Tips

Cara Mudah Detoksifikasi Tubuh Di Kala Puasa

Tidak ada ubahnya ketika kita ingin melakukan olahraga yang membutuhkan pemanasan, begitu pun dengan puasa yang sedang dijalani, semua butuh persiapan. Baik dari dalam hati dan jiwa terlebih lagi persiapan tubuh untuk menjalaninya.

Menjalani puasa saat bulan ramadhan yang memang sudah menjadi hal yang paling dinantikan oleh sebagian besar umat muslin didunia, akan ada banyak hambatan yang mungkin akan mengagalkan ibadah dan niat puasa yang kita miliki. Untuk itu lakukan persiapan yang akan membantu kita untuk menjalani kegiatan tersebut, salah satunya dengan detoksifikasi pada tubuh menjelang puasa yang berfungsi untuk mengurangi kadar racun dalam tubuh agar bisa tetap kuat dan sehat meski sedang puasa sekalipun.

Biasakan Untuk Rutin Minum Air Putih Dalam Jumlah Yang Banyak

Bagian dari tubuh kita mengandung 80% air yang berarti kita akan memerlukan air yang akan membantu tubuh dalam menjalankan fungsinya. Selain untuk memuaskan dahaga meminum air putih juga membatu kita untuk membuang racun-racun yang ada dalam tubuh kita. Yang jelas untuk membantu proses detoksifikasi akan memerlukan jumlah air yang lebih banyak dari komsumsi kita biasanya.

Minum 8 hingga 10 gelas air putih per hari sudah cukup untuk menyediakan air pada tubuh kita, akan tetapi kita perlu menambah konsumsi air jika ingin melakukan detoksifikasi. Namun, kebutuhan air setiap orang berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin dan ukuran tubuh, ini juga adalah hal yang perlu kita perhatikan.

Mulailah Untuk Menyesuaikan Waktu Tidur Dengan Porsi Yang Cukup

Berhenti untuk begadang jika memang hal tersebut tidak diperlukan, kita perlu bangun pada dini hari untuk sahur maka mulailah mengatur waktu tidur dengan baik. Tidur lebih awal akan membantu kita tidak melewatkan waktu sahur karena bisa bangun tepat waktu, selain itu tidur merupakan waktu beritirahat bagi tubuh untuk bisa bangun dengan segar pada esok hari.

Disamping itu tidur yang cukup setiap malam membantu tubuh dalam mengurangi racun yang terbentuk dalam tubuh kita, karena saat tidur organ-organ dalam tubuh tidak bekerja sekeras saat kita sedang bangun. Kurang tidur dapat melemahkan sistem imun, sehingga kita bisa dengan mudah terkena sakit yang jelas akan menghambat kegiatan puasa yang ingin kita lakukan.

Hindari Makanan Asin dan Pedas, Perbanyak Konsumsi Protein Serta Kalsium

Jika kita adalah salah satu pecinta makanan asin dan pedas cobalah untuk mengurangi kebiasaan ini menjelang puasa, karena meski terkesan lebih menggugah selera setiap kali ingin makan nyatanya makanan asin dan pedas lebih mudah membuat kita untuk merasa haus apalagi ketika sedang berpuasa. Untuk menghindari hal-hal yang akan mengganggu kegiatan puasa sebaiknya hindari makanan ini, sebaliknya mulailah mengganti makanan yang biasa kita konsumsi dengan makanan yang mengandung protein dan kalsium yang tinggi untuk membantu kita agar tidak mudah merasa lapar.

Kalsium yang kita peroleh dari makanan yang kita konsumsi bermanfaat untuk mengaktifkan saraf, melancarkan peredaran darah, melenturkan otot, menyeimbangkan pH darah, menjaga keseimbangan cairan tubuh dan masih banyak hal baik lainnya. Sementara itu, protein berfungsi untuk memberikan energi pada otot, yang juga akan memberikan kita kekuatan untuk menjalani ibadah puasa.

