Tips

Senang Travelling Dan Senang Menuliskan Perjalananmu? Elok Dyah, Memberi Tips Yang Oke Soal Ini!

memikirkan diri sendiri

Buat kamu penggemar traveling, pasti paham bahwa oleh-oleh terbaik dari sebuah perjalanan adalah pengalaman. Sementara cara terbaik menyimpan dan mengingat pengalaman adalah dengan cara menuliskannya. Menuliskannya bisa melalui media apa saja, mulai dari blog, forum, artikel di media massa hingga menerbitkan buku.

Masalahnya, harus diakui tak mudah mendokumentasikan pengalaman traveling melalui tulisan. Namun kamu tak perlu khawatir soal ini, karena Elok Dyah pendiri komunitas backpacker dunia punya tips menulis traveling yang menarik. Perempuan yang juga berprofesi sebagai jurnalis di grup Kompas ini membagi pengalamannya pada acara bertema #BiarEksisAja yang digagas oleh situs EzyTravel pada 30 Juni 2015 lalu di Djakarta Cafe. Apa saja itu?

Supaya Tulisanmu Bagus “Belanja” Yang Banyak!

traveller

Loh apa hubungannya antara belanja dengan menulis traveling? Tenang, lihatkan bagaimana belanja ditulis dengan tanda kutip. Ya, belanja yang dimaksud di sini adalah memanfaatkan waktu yang ada untuk menggali sebanyak-banyaknya informasi. Layaknya berbelanja, kita harus membeli, membawa pulang informasi yang ada.

Menurut Elok Dyah, jangan dulu berasumsi terhadap daerah tempat tujuan wisata kita. Kosongkan dulu pikiran dan mulailah dari nol. Hal ini akan mempermudah kita menggali informasi.

Informasi ini tak hanya melulu pengalaman pribadi kita. Semua bisa didapat dari percakapan dengan narasumber, riset data dari buku, majalah dan internet. Jadi ketika berniat melakukan perjalanan dan berniat menuliskannya, jangan sungkan untuk memperkaya tulisan dengan hasil percakapan dengan orang lain disana.

Jangan lupa pula mengambil foto sebanyaknya. Gambar akan mempermudah kita mengingat kembali pengalaman yang kita alami ketika kita ingin menuliskannya.

Data dan informasi yang kaya akan memberi keluwesan buat kita sewaktu menulis. Fleksibilats ini juga berkaitan dengan panjang pendek tulisan yang kita inginkan. Jangan sampai kita kekurangan bahan hanya karena malas “berbelanja” informasi.

Senyum Adalah Bahasa Dunia Yang Harus Kamu Pahami

nenek tua senyum

“Hal pertama yang harus kita ingat, pandailah membawa diri dan tetap sopan” ujar Elok Dyah

Ya, masyarakat dan budaya yang baru kita masuki tentu punya tatanan masing-masing. Dan belum tentu sama dengan kita. Karena itu kita harus pandai membawa diri ketika dalam proses pengkayaan informasi.

Tak semua orang mengetahui apa niatan kita. Bukan tak mungkin mereka punya kekhawatiran tertentu ketika kita sedang melancong ke wilayahnya. Apalagi tidak semua satu bahasa dengan kita, meski itu masih di negara Indonesia sekali pun.

Karena itu sejak awal gunakanlah bahasa paling universal, yaitu senyum. Dengan menebar senyum kita akan lebih mudah diterima dan tentunya akan lebih mudah bagi kita untuk menggali informasi yang dalam.

Tinggalkan alat perekam, buku catatan, peralatan menulismu di penginapan!

alat-alat

Alat perekam, buku catatan dan sejenisnya dianggap Elok Dyah akan terlalu serius ketika kita sedang menggali informasi tentang pariwisata. Orang lokal yang kita temui bukan tidak mungkin akan langsung menarik diri ketika melihat corong microphone recorder kamu mengarah padanya.

“Berbicara santai saja dengan mereka, kita catat semua percakapan tersebut di dalam rekaman otak kita” tutur perempuan yang dalam setahun pernah mengunjungi 20 negara ini.

Kita justru akan bisa mendapatkan banyak cerita jika bisa membuat orang sekitar yang kita temui menjadi rileks dan nyaman. Catatlah semua informasi yang kita dapat sekembalinya ke penginapan. Ingatlah poin-poin penting yang mereka sampaikan.

Foto Jelas Memperkaya Tulisan Kita, Tapi Patuhi Etikanya ya!

Masih ingat bagaimana aksi para fotografer “nakal” pada acara waisak di Borobudur yang dikecam di ranah maya. Tanpa mengindahkan tata krama, sang fotografer mengambil sudut foto yang jelas-jelas menggangu ke khusyukan ibadah di Borobudur itu.

Untuk itu, kita perlu memahami garis besar etika di tempat yang akan kita foto. Tidak semua lokasi mengijinkan untuk diambil gambarnya. Cari tahu lebih dahulu soal ini. Perjelas hingga detail jangan sampai kamu menyalahi aturan.

Sementara untuk pengambilan foto terkait profil atau sosok seseorang, usahakanlah meminta izin terlebih dahulu secara sopan. Dan ini berlaku meskipun orang tersebut tengah berada di ruang publik. Aturan tidak menyebutkan demikan, namun tak semua etika harus ditulis bukan?

Sebelum Mulai Menulis, Langkah Pertama Adalah Merasakan Kembali Pengalaman Yang Sudah Kamu Lewati Tadi

merasakan kembali

Anggaplah kita sudah selesai melakukan perjalanan. Hasil belanja informasi kita sudah menumpuk sangat banyak. Nah, sebelum mulai menulis Elok Dyah menyarankan kita untuk sejenak merasakan kembali pengalaman tersebut. Jangan langsung menulisnya.

Tarik nafas, dan renungkan kembali indahnya perjalanan tersebut. Betapa unik pengalaman yang telah kamu dapatkan. Panggil kembali situasi-situasi yang mungkin sedikit menengangkan. Sambil mengingat-ingat, tengok foto-foto yang kita ambil untuk memperkaya tulisan tadi. Lihat dan nikmati terlebih dahulu.

Sudah Siap Menulis? Konsentrasi ya! Fokus!

catatan

Tipikal orang bermacam-macam. Mungkin ada yang lebih mudah fokus dalam keheningan setengah meditasi. Namun tak sedikit pula yang justru menemukan konsentrasi di tengah setelan musik cadas. Intinya gunakan. Intinya bawa level konsentrasimu ke tingkat yang paling tinggi. Hindari semua hal yang bisa memecah konsentrasi.

Sekarang, Kumpulkan Kembali Data Yang Sudah Kamu Punya!

pilih data

Taruh semua berkas-berkas data yang kamu punya di atas meja. Tak Cuma yang berhubungan langsung, berkas-berkas ini bisa berupa apa pun yang kita dapatkan ketika di perjalanan wisata tersebut.

“Saya selalu menyimpan dan menaruh kembali potongan tiket, bukti pemesanan hotel, karcis wahana, termasuk hasil riset dan wawancara di atas meja ketika sudah ingin mulai menulis” Sambung Elok Dyah.

Baca ulang data-data tersebut. Kemudian bayangkan kisah yang ingin kamu tuliskan setelah melihat data-data yang ada di berkas-berkas tersebut.

Stop! Jangan Mulai Dulu, Tentukan Sebelumnya Bagian-bagian Mana Yang Ingin Kamu Tulis

outline

Hanya dari satu perjalanan, bahkan satu tempat kita bisa menulis banyak hal. Nah, untuk satu tulisan jangan memasukan semua informasi sekaligus. Tentukan bagian mana yang ingin kita tuliskan.

Contoh kita bisa menulis Destinasinya. Seperti keindahan alam kota, desa, laut, gunung, fasilitas wisatanya dan sebagainya. Atau tentang kebudayaannya, keunikan adatistiadat, bahasa, kebiasaan hidup, makanan khas, kearifan lokal.

Contoh lain menulis tentang kondisi masyarakatnya. Apakah terbuka, tertutup, ramah atau tidak dengan wisatawan, dan sejenisnya. Terakhir kita bisa menuliskan hal-hal menarik yang terkait waktu seperti festival tahunan misalnya.

Asumsinya tulisan yang mau kamu tulis bukanlah sebuah tulisan straight news yang bersifat langsung. Apa itu Straight news? Kamu biasa menemuinya di koran atau situs-situs berita. Sifat langsung dengan bahasa yang singkat.

