Tips

Berapa Pun Umurmu, Ternyata IQ Masih Bisa Ditambah Loh!

IQ atau tingkat kecerdasan otak bukan sesuatu yang statik. Asal rajin diasah, berapa pun umurmu kamu akan tetap cerdas. Bahkan bisa lebih cerdas dibandingkan sebelumnya. Dengan otak yang cerdas dan kemampuan analisa tinggi, karirmu pun bisa lebih cemerlang. Siapa yang tidak mau?

Jika kamu berpikir rajin membaca buku adalah satu-satunya cara untuk mengasah kemampuan otak, kamu salah. Tanpa disadari, sebenarnya ada empat cara jitu dan mudah yang bisa kamu praktikkan untuk meningkatkan kecerdasan otak.

Jika Kamu Pikir Kamu Hebat karena Bisa Multitasking, Sebaiknya Hentikan Kebiasaan Itu Sekarang Juga

pexels-photo-92331

Banyak yang berpikir bahwa multitasking merupakan kemampuan yang luar biasa. Misalnya dandan sambil nyetir, makan sambil mengetik kerjaan di laptop, atau menyetrika sambil nonton TV. Kamu kelihatan hebat dengan berbagai jenis multitasking yang bisa kamu lakukan. Padahal sebenarnya kamu tidak boleh terlalu bangga.

Terdengar kamu adalah orang hebat dengan segala multitasking yang kamu lakukan. Namun ternyata kamu tak boleh bangga, karena sebenarnya melakukan banyak pekerjaan sekaligus membuat daya fokus berkurang. Konsentrasi dan kecerdasan kita pun berkurang.

Meski Berat, Coba Lepaskan Ketergantunganmu Pada Google 

pexels-photo-67112

Zaman canggih seperti sekarang membuat kita semakin dimanjakan. Mau cari tahu apa pun, bisa dari internet. Kalau ada apa-apa, satu kalimat yang paling sering kita lontarkan pastinya “Coba cari di Google”. Ya memang mesin pencarian yang satu ini sangat membantu kita untuk mendapatkan jawaban dari segala macam pertanyaan.

Namun, ternyata kemudahan ini justru menurunkan kemampuan otak untuk berpikir dan mengingat. Mulai sekarang, belajarlah untuk mencari tahu dari buku sehingga kemampuan otak terasah. Selain itu, dengan membaca buku informasi yang kita dapatkan akan lebih beragam. Dengan membaca buku, jawaban yang kita dapat akan lebih terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Coba Belajar dan Praktikkan Teknik Membaca Cepat

baca buku

Apa hubungannya membaca cepat dengan IQ kita? Dengan rajin berlatih membaca cepat, maka otak kita akan terbiasa untuk cepat memilah mana informasi penting yang harus cepat dicerna dan disimpan di memori otak. Dengan berlatih membaca cepat, kamu juga bisa mengasah kemampuan otak untuk membaca setiap kata dengan baik. Belajarlah membaca artikel atau informasi dari jumlah kata yang sedikit kemudian bertambah setiap harinya.

Jangan Terjebak dalam Rutinitas dan Zona Aman, Cari Terus yang Baru

city-people-walking-blur

Jangan berpikir bahwa melakukan hal yang sama dengan cara yang sama setiap hari itu menyenangkan. Hal ini justru membuat otakmu akan malas untuk berpikir dan mengingat hal baru. Cobalah temukan berbagai cara baru dalam melakukan sesuatu.

Contohnya, coba temukan jalur baru untuk mencapai tempat kerjamu. Barangkali dengan mengeksplorasi, kamu akan menemukan jalur yang lebih cepat dari biasanya. Atau, kamu bisa menemukan tempat makan/hangout yang asyik. Kamu tidak akan pernah tahu kan kalau tidak pernah mencoba?

Jadi, jangan percaya kalau IQ atau kecerdasan otak yang kita dapatkan ketika lahir tidak bisa diubah-ubah lagi. Jika kamu rajin mengasah kemampuan otak maka semakin hari ingatan dan daya pikir otakmu akan semakin baik. Berapa pun umurmu. Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

13 Liku Perjuangan Yang Dialami Mereka Yang Belajar Di Luar Negeri Demi Memperoleh Gelar Idaman

Hidup adalah pilihan. Keberanianmu akan menentukan bagaimana pilihan yang kamu ambil. Harus selalu dipahami, bahwa selalu ada harga yang dibayar untuk setiap tindakan yang kamu lakukan. Pun dalam soal pendidikan. Tak bisa dipungkiri, kualitas pendidikan di tanah air pun telah begitu bagus. Namun lagi-lagi hidup adalah tentang memilih. Kamu berhak memilih apapun itu yang menurutmu paling baik.

