Tips

Ketika Kamu Tak Bisa Terima Cintanya Tapi Tak Mau Menyakitinya

Menjadi orang dicintai adalah harapan semua orang. Tetapi untuk menjalin hubungan dengan orang yang tidak kita cintai dapat menjadi suatu masalah yang tidak dapat dianggap remeh. Di satu sisi kita harus bersyukur bahwa ada orang yang mencintai kita dengan tulus. Tapi di sisi lain kita tidak akan bisa bersamanya jika kita tidak merasakan hal yang sama dengannya. Melihat ketulusan cinta yang dia berikan, tentu kita tidak akan tega untuk menyakitinya.

Ditolak oleh orang yang kita cintai pasti akan menimbulkan rasa sakit. Untuk itu kita perlu cara yang halus dalam menolak cinta dia yang telah tulus terhadap kita. Hal itu tentu tidak mudah. Tetapi setidaknya kita berusaha agar dia tidak merasakan sakit yang berlebih. Beberapa cara berikut mungkin dapat membantu.

Tak Perlu Keras Menolaknya, Tapi Harus Jelas Tanpa Memberi Harapan

pasangan

Penolakan akan membuat seseoarang patah hati, jangan menambahkan rasa sakit dengan memberikan jawaban singkat dan pergi begitu saja. Jelaskan dengan baik alasan kenapa tidak bisa menerimanya. Tapi di sisi lain, jangan bermain-main dengan perasaan orang lain. Tidak ingin menyakitinya, bukan berarti terus menggantungnya dalam harapan.

Hindari kalimat, “aku ingin kamu menjadi kakak (atau adikku)”, “aku ingin kita jadi teman yang bisa terus jalan bareng”, “kita jalani dulu apa yang kita punya”, dan sejenisnya. Hindari kata-kata bersayap seperti ini. Karena menunda penolakan hanya akan memberikan rasa penolakan yang lebih keras pada akhirnya.

Ajak Dia Bicara Berdua Secara Langsung, Jangan Lewat Sosmed

smartphone pemisah

Untuk menghindari adanya kesalahpahaman, hindari pembicaraan lewat sosial media atau handphone. Cobalah untuk bertemu dan bicara bersama. Jelaskan alasanmu tidak dapat menerimanya untuk menhindari adanya salah paham.

Bahasa teks sering kali tidak mampu menyampaikan pesan secara jelas. Karena masing-masing baik pemberi pesan maupun penerimanya, memaknai tulisan tersebut secara berbeda. Karena itu, jangan pernah memberikan penolakan lewat sosial media atau aplikasi chat.

Pergunakan Kata “Aku” dan bukan “Kamu”

menunjuk

Cobalah untuk membangun kalimat dengan kata-kata aku dan saya. Ini akan menjelaskan bahwa yang membuat hubungan ini tidak bisa terwujud adalah kita, dan bukan mereka yang telah menyatakan cintanya. Mereka adalah sebaik-baik mereka, tapi permasalahannya ada di dalam diri kita sendiri.

“Aku memang menikmati jalan bersamamu, tapi aku tidak bisa menemukan perasaan yang sama dengan yang kamu rasakan kepadaku saat ini” Ini adalah contoh kalimat yang baik untuk diutarakan.

Jujurlah, Karena Kejujuran Yang Pahit Jauh Lebih Baik Dari Kebohongan Paling Manis Sekalipun

duduk

Jangan berusaha mengarang-ngarang cerita hanya untuk bisa menolak cintanya. Misalnya mengatakan bahwa “aku sudah punya pacar” padahal nyatanya belum malah akan memperburuk situasi. Orang lain yang jatuh cinta dan memperhatikan kita tentunya bisa merasakan jika kita berbohong kepadanya. Karena itu ceritakanlah yang sesunguuhnya kenapakita tidak bisa menerimanya.

Jangan Memaksanya Untuk Tetap Berteman, Sebagaimana Kamu Tak Mau Dipaksa Menerima Cintanya

berjalan

Berika ia kebebasan penuh menentukan hubungan selanjutnya denganmu. Ia punya hak penuh untuk itu. Menerima penolakan tidak lah mudah. Patah hati adalah sesuatu yang begitu berpengaruh pada kehidupan. Sadarilah bahwa memang tidak mudah untuk tetap berhubungan, melihat dan bertegur sapa dengan orang yang kita sayangi tapi tak bisa kita miliki. Karena itu, biarlah ia menentukan bentuk hubungan dengan kita yang selanjutnya.

Yakinkan dia bahwa ada jodoh dari Tuhan yang terbaik untuknya dan itu bukan kamu

menikah langgeng

Bersikaplah lebih bijaksana. Yakinkan dia bahwa setiap orang di dunia ini akan bertemu jodoh terbaiknya yang dikirim oleh Tuhan untuknya. Berikan penjelasan juga kepadanya bahwa jodoh terbaik dari Tuhan untuknya bukanlah dirimu. Berikan dia semangat dan keyakinan bahwa suatu saat dia pasti bertemu dengan jodoh sejatinya.

Kasus Khusus: Menolak Cinta Orang Yang Tak Bisa Menerima Penolakan

marah

Dalam kasus-kasus tertentu, ada orang-orang yang tidak bisa menerima kata penolakan. Di situasi seperti ini, kamu boleh untuk bertindak ekstrim, dan berbeda dengan situasi di atas. Tidak menemuinya langsung atau dengan berbohong sah kamu lakukan untuk tipikal orang yang seperti ini. Beberapa bahkan mungkin masuk dalam tahap “mengganggu”, cobalah meminta bantuan kawan atau kerabat untuk menyelesaikan kasus macam ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top