Sementara tulisan traveling yang kita bahas di sini adalah tulisan yang bersifat feature. Karena itu metode penulisannya berbeda dengan bahasa yang lebih halus. Feature lebih dekat dengan cerita, contoh mudahnya adalah tulisan-tulisan yang ada di majalah.

Nah, supaya kita bisa lebih mudah mengerjakannya, buatlah kerangka berpikirnya lebih dahulu. Tuliskan 3,4,5 poin penting yang akan dibahas dalam artikel tersebut. Jangan lupa, poin-poin tersebut harus terkait bahkan saling mendukung satu sama lainnya.

Contoh Outline Untuk Tulisan Perayaan Nyepi
• Perarakan Melasti di Pantai Kuta
• Arti Nyepi bagi masyarakat Hindu Bali
• Pendapat anak muda Hindu Bali mengenai arti Nyepi dan apa yang mereka lakukan dalam menjalani Nyepi.
• Pelaksanaan Nyepi di Bali (hasil observasi ketika hari H peringatan Nyepi)
• Konteks Nyepi dalam aktivitas sehari-hari

Lalu Outline ini harus diapakan ya?

menulis outline

“Paparkan satu per satu outline yang sudah kamu tulis menjadi rangkaian paragraf atau alinea. Gunakan bahasa yang sesuai dengan jiwa kamu, atau target pembaca yang ingin disasar. Tuliskan dengan bahasa yang sederhana, mudah dipahami, tidak ruwet” Papar Elok Dyah.

Sekarang Menulislah Dengan Bebas Kawan!

bebas

Menurut Perempuan yang sudah mengarungi lebih dari 40 Negara ini, penulisan itu sifatnya sangat individual. Sifatnya berbeda antara satu orang dan lainnya. Kita harus membebaskan diri kita dari “belenggu” bayang-bayang penulis lain.

Tidak masalah menggemari tulisan seseorang. Jadikanlah contoh-contoh tulisan lain sebagai referensi. Tapi jangan berusaha untuk menjadi penulis yang kamu favoitkan ketika menulis. Jadilah diri kamu apa adanya. Penting untuk tetap percaya diri bahwa kita bisa menulis.

“Karena itu sangat perlu untuk membebaskan diri dari beban yang ada. Menulis dengan hati riang dan ringan akan membuat kamu lancar mengeluarkan isi pikiran, pengalaman dan kedalaman hati. Curahkan saja apa yang terlintas dalam kepala, tulis saja…tulis saja…” Terang Elok Dyah

Kamu Memang Bebas Menulis Tapi Ingat Jumlah Karakter Ya!

karakter penulisan

Walaupun kita bebas menulis namun kita punya keterbatasan jumlah space yang kita miliki. Walaupun kita menulisnya di dunia maya, tetap saja ada batasan jumlah karakter yang bisa membuat pembaca nyaman untuk melihat tulisan tersebut.

Karena itu penting untuk tetap mematuhi outline yang telah kamu buat sebelumnya. Perpindahan antara satu poin ke poin dalam outline harus dilakukan dengan halus dan saling terhubung. Hal ini agar mereka yang membaca tidak merasakan ada gap antara satu poin dan lainnya.

Cara termudahnya adalah dengan membuat sub-sub judul untuk poin yang telah dibuat. Cara ini dapat membantu penulis untuk berpindah dari poin yang satu ke poin yang lainnya.

Sudah Selesai Menulisnya? Sudah Diedit Belum?

Setelah tulisan kamu selesai, hal penting lain yang harus dilakukan adalah membacanya kembali. Kemudian editlah jika perlu dilakukan. Hal paling sederhananya adalah memperbaiki kesalahan tulis atau salah maksud dalam kalimat.

edit tulisan dengan kawan

Mintalah bantuan kawan untuk membacanya ulang. Minta penilaian mereka apakah tulisan kita sudah layak atau masih perlu koreksi. Kadang sudut pandang orang lain dibutuhkan untuk menyempurnakan tulisan kita.