Menempuh pendidikan di luar negeri memang lebih menawarkan banyak pengalaman baru. Bukan hanya berisi hal-hal seru dan menyenangkan, memutuskan untuk menimba ilmu di negeri orang juga akan membuat dirimu lebih tertempa. Jauh dari keluarga mau tak mau mengubahmu menjadi sosok mandiri yang tak hobi merengek manja. Berikut merupakan jungkir balik perjuangan orang-orang yang berjuang menempuh pendidikan di negeri orang. Apapun itu, percayalah bahwa proses tak akan pernah mengkhianati hasil.

Kamu harus mulai belajar mengerjakan pekerjaan rumah sendiri. Hanya bermalas-malasan sepanjang hari, jelas tak bisa dilakukan lagi!

Berada jauh dari keluarga membuatmu harus bisa mengerjakan aneka prinitilan pekerjaan rumah tangga. Tak ada keluarga atau asisten rumah tangga yang bisa kamu mintai bantuan. Tenang! Walaupun awalnya sulit, setelah itu kamu akan bertransformi menjadi sosok mandiri yang bisa diandalkan.

Berada di negara yang memiliki musim lebih beragam membuatmu mulai bersyukur terlahir di Indonesia

Terbiasa hidup di Indonesia yang memiliki iklim cenderung ramah akan membuat kamu merasa sedikit repot dengan perubahan musim yang selalu berganti-ganti. Bukan hanya soal adaptas yang butuh waktu, mau tak mau kamu  juga harus menyiapkan pakaian sesuai dengan kondisi saat itu. Saat musim tertentu kamu pun harus mengenakan pakain lebih banyak dari biasanya. Alhasil beban cucian kamu pun jadi bertambah.

Menguasai bahasa negara tempatmu menuntut ilmu menjadi prioritas penting yang betul-betul kamu perhatikan

Berasa di negara orang yang memiliki bahasa berbeda, membuat kamu harus bekerja keras mempelajari bahasa tersebut. Awalnya memang tidak mudah, namun lambat laun kamu akan menguasai bahasa tersebut. Tidak malu mencoba berbicara dengan bahasa negara tempat kamu menuntut ilmu, akan membuat kamu lebih cepat mahir. Jangan cepat menyerah.

Menuntut ilmu di luar negeri membuatmu merasa terpisahkan dari teman-teman di tanah air

Terpisah dari sahabat-sahabatmu yang berada di tanah air kadang membuat kamu merasa sendiri. Melalui sosmes kamu bisa melihat perkembangan teman-temanmu di tanah air. Ada yang sudah wisuda atau melepaskan masa lajang. Sedangkan kamu tengah berada jauh dari mereka. Sendiri berjuang menuntut ilmu.

Tinggal di negeri orang akan membuatmu begitu merindukan masakan asli Indonesia

Awalnya tidak mudah menemukan masakan di luar negeri yang sesuai dengan lidahmu. Apalagi jika kamu perlu memilah-milah mana makanan yang bisa kamu makan dan tidak. Tak heran bila kamu menjadi sangat merindukan makanan khas tanah air. Bahkan kamu rela mengeluarkan sejumlah uang dengan nominal yang tak sedikit demi bisa memanjakan lidah dengan makanan asli Indonesia.

Berada di luar negeri membuatmu harus mengurus segala keperluan birokrasimu sendiri

Saat berada di Indonesia mungkin kamu terbiasa mengurus masalah birokrasi secara instan. Ada calo yang bisa kamu mintai bantuan untuk itu. Kamu hanya tinggal terima beres. Tentu saja kebiasaan ini tak bisa kamu terapkan saat kamu berada di luar negeri. Dengan segala keterbatasan bahasa, kamu harus tetap bergerak sendiri demi menyelesaikan urusan birokrasi.

Menempuh pendidikan di lembaga pendidikan yang mumpuni membuatmu harus menyediakan banyak waktu untuk belajar

Menempuh pendidikan di universitas yang top itu berarti otakmu harus bekerja lebih keras. Bahkan saat akan ujian, kamu tak bisa belajar mendadak. Lupakan sistem belajar SKS (Sistem Kebut Semalam) yang biasa kamu lakukan saat masih di tanah air dahulu. Demi hasil yang tidak mengecewakan, jangan malas-malasan deh!

Demi kelancaran kuliahmu ke depan, kamu pun rela untuk mengambil kursus bahasa terlebih dahulu

Jangan segan untuk mengambil kursus bahasa terlebih dahulu. Sertifikat yang menunjukkan kemampuan berbahasa asingmu seperti TOEFL mungkin akan dibutuhkan untuk memperlancar langkahmu. Kemampuan berbahasa asing yang baik akan sangat mendukung kegiatan perkuliahanmu.

Bertemu dengan teman-teman yang berasal dari Indonesia adalah sebuah kebahagiaan tersendiri

Kamu tak pernah melewatkan kesempatan untuk berkumpul dengan orang-orang Indonesia yang juga tengah menuntut ilmu. Lega rasanya bisa berbicang-bincang dengan leluasa. Pada saat seperti itulah, kamu. tak lagi takut salah berbahasa. Tak jarang kalian saling bertukar makanan asli Indonesia, bahkan untuk hal ini kamu pun rela bila harus memasak.

Walau begitu kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang yang berasal dari berbagai belahan dunia akan memperluas wawasan

teman

Kuliah di luar negeri memberi kamu peluang untuk bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara. Tentu ini kesempatan hebat yang harus kamu manfaatkan sebaik-baiknya. Kamu akan memperoleh wawasan baru yang mungkin tak akan kamu dapatkan bila kamu tidak kuliah di luar negeri. Rasanya saling bercerita tentang situasi negara masing-masing atau bertukar cinderamata bisa jadi hal seru yang bisa dilakukan.

Hidup terpisah dari keluarga dan sahabat membuat kamu harus pandai-pandai mengatur keuangan. Meski kiriman baru datang tak berarti bisa seenaknya

nasehat investasi

Biaya hidup di luar negeri yang tinggi membuat kamu harus pandai-pandai mengatur keuangan. Apalagi ketika kurs rupiah tengah jatuh, harga kebutuhan pun akan terasa semakin mahal. Kalau sudah begini kamu harus pandai-pandai mengatur keuangan. Akan lebih baik bila kamu mendapatkan beasiswa. Hal ini akan sangat membantumu.

Kuliah di luar negeri itu berarti kesempatan untuk travelling jadi terbuka luas! Ini dia salah satu sisi positifnya!

mendaki

Siapa yang meragukan kebaikan ini? Dengan kuliah di luar negeri kamu bisa menjelajah lebih luas. Menikmati keindahan alam dan budaya yang lebih beragam. Bahkan saat salah satu temanmu yang berasal dari negara lain pulang liburan, kamu bisa ikut bersamanya. Menyenangkan  bukan?

Jauh dari keluarga membuat kamu didera rindu. Apalagi kamu juga tak bisa sering-sering pulang. Kamu jadi mengerti betapa berharga waktu bersama keluarga

keluarga

Tak mudah memang menahan rindu yang terasa membuncah. Apalagi tak mungkin untuk sering pulang ke tanah air. Jadwal yang padat dan kondisi keuangan menjadi pertimbangan yang tak bisa diabaikan. Momen video call dengan keluarga dan sahabat di tanah air menjadi momen yang kamu nantikan. Rasanya pertengkaran kecil dengan saudara menjadi hal yang diam-diam kamu rindukan saat tengah berada jauh dengan mereka.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Akhiri Cinta Kepada Mantanmu Itu, Dengan Menulis Surat Cinta Pakai Tangan Kiri

surat cinta

Putus cinta itu tidak sakit, yang sakit itu sudah putus tapi masih cinta! Yup, berniat mengakhiri sebuah hubungan itu memang sejatinya mudah. Namun yang sulit adalah melupakan alias move on dari kisah cinta yang mengharu biru itu, padahal sudah beragam cara mungkin kamu lakukan, seperti berniat membuat mantan menyesal karena telah meninggalkanmu dengan mencoba berubah kearah positif menjadi pribadi yang lebih baik lagi tetapi tetap saja usaha itu terasa percuma karena kamu masih belum bisa lepas dari bayang-bayang seseorang yang pernah mengisi hatimu dengan cinta.

Kenapa Melupakan Mantan Itu Sulit?

Tapi apa yang sebenarnya membuat keputusan untuk pergi itu sedemikian sulit? Ini karena pertarungan tiada henti antara perasaanmu dan pikiranmu. Biasanya keputusan untuk move on dari sebuah hubungan itu berasal dari keputusan logika. Bagian dalam diri yang terbiasa menyajikan untung rugi. Sementara hati alias perasaan adalah bagian yang selalu memaksa untuk tinggal karena sudah merasa nyaman.

Nah, ini berarti cara termudah melakukannya adalah dengan mengedepankan logika berpikir. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan menulis surat cintamu menggunakan tangan kiri, dengan syarat kamu terbiasa menulis dengan tangan kanan. Apa hubungannya?

Jadi ketika kita menulis surat cinta atau buku harian menggunakan tangan aktif (orang Indonesia biasanya tangan kanan), maka perasaan kita cenderung mendominasi. Maklum saