Tips

Berapa Pun Umurmu, Ternyata IQ Masih Bisa Ditambah Loh!

IQ atau tingkat kecerdasan otak bukan sesuatu yang statik. Asal rajin diasah, berapa pun umurmu kamu akan tetap cerdas. Bahkan bisa lebih cerdas dibandingkan sebelumnya. Dengan otak yang cerdas dan kemampuan analisa tinggi, karirmu pun bisa lebih cemerlang. Siapa yang tidak mau?

Jika kamu berpikir rajin membaca buku adalah satu-satunya cara untuk mengasah kemampuan otak, kamu salah. Tanpa disadari, sebenarnya ada empat cara jitu dan mudah yang bisa kamu praktikkan untuk meningkatkan kecerdasan otak.

Jika Kamu Pikir Kamu Hebat karena Bisa Multitasking, Sebaiknya Hentikan Kebiasaan Itu Sekarang Juga

pexels-photo-92331

Banyak yang berpikir bahwa multitasking merupakan kemampuan yang luar biasa. Misalnya dandan sambil nyetir, makan sambil mengetik kerjaan di laptop, atau menyetrika sambil nonton TV. Kamu kelihatan hebat dengan berbagai jenis multitasking yang bisa kamu lakukan. Padahal sebenarnya kamu tidak boleh terlalu bangga.

Terdengar kamu adalah orang hebat dengan segala multitasking yang kamu lakukan. Namun ternyata kamu tak boleh bangga, karena sebenarnya melakukan banyak pekerjaan sekaligus membuat daya fokus berkurang. Konsentrasi dan kecerdasan kita pun berkurang.

Meski Berat, Coba Lepaskan Ketergantunganmu Pada Google 

pexels-photo-67112

Zaman canggih seperti sekarang membuat kita semakin dimanjakan. Mau cari tahu apa pun, bisa dari internet. Kalau ada apa-apa, satu kalimat yang paling sering kita lontarkan pastinya “Coba cari di Google”. Ya memang mesin pencarian yang satu ini sangat membantu kita untuk mendapatkan jawaban dari segala macam pertanyaan.

Namun, ternyata kemudahan ini justru menurunkan kemampuan otak untuk berpikir dan mengingat. Mulai sekarang, belajarlah untuk mencari tahu dari buku sehingga kemampuan otak terasah. Selain itu, dengan membaca buku informasi yang kita dapatkan akan lebih beragam. Dengan membaca buku, jawaban yang kita dapat akan lebih terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Coba Belajar dan Praktikkan Teknik Membaca Cepat

baca buku

Apa hubungannya membaca cepat dengan IQ kita? Dengan rajin berlatih membaca cepat, maka otak kita akan terbiasa untuk cepat memilah mana informasi penting yang harus cepat dicerna dan disimpan di memori otak. Dengan berlatih membaca cepat, kamu juga bisa mengasah kemampuan otak untuk membaca setiap kata dengan baik. Belajarlah membaca artikel atau informasi dari jumlah kata yang sedikit kemudian bertambah setiap harinya.

Jangan Terjebak dalam Rutinitas dan Zona Aman, Cari Terus yang Baru

city-people-walking-blur

Jangan berpikir bahwa melakukan hal yang sama dengan cara yang sama setiap hari itu menyenangkan. Hal ini justru membuat otakmu akan malas untuk berpikir dan mengingat hal baru. Cobalah temukan berbagai cara baru dalam melakukan sesuatu.

Contohnya, coba temukan jalur baru untuk mencapai tempat kerjamu. Barangkali dengan mengeksplorasi, kamu akan menemukan jalur yang lebih cepat dari biasanya. Atau, kamu bisa menemukan tempat makan/hangout yang asyik. Kamu tidak akan pernah tahu kan kalau tidak pernah mencoba?

Jadi, jangan percaya kalau IQ atau kecerdasan otak yang kita dapatkan ketika lahir tidak bisa diubah-ubah lagi. Jika kamu rajin mengasah kemampuan otak maka semakin hari ingatan dan daya pikir otakmu akan semakin baik. Berapa pun umurmu. Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top