Sempurnakan tulisan dengan menggabungkan gagasanmu dan masukan dari kawan-kawan yang telah membacanya. Selain itu usahakan tulisan tetap terkait dengan konstekstual jaman dan kehidupan sehari-hari

Wisdom

bijak menulis

“Tulisan tak melulu soal keindahan, soal keunikan, namun ada insight di kedalaman cerita kita. Ada wisdom, kebijaksanaan yang bisa kita ketengahkan dan bisa menjadi bahan perenungan kita untuk selalu tetap mensyukuri hidup” tutup Elok Dyah.

ezytravel sponsored

sponsored content

1 Comment

1 Comment

  1. Shinta

    July 10, 2015 at 11:06 am

    Dan saya berusaha mengingat isi presentasi eh ternyata semua ada di sini 😀
    *catet ah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Muncak Teropong Laut, Tak Cuma Tempat Yang Instagramable

Sejak Instagram marak, memang banyak muncul tempat yang dianggap layak untuk muncul di lini masa sosial media tersebut. Namun apa iya, hidupmu cuma sekedar urusan berinstagram saja? Fenomenanya saat ini memang seperti itu.

Orang pergi ke suatu lokasi, datang berfoto, kemudian upload di sosmed dan menunggu komentar dari follower datang. Satu dua kali mungkin seru, tapi lama kelamaan tentu membosankan.

Buat kamu yang sudah jengah dengan rutinitas macam itu, kamu bisa coba pergi ke Muncak Teropong Laut yang berlokasi di Lampung. Perjalanan ke objek wisata Muncak Teropong Laut ini dapat ditempuh dari Kota Bandar Lampung melewati ruas jalan menuju kawasan pantai hingga Lempasing yang mendekati perbatasan Kabupaten Pesawaran.

Lokasi Muncak Teropong Laut ditempuh sekitar 1,5 km dari Dusun Tataan, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Teluk Betung Barat, Kota Bandarlampung dari jalan masuk di depan kawasan wisata Pantai Tirtayasa.

Sebelum sampai lokasi, kamu sebenernya sudah akan mendapatkan sensasi yang tidak biasa. Karena jalan menuju ke lokasi teropong laut ini tidak terlalu jelek, namun tidak juga bisa dikatakan mulus. Kalau kamu mengendarai mobil, jantungmu akan dibuat sedikit terpompa karena jalan yang hanya satu lajur dengan kombinasi aspal dan batuan. Di kiri kanan kamu akan menemui Jurang dan tebing, pemandangan tak biasa buat kamu yang biasa hidup di kota besar. Lalu setelah tiba ada apa disana?

Disebut Teropong Laut Karena Kamu Akan Melihat Keindahan Laut Dari Ketinggian

Sudah pernah ke Lodge Maribaya, Lembang, Bandung? Muncak ini serupa, tapi nilai plusnya selain pemandangan bukit, mata kita juga akan dimanjakan keindahan laut. Letaknya di ketinggian itu dijamin akan membuatmu menemukan sensasi yang berbeda menatap lautan nan luas.

Satu Lokasi Menawarkan Banyak Spot, Harganya? Gilanya Cuma 5000 rupiah

Yup, kamu memang tidak salah membaca. Coba bayangkan dimana lagi kamu bisa pergi berwisata dengan hanya membayar “tiket masuk” 5000 rupiah. Dengan merogoh kocek senilai itu kamu sudah bisa berfoto di sepuluh lokasi.

Nampaknya lokasi ini memang belum tersentuh kaum urban. Parkir pun dikenakan tarif rasional 5000 dengan tanpa ada batasan waktu. Toiletnya sangat bersih, dan terawat dan kalau kamu mau menggunakannya tak lagi dikenakan biaya tambahan.

Mau Berburu Keindahan? Siap-Siap Pacu Adrenaline

Mungkin banyak tempat lain yang menawarkan objek foto di ketinggian macam di Muncak Teropong Laut ini. Biasanya lokasi foto tersebut aslinya tak terlalu tinggi, tapi dengan sudut foto tertentu kamu akan terlihat seperti berada di ketinggian.

Namun tidak demikian dengan Muncak ini. Karena tempat berfoto yang ditawarkan itu memang nyata adanya sangat tinggi. Dibuat dari kayu dan juga bambu, paltform itu digantungkan di tebing atau di ikat kuat ke pohon. Jadi buatmu yang bernyali kecil, jangan harap bisa menikmatinya.

