunia, lantas siapa yang mengirimkan pesan tersebut. Apa mungkin Jack mengirimnya dari alam arwah?

3. Webdriver Torso

Pada tahun 2013 terdapat sebuah laman Youtube bernama Webdriver Torso. Akun ini mengunggah video setiap menit setiap harinya, kebanyakan video tersebut berdurasi 11 detik. Anehnya, video tersebut hanya berisi bangun-bangun kotak merah dan biru yang diiringi dengan suara beeping yang aneh.

Beberapa ahli teori mencoba menggabungkan maksud dari video tersebut dan menghubungkannya dengan stasiun-stasiun yang digunakan pada Perang Dingin untuk menghubungi para mata-mata.

4. Pembajakan NASA

Seorang bernama Gary McKinnon berhasil membajak akses NASA saat dia sedang dalam proses penelitian mengenai alien. McKinnon menemukan penghubung koneksi desktop yang tidak dilindungi oleh sandi keamanan apapun.

Di sana, McKinnon menemukan beberapa kumpulan foto benda terbang. Namun saat Petugas NASA menyadari hal itu, mereka langsung memblokir akses McKinnon dan mencoba memenjarakannya dengan tuduhan merusak fasilitas pemerintah. Namun hal tersebut tidak bisa dibuktikan sehingga McKinnon bebas dari hukuman.

5. A858

A858 adalah sebuah subreddit yang paling membingungkan di Reddit. Banyak pengguna Reddit bersusuah payah berusaha menerjemahkan kode yang ada didedikadikan laman ini dalam bentuk heksadesimal. Sampai saat ini masih banyak kode aneh dari A858 yang belum bisa terpecahkan.

6. Satuan Mata Uang Baru

Beredar mata uang baru di dunia maya yang disebut sebagai Bitcoin. Bitcoin merupakan impian bagi pecinta teori konspirasi dimana Bitcoin bisa mengubah total paradigm ekonomi yang sudah berjalan sampai saat ini. Namun nyatanya Bitcoin juga menjadi sebuah alat kejahatan. Biasanya BItcoin digunakan untuk melakukan transaksi di Dark Web atau Deep Web.

7. Anonim (Anonymous)

Anonim atau anonymous adalah grup yang menyatakan diri mereka sebagai aktivis pembajak pada beberapa tahun belakangan ini. Sebagai identitas mereka sendiri, mereka selalu mengggunakan tpeng Guy Fawkes.

Mereka menyatakan bahwa mereka akan membalas orang-orang yang patut mendapat ganjaran atas apa yang sudah mereka perbuat mulai dari hal besar sampai hal kecil sekalipun tak akan luput dari pembalasan mereka. Markas grup ini sangatlah rahasia. Selama ini mereka sudah pernah menyerang website ISIS dan menutup secara paksa website yang menurut mereka buruk.

8. Deep Web

Deep Web sendiri adalah istilah yang ditujukan pada 80% website yang tidak dapat diakses oleh browser biasa. Di dalamnya ada banyak aktivitas illegal rahasia mulai dari judi Bitcoin yang berujung kematian, pornografi anak-anak, pembunuh bayaran, penjualan manusia sampai penjualan organ manusia.

9. Web Mariana

Web ini merupakan salah satu web yang konon lebih kelam jika dibandingkan dengan deep web. Nama web mariana terinspirasi dari Palung Mariana, yaitu palung laut terdalam di dunia. Keberadaan web ini masih dianggap spekulasi karena tidak satu pun orang bisa mengaksesnya.

Konon di dalamnya terdapat informasi mengenai alien dan Atlantis, benua yang hilang. Untuk bisa mengakses web ini, dibutuhkan adanya persamaan polymeric falchigol derivation yang tergantung pada computer kuantum. Namun sayangnya keberadaan komputer kuantum masih dipertanyakan. Sehingga untuk dapat mengakses web ini sangat kecil kemungkinannya.

10. Cicada 3301

Cicada 3301 adalah salah satu misteri di internet. Pada tahun 2012 Cicada 3301 menggemparkan dunia maya dengan mengunggah garis luar gambar ngengat cicada dengan sebuah pesan yang berbunyi “Halo, Kami mencari seseorang yang sangat cerdas. Untuk menemukannya, kami mengajukan sebuah tes. Ada sebuah pesan yang tersembunyi di gambar ini. Temukan pesannya dan itu akan membawamu sampai menemukan kami. Kami menunggu saat beberapa di antara kamu berhasil menemukan kami. Selamat berjuang!”.Sampai saat ini masih belum ada yang mampu menyelesaikan teka-teki tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top