Tips

Senang Travelling Dan Senang Menuliskan Perjalananmu? Elok Dyah, Memberi Tips Yang Oke Soal Ini!

memikirkan diri sendiri

Buat kamu penggemar traveling, pasti paham bahwa oleh-oleh terbaik dari sebuah perjalanan adalah pengalaman. Sementara cara terbaik menyimpan dan mengingat pengalaman adalah dengan cara menuliskannya. Menuliskannya bisa melalui media apa saja, mulai dari blog, forum, artikel di media massa hingga menerbitkan buku.

Masalahnya, harus diakui tak mudah mendokumentasikan pengalaman traveling melalui tulisan. Namun kamu tak perlu khawatir soal ini, karena Elok Dyah pendiri komunitas backpacker dunia punya tips menulis traveling yang menarik. Perempuan yang juga berprofesi sebagai jurnalis di grup Kompas ini membagi pengalamannya pada acara bertema #BiarEksisAja yang digagas oleh situs EzyTravel pada 30 Juni 2015 lalu di Djakarta Cafe. Apa saja itu?

Supaya Tulisanmu Bagus “Belanja” Yang Banyak!

traveller

Loh apa hubungannya antara belanja dengan menulis traveling? Tenang, lihatkan bagaimana belanja ditulis dengan tanda kutip. Ya, belanja yang dimaksud di sini adalah memanfaatkan waktu yang ada untuk menggali sebanyak-banyaknya informasi. Layaknya berbelanja, kita harus membeli, membawa pulang informasi yang ada.

Menurut Elok Dyah, jangan dulu berasumsi terhadap daerah tempat tujuan wisata kita. Kosongkan dulu pikiran dan mulailah dari nol. Hal ini akan mempermudah kita menggali informasi.

Informasi ini tak hanya melulu pengalaman pribadi kita. Semua bisa didapat dari percakapan dengan narasumber, riset data dari buku, majalah dan internet. Jadi ketika berniat melakukan perjalanan dan berniat menuliskannya, jangan sungkan untuk memperkaya tulisan dengan hasil percakapan dengan orang lain disana.

Jangan lupa pula mengambil foto sebanyaknya. Gambar akan mempermudah kita mengingat kembali pengalaman yang kita alami ketika kita ingin menuliskannya.

Data dan informasi yang kaya akan memberi keluwesan buat kita sewaktu menulis. Fleksibilats ini juga berkaitan dengan panjang pendek tulisan yang kita inginkan. Jangan sampai kita kekurangan bahan hanya karena malas “berbelanja” informasi.

Senyum Adalah Bahasa Dunia Yang Harus Kamu Pahami

nenek tua senyum

“Hal pertama yang harus kita ingat, pandailah membawa diri dan tetap sopan” ujar Elok Dyah

Ya, masyarakat dan budaya yang baru kita masuki tentu punya tatanan masing-masing. Dan belum tentu sama dengan kita. Karena itu kita harus pandai membawa diri ketika dalam proses pengkayaan informasi.

Tak semua orang mengetahui apa niatan kita. Bukan tak mungkin mereka punya kekhawatiran tertentu ketika kita sedang melancong ke wilayahnya. Apalagi tidak semua satu bahasa dengan kita, meski itu masih di negara Indonesia sekali pun.

Karena itu sejak awal gunakanlah bahasa paling universal, yaitu senyum. Dengan menebar senyum kita akan lebih mudah diterima dan tentunya akan lebih mudah bagi kita untuk menggali informasi yang dalam.

Tinggalkan alat perekam, buku catatan, peralatan menulismu di penginapan!

alat-alat

Alat perekam, buku catatan dan sejenisnya dianggap Elok Dyah akan terlalu serius ketika kita sedang menggali informasi tentang pariwisata. Orang lokal yang kita temui bukan tidak mungkin akan langsung menarik diri ketika melihat corong microphone recorder kamu mengarah padanya.

“Berbicara santai saja dengan mereka, kita catat semua percakapan tersebut di dalam rekaman otak kita” tutur perempuan yang dalam setahun pernah mengunjungi 20 negara ini.

Kita justru akan bisa mendapatkan banyak cerita jika bisa membuat orang sekitar yang kita temui menjadi rileks dan nyaman. Catatlah semua informasi yang kita dapat sekembalinya ke penginapan. Ingatlah poin-poin penting yang mereka sampaikan.

Foto Jelas Memperkaya Tulisan Kita, Tapi Patuhi Etikanya ya!

Masih ingat bagaimana aksi para fotografer “nakal” pada acara waisak di Borobudur yang dikecam di ranah maya. Tanpa mengindahkan tata krama, sang fotografer mengambil sudut foto yang jelas-jelas menggangu ke khusyukan ibadah di Borobudur itu.