Amankah? Nah, untuk masing-masing tempat, pastikan membaca pentujuk yang tersedia. Mulai dari lama berdiri di satu spot sampai maksimal jumlah orang yang bisa ditampung. Ada yang satu, dua, tiga hingga maksimal lima orang. Jangan memaksakan melebihi kapasitas, disana sudah banyak rambu yang menyebut “utamakan keselamatan ya kawan-kawan”.

Muncak Itu Bukan Cuma Tempat Foto 5 Menit Lalu Pulang

Nah, ini juga yang membedakannya dibanding tempat sejenis. Di sini ketika berpindah-pindah lokasi disediakan bangku-bangku panjang dari bambu untuk duduk. Kamu bisa menunggu sambil menikmati angin semilir dan pemandangan yang luar biasa itu.

Kalau sudah bosan berfoto, kamu juga bisa beristirahat di tempat yang mirip rumah dengan area terbuka menghadap laut. Menikmati cemilan ringan dan minuman pelepas dahaga. Harga untuk jajanan di tempat ini juga tergolong rasional, sama sekali tak mahal. Dijamin sedikitnya kamu akan menghabiskan waktu minimal satu jam di lokasi ini.

Yang Seru Itu Pergi Ke Muncak Sama Sahabat (Atau Si Dia)

Dengan kombinasi macam itu, tentunya tempat ini tak untuk dihabiskan sendiri. Coa pergi bersama sahabat-sahabat terbaikmu ke lokasi ini. Atau mungkin kamu memilih pergi berdua si dia. Kalian akan banyak menghabiskan waktu relaksasi menikmati pemandangan sambil mengobrol santai, tanpa perlu diburu waktu macam di tempat wisata lain.

Tapi tentunya semua cerita itu adalah kini. Saat muncak masih seperti sekarang. Belum tersentuh kaum urban yang hanya gila berfoto untuk instagram saja. Semua masih nyaman, dengan kepadatan pengunjung yang kerap terjaga. Entah kalau nanti Muncak lebih dikenal dan banyak dikunjungi orang. Mungkin situasinya akan berubah. Makanya, rasanya ini saat yang tepat buatmu untuk pergi ke Muncak.

1 Comment

1 Comment

  1. Shinta

    July 10, 2015 at 11:06 am

    Dan saya berusaha mengingat isi presentasi eh ternyata semua ada di sini 😀
    *catet ah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Hei Kamu Yang Sinis, Travelingku Itu Bukan Untuk Ajang Pamer (Saja)

Bagi kamu yang tak doyan traveling mungkin bingung cenderung sinis ketika melihat kami kerap kali melancong ke tempat-tempat baru. Kami sering dituding hanya ingin pamer di sosial media sebagai tujuan dari jalan-jalan ke tempat baru. Padahal sesungguhnya, tidaklah sesederhana itu.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa traveling punya segudang manfaat bagi manusia. Saat tahu fakta-fakta positif tentang traveling berikut ini, kami sarankan agar kamu lebih banyak traveling mulai dari sekarang!

Traveling Itu Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian yang dilakukan Framingham Heart Study menemukan hasil yang cukup membuat kita tersadar akan pentingnya traveling. Hasil dari penelitian tersebut mengatakan bahwa orang yang tidak pernah traveling selama beberapa tahun resiko terkena serangan jatung lebih besar dibanding orang yang rutin melakukan traveling tiap tahunnya.

Kenapa ya bisa demikian? Dari penelitian itu diketahui bahwa orang yang mengambil jeda dari rutinitas sehari-hari umumnya tidak akan mudah stres dan merasa cemas. Hal ini menyebabkan kesehatan jantung lebih terjaga. Perasaan dan pikiran yang bahagia setelah traveling akan menjaga tubuh tetap sehat.

Kebahagiaan yang didapat dari liburan tidak bisa disamakan dengan kebahagiaan ketika mampu membeli barang baru atau ketika memberi hadiah. Sebuah penelitian lainnya yang dilakukan pada tahun 2002 oleh profesor di Universitas Surrey menemukan, orang-orang merasa paling bahagia saat tahu dirinya akan segera pergi liburan.

