Tips

Cara Mendapatkan Tidur yang Nyenyak dan Berkualitas Tanpa Obat

Setiap orang punya gaya tidur sendiri-sendiri. Ada yang tidur sampai berjam-jam lamanya, meskipun diganggu juga tidak akan bangun. Sebagian lagi cuma bisa tidur sebentar saja karena gampang sekali terbangun. Beberapa orang malah mengaku sulit mendapatkan tidur yang nyenyak, padahal ia sudah berusaha.

Jangankan bisa tidur nyenyak, ngantuk pun tidak. Kalau sudah begini, tubuh tidak bisa istirahat dengan maksimal. Kesehatan gampang sekali terganggu, tubuh lemas tidak bertenaga. Aktivitas juga tidak lancar akibat kurangnya konsentrasi.

Berbagai upaya dilakukan agar mendapatkan tidur yang nyenyak, salah satu caranya adalah memakai obat tidur. Sayangnya, keputusan tersebut tidaklah tepat. Ternyata, ada beberapa cara yang dianggap lebih sehat ketimbang obat tidur. Kalau kamu termasuk si sulit tidur atau tidurmu kurang nyenyak, simak saja tips berikut ini.

Jadikan Kamarmu Benar-benar sebagai Tempat Istirahat yang Nyaman

double-bed-1215004_640
Buatlah kamarmu senyaman mungkin. Bebaskan kamar dari unsur-unsur pekerjaan kantor atau tugas lainnya. Gunakan kamar tidur hanya untuk kegiatan tidur, jangan yang lain. Kamar yang rapi membuat mood tidur meningkat. Tempat tidur juga salah satu faktor yang penting. Kalau kasur sudah tidak nyaman lagi, segeralah diganti. Apa salahnya investasi untuk kebutuhan vital seperti tidur. Bagi yang suka aromaterapi, pasang juga di kamar. Kenali dulu apa yang membuatmu merasa nyaman.

Berusahalah untuk Tidur dengan Jam / Pola yang Teratur

alarm-clock-1193291_640
Ada baiknya menentukan jadwal tidur kita setiap hari. Usahakan tidur pada waktu-waktu tersebut. Pola tidur yang teratur membuat tubuh memiliki kebiasaan ingin tidur atau mengantuk pada waktunya. Jangan memaksa tubuh untuk bekerja. Lembur sih boleh, jika kondisinya terpaksa. Tapi jangan keseringan ya lemburnya, nanti pola tidur kamu bakalan ikutan berubah. Maunya sih tidur seperti biasanya, eh jadi tidak bisa.

Kosongkan Pikiranmu Sebelum Tidur, Jangan Memikirkan Apa Pun

pexels-photo (3)
Salah satu penyebab kurang nyenyak tidur adalah banyak pikiran. Sebenarnya ada cara untuk mengurangi pikiranmu. Misalnya, tuliskan apa saja yang akan kamu selesaikan besok, jangan lupa juga buat list penyelesaiannya. Jangan terlalu detail, garis besarnya saja. Perencanaan sebelum tidur membuatmu merasa lebih siap untuk menghadapi hari esok. Tidur menjadi lebih nyenyak tanpa beban pikiran.

Singkirkan Ponsel, Laptop dan Segala Macam Gadgetmu

pexels-photo (4)
Salah satu penyebab sulit tidur adalah keberadaan gadget di samping kita. Selalu saja ada “sesuatu” yang menarik perhatian. Postingan terbaru dari media sosial, informasi terkini ataupun tawaran diskon menarik dari online shop langganan. Akibatnya jam tidur mundur dan menjadi kurang nyenyak. Hei, masih ada waktu besok untuk melihat gadget, tidak harus sekarang. Singkirkan mereka jauh-jauh.

Hindari Minuman Berkafein Seperti Kopi Begitu Sudah Malam

coffee-cup-working-happy
Kopi merupakan salah satu minuman yang mengandung kafein. Kalau kamu termasuk penggemar kopi, pasti tahu efek yang ditimbulkan setelah meminumnya. Kafein yang terkandung membuat kita sulit tidur beberapa jam ke depan. Bukan cuma kopi sih, tapi apa saja yang mengandung kafein, haram dikonsumsi di malam hari. Apalagi sebelum tidur.