Untuk itu, kita perlu memahami garis besar etika di tempat yang akan kita foto. Tidak semua lokasi mengijinkan untuk diambil gambarnya. Cari tahu lebih dahulu soal ini. Perjelas hingga detail jangan sampai kamu menyalahi aturan.

Sementara untuk pengambilan foto terkait profil atau sosok seseorang, usahakanlah meminta izin terlebih dahulu secara sopan. Dan ini berlaku meskipun orang tersebut tengah berada di ruang publik. Aturan tidak menyebutkan demikan, namun tak semua etika harus ditulis bukan?

Sebelum Mulai Menulis, Langkah Pertama Adalah Merasakan Kembali Pengalaman Yang Sudah Kamu Lewati Tadi

merasakan kembali

Anggaplah kita sudah selesai melakukan perjalanan. Hasil belanja informasi kita sudah menumpuk sangat banyak. Nah, sebelum mulai menulis Elok Dyah menyarankan kita untuk sejenak merasakan kembali pengalaman tersebut. Jangan langsung menulisnya.

Tarik nafas, dan renungkan kembali indahnya perjalanan tersebut. Betapa unik pengalaman yang telah kamu dapatkan. Panggil kembali situasi-situasi yang mungkin sedikit menengangkan. Sambil mengingat-ingat, tengok foto-foto yang kita ambil untuk memperkaya tulisan tadi. Lihat dan nikmati terlebih dahulu.

Sudah Siap Menulis? Konsentrasi ya! Fokus!

catatan

Tipikal orang bermacam-macam. Mungkin ada yang lebih mudah fokus dalam keheningan setengah meditasi. Namun tak sedikit pula yang justru menemukan konsentrasi di tengah setelan musik cadas. Intinya gunakan. Intinya bawa level konsentrasimu ke tingkat yang paling tinggi. Hindari semua hal yang bisa memecah konsentrasi.

Sekarang, Kumpulkan Kembali Data Yang Sudah Kamu Punya!

pilih data

Taruh semua berkas-berkas data yang kamu punya di atas meja. Tak Cuma yang berhubungan langsung, berkas-berkas ini bisa berupa apa pun yang kita dapatkan ketika di perjalanan wisata tersebut.

“Saya selalu menyimpan dan menaruh kembali potongan tiket, bukti pemesanan hotel, karcis wahana, termasuk hasil riset dan wawancara di atas meja ketika sudah ingin mulai menulis” Sambung Elok Dyah.

Baca ulang data-data tersebut. Kemudian bayangkan kisah yang ingin kamu tuliskan setelah melihat data-data yang ada di berkas-berkas tersebut.

Stop! Jangan Mulai Dulu, Tentukan Sebelumnya Bagian-bagian Mana Yang Ingin Kamu Tulis

outline

Hanya dari satu perjalanan, bahkan satu tempat kita bisa menulis banyak hal. Nah, untuk satu tulisan jangan memasukan semua informasi sekaligus. Tentukan bagian mana yang ingin kita tuliskan.

Contoh kita bisa menulis Destinasinya. Seperti keindahan alam kota, desa, laut, gunung, fasilitas wisatanya dan sebagainya. Atau tentang kebudayaannya, keunikan adatistiadat, bahasa, kebiasaan hidup, makanan khas, kearifan lokal.

Contoh lain menulis tentang kondisi masyarakatnya. Apakah terbuka, tertutup, ramah atau tidak dengan wisatawan, dan sejenisnya. Terakhir kita bisa menuliskan hal-hal menarik yang terkait waktu seperti festival tahunan misalnya.

Asumsinya tulisan yang mau kamu tulis bukanlah sebuah tulisan straight news yang bersifat langsung. Apa itu Straight news? Kamu biasa menemuinya di koran atau situs-situs berita. Sifat langsung dengan bahasa yang singkat.

Sementara tulisan traveling yang kita bahas di sini adalah tulisan yang bersifat feature. Karena itu metode penulisannya berbeda dengan bahasa yang lebih halus. Feature lebih dekat dengan cerita, contoh mudahnya adalah tulisan-tulisan yang ada di majalah.

Nah, supaya kita bisa lebih mudah mengerjakannya, buatlah kerangka berpikirnya lebih dahulu. Tuliskan 3,4,5 poin penting yang akan dibahas dalam artikel tersebut. Jangan lupa, poin-poin tersebut harus terkait bahkan saling mendukung satu sama lainnya.