Banyak Traveling Membuat Kreativitasmu Meningkat

Kreativitas datang dari pengalaman-pengalaman baru. Untuk mendapatkan pengalaman baru, dibutuhkan suatu perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya. Itu hanya bisa didapatkan ketika kamu pergi traveling. Saat traveling, tubuh kita akan menemukan banyak suara, bunyi, pemandangan yang berbeda dari biasanya. Pengalaman dan informasi baru yang diterima otak kita dapat merangsang kreativitas.

Pekerja kreatif Ernest Hemingway saja selalu menggunakan pengalaman traveling ke luar negeri untuk menghasilkan sebuah karya. Sebagian besar novelnya, umumnya terinspirasi saat dirinya menetap di Perancis dan Spanyol.

Para pekerja di bidang kreatif dan seni, sangat perlu untuk sering berjalan-jalan agar bisa terus menghasilkan inovasi-inovasi baru.

Bertemu Orang Baru, Berarti Tambah Teman Baru

 

Hal positif lainnya yang kita dapatkan saat melakukan perjalanan ke luar kota atau luar negeri adalah kesempatan untuk memperluas jaringan dan menambah teman-teman baru. Saat traveling kalian akan bertemu dengan orang-orang yang tidak biasa, seperti pelukis jalanan, pedagang, orang baik, orang aneh, penjual bunga, dan sebagainya.

Saat kamu berinteraksi dengan orang-orang baru dalam perjalanan, kamu akan mendapatkan pengetahuan baru, baik tentang orang yang kamu ajak bicara atau daerah yang sedang kamu singgahi. Selain itu, keterampilan sosialmu juga akan meningkat, asal kamu mau memberanikan diri mengobrol atau membuka pembicaraan dengan orang baru yang kamu temui di jalan. Kamu tidak akan pernah tahu kondisi suatu wilayah atau negara jika tidak mengobrol langsung dengan penduduk lokalnya.

Melihat dan Mempelajari Hal-Hal Baru, Melepaskanmu Dari Kebosanan Hidup Monoton

tandem

Setiap negara, kota, ataupun desa sekalipun punya tradisi atau kebiasaan yang berbeda-beda.. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang kebudayaan yang bukan dari daerah asalmu saat kamu memberanikan diri untuk pergi traveling. Dari traveling kamu akan melihat hal-hal unik yang belum pernah kamu lihat sebelumnya, seperti upacara adat, ritual keagamaan, tarian tradisional khas suatu daerah, dan masih banyak lagi. Mendapatkan pengalaman baru itu sungguh menyenangkan. Saat pulang kembali ke rumah, kamu bisa menceritakan banyak hal pad aorang-orang di sekitarmu. Pengetahuan akan budayamu pun akan lebih meningkat bukan?

Kesempatan Mencicipi Aneka Makanan Baru, Pengetahuan Kulinermu Jadi Bertambah

Salah satu hal yang diburu dan biasnaya menjadi banyak tujuan seseorang melakukan traveling adalah karena ingin mencicipi kuliner khas suatu daerah. Kamu tidak akan pernah bosan menjelajahi satu negara untuk menemukan makanan khasnya. Kenapa demikian? Karena lidahmu belum terbiasa mencicipi rasa-rasa baru, sehingga kamu akan penasaran ketika disuguhkan berbagai hidangan yang belum pernah kamu lihat sebelumnya. Belum lagi tampilannya yang sangat menggugah selera. Hmm… pastinya akan cepat bikin perut bunyi keroncongan!.

Agar pengalaman kulinermu di suatu negara atau kota tepat sasaran, disarankan untuk mencari referensinya dulu di internet. Biasanya banyak orang yang menulis pengalamannya di blog tentang kuliner-kuliner yang khas di suatu negara. Referensi ini juga bisa membantumu menemukan kuliner legendaris. Biasanya tiap daerah punya kuliner legendaris yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan patut dicoba!

Jadi tahu kan, manfaat traveling yang bisa membuatmu lebih pintar karena memberibanyak pengalaman dan pengetahuan. Traveling bukan soal kesenangan, tetapi cara untuk bisa lebih memaknai kehidupan. Selamat berlibur!

1 Comment

1 Comment

  1. Shinta

    July 10, 2015 at 11:06 am

    Dan saya berusaha mengingat isi presentasi eh ternyata semua ada di sini 😀
    *catet ah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tips

Siapa Bilang Liburan dengan Keluarga Tak Bisa Seru? Yuk Ajak Ke Sini!