Kalau Masih Susah Tidur Juga, Coba “Ramuan Cepat Tidur” Ini

cup-hot-hands

Ramuan ini bukan sejenis racun dalam dongeng puteri tidur loh ya. Bahan-bahan alami berikut ini bisa membuatmu cepat tidur dan bangun dengan kondisi yang segar. Siapkan sendok, campurkan sedikit minyak kelapa, madu dan garam. Setelah jadi, telan saja dengan bantuan air putih. Gabungan ketiganya sangat bermanfaat untuk bekal tidur. Ramuan itu kaya akan kandungan yang diperlukan tubuh selama tidur, dan membuat fresh setelah bangun tidur.

Sebenarnya sangat mudah untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dengan cara yang sehat. Selain tips di atas, jangan lupa jauhkan diri dari hal-hal yang menjadi faktor sulit tidur. Jangan pernah mencoba pakai obat tidur, apalagi sampa ketagihan. Bagi yang sudah terlanjur, ada baiknya berhenti sama sekali. Percayalah, cara sehat lebih aman daripada cara yang instan.

2 Comments

2 Comments

  1. wisata

    September 12, 2016 at 3:22 pm

    Terima kasih tipsnya, kebetulan sekali akhir-akhir ini saya susah banget tidur,,

  2. Bawang Dayak

    April 21, 2017 at 2:16 pm

    Ramuan cepat tidurnya patut dicoba ni, saya juga susah tidur kalau malam..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Bagaimana Motor Ini Mampu Memecahkan Rekor MURI?

Sepeda motor yang satu ini tergolong anyar, baru diluncurkan pada Maret 2017. Meski masih “produk baru” tapi bukan berarti Suzuki GSX S 150 “anak bau kencur” atau “anak bawang” dalam hal prestasi.

Motor sport dengan desain naked (telenjang) non fairing ini berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Republik Indonesia (MURI) dalam kategori aksi freestyle menggunakan 50 motor dengan 50 pengendara dalam waktu bersamaan.

Aksi pecahkan rekor MURI dilakukan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada hajatan Otobursa Tumplek Blek di Parkir Timur Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta lalu. Pemecahan rekor MURI, berupa aksi freestyle melibatkan 50 motor Suzuki GSX S 150 dengan jumlah peserta 50 orang yang belum pernah dilakukan dalam satu waktu bersamaan. Mereka secara bersama-sama melakukan beragam aksi yang sulit dan menegangkan di hadapan pengunjung yang hadir.

Dalam pemantauan Tim MURI, aksi yang dilakukan para peserta ini sudah memenuhi syarat yaitu jumlahnya banyak yakni 50 biker dan menggunakan 1 jenis motor yang sama secara berbarengan. Uniknya aksi freestyle ini menggunakan Suzuki GSX S 150 dalam kondisi standar ting-ting, alias tanpa modifikasi apapun. Standar pabrik asli.

Sebanyak 50 freestyler yang menunggang GSX S 150 berasal dari berbagai daerah, seperti Garut, Bandung, Bekasi, Jakarta, Bogor, Lampung dan Tangerang. Ajang ini sekaligus membuktikan secara langsung dan otentik, bahwa Suzuki GSX S 150 dalam kondisi standar merupakan motor yang user friendly, sangat mudah dikendarai dan dikendalikan.

Hal ini dimungkinkan karena dimensi dari motor garapan Suzuki menggunakan rangka Single Cradle. Ukurannya sendiri memiliki panjang 1.975 mm, lebar 674 mm, dan tinggi keseluruhan mencapai 1.070 mm. Sedangkan untuk ukuran wheelbase sendiri mencapai 1.300 mm.

Dengan ukuran macam ini, GSX-S150 ini bisa dibilang cukup bongsor untuk kelas 150cc. Tapi tak perlu khawatir, tinggi jok yang 785mm sangat pas untuk ukuran rata-rata orang Indonesia tanpa harus berjinjit.

Kestabilan ini berlanjut hingga urusan kaki-kaki. Di depan menggunakan suspensi teleskopik besar dengan di belakang mengusung tipe monoshock guna menambah kestabilan berkendara. Velg alloy berukuran 2,15 inchi di depan dan 3,5 inchi di belakang dibalut ban depan 90.

Joki freestyle mengakui beberapa gaya dasar dalam freestyle tidak sulit dilakukan dengan GSX S 150 seperti wheelie, stoppie, circle dan burn-out. Tentunya tak mudah melakukan trik “menghabiskan ban” itu tanpa mesin dengan tenaga besar.

Tak masalah karena Untuk urusan dapur pacu GSX-S150 ini disematkan mesin berkapasitas 150 cc DOHC yang sama dengan saudaranya tipe R. Berbekal mesin overbore, DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan kapasitas 150cc dan berkompresi 11,5 : 1 yang sudah dilengkapi teknologi fuel injection yang canggih untuk pembakaran maksimal, GSX-S150 menghasilkan tenaga sebesar 14,1 kw/10.500 rpm dan torsi sebesar 14 nm/9.000 rpm yang tersalurkan dengan kuat melalui transmisi 6 percepatan.

“Kami ingin menunjukan keunggulan dari Suzuki GSX S 150 yaitu bobot yang ringan, handling yang mumupuni dan proposi kendaraan yang didesain khusus untuk pasar Indonesia. Sehingga sangat mudah dan nyaman dikendarai, termasuk ketika digunakan untuk melakukan aksi freestyle,” kata Sales & Department 2W Department Head PT Suzuki Indomobil Sales Yohan Yahya.

2 Comments

2 Comments

  1. wisata

    September 12, 2016 at 3:22 pm

    Terima kasih tipsnya, kebetulan sekali akhir-akhir ini saya susah banget tidur,,

  2. Bawang Dayak

    April 21, 2017 at 2:16 pm

    Ramuan cepat tidurnya patut dicoba ni, saya juga susah tidur kalau malam..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Kenapa Setiap Orang Membutuhkan Jumlah Jam Tidur Ideal Yang Berbeda? Ini Jawabannya!

Kalau si A tidur sehari hanya 2-4 jam badannya sehat-sehat saja. Tak pernah sakit, mengantuk juga tidak. Tapi si B sudah tidur 8 jam dalam sehari masih suka menguap saat beraktivitas. Atau kamu sendiri pernah merasakan diposisi yang hanya bisa tidur sebentar tapi sudah cukup untuk membuat badan kembali bugar atau malah sudah tidur berjam-jam masih saja tidak bisa menahan kantuk. Sebenarnya berapa lama sih waktu ideal untuk tidur? Apa setiap orang memiliki jumlah tidur ideal yang sama atau berbeda? Kenapa hal itu bisa terjadi? Nah, daripada kamu terus bertanya-tanya, ulasan berikut akan menjadi jawabannya.

Penelitian Menunjukkan Kenapa Kamu Butuh Durasi Tidur Yang Cukup Dan Juga Waktu Ideal Untuk Tidur Sesuai Usia

Pernah dengar tidak pernyataan tentang orang yang kurang tidur lebih galak dibandingkan orang yang sedang lapar? Kalau kamu pernah dengar atau bahkan kamu sendiri yang mengalami kejadian itu, bisa jadi itu sebagai tanda kalau sebenarnya waktu tidur yang cukup mempengaruhi banyak hal termasuk hormon dan juga emosi. Kamu yang kurang tidur bisa jadi akan mengalami masa labil dalam mengendalikan emosi ataupun mempengaruhi hormon yang diproduksi oleh tubuh.

Penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation menyatakan bahwa enam puluh lima persen dari mereka yang tidak memiliki rasa sakit melaporkan kualitas tidur yang baik atau sangat baik, sementara hanya 46 persen orang dengan nyeri akut dan 36 persen orang dengan nyeri kronis melakukan hal yang sama. Selain itu, 23 persen dari mereka yang menderita sakit kronis melaporkan tingkat stres yang lebih tinggi, dibandingkan dengan 7 persen dari mereka tanpa rasa sakit.

Body Clock Berperan Penting Dalam Mengendalikan Kapan Waktunya Kamu Terjaga Ataupun Terlelap

Kamu tipe manusia kelelawar atau tipe manusia ayam? Pernah dengar pertanyaan tersebut tidak? Pertanyaan yang biasanya diajukan untuk mengetahui jam tidur kamu seperti apa. Sebutan kelelawar biasanya untuk orang-orang yang justru bisa terjaga hingga tengah malam bahkan pagi hari. Sedangkan sebutan ayam itu biasanya yang gemar bangun pagi hari. Istilah tersebut sebenarnya tidak relevan dengan penelitian secara ilmiah. seorang profesor yang belajar jam sirkadian di UC San Diego, David Welsh mengatakan “jika anda mendefinisikan diri anda burung hantu atau burung liar merupakan tindakan yang tidak berdasar.”

Menurut Welsh jika kamu melihat survei populasi yang besar, kamu akan mendapatkan distribusi chronotip normal, dengan kebanyakan orang memiliki chronotip rata-rata memiliki hasil “rata-rata”, beberapa memilih untuk bangun sedikit lebih awal atau lebih lambat dan kelompok kecil secara alami meningkat sangat awal atau akhir. Tidak ada garis yang membedakan chronotype yang berbeda. Tapi semua orang memiliki jadwal internal yang membuatnya merasa terjaga atau tidur pada waktu yang berbeda. Karena faktor-faktor termasuk kadar hormon, genetika dan paparan cahaya, beberapa orang memiliki kecenderungan untuk lebih waspada dipagi hari dan beberapa orang lainnya lebih memilih pada lain waktu.

Pada Dasarnya Pola Tidur Itu Bisa Diatur Oleh Diri Sendiri, Tergantung Bagaimana Kebiasaan Itu Kamu Lakukan

Sebenarnya terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah waktu tidur yang kamu butuhkan (baik chronotype, saat kamu waspada dan panjang berapa banyak tidur yang kamu butuhkan) sebagian besar bersifat genetik, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menyesuaikan jadwal tidurmu dan setidaknya membuat kamu sedikit lebih mudah untuk bangun lebih awal. Jadi tidak ada istilah orang malam atau orang pagi lagi jika kamu mau menyesuaikan.

Kamu bisa menyesuaikan pola tidur dengan mengendalikan paparan cahaya. Proses yang disebut entrainment ini menentukan tindakan apa yang harus dilakukan untuk tubuh ketika kamu pergi ke tempat dengan zona waktu yang berbeda. Inilah mengapa muncul istilah jet lag. Kamu juga bisa menggunakan ini untuk melatih tubuhmu untuk bangun dan tidur lebih awal dengan membuka cahaya alami di pagi hari dan menghindari cahaya terang dimalam hari. Meskipun tidak merubah kebiasaan sebelumnya secara drastis, setidaknya bisa membantu pola tidurmu jadi lebih baik.

Setiap Orang Punya Kebutuhan Yang Berbeda-beda, Tak Terkecuali Dalam Urusan Kebutuhan Waktu Tidur

Dari banyaknya penelitian, hasil yang didapatkan tentunya akan berbeda satu sama lain. Temuan satu studi tidak langsung dapat digunakan untuk semua orang.Dalam kasus tidur, para ahli merekomendasikan untuk mencari tahu apa yang secara pribadi paling sesuai untuk kamu. Hal ini menunjukkan jika kebutuhan tidur seseorang berbeda satu sama lain tergantung kebutuhan tubuhnya.

Sebaiknya kamu mulai memperhatikan kebutuhan tidurmu dan mulai hitung berapa jam waktu yang kamu butuhkan untuk membuat tubuhmu pulih. Hindari konsumsi alkohol dan kafein dalam jumlah banyak dan atur pencahayaan ruangan pada saat kamu tidur.

 

 

2 Comments

2 Comments

  1. wisata

    September 12, 2016 at 3:22 pm

    Terima kasih tipsnya, kebetulan sekali akhir-akhir ini saya susah banget tidur,,

  2. Bawang Dayak

    April 21, 2017 at 2:16 pm

    Ramuan cepat tidurnya patut dicoba ni, saya juga susah tidur kalau malam..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Alasan Kenapa Suzuki GSX-S150 Pantas Jadi Tunggangan Harian Kamu

Bingung pilah-pilih motor sport yang khas laki-laki, keren modelnya tidak ribet, andal, performa tinggi, dan tak kalah penting yakni, canggih. Maka Suzuki GSX-S150 bisa menjadi pilihan paling pas buat kamu. Kenapa harus pilih Suzuki GSX-S150 untuk jadi tunggangan harian kamu?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut kamu harus tahu beda Suzuki GSX-S150 dan GSX-R150. Karena Suzuki GSX-S150 adalah salah satu tipe dari dua model motor sport 150 cc Suzuki GSX yang diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia pada Maret 2017. Yakni GSX-R150 dan GSX-S150.

Untuk tipe R merupakan kepanjangan dari kata Racing, motor model ini bodynya dibalut full fairing racing lengkap khas motor balap. Konon terinspirasi dari kesuksesan suzuki GSX R yang lebih dari 30 tahun sebagai motor sport berforma tinggi di dunia.

Sedangkan tipe S merupakan kepanjangan dari kata Street Sport. GSX-S150 lebih mengedepankan gaya street sport. Hal itu tampak dari hilangnya komponen full fairing dan stang bertema ‘racy’. Sebagai gantinya, dikenakan air shroud besar di area samping, visor yang menempel dengan batok lampu utama dan stang lebar plus kaca spion pada tiap sisinya. Itulah kenapa GSX-S150 ini mungkin lebih cocok kamu gunakan sehari-hari.

Dimensinya Kompak Cocok Buatmu Yang Sering Meliuk Di Kemacetan

Untuk dimensi, tampilan dari motor garapan Suzuki ini yang menggunakan rangka Single Cradle yang memang terlihat kekar. Ukurannya sendiri memiliki panjang 1.975 mm, lebar 674 mm, dan tinggi keseluruhan mencapai 1.070 mm. Sedangkan untuk ukuran wheelbase sendiri mencapai 1.300 mm.

Dengan ukuran macam ini, GSX-S150 ini bisa dibilang cukup bongsor untuk kelas 150cc. Namun tak perlu khawatir, tinggi jok yang 785mm sangat pas untuk ukuran rata-rata orang Indonesia tanpa harus berjinjit. Kamu masih bisa dengan lancar memecah kemacetan dengan sesekali menurunkan kaki di tengah kemacetan.

Mesinnya Bertenaga, Untuk Menyalip Kendaraan Di Perkotaan

Tak nyaman rasanya kalau menggunakan motor sehari-hari namun tenaganya payah. Terbayang repotnya menyalip kendaraan di daerah perkotaan yang padat jika mesin tak responsif.

Berbeda dengan GSX-S150 ini. Untuk urusan dapur pacu GSX-S150 ini disematkan mesin berkapasitas 150 cc DOHC yang sama dengan saudaranya tipe R. Berbekal mesin overbore, DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan kapasitas 150cc dan berkompresi 11,5 : 1 yang sudah dilengkapi teknologi fuel injection yang canggih untuk pembakaran maksimal, GSX-S150 menghasilkan tenaga sebesar 14,1 kw/10.500 rpm dan torsi sebesar 14 nm/9.000 rpm yang tersalurkan dengan kuat melalui transmisi 6 percepatan. Ini diklaim sebagai salah satu yang terbesar di kelasnya.

Meski Tenaga Besar Namun Irit Bahan Bakar

Motor yang dibawa harian tentunya akan banyak mengalami proses “stop and go”. Aksi buka tutup gas ini tentunya berdampak besar pada konsumsi bahan bakar. Untuk ituManajemen mesin GSX-S 150 ini dilengkapi dengan 6 sensor untuk efisiensi kerja untuk membuat konsumsi bahan bakar lebih ekonomis.

Sistem pengapiannya disebut closed loop, dengan adanya oksigen sensor pada pembuangan yang bisa dibilang jarang diterapkan pada motor sekelasnya. Ini juga termasuk penerapan throttle body diameter 32mm dan injektor 10 lubang produk Mitsubishi agar pengabutan campuran bahan bakar lebih atomized. Sebagai bocoroan, teknologi ini serupa yang ada pada GSX-R 1000 loh.

Bobotnya Ringan, Posisi Pengendara Nyaman

Body motor yang ringan tentu akan menghasilkan Power to Weight Ratio yang cukup signitifikan dalam meraih top speed kelas motor 150cc sehingga motor jauh lebih kencang dan bertenaga.

Jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan oleh suzuki GSX S 150 ini, untuk beratnya hanya berbobot 126 kilogram. Coba bandingkan dengan motorsport 150cc merk sebelah, rata-rata berat motor berkisar antara 130-136 kg.

Selain itu karena motor ini bertipe street bike posisi berkendaranya lebih nyaman. Ya, tipe GSX-S150 ini memang mengadopsi tampilan yang cocok untuk digunakan perjalanan dengan durasi lama. Karena itu posisi berkendaranya tak terlalu menunduk macam di tipe R. Handle barnya dibuat lebar dengan posisi yang berada tinggi di atas tangki dan tempat duduk. Posisi kaki juga jadi tidak terlalu menekuk ke belakang.

Tentunya gaya berkendara ini dimaksudkan agar pengemudi tak lekas lelah. Ditambah lagi kaki-kakinya yang juga empuk. Di depan menggunakan suspensi teleskopik besar dengan di belakang mengusung tipe monoshock guna menambah kestabilan berkendara. Velg alloy berukuran 2,15 inchi di depan dan 3,5 inchi di belakang dibalut ban depan 90.

Tampilan Ciamik, Jadi Sering Dilirik

Meski dipakai harian, bukan berarti tampil seadanya. Tak mau kalah dengan saudaranya, GSX-S150 juga mengusung aura modern. Karena kita akan disambut oleh LCD speedometer full digital. Display dibagi menjadi 3 bagian. Di bagian kanan dan kiri sendiri menampilkan indikator lampu sein, lampu netral, lampu jarak jauh, rpm, dan indikator bahan bakar. Sementara itu, pada bagian tengahnya memberikan informasi mengenai kecepatan, tachometer, posisi gigi, indikator bahan bakar, dan waktu.

Lampu depannya sudah mengadopsi teknologi LED dengan batok lampu yang dilengkapi dengan visor kecil. Di bagian tangki disematkan fairing mini Shroud yang berfungsi untuk membelah angin dan membuat tampilan lebih gahar. Apalagi di bawah mesin terdapat undercowl yang berfungsi juga sebagai pelindung mesin. Sementara untuk lampu belakang digunakan model yang sama persis dengan tipe R.

Bahkan urusan pembuangan pun dirancang dengan baik. Knalpot motor ini berbeda dengan kelas motorsport 150 cc lainnya. Karenamemiliki 2 lubang dan terlihat begitu agresif. Tak cuma hiasan, lubang knalpot ada dua agar suaranya enak dan tarikannya powerfull.

Nah bagaimana, kamu tertarik memboyong GSX S150 ini jadi tunggangan harian kamu? Coba kamu check harganya, pastinya makin tergoda. Karena bandrolnya sangat kompetitif untuk motor sport kelas 150cc.

2 Comments

2 Comments

  1. wisata

    September 12, 2016 at 3:22 pm

    Terima kasih tipsnya, kebetulan sekali akhir-akhir ini saya susah banget tidur,,

  2. Bawang Dayak

    April 21, 2017 at 2:16 pm

    Ramuan cepat tidurnya patut dicoba ni, saya juga susah tidur kalau malam..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Ini Bahaya Minum Es Terlalu Banyak Yang Harus Kamu Waspadai!

Minum air es saat panas terik atau setelah berolahrga memang terasa nikmat dan menyegarkan. Kamu pasti sering melakukan hal itu. Namun tahukah kamu jika itu merupakan kebiasaaan yang tak sepenuhnya bisa dibenarkan. Melakukan hal itu secara terus menerus akan memberi dampak negatif pada kesehatan.

Air es bisa membekukan lemak yang berada di darah, peredaran darah pun bisa jadi tidak lancar.  Kalau sudah begini pembakaran lemak dan metabolisme tubuh pun  jadi terganggu. Tubuhmu pun jadi lebih gampang gemuk. Belum lagi bahaya yang bisa timbul dari es batu yang berasal dari air mentah. Menurut para ahli makanan, bakteri yang berada dalam air mentah tidak  mati meski dalam kondisi beku. Bakteri baru akan mati jika lama berada dalam lingkungan beku. Bukankah berbahaya bila bakteri yang masih hidup hingga masuk dalam tubuh? Lalu apa saja bahaya minum air es? Berikut ulasannya.