Contoh Outline Untuk Tulisan Perayaan Nyepi
• Perarakan Melasti di Pantai Kuta
• Arti Nyepi bagi masyarakat Hindu Bali
• Pendapat anak muda Hindu Bali mengenai arti Nyepi dan apa yang mereka lakukan dalam menjalani Nyepi.
• Pelaksanaan Nyepi di Bali (hasil observasi ketika hari H peringatan Nyepi)
• Konteks Nyepi dalam aktivitas sehari-hari

Lalu Outline ini harus diapakan ya?

menulis outline

“Paparkan satu per satu outline yang sudah kamu tulis menjadi rangkaian paragraf atau alinea. Gunakan bahasa yang sesuai dengan jiwa kamu, atau target pembaca yang ingin disasar. Tuliskan dengan bahasa yang sederhana, mudah dipahami, tidak ruwet” Papar Elok Dyah.

Sekarang Menulislah Dengan Bebas Kawan!

bebas

Menurut Perempuan yang sudah mengarungi lebih dari 40 Negara ini, penulisan itu sifatnya sangat individual. Sifatnya berbeda antara satu orang dan lainnya. Kita harus membebaskan diri kita dari “belenggu” bayang-bayang penulis lain.

Tidak masalah menggemari tulisan seseorang. Jadikanlah contoh-contoh tulisan lain sebagai referensi. Tapi jangan berusaha untuk menjadi penulis yang kamu favoitkan ketika menulis. Jadilah diri kamu apa adanya. Penting untuk tetap percaya diri bahwa kita bisa menulis.

“Karena itu sangat perlu untuk membebaskan diri dari beban yang ada. Menulis dengan hati riang dan ringan akan membuat kamu lancar mengeluarkan isi pikiran, pengalaman dan kedalaman hati. Curahkan saja apa yang terlintas dalam kepala, tulis saja…tulis saja…” Terang Elok Dyah

Kamu Memang Bebas Menulis Tapi Ingat Jumlah Karakter Ya!

karakter penulisan

Walaupun kita bebas menulis namun kita punya keterbatasan jumlah space yang kita miliki. Walaupun kita menulisnya di dunia maya, tetap saja ada batasan jumlah karakter yang bisa membuat pembaca nyaman untuk melihat tulisan tersebut.

Karena itu penting untuk tetap mematuhi outline yang telah kamu buat sebelumnya. Perpindahan antara satu poin ke poin dalam outline harus dilakukan dengan halus dan saling terhubung. Hal ini agar mereka yang membaca tidak merasakan ada gap antara satu poin dan lainnya.

Cara termudahnya adalah dengan membuat sub-sub judul untuk poin yang telah dibuat. Cara ini dapat membantu penulis untuk berpindah dari poin yang satu ke poin yang lainnya.

Sudah Selesai Menulisnya? Sudah Diedit Belum?

Setelah tulisan kamu selesai, hal penting lain yang harus dilakukan adalah membacanya kembali. Kemudian editlah jika perlu dilakukan. Hal paling sederhananya adalah memperbaiki kesalahan tulis atau salah maksud dalam kalimat.

edit tulisan dengan kawan

Mintalah bantuan kawan untuk membacanya ulang. Minta penilaian mereka apakah tulisan kita sudah layak atau masih perlu koreksi. Kadang sudut pandang orang lain dibutuhkan untuk menyempurnakan tulisan kita.

Sempurnakan tulisan dengan menggabungkan gagasanmu dan masukan dari kawan-kawan yang telah membacanya. Selain itu usahakan tulisan tetap terkait dengan konstekstual jaman dan kehidupan sehari-hari

Wisdom

bijak menulis

“Tulisan tak melulu soal keindahan, soal keunikan, namun ada insight di kedalaman cerita kita. Ada wisdom, kebijaksanaan yang bisa kita ketengahkan dan bisa menjadi bahan perenungan kita untuk selalu tetap mensyukuri hidup” tutup Elok Dyah.

ezytravel sponsored

sponsored content

1 Comment

1 Comment

  1. Shinta

    July 10, 2015 at 11:06 am

    Dan saya berusaha mengingat isi presentasi eh ternyata semua ada di sini 😀
    *catet ah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Padahal Iklan Tapi Video di Youtube Ini Banyak Ditonton! Kok Bisa?

Makin populernya Youtube bikin sebagian orang penasaran mencari rumusan agar videonya bisa ditonton oleh banyak orang. Mungkin termasuk kamu, yang sedang memulai karir sebagai youtuber.

Google pemilik situs Youtube, melalui Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, merilis daftar iklan terpopuler yang tayang di youtube. Salah satu video yang menduduki 10 iklan Youtube terpopuler di Indonesia adalah video berjudul “Semua Gara-Gara Saaih Halilintar – Ep 1” yang diunggah di kanal Youtube Smartfren. Dari data yang dirilis oleh social media analytics partner, Socialbakers, tiga video series bertajuk “Semua Gara-Gara Saaih Halilintar” menempati tiga posisi teratas sebagai video Youtube terbaik di Indonesia pada bulan Juni.

