Sponsored Content

Akhiri Cinta Kepada Mantanmu Itu, Dengan Menulis Surat Cinta Pakai Tangan Kiri

surat cinta

Putus cinta itu tidak sakit, yang sakit itu sudah putus tapi masih cinta! Yup, berniat mengakhiri sebuah hubungan itu memang sejatinya mudah. Namun yang sulit adalah melupakan alias move on dari kisah cinta yang mengharu biru itu, padahal sudah beragam cara mungkin kamu lakukan, seperti berniat membuat mantan menyesal karena telah meninggalkanmu dengan mencoba berubah kearah positif menjadi pribadi yang lebih baik lagi tetapi tetap saja usaha itu terasa percuma karena kamu masih belum bisa lepas dari bayang-bayang seseorang yang pernah mengisi hatimu dengan cinta.

Kenapa Melupakan Mantan Itu Sulit?

Tapi apa yang sebenarnya membuat keputusan untuk pergi itu sedemikian sulit? Ini karena pertarungan tiada henti antara perasaanmu dan pikiranmu. Biasanya keputusan untuk move on dari sebuah hubungan itu berasal dari keputusan logika. Bagian dalam diri yang terbiasa menyajikan untung rugi. Sementara hati alias perasaan adalah bagian yang selalu memaksa untuk tinggal karena sudah merasa nyaman.

Nah, ini berarti cara termudah melakukannya adalah dengan mengedepankan logika berpikir. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan menulis surat cintamu menggunakan tangan kiri, dengan syarat kamu terbiasa menulis dengan tangan kanan. Apa hubungannya?

Jadi ketika kita menulis surat cinta atau buku harian menggunakan tangan aktif (orang Indonesia biasanya tangan kanan), maka perasaan kita cenderung mendominasi. Maklum saja kita tak perlu lagi berpikir untuk menulis. Sementara jika menggunakan tangan kiri, kita cenderung sedikit kesulitan dan ketika itu logika berpikir akan diberi ruang dan waktu untuk maju ke depan.

Ini bukan sekedar omong kosong. Karena sudah ada penelitian tentang ini, dan yang diteliti itu tidak main-main, yaitu surat cinta Thomas Jefferson yang belakangan menjadi Presiden Amerika Serikat. Kala itu di usianya yang ke 43, Thomas Jefferson terlibat cinta terlarang bersama Maria Cosway yang berstatus istri orang.

Sejak awal ia sudah berpikir untuk meninggalkan pasangannya tersebut karena jelas mereka menjalin hubungan yang melanggar etika. Namun berulang kali ia mencobanya, berulang kali pula ia gagal.

Sampai suatu ketika di tahun 1786 ia mengalami terkilir di pergelangan tangan kanannya. Sementara ia ingin menuliskan curahan perasaannya melalui surat kepada kekasih terlarangnya tersebut. Dengan sangat terpaksa ia menulisnya menggunakan tangan kiri.

Hasilnya ternyata luar biasa! Surat yang kemudian dikenal sebagai “Head and Heart letter” ini berisi tentang pergulatan dan pertarungan antara pikiran rasionalnya yang menyuruhnya pergi melawan perasaannya yang menyuruhnya tinggal. Akhirnya nuansa surat itu didominasi oleh kemenangan pikirannya.

Sejak surat itu dibuat, tidak pernah lagi Thomas Jefferson menjalin hubungan dengan Maria Cosway. Memang ada beberapa surat cinta dengan tulisan tangan kanan yang dikirim belakangan. Namun hal itu tidak membuatnya kembali kepada perempuan tersebut. Bahkan sesudah Maria Cosway menjanda pun, mereka tak lagi menjalin hubungan sampai Thomas menjadi Presiden.

surat thomas jefferson

Hal macam ini yang perlu kamu lakukan. Awalilah dengan menulis sebuah catatan harian. Tulis kenapa kamu harus kembali pada pasanganmu dan kenapa harus tidak kembali. Gunakan tangan kiri alias yang tidak aktif kamu gunakan untuk menuliskan surat tersebut.

Cara ini juga bisa digunakan dalam kasus yang lain. Misalnya ketika terpikir untuk mengakhiri sebuah hubungan atau justru sudah benar-benar berakhir, kemudian kamu menerima pesan via sosmed atau aplikasi pesan. Gunakan tangan kirimu untuk mengetik pesan balasan.

Tidak lancar memang dan mungkin berulang kali typo. Tapi tidak mengapa, hal ini akan memberi kamu jeda waktu berpikir sebelum mengirim pesan. Logika kita akan lebih dikedepankan dan perasaan kita akan cenderung mengalah. Hasilnya, keputusan apa pun yang kemudian muncul, biasanya akan jauh lebih baik.

Kapanlagi Lupain Mantan, Kalau Bukan Sekarang?

Cara melupakan mantan dengan menulis surat cinta menggunakan tangan kiri itu sebetulnya hanya salah satu cara. Sesungguhnya masih ada cara lain yang cukup ampuh buatmu agar bisa dengan mudah melupakan mantanmu.

Agar kamu tak melulu bergantung pada masa lalu bersama mantan, kamu bisa lihat tips-tips melupakan mantan yang ada di Kapanlagi #lupainmantan di sini.  Ini adalah semi reality show dengan unsur komedi di dalamnya. Sebuah cerita yang mengangkat keseharian seorang pria bernama Kinoy yang berusaha melupakan mantan kekasihnya. Ia pun lalu berusaha mencari saran dari 8 orang YouTuber dengan berbagai gaya dan pengalaman mereka masing-masing untuk membantu Kinoy melupakan mantannya.

Meski berbalut komedi, namun tips dan trick melupakan mantan yang ada di sana cukup jitu untuk kamu yang ingin hidupmu mengalir lagi. Simak misalnya tips dari Han Yoo Ra untuk Kinoy ini mulai dari makan yang manis sampai cari hobby baru.

Nah itu baru satu, kalau masih belum manjur juga bagimu untuk bisa melupakan mantan. Mungkin kamu harus lihat saran-saran lainnya yang dipersembahkan oleh MyTea di Kapanlagi #lupainmantan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top