Minum Air Es Tidak Benar-benar Membuat Rasa Haus Hilang, Justru Akan Membuatmu Semakin Haus Setelah Meminumnya

Minum air es memang menyegarkan. Segelas air es seketika menghilangkan haus. Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya pada saat itu rasa hausmu tak benar-benar hilang. Sensasi dingin yang kamu rasakan itulah yang meyebabkan kamu merasa hausmu telah hilang. Padahal sebenarnya ketika kamu meminum air es, cairan yang hilang di dalam tubuhmu akan menjadi lebih banyak jika dibandingkan pada saat minum air biasa. Jadi setelah kamu minum es dan sensasi dinginnya hilang, maka rasa haus itu akan datang lagi. Itu yang menjadi penyebab jika kamu minum es rasanya tidak bisa berhenti, karena pada saat itu  hausmu tak pernah benar-benar hilang.

Sebaiknya jika kondisimu sedang sangat haus, hindari minum air dengan kondisi dingin. Kamu dapat minum air biasa atau bahkan minuman hangat terlebih dahulu agar dahaga hilang. Baru setelah itu kamu bisa minum air dingin jika masih ingin menikmati sensasi dingin yang segar dari air es.

Minum Air Es Bisa Membekukan Otak Dan  Juga Memperlambat Detak Jantungmu

Kamu pernah merasa otakmu ikut membeku  saat minum air es? Itu bukan perasanmu saja loh. Hal itu benar-benar terjadi pada otakmu. Ketika kamu meminum air es, aliran darahmu akan meningkat menuju otak sehingga kamu tiba-tiba merasa pusing yang kemudian perlahan hilang (pembekuan otak). Orang dengan riwayat migrain, berpotensi besar mengalami pembekuan otak. Belum lagi jika kamu meminum air es pada saat panas terik, akan ada efek pusing yang kamu rasakan setelahnya.

Itu bisa terjadi karena saat metabolisme tubuh terganggu, tubuh tidak bisa langsung beradaptasi ketika terjadi perubahan suhu yang mendadak tatkala kamu minum es. Akibatnya suplai oksigen ke organ-organ tubuh berkurang, termasuk ke otak. Dampaknya, kamu akan merasa pusing. Belum lagi pengaruhnya terhadap jantung, rangsangan pada saraf vagus akibat minum air es bisa memperlambat kinerja jantung. Perlu diketahui, saraf vagus memiliki peranan penting dalam kegiatan yang dilakukan tubuh secara tak sadar, misalnya detak jantung. Jadi orang yang sensitif terhadap suhu akan lebih baik bila menghindari air es.

Minum Es Bisa Buat Perut Begah Sampai Sakit Tenggorokan

Saat kamu minum minuman es ataupun dingin, enzim di dalam lambung akan bereaksi dengan suhu dingin yang dibawa air es. Reaksi ini pun akanmembuat perut akan merasa begah dan juga kembung. Tak heran jika saat minum air dingin ketika makan, maka kamu akan merasakan perutmu sudah penuh padahal makanan yang kamu telan baru sedikit. Asam lambung yang ada di dalam lambung juga akan bereaksi kepada air es yang kamu minum sehingga menimbulkan rasa kembung pada perut.

Minum air es juga bisa memperparah radang tenggorokan. Meskipun penyebab radang tenggorokan disebabkan alergi dan juga bakteri, namun mengonsumsi air es akan memperparah gejala radang tenggorokan. Hal itu terjadi karena air es akan memancing batuk dan menimbulkan peradangan. Jika kamu merasa tenggorokanmu sudah tidak nyaman, sebaiknya hindari minum air es supaya keadaan tenggorokannmu tak kian buruk.

2 Comments

2 Comments

  1. wisata

    September 12, 2016 at 3:22 pm

    Terima kasih tipsnya, kebetulan sekali akhir-akhir ini saya susah banget tidur,,

  2. Bawang Dayak

    April 21, 2017 at 2:16 pm

    Ramuan cepat tidurnya patut dicoba ni, saya juga susah tidur kalau malam..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top