“Sebenarnya, video ‘Semua Gara-Gara Saaih Halilintar’ merupakan bagian dari kampanye digital #BaruTahuKan yang dibuat oleh Smartfren,” terang Fikri Hidayat Rangkuti, Senior Manager of Digital Operation Growmint yang merupakan digital agency partner Smartfren.

Fikri menjelaskan bahwa webseries mengenai ‘Semua Gara-Gara Saaih Halilintar’ merupakan hero content dari kampanye bertagar #BaruTahuKan yang digunakan untuk menjelaskan kepada publik bahwa Smartfren saat ini merupakan provider telekomunikasi dengan jaringan 4G dan dapat digunakan di semua telepon selular berbasis 4G.
“Selain webseries, campaign #BaruTahuKan juga terintegerasi dengan situs web barutahukan.com dan kanal media sosial Smartfren lainnya.” Terang Fikri.

Lantas apa saja resep Growmint dan Smartfren dalam membuat konten video ‘Semua Gara-Gara Saaih Halilintar’?

Memilih key opinion leader Yang Tepat, Jadi Penentu

“Kenapa webseries #BaruTahukan bisa menjadi populer di Youtube? Semuanya diawali dari pemilihan Saaih Halilintar sebagai key opinion leader sekaligus icon dalam video. Sebelum mengeksekusi video, tim di Growmint telah melakukan riset terlebih dahulu mengenai popularitas influencer di media digital selama tiga bulan terakhir,” ucap Fikri.

Kunci Lainnya Adalah Memilih Dan Menyesuaikan Momen Yang Pas

Video yang punya korelasi dengan keadaan saat ini cenderung bisa lebih viral. Hal ini yang juga dimanfaatkan Smartfren ketika membuat video web series #BaruTahukan. Cerita dari video tersebut disesuaikan dengan momen Ramadhan ketika video tersebut ditayangkan.

Tak Cuma Lewat Youtube, Optimasi Juga Dilakukan Melalui Sosial Media Lainnya

Meski Youtube sudah punya 1,3 miliar pengguna, namun kalau mau kontenmu berhasil dan ditonton banyak orang haruslah memanfaatkan sosial media yang lainnya. Sosial media serta aset lainnya tersebut diarahkan untuk mengajak pengunjungnya ke video yang dimaksud.

Hal ini yang dijalankan oleh Smartfren. Mereka memanfaatkan sosial medianya untuk mendapatkan pengunjung. Ditambah lagi untuk mendukung video tersebut, dirilis pula situs barutahukan.com yang membantu video tersebut lebih dikenal.

Pada Akhirnya Penonton Indonesia Itu Senang Tayangan Yang Ringan Dan Mudah Dicerna

Smartfren digital team, memaparkan bahwa selama periode digital campaign #BaruTahuKan, Smartfren yang berpartner dengan Growmint berusaha memahami karakter netizen di Indonesia dalam mengkonsumsi media digital, baik dalam bentuk teks, gambar, maupun video.

“Di bulan Ramadhan, berbagai brand selalu berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian audiensnya masing-masing, begitu pula dengan Smatrfren. Karena itu, kami mencoba mengutamakan konten yang sesuai dengan karakter netizen di Indonesia yang ringan dan mudah dicerna, namun tetap menyampaikan pesan dari Brand Smartfren itu sendiri,” terang Aldrige.

Dari hasil memahami karakter netizen di Indonesia, kemudian merencanakan konten brand campaign secara optimal, ketiga video webseries ‘Semua Gara-Gara Saaih Halilintar’ selalu menempati top trending di YouTube. Selain itu, Smartfren juga menempati 10 besar brand dengan interaksi tertinggi selama bulan Ramadhan menurut data yang dirilis oleh Socialbakers.

“Dan yang lebih utama, dampak terbaik dari keberhasilan digital campaign #BaruTahuKan adalah semakin banyak audiens di Indonesia yang tahu bahwa kini Smartfren bisa dipakai di ponsel apapun dengan jaringan 4G. Dengan kata lain, akan semakin banyak orang Indonesia yang dapat menjangkau koneksi internet yang lebih cepat, luas, dan stabil,” tutup Fikri.

1 Comment

1 Comment

  1. Shinta

    July 10, 2015 at 11:06 am

    Dan saya berusaha mengingat isi presentasi eh ternyata semua ada di sini 😀
    *catet ah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Manfaat Touring Motor Dan Kenapa Kamu Harus Mencobanya!