Berhenti Untuk Ngemil Dengan Porsi Banyak

Untuk kegiatan yang satu ini dilakukan untuk membiasakan tubuh dengan makan yang hanya seperlunya saja saat puasa nanti. Sehingga meski tengah puasa pola makan tetap terjaga, selain itu hal ini juga bertujuan untuk tetap menjaga berat badan yang kita miliki. Namun jika memang masih ingin tetap ngemil, cobalah untuk mengganti jenis cemilan yang ingin kita konsumsi dengan cemilan sehat seperti kacang-kacangan, buah-buahan segar yang tidak hanya memberikan energi pada tubuh namun juga dapat memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Dan Yang Pasti Tetap Bergerak Untuk Menjalani Aktivitas Seperti Biasa

olahraga

Meski sedang berpuasa bukan berarti kita juga harus berpuasa untuk aktivitas dan kegiatan lainnya, tetap bergerak dan melakukan aktivitas justru adalah hal yang baik untuk membantuk kita dalam menjalani kegiatan berpuasa. Tidak harus kegiatan dan aktivitas yang berat, kita bisa mengakalinya dengan latihan dan olahraga ringan dengan berjalan setelah makan sahur yang akan membantu tubuh untuk memperlancar metabolisme dan membakar lemak yang berlebih pada tubuh kita.

Karena akan sangat tidak nyaman ketika nanti kita menjalani puasa namun dikarenakan persiapan yang kurang malah jatuh sakit, untuk itu kita perlu melakukan persiapan yang salah satunya dengan detoksifikasi tubuh dengan beberapa cara diatas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Padahal Iklan Tapi Video di Youtube Ini Banyak Ditonton! Kok Bisa?

Makin populernya Youtube bikin sebagian orang penasaran mencari rumusan agar videonya bisa ditonton oleh banyak orang. Mungkin termasuk kamu, yang sedang memulai karir sebagai youtuber.

Google pemilik situs Youtube, melalui Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, merilis daftar iklan terpopuler yang tayang di youtube. Salah satu video yang menduduki 10 iklan Youtube terpopuler di Indonesia adalah video berjudul “Semua Gara-Gara Saaih Halilintar – Ep 1” yang diunggah di kanal Youtube Smartfren. Dari data yang dirilis oleh social media analytics partner, Socialbakers, tiga video series bertajuk “Semua Gara-Gara Saaih Halilintar” menempati tiga posisi teratas sebagai video Youtube terbaik di Indonesia pada bulan Juni.

“Sebenarnya, video ‘Semua Gara-Gara Saaih Halilintar’ merupakan bagian dari kampanye digital #BaruTahuKan yang dibuat oleh Smartfren,” terang Fikri Hidayat Rangkuti, Senior Manager of Digital Operation Growmint yang merupakan digital agency partner Smartfren.

Fikri menjelaskan bahwa webseries mengenai ‘Semua Gara-Gara Saaih Halilintar’ merupakan hero content dari kampanye bertagar #BaruTahuKan yang digunakan untuk menjelaskan kepada publik bahwa Smartfren saat ini merupakan provider telekomunikasi dengan jaringan 4G dan dapat digunakan di semua telepon selular berbasis 4G.
“Selain webseries, campaign #BaruTahuKan juga terintegerasi dengan situs web barutahukan.com dan kanal media sosial Smartfren lainnya.” Terang Fikri.

Lantas apa saja resep Growmint dan Smartfren dalam membuat konten video ‘Semua Gara-Gara Saaih Halilintar’?

Memilih key opinion leader Yang Tepat, Jadi Penentu

“Kenapa webseries #BaruTahukan bisa menjadi populer di Youtube? Semuanya diawali dari pemilihan Saaih Halilintar sebagai key opinion leader sekaligus icon dalam video. Sebelum mengeksekusi video, tim di Growmint telah melakukan riset terlebih dahulu mengenai popularitas influencer di media digital selama tiga bulan terakhir,” ucap Fikri.

