Tips

Cara Mendapatkan Tidur yang Nyenyak dan Berkualitas Tanpa Obat

Setiap orang punya gaya tidur sendiri-sendiri. Ada yang tidur sampai berjam-jam lamanya, meskipun diganggu juga tidak akan bangun. Sebagian lagi cuma bisa tidur sebentar saja karena gampang sekali terbangun. Beberapa orang malah mengaku sulit mendapatkan tidur yang nyenyak, padahal ia sudah berusaha.

Jangankan bisa tidur nyenyak, ngantuk pun tidak. Kalau sudah begini, tubuh tidak bisa istirahat dengan maksimal. Kesehatan gampang sekali terganggu, tubuh lemas tidak bertenaga. Aktivitas juga tidak lancar akibat kurangnya konsentrasi.

Berbagai upaya dilakukan agar mendapatkan tidur yang nyenyak, salah satu caranya adalah memakai obat tidur. Sayangnya, keputusan tersebut tidaklah tepat. Ternyata, ada beberapa cara yang dianggap lebih sehat ketimbang obat tidur. Kalau kamu termasuk si sulit tidur atau tidurmu kurang nyenyak, simak saja tips berikut ini.

Jadikan Kamarmu Benar-benar sebagai Tempat Istirahat yang Nyaman

double-bed-1215004_640
Buatlah kamarmu senyaman mungkin. Bebaskan kamar dari unsur-unsur pekerjaan kantor atau tugas lainnya. Gunakan kamar tidur hanya untuk kegiatan tidur, jangan yang lain. Kamar yang rapi membuat mood tidur meningkat. Tempat tidur juga salah satu faktor yang penting. Kalau kasur sudah tidak nyaman lagi, segeralah diganti. Apa salahnya investasi untuk kebutuhan vital seperti tidur. Bagi yang suka aromaterapi, pasang juga di kamar. Kenali dulu apa yang membuatmu merasa nyaman.

Berusahalah untuk Tidur dengan Jam / Pola yang Teratur

alarm-clock-1193291_640
Ada baiknya menentukan jadwal tidur kita setiap hari. Usahakan tidur pada waktu-waktu tersebut. Pola tidur yang teratur membuat tubuh memiliki kebiasaan ingin tidur atau mengantuk pada waktunya. Jangan memaksa tubuh untuk bekerja. Lembur sih boleh, jika kondisinya terpaksa. Tapi jangan keseringan ya lemburnya, nanti pola tidur kamu bakalan ikutan berubah. Maunya sih tidur seperti biasanya, eh jadi tidak bisa.

Kosongkan Pikiranmu Sebelum Tidur, Jangan Memikirkan Apa Pun

pexels-photo (3)
Salah satu penyebab kurang nyenyak tidur adalah banyak pikiran. Sebenarnya ada cara untuk mengurangi pikiranmu. Misalnya, tuliskan apa saja yang akan kamu selesaikan besok, jangan lupa juga buat list penyelesaiannya. Jangan terlalu detail, garis besarnya saja. Perencanaan sebelum tidur membuatmu merasa lebih siap untuk menghadapi hari esok. Tidur menjadi lebih nyenyak tanpa beban pikiran.

Singkirkan Ponsel, Laptop dan Segala Macam Gadgetmu

pexels-photo (4)
Salah satu penyebab sulit tidur adalah keberadaan gadget di samping kita. Selalu saja ada “sesuatu” yang menarik perhatian. Postingan terbaru dari media sosial, informasi terkini ataupun tawaran diskon menarik dari online shop langganan. Akibatnya jam tidur mundur dan menjadi kurang nyenyak. Hei, masih ada waktu besok untuk melihat gadget, tidak harus sekarang. Singkirkan mereka jauh-jauh.

Hindari Minuman Berkafein Seperti Kopi Begitu Sudah Malam

coffee-cup-working-happy
Kopi merupakan salah satu minuman yang mengandung kafein. Kalau kamu termasuk penggemar kopi, pasti tahu efek yang ditimbulkan setelah meminumnya. Kafein yang terkandung membuat kita sulit tidur beberapa jam ke depan. Bukan cuma kopi sih, tapi apa saja yang mengandung kafein, haram dikonsumsi di malam hari. Apalagi sebelum tidur.

Kalau Masih Susah Tidur Juga, Coba “Ramuan Cepat Tidur” Ini

cup-hot-hands

Ramuan ini bukan sejenis racun dalam dongeng puteri tidur loh ya. Bahan-bahan alami berikut ini bisa membuatmu cepat tidur dan bangun dengan kondisi yang segar. Siapkan sendok, campurkan sedikit minyak kelapa, madu dan garam. Setelah jadi, telan saja dengan bantuan air putih. Gabungan ketiganya sangat bermanfaat untuk bekal tidur. Ramuan itu kaya akan kandungan yang diperlukan tubuh selama tidur, dan membuat fresh setelah bangun tidur.

Sebenarnya sangat mudah untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dengan cara yang sehat. Selain tips di atas, jangan lupa jauhkan diri dari hal-hal yang menjadi faktor sulit tidur. Jangan pernah mencoba pakai obat tidur, apalagi sampa ketagihan. Bagi yang sudah terlanjur, ada baiknya berhenti sama sekali. Percayalah, cara sehat lebih aman daripada cara yang instan.

1 Comment

1 Comment

  1. wisata

    September 12, 2016 at 3:22 pm

    Terima kasih tipsnya, kebetulan sekali akhir-akhir ini saya susah banget tidur,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top