Buat mereka yang belum pernah touring alias melakukan perjalanan jauh ke luar kota menggunakan motor pasti bingung melihat ada orang yang mau melakukannya. Sebagian menganggap bahwa aktivitas ini mengandung bahaya dan berisiko tinggi. Padahal jika dilakukan dengan persiapan matang, touring menggunakan motor justru punya manfaat yang baik.

Naik Motor Itu Lebih Melatih Otak Dan Kemampuan Motorik Dibanding Naik Mobil

Ketika menyetir mobil, kita cenderung berada diposisi yang selalu sama setiap saat. Sementara mengendarai motor itu lebih melatih fisik dan otak kaarena posisi badan akan berubah-ubah untuk menyeimbangkan roda dua. Tak heran jika mengendarai motor melatih konsentrasi lebih baik.

Sebuah penelitian dilakukan University of Tokyo, berjudul “Hubungan antara mengendarai motor dan perkembangan otak manusia”. Studi yang melibatkan 50 orang ini, dibagi menjadi dua kelompok antara yang rutin mengendarai motor dan yang tidak. Masing-masing diuji fungsi otaknya dan fungsi kognitifnya.

Setelah dua bulan riset tersebut dilakukan, ditemukan bahwa kelompok yang rutin menggunakan motor fungsi kognitifnya lebih baik. Selain itu ketika diuji dengan menghapal sejumlah angka, mereka yang menggunakan motor memiliki hasil 50 persen lebih tinggi.

Touring Motor Menghilangkan Stres Dan Meningkatkan Kesehatan Jiwa

Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa melakukan perjalanan dengan motor jarak jauh dapat membuat seseorang lebih bahagia dan tingkat stresnya menurun. Hal ini terjadi karena adrenaline ketika melakukan touring cenderung meningkat yang mendorong dihasilkannya endorphin dalam tubuh. Seperti diketahui zat ini merupakan pemicu rasa senang.

Selain itu terpaaan sinar matahari ketika melaukan touring meningkatkan produksi vitamin D. Sementara vitamin tersebut dapat membuat mood seseorang jauh lebih baik.

Ketika Touring, Sedikitnya 300 Kalori Terbakar Setiap Jamnya

Kalori yang dibakar ketika naik motor setara dengan melakukan jalan cepat, yaitu sekitar 200-300 kalori. Bahkan ketika berkendara dalam kecepatan menengah dan cepat seperti ketika touring keluar kota, kalori yang terbakar bisa mencapai 600 kalori.

Selain kalori yang terbakar, tubuh juga akan “dipaksa” untuk melakukan latihan pembentuk otot. Karena badan harus tak henti menyeimbangkan motor dan mengendalikan kemudi yang berhubungan langsung dengan ban. Berbeda dengan menyetir mobil yang menggunakan kolom kemudi.

Mengenal Tempat Baru Yang Seru, Agar Hidupmu Tak Bosan

Hidup tentunya tak akan seru kalau menemui hal yang itu-itu saja. Rasa bosan inilah yang bisa terhapus ketika kamu melakukan touring motor. Bayangkan kita sedang seru naik motor. Tiba-tiba di depan mata disajikan pemandangan macam ini. Dari ketinggian kita bisa melihat pantai dan lautan yang membentang. Ketika cuaca cerah, situasi macam ini sulit ditandingi di daerah lain.

Sudah Siap Mau Touring? Pakai Motor Apa?

Ya, motor untuk touring memang tak serupa dengan kendaraan yang kamu gunakan sehari-hari. Ada beberapa spesifikasi yang bisa memudahkan kamu diperjalanan. bak gayung bersambut sepertinya Suzuki sangat mengerti apa yang menjadi kebutuhan para bikers akan motor touring. Mereka kembali melahirkan satu gebrakan baru untuk menambah seri motor jelajah miliknya, yaitu Suzuki GSX-S150 Touring Edition. Hadir dengan masih mengusung basis seri sebelumnya yaitu Suzuki GSX-S150, namun telah dilengkapi dengan beragam aksesoris yang sudah termaksud dalam komponen penjualannya.

Penambahan tiga komponen aksesoris berupa Windshield smoke + bracket black, Hand guard color dan Bracket & Side bag soft yang siap memacu perjalanan untuk menyusuri beberapa tempat indah di Indonesia. Tampilan desain dan performa yang mengangumkan membuat Suzuki GSX-S150 Touring Edition, Menjadi motor yang semakin terlihat gagah dengan tetap mengutamakan fungsionalitas.