Kunci Lainnya Adalah Memilih Dan Menyesuaikan Momen Yang Pas

Video yang punya korelasi dengan keadaan saat ini cenderung bisa lebih viral. Hal ini yang juga dimanfaatkan Smartfren ketika membuat video web series #BaruTahukan. Cerita dari video tersebut disesuaikan dengan momen Ramadhan ketika video tersebut ditayangkan.

Tak Cuma Lewat Youtube, Optimasi Juga Dilakukan Melalui Sosial Media Lainnya

Meski Youtube sudah punya 1,3 miliar pengguna, namun kalau mau kontenmu berhasil dan ditonton banyak orang haruslah memanfaatkan sosial media yang lainnya. Sosial media serta aset lainnya tersebut diarahkan untuk mengajak pengunjungnya ke video yang dimaksud.

Hal ini yang dijalankan oleh Smartfren. Mereka memanfaatkan sosial medianya untuk mendapatkan pengunjung. Ditambah lagi untuk mendukung video tersebut, dirilis pula situs barutahukan.com yang membantu video tersebut lebih dikenal.

Pada Akhirnya Penonton Indonesia Itu Senang Tayangan Yang Ringan Dan Mudah Dicerna

Smartfren digital team, memaparkan bahwa selama periode digital campaign #BaruTahuKan, Smartfren yang berpartner dengan Growmint berusaha memahami karakter netizen di Indonesia dalam mengkonsumsi media digital, baik dalam bentuk teks, gambar, maupun video.

“Di bulan Ramadhan, berbagai brand selalu berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian audiensnya masing-masing, begitu pula dengan Smatrfren. Karena itu, kami mencoba mengutamakan konten yang sesuai dengan karakter netizen di Indonesia yang ringan dan mudah dicerna, namun tetap menyampaikan pesan dari Brand Smartfren itu sendiri,” terang Aldrige.

Dari hasil memahami karakter netizen di Indonesia, kemudian merencanakan konten brand campaign secara optimal, ketiga video webseries ‘Semua Gara-Gara Saaih Halilintar’ selalu menempati top trending di YouTube. Selain itu, Smartfren juga menempati 10 besar brand dengan interaksi tertinggi selama bulan Ramadhan menurut data yang dirilis oleh Socialbakers.

“Dan yang lebih utama, dampak terbaik dari keberhasilan digital campaign #BaruTahuKan adalah semakin banyak audiens di Indonesia yang tahu bahwa kini Smartfren bisa dipakai di ponsel apapun dengan jaringan 4G. Dengan kata lain, akan semakin banyak orang Indonesia yang dapat menjangkau koneksi internet yang lebih cepat, luas, dan stabil,” tutup Fikri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Ini Manfaat Sabar Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui!

Tidak hanya agama,  ilmu kesehatan juga menganjurkan untuk bersikap sabar. Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian di Singapura menyatakan bahwa apabila seseorang yang mudah emosi dan marah maka DNA-nya akan lebih cepat menua, dan wanita lebih beresiko mengalami penuaan DNA jika memiliki sifat mudah emosi dan marah.

Bahkan menurut Daniel Baugher, seorang dekan pascasarjana di Universitas Pace, New York City mengatakan bahwa ketidaksabaran dapat menyebabkan kegelisahan dan permusuhan. Lalu apa saja manfaat sabar untuk kesehatan? Ulasan di bawah ini akan memberikan jawaban untukmu.

Membantumu Terhindar Dari Darah Tinggi

Beberapa orang yang tinggal di  kota-kota besar sering sekali tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu hal, dan akan sangat mudah emosi jika sekiranya ada sesuatu yang tidak sesuai keinginnanya. Misalnya lalu lintas yang macet atau antrian panjang di kasir sebuah pusat perbelanjaan, Dr. Redford Williams seorang internis dari Pusat Kesehatan Universitas Duke, North Carolina mengatakan bahwa “Orang yang selalu tergesa-gesa adalah tipikal yang mudah marah apabila mereka tertahan oleh suatu hal. Tipe kepribadian ini memiliki resiko masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi”.
Seseorang yang tidak mampu memelihara kesabaran pada usia 18-30 tahun akan beresiko mengalami tekanan darah tinggi di kemudian hari. Ketika hal itu terjadi berarti ada sesuatu di dalam tubuh yang tidak normal. Jika kamu mampu mengelola rasa sabar yang ada kamu miliki, bisa dipastikan resiko tekanan darah tinggi akan jadi lebih sedikit.