Merancang liburan keluarga memang kadang penuh tantangan. Tak semudah ketika kita liburan bersama kawan atau sahabat, yang umumnya memiliki rentang usia yang tak begitu jauh. Sementara liburan keluarga kita harus bisa membuat senang seluruh anggota keluarga yang berbeda generasi dan referensi.

Dari soal pemilihan jadwal liburan saja sudah pasti harus lebih diperhatikan. Tentunya tak mudah memilih tanggal yang bisa mengakomodasi waktu berlibur yang pas untuk seluruh anggota keluarga. Tidak sesederhana liburan bersama kawan yang biasanya memiliki aktivitas sama.

Libur panjang Lebaran bisa jadi salah satu pilihan menarik untuk liburan bersama keluarga. Durasi waktu liburan yang agak panjang dan serentak ini bisa dimanfaatkan untuk pergi bersama.

Lalu kemana? Kita harus coba Perth, Australia. Kenapa? Karena kota ini punya banyak destinasi wisata yang sangat cocok untuk aktivitas bersama keluarga besar. Kita akan punya banyak kenangan manis di kota yang ramah terhadap keluarga ini.

Di Kings Park Garden, Saatnya Kita Jalin Keakraban di Tengah Hijaunya Taman

Kamu harus mengajak keluargamu ke ikon Kota Perth yang satu ini. Tamannya yang asri, membentang seluas 400 hektare. Tak perlu rumit, kita bisa saling bicara dan bersenda gurau sambil berjalan di semak yang terawat baik. Setelahnya bisa melepas lelah dengan duduk sembari menikmati pemandangan Swan River yang membelah bagian utara Kota Perth.

Kita akan bersama-sama melintasi jembatan Federation Walk, menikmati pemandangan pepohonan hijau. Si kecil bisa tetap menikmati suasana ketinggian dengan aman karena jembatan tersebut dilengkapi pembatas keamanan di kiri dan kanannya. Uniknya, pembatas terbuat dari kaca, sehingga kita tetap bisa melihat suasana di balik pembatasnya.

source: bgpa.wa.gov.au

source: bgpa.wa.gov.au

Agar si kecil tak bosan, kita juga bisa mengajaknya ke Synergy Parkland. Ini adalah area yang dikhususkan bagi kegiatan anak. Mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam melihat replika dinosaurus dan mengikuti jejak fosil mereka. Belum lagi mereka akan asik bermain di jembatan-jembatan gantung kecil. Untuk yang membawa balita ada area Lotterywest. Area bermain ini diperuntukan khusus bagi anak-anak usia di bawah lima tahun.

Yuk Ajarkan Peduli Lingkungan di Perth Zoo

Source: perthzoo.wa.gov.au

Source: perthzoo.wa.gov.au

Kebun binatang Perth ini salah satu spot yang harus dikunjungi ketika ke Perth. Letaknya hanya lima menit dari pusat jantung kota. Ini merupakan tempat asyik untuk kita yang ingin lebih dekat dan mengenal hewan-hewan yang berasal dari Australia dan sekitarnya. Hewan-hewan yang ada di Perth Zoo ini dikelompokan sesuai habitat aslinya.

Di sini kita tak hanya ‘menonton’ hewan-hewan seperti di kebun binatang lainnya. Karena Perth Zoo juga mengajarkan tentang pelestarian hewan dan lingkungan. Tempat ini juga punya beragam atraksi menarik.

Salah satunya adalah “close encounters”. Atraksi ini akan membawa kita dekat menyentuh langsung para binatang dan sekaligus menyaksikan bagaimana para penjaga Perth Zoo melakukan tugasnya. Namun yang perlu diperhatikan, masing-masing kegiatan ini punya batasan usia. Jadi harus disesuaikan dengan anggota keluarga yang paling kecil ya.

singa

Kegiatan untuk semua umur bisa mencoba close encounters jerapah, quokka, kadal naga, ular piton. Bagi yang anggota keluarga terkecilnya sudah melewati usia 6 tahun bisa bertemu dan bermain bersama binatang unik Australia seperti kanguru, tasmanian devil, kakatua hitam, kura-kura galapagos dan orang utan. Sementara untuk yang sudah masuk usia remaja 12-16 tahun bisa mencicipi pengalaman menjadi penjaga binatang gajah, badak, monyet, dan meerkat.