Kalau kamu tertarik harus segera pesan, karena tipe edisi khusus seharga 25 juta rupiah ini hanya akan dilepas Suzuki sebanyak 150 buah saja setiap bulannya. Tersedia dengan dua pilihan warna saja, yaitu Stronger Red/Titan Black dan Matt Black.

1 Comment

1 Comment

  1. Shinta

    July 10, 2015 at 11:06 am

    Dan saya berusaha mengingat isi presentasi eh ternyata semua ada di sini 😀
    *catet ah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Bukan Tak Nasionalis, Tapi Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Travelling Ke Luar Negeri

Dalam beberapa tahun terakhir travelling menjadi kegiatan yang banyak digemari oleh orang-orang. Kamu bisa melihatnya dari banyaknya foto-foto travelling yang diupload pada beberapa jejaring sosial. Selain untuk memanjakan mata dengan melihat pemandangan yang disuguhkan alam, travelling juga menjadi kegiatan yang mampu memberikan releksasi yang baik bagi tubuh dan jiwa. Serta memberikan efek positif pada orang yang melakoninya. Menilik manfaat tersebut, tidak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjadi traveller.

Mungkin kamu adalah satu dari sekian banyak orang yang memiliki mimpi untuk travelling dan menginjakkan kaki di negara lain. Ini keputusan yang bisa membuat kamu dilema. Bagaimana tidak, memilih negara lain sebagai tujuan travelling akan selalu menimbulkan pro dan kontra. Namun terlepas dari hal tersebut, kamu memang harus mencoba untuk travelling ke luar negeri. Ini alasannya.

Travelling ke luar negeri akan membuatmu sejenak terbebas dari rutinitas sehari-harimu. Bukan saja pikiranmu kembali segar, wawasan kamu pun jadi kian luas

traveller

Rutinitas sehari-hari kerap menjadi  hal yang memaksa dirimu untuk melakukan hal yang sama secara berulang-ulang. Travelling ke luar negeri adalah pilihan baik yang akan membebaskanmu meskipun hal itu hanya bersifat sementara. Ini akan menjadi selingan yang menyenangkan. Travelling ke luar negeri juga akan mengajarkanmu banyak hal baru tentang kehidupan.

Mulai dari memahami bagaimana berinteraksi dengan bahasa lain pada  orang baru dari negara yang berbeda, belajar memandang perbedaan dari sisi positif serta memberi kamu kesempatan untuk bisa beradaptasi. Travelling di luar negeri  juga akan membuat wawasanmu kian luas, kamu juga akan berkesempatan untuk lebih memahami kebudayaan negara yang kamu tuju. Hal ini  jelas bermanfaat untuk hidupmu.

Ini adalah kesempatan bagus untuk meningkatkan rasa percaya diri sekaligus kemampuan berbahasa asingmu!

Travelling ke luar negeri bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri yang kamu miliki, terlebih dalam kemampuan berbahasa asing. Jika selama ini bahasa asing menjadi sesuatu yang kamu khawatirkan saat pergi travelling keluar negeri, itu salah. Justru ini saatnya kamu bisa mengolah kemampuan bahasa asing yang dimiliki, sebab manusia adalah makhluk yang diciptakan dengan sempurna, memiliki naluri untuk bisa berkomunikasi dengan siapapun.

Kamu bisa menggunakan bahasa universal yang disampaikan dengan ucapan serta gerak tubuh. Pengalaman-pengalaman menakjubkan yang akan kita dapatkan akan menjadi sesuatu yang berharga. Tidak akan ternilai dengan sesuatu yang lain, karena hal ini menjadi modal. Dalam hal kepercayaan diri ketika kita akan dihadapkan dengan sesuatu yang baru dalam hidup.

Kamu pun jadi punya kesempatan baik untuk memperbanyak teman dan koneksi

Manusia adalah makhluk sosial yang memang butuh bersosialisasi dengan orang lain untuk bisa bertahan hidup. Hal ini juga berlaku untukmu ketika ingin travelling ke luar negeri. Dengan travelling ke luar negeri kamu memiliki kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang dari latar belakang negara yang berbeda, sebab setiap negara pasti memiliki daya tarik yang berbeda-beda.

Untuk itu interaksi yang kamu lakukan akan menjadi pembuka koneksi untuk bisa mengetahui semua hal tentang suatu negara. Yang tentunya dari masyarakat lokal ataupun traveller yang juga melakukan perjalanan yang sama denganmu. Disamping itu hal lain yang bisa kamu dapatkan adalah bisa meminta mereka untuk jadi teman travelling, ketika kamu ingin mengunjungi negara tersebut di lain waktu.

Travelling ke luar negeri akan membuka sudut pandang baru hal-hal yang sebelumnya belum pernah kamu temukan

Pergi ke negara yang berbeda akan membantumu untuk menemukan sesuatu yang berbeda pula. Mulai dari suasana, bahasa hingga pada budaya yang juga berbeda. Dari sini kamu akan belajar banyak hal baru. Sehingga setiap perjalanan dengan tiap destinasinya memberikanmu pengetahuan yang akan menjawab rasa keingintahuanmu.

Semakin banyak negara yang kita kunjungi semakin banyak pula pengetahuan yang akan kamu dapatkan. Sudut pandang yang kamu miliki akan terasa lebih luas dalam mengartikan sebuah negara berikut perbedaannya. Hal ini juga akan menjadi kekuatan tersendiri dalam pengembangan kemampuan yang kita miliki, yang juga akan membedakan sudut pandang yang kamu miliki dengan kebanyakan orang pada umumnya.

Jadilah diri sendiri untuk hidup yang hanya sekali, untuk itu kamu perlu menikmatinya!

Biar bagaimanapun satu hal yang memang sangat berarti dari sekian banyak, manfaat travelling yang mungkin perlu kamu  ketahui adalah bahwa hidup memang harus dinikmati. Karena menjadi bahagia adalah mimpi dari semua orang untuk itu travelling adalah salah satu jawaban. Setelah kepenatan dalam bekerja yang jadi rutinitas tentu kamu juga berhak untuk mendapatkan relaksasi jiwa.

Hal ini akan bermanfaat untuk mengembalikan semangat agar lebih produktif lagi dalam bekerja. Travelling bukanlah hal yang sia-sia untuk itu agar hidup tidak terasa sia-sia pergilah travelling ke luar negeri. Meski hanya sekali tapi itu adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Dari hal itu kamu akan menemukan siapa dirimu yang sebenarnya dan apa yang sesungguhnya kamu inginkan. Dengarkan dirimu!

Hingga kelak semua hal yang telah kamu lakukan akan jadi bagian indah dari kisah hidupmu

Travelling memang menghabiskan materi, waktu serta energi tapi ini adalah investasi masa depan. Mewarnai hidup dengan travelling akan memberikan kesenangan tersendiri bagi hati dan jiwa. Kelak kamu akan duduk bersama dengan anak dan cucumu, sambil menceritakan semua hal yang telah kamu lakukan dalam hidup. Hal ini tentu akan menjadi hal yang tak ternilai. Kamu akan termasuk kedalam orang-orang yang beruntung, karena diberi kesempatan untuk menikmati berbagai destinasi. Pengalaman travelling di negara lain yang telah kamu lalui akan jadi pengetahuan yang bisa dibagikan kepada orang lain.  Berbahagialah !

Jadi jika masih ada orang yang menyudutkan kamu karena alasan untuk pergi travelling ke luar negeri adalah sesuatu yang tidak baik, cobalah bantu mereka untuk memahami beberapa hal diatas tadi.

1 Comment

1 Comment

  1. Shinta

    July 10, 2015 at 11:06 am

    Dan saya berusaha mengingat isi presentasi eh ternyata semua ada di sini 😀
    *catet ah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Dengan Cara Ini Kamu Bisa Menggunakan Kamera Smartphone Untuk Menghasilkan Foto Layaknya Fotografer Profesional

Dewasa ini, penemuan teknologi terus berkembang seiring berjalannya waktu. Penemuan demi penemuan dihasilkan demi mempermudah manusia beraktivitas. Dunia dalam genggaman rasanya bukan lagi bualan semata. Salah satu penemuan besar di dunia adalah handphone atau  smartphone yang menawarkan banyak kemudahan. Aplikasi canggih  dan juga kamera handphone rasanya sudah cukup untuk membingkai kisah indah dalam deretan foto yang apik. Saat ini smartphone memang sudah dibekali kamera mutakhir dengan hasil foto yang tak perlu diragukan lagi.  Hanya dengan menggunakan kamera smartphone dan trik tepat kamu  bisa menghasilkan foto yang indah. Masih belum percaya juga? Kamu bisa menjajal trik berikut!

Karena handphone yang kamu miliki berbeda dengan kamera DSLR, maka kamu perlu mempelajari beberapa hal ini dulu agar hasilnya tak kalah bagus!

Meskipun saat ini sudah banyak kelebihan yang diberikan produsen handphone untuk konsumennya dalam hal kamera, namun kamu juga harus ingat bahwa secanggih-canggihnya kamera handphonemu tentu masih memiliki banyak kekurangan jika dibandingkan dengan kamera profesional. Namun bukan berarti kamu tidak bisa menghasilkan foto seapik ketika menggunakan kamera profesional.  Kamu hanya perlu mempelajari komposisi pencahayaan pada kamera handphone-mu. Gunakan resolusi tertinggi saat memfoto sebuah objek agar tidak terpecah saat dizoom, serta pelajari waktu jeda shutter pada hpmu. Ketika kamu menguasai hal itu di handphone kameramu, kamu akan terlatih melakukan pengaturan dan bisa berfoto ria dengan hasil yang bisa menyamai kamera profesional.

Meskipun ada fasilitas zoom di kamera handphone kamu, sebaiknya hindari penggunaannya!

Kamera handphone yang kamu miliki cenderung memperkecil objek foto yang akan kamu ambil, berbeda dengan kamera profesional yang bisa menyamakan ukuran objek dari berbagai jarak. Karena perbedaan ini sebisa mungkin ketika kamu ingin memotret sesuatu menggunakan kamera di smartphone kamu dari jarak yang cukup. Sehingga objek bisa memenuhi frame tanpa menggunakan zoom, karena zoom akan menurunkan resolusi foto kamu secara keseluruhan. Hal itu akan mengakibatkan hasilnya menjadi tidak tajam dan pecah.

Pastikan pencahayaan yang tepat pada saat melakukan foto! Penting juga untuk  memperhatikan kebersihan lensa kamera handphone-mu!

Pencahayaan adalah kunci dari segala hasil foto, baik menggunakan kamera profesional ataupun kamera handphone-mu. Karena itu pastikan agar menyesuaikan cahaya yang tepat pada objek yang ingin kamu abadikan dengan kameramu. Pada saat kamu melakukan foto indoor, kamu bisa menggunakan flash yang tersedia di kamera handphone-mu, namun kamu perlu perhatikan bahwa jarak efektif flash itu 2-3 meter, jadi jangan terlalu berharap flash akan menerangi semua ruangan. Selain pencahayaan yang perlu kamu perhatikan adalah kebersihan dari lensa kamera handphone-mu, jika kamu perhatikan para fotografer profesional amat sangat memperhatikan kebersihan dari lensa-lensa kamera yang mereka miliki. Karena itu adalah salah satu hal penting jika ingin mendapatkan hasil yang jernih, hal itu juga berlaku bagi kamera handphone yang kamu punya. Bersihkan secara berkala agar kamera handphone-mu tetap besih. Saat kamu hendak mengambil foto suatu objek, pastikan handphone yang kamu pegang stabil sehingga hasil fotonya pun bisa fokus. Kalau sudah begini, kamu pun bisa mendapatkan hasil foto yang maksimal dari kamera handphone-mu.

Sudut yang tidak biasa akan membuat hasil fotomu sekeren fotografer berpengalaman

Jika kamu memperhatikan mengapa fotografer profesional memiliki hasil foto yang luar biasa bagus, bisa dipastikan sebagian besar foto yang mereka hasilkan diambil dari angel yang tidak terduga. Karena foto yang dibuat dari sudut pandang berbeda akan menciptakan hasil yang tidak terbayangkan sebelumnya. Untuk itu tidak ada salahnya jika kamu harus mulai berani mengambil foto suatu objek dengan berbagai angel yang tidak biasa untuk memberikan kesan khusus yang tidak biasa dilihat oleh mata manusia. Hal lain yang harus diperhatikan adalah jangan takut untuk memotret sesering mungkin, karena semakin sering kamu mengabadikan suatu objek maka naluri untuk mengambil suatu gambar akan semakin terasah. Semakin sering kamu memotret maka akan semakin ahli kamu membaca situasi yang bisa menjadikan hasil foto yang kamu miliki tidak kalah dengan fotografer profesional, meskipun yang kamu gunakan hanya kamera handphone.

Agar hasilnya semakin wah, pilihlah aplikasi edit foto yang bisa menambah nilai lebih fotomu!

Ada keuntungan lain yang kamu miliki ketika kamu foto di kamera handphone-mu, ketika kamu ingin mengeditnya, kamu tidak perlu memindahkan lagi ke laptop untuk bisa kamu edit. Ada berbagai macam aplikasi yang sekarang sudah tersedia untuk bisa kamu gunakan untuk mengedit fotomu. Pastikan aplikasi yang kamu download adalah aplikasi yang bagus dan akan membuat hasil fotomu tampak luar biasa. Gunakan filter yang pas dan sesuai dengan tema yang ingin kamu usung untuk fotomu, sehingga menunjang hasil foto yang kamu ambil.

1 Comment

1 Comment

  1. Shinta

    July 10, 2015 at 11:06 am

    Dan saya berusaha mengingat isi presentasi eh ternyata semua ada di sini 😀
    *catet ah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top