Kamu Pun Jadi Merasa Lebih Tenang Dan Menyehatkan Jantung

Journal of the American Medical Association pada sebuah penelitiannya ditahun 2000, menemukan bahwa orang yang memiliki sikap permusuhan tinggi memiliki kecenderungan menimbun plak di arteri koroner mereka. Ini terkait dengan tingginya kadar hormon kortisol dan adrenalin. Hormon ini juga memicu tubuh untuk melepaskan lemak ke dalam aliran darah sehingga masuk ke arteri koroner.

Arteri koroner adalah pembuluh darah yang membawa makanan kepada otot jantung. Hormon stres (adrenalin dan kortisol) yang tinggi dapat memicu platelet untuk membekukan darah di arteri koroner sehingga memperbesar resiko serangan jantung. Hal-hal sepele lain dari sikap tidak sabar yang sering dilakukan tanpa sadar ternyata justru dapat mengakibatkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan dan salah satunya serangan jantung, yang dapat mengintai kita kapan pun tanpa memandang usia. Oleh karena itu, mulailah belajar sabar dari sekarang.

Dapat Menikmati Setiap Proses dan Menyelaraskan Ritme Hidup Dengan lingkungan

Setiap proses dalam hidup sangatlah berharga untuk dinikmati, akan banyak hal baru yang bisa ditemukan pada setiap prosesnya. Namun hal ini akan sulit dirasakan ketika seseorang berada dalam keadaan tertekan dan tidak sabar. Dampak ketidaksabaran itu tidak hanya berpengaruh pada diri sendiri tapi juga bagi orang lain yang ada disekitarnya. Mereka akan ikut merasa lelah melihat hidup kamu yang selalu diburu egomu sendiri.  Karena itu kesabaran menjadi hal yang sangat penting karena dapat menyelaraskan hidup dengan lingkungan sekitar..

Mengontrol Diri Dan Mengubah Cara Pandang Untuk Segala Sesuatu Yang Ingin Dilakukan!

Kesabaran akan membantu kita dapat berpikir lebih jernih didalam setiap hal yang terjadi dalam hidup baik itu ketika sedang menghadapi masalah, atau hendak membuat keputusan. Tidak akan ada lagi perangai yang selalu menyalahkan orang lain ketika ada sesuatu hal yang berjalan tidak sesuai keinginan, karena kesabaran akan memberikan kita pandangan bahwa tidak semua orang bisa berbuat sesuai dengan keinginan. Hal ini akan membuat kita lebih berempati kepada orang lain sebelum menghakiminya, terbiasa mengedepankan kesabaran akan membuat kita menjadi orang yang lebih toleran kepada sesama.

Sabar Akan Membuatmu Berumur Panjang

Kesabaran  akan berpengaruh positif pada kesehatan emosional kita. Kemampuan untuk dapat menahan dan mengatur emosi membuat sistem-sistem saraf akan stabil juga. Selain sabar, tidak mudah stres dan emosi juga bermanfaat pada kesehatan serta dapat memberikan kita umur yang panjang. Keadaan tubuh yang sehat dan baik serta jauh dari berbagai penyakit jelas akan memberikan kita umur yang lebih panjang dibandingkan orang yang tidak memiliki rasa sabar.
Sejatinya tidak ada sabar yang akan sia-sia, ada banyak hal baik yang akan kita dapatkan jika kita mampu mengelola rasa sabar dalam diri dan menempatkannya pada hal-hal yang memang seharusnya. Hal tersebut akan memberikan kita manfaat lahir dan batin, Karena sesungguhnya tak hanya dari sisi agama, ilmu kesehatan pun menganjurkan kita untuk bersikap sabar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Bukan Hanya Lebih Nikmat, Makan Menggunakan Tangan Juga Menyehatkan Loh. Begini Penjelasannya!

Kamu pasti merasakan sensasi yang berbeda saat makan menggunakan sumpit, sendok, atau dengan tangan. Alat yang berbeda saat digunakan untuk makan, ternyata menghasilkan sensasi yang juga tak sama. Untuk kamu yang sering menggunakan tangan sebagai alat yang digunakan pada saat makan, saat menggantinya dengan sendok apa yang terjadi? Perbedaan kenikmatan dan juga tingkat lahap bisa mempengaruhi juga loh. Kenyataannya makan menggunakan tangan lebih menyehatkan daripada makan menggunakan sendok ataupun sumpit.

Tangan Manusia Memiliki Enzim Yang Bisa Membantu Mempercepat Larutnya Makanan Di Dalam Tubuh

Pada tahun 2010 di bulan Oktober, paparetta.wordpress.com menerbitkan sebuah artikel yang mengungkapkan bahwa makan menggunakan tangan terbukti lebih menyehatkan, karena dalam tangan terdapat enzim RNAse yang dapat mengikat bakteri sehingga tingkat aktivitasnya menjadi sangat rendah ketika masuk bersama makanan ke saluran pencernaan tubuh. Pada dasarnya, tujuan utama enzim RNAse ini digunakan dalam analisis genetik, dengan tujuan mendegradasi RNA, sehingga yang tinggal dari sebuah sel hidup adalah DNA-nya. Enzim ini selalu terkandung di dalam jari-jari dan telapak tangan manusia, dengan asumsi sudah dilakukan upaya membersihkan tangan terlebih dahulu.

Proses penyuapan makanan ke dalam saluran pencernaan akan mengikutkan enzim yang bisa mengikat sel bakteri sehingga aktivitasnya tidak maksimal. Begitu makanan masuk ke saluran pencernaan, maka enzim ini akan ikut mengikut pergerakan bakteri hingga ke saluran pembuangan. Hal ini tidak berlaku jika kamu makan menggunakan alat lain seperti sendok, karena saat makan menggunakan sendok  tidak ada yang bisa menahan laju aktivitas bakteri yang terkandung. Baik bakteri di makanan atau alat makan itu sendiri.

Tangan Yang Bersih Mengandung Bakteri Baik Untuk Tubuh, Jadi Lebih Sehat Makan Menggunakan Tangan!

Tubuh manusia diduga memiliki suatu jenis bakteri tertentu yang dapat membantu melindungi kamu dari berbagai bakter berbahaya di lingkungan. Bakteri baik ini biasanya dapat ditemukan pada tangan, mulut, tenggorokan, usus, dan berbagai organ pencernaan lainnya. Saat kamu makan dengan menggunakan tangan, maka jumlah bakteri baik di dalam tubuh dan jumlah bakteri berbahaya di dalam tubuh akan tetap seimbang. Akan tetapi, pastikan kamu telah mencuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun sebelum dan setelah makan, sehingga tangan kamu pun tetap bersih. Jangan lupa juga untuk rajin menggunting kuku secara berkala demi menghindari penumpukan bakteri jahat di dalamnya.

Makan Menggunakan Tangan Juga Bisa Membantu Syaraf Yang Lain Lebih Peka!

Saat kamu menyentuh makanan, jutaan syaraf di ujung jari akan memberi tahu otak bahwa kamu akan segera makan sehingga usus siap mencerna. Informasi tersebut juga termasuk suhu dan tekstur makanan, risiko kecelakaan, misalnya lidah terbakar akan jauh lebih kecil. Makan dengan tangan jelas membantu syaraf yang lain lebih peka.

Bahkan saat kamu makan dengan menggunakan tangan, maka kamu akan lebih menikmati dan memerhatikan makanan yang kamu makan, serta berapa banyak jumlah makanan yang telah dimakan. Dengan demikian, kamu dapat terhindari dari makan terlalu banyak sehingga berat badan pun lebih terjaga.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Jangan Sepelekan Kekurangan Kalium Jika Kamu Tidak Ingin Mengidap Hipokalemia

Penyakit hipokalemia pada awalnya menjadi nama sebuah penyakit yang cukup asing didengar oleh sebagian besar orang, namun mendadak akhir-akhir jadi terkenal. Ya, karena sebuah kasus yang baru-baru ini menjadi perbincangan hangat ditengah masyarakat. Sempat dikabarkan sakau saat jadi pembicara talkshow dalam siaran langsung di salah satu stasiun televisi, pengamat politik Boni Hargens segera membantah isu tersebut. Boni mengungkapkan bahwa dirinya mengidap penyakit yang disebut sebagai hipokalemia. Terlepas dari benar atau tidaknya pernyataan kontroversial Boni Hargens, kita tetap harus tahu dan waspada dengan jenis penyakit ini.

Kalium Yang Sangat Rendah Di Darah, Bisa Memicu Seseorang Terkena Hipokalemia

Penyakit hipokalemia terjadi karena kadar kalium dalam darah terlalu rendah. Kalium merupakan elektrolit yang penting untuk fungsi sel saraf dan sel otot, khususnya sel otot jantung. Ginjal manusia memiliki fungsi untuk mengontrol kadar kalium dalam tubuh sehingga kelebihan kalium dapat dikeluarkan tubuh melalui urine dan keringat. Lalu apa yang menyebabkan hipokalemia? Manusia dapat kehilangan terlalu banyak kalium lewat urine, keringat, ataupun buang air besar. Asupan kalium yang tidak mencukupi dan kadar magnesium yang rendah dapat menyebabkan hipokalemia. Namun, hipokalemia juga merupakan gejala atau efek samping dari suatu kondisi dan pengobatan tertentu.

Gejalanya Yang Tidak Terlalu Terlihat Bukan Berarti Tak Membahayakan

Hipokalemia ringan tidak menimbulkan gejala. Namun, dalam beberapa kasus, kadar kalium yang rendah dapat menyebabkan aritmia (idetak jantung abnormal) dan kelemahan otot yang cukup parah. Kondisi penderita akan kembali membaik setelah mendapat perawatan yang sesuai. Gejala hipokalemia ringan ini umumnya tidak akan muncul sampai kadar kalium benar-benar rendah. Adapun kadar kalium yang normal berada di kisaran 3,6–5,2 milimole per liter (mmol/L).

Sadar lebih dini terhadap gejala itu tentu akan membantu mengurangi dampak lebih lanjut. Untuk itu, segera periksakan diri ke dokter jika merasa lemah, capek dan lelah, sembelit, kram otot, serta palpitasi (sensasi yang dirasakan saat jantung berdentum kuat). Untuk kasus tertentu gejala hipokalemia menunjukkan gejala kelemahan, kelelahan, atau kram pada otot lengan atau kaki, terkadang cukup parah sehingga menyebabkan ketidakmampuan menggerakkan lengan atau kaki karena kelemahan (mirip kelumpuhan), kesemutan atau mati rasa, mual atau muntah, kram perut, kembung,sembelit, palpitasi (merasa jantung berdetak tidak teratur), urin terbuang dalam jumlah besar atau merasa haus hampir sepanjang waktu, pingsan karena tekanan darah rendah, perilaku psikologis abnormal: depresi, psikosis, delirium, kebingungan, atau halusinasi.

Karena Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati, Mulai Sekarang Perhatikan Asupan Makanan Yang Masuk Dalam Tubuhmu!

Kekurangan kalium dari dalam tubuh memang tidak bisa diabaikan. Karena tubuh sangat membutuhkan asupan kalium tersebut, maka mulai dari sekarang kita harus lebih memperhatikan asupan makanan untuk menjaga kadar kalium yang terdapat di dalam tubuh. Sebelum terserang penyakit hipokalemia, penting untuk menambah jenis makanan yang mengandung banyak kalium ke dalam list makanan kita. Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti kentang, pisang, alpukat, dan kacang-kacangan. Dengan begitu kita bisa melakukan pencegahan sejak dini sebelum terserang penyakit ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top