Kali ini berkenalan dengan binatang laut di Aquarium of Western Australia

A photo posted by AQWA (@discoveraqwa) on

Ini adalah tempat kita dapat relaksasi sambil memperkaya informasi anak-anak tentang biota laut. Aquarium of Western Australia (AQWA) menjadi rumah untuk 400 spesies biota laut dan koleksinya terdiri dari 4000 ikan. Kita bisa merasakan langsung pengalaman berjalan di bawah laut dari terowongan Aquarium yang dimiliki tempat ini.

Setidaknya ada 10 aquarium terbesar dunia yang ditemui di AQWA ini. Kita bisa menyaksikan hiu abu-abu yang panjangnya mencapai 4 meter. Lalu ada ikan pari yang punya rentang sayap yang lebarnya mencapai 4 meter. Koleksi ikan di tempat ini juga termasuk spesies paling berbahaya dan beracun di muka bumi, seperti ular laut, gurita cincin biru, lion fish dan sejumlah binatang berbahaya lainnya.

Hay Street Perth, Untuk Kamu Pecinta Wisata Belanja

hay street

Liburan keluarga harus diperuntukkan seluruh anggota keluarga. Tak cuma anak-anak, mereka yang dewasa pun harus punya pengalaman seru. Tak perlu rumit, mungkin dengan berjalan-jalan sore dan sambil cuci mata di Hay Street Perth sudah dapat memuaskan anggota keluarga yang gemar belanja.

Lokasi ini disebut-sebut sebagai surga belanjanya kota Perth. Hay Street adalah jalan utama dengan deretan toko-toko yang berada di sisinya. Mulai dari pakaian merek internasional, sepatu, perhiasan dan dan sejumlah barang lainnya bisa dibeli di sini.

Penggila Kuliner Sangat Dimanjakan di Perth

A photo posted by Zamia Cafe (@zamiacafe) on

Perth punya banyak pilihan wisata kuliner. Penduduknya yang multikultural membuat peta restoran dan café di kota ini juga menjadi beragam. Kamu bersama keluarga bisa memilih makan malam di pinggir sungai yang indah atau justru berburu makanan seru di pusat kota. Bisa juga makan di tengah hutan kota Kings Park macam di café Zamia.

Butuh makanan halal? Tak perlu khawatir, Perth juga punya banyak pilihan restoran menu halal. Bahkan buat yang belum bisa beranjak dari makanan khas Indonesia, kota ini juga punya beberapa tempat makan yang menyediakan masakan Indonesia. Di area Northbridge ada Tasik Indonesian Restaurant yang menawarkan suasana tepat yang sangat cocok untuk keluarga.

batavia corner

Beranjak sedikit ada juga Batavia Corner yang menghadirkan masakan khas Indonesia seperti Nasi Uduk, Nasi Kuning, Lontong Sayur. Sementara menu andalannya adalah Soto Ambengan. Uniknya, restoran ini juga banyak dikunjungi oleh penduduk lokal. Selain itu masih ada Indonesia Indah, Manise Café, dan sejumlah restoran lainnya yang bisa jadi tujuan liburan bersama.

Jadi Liburan Panjang Nanti ke Perth?

perth-australia

Nah, berhubung waktu libur lebaran tinggal satu bulan lagi, ada baiknya kita mulai merencanakan segala sesuatu untuk perjalanan ke Perth, mulai dari pesan tiket pesawat dan mencari penginapan yang sesuai budget. Dari pada pusing, semua akan lebih mudah jika kamu menggunakan situs Wego yang punya banyak informasi tentang transportasi dan akomodasi ke Perth. Dengan menggunakan situs Wego kamu dapat menemukan harga terbaik untuk tiket penerbangan pesawat dari Indonesia ke Perth dan juga akan memberikan pilihan hotel yang tepat untuk menghabiskan waktu selama di Perth. Jadi sudah siap berangkat ke sana untuk liburan Lebaran mendatang?


1 Comment

1 Comment

  1. Shinta

    July 10, 2015 at 11:06 am

    Dan saya berusaha mengingat isi presentasi eh ternyata semua ada di sini 😀
    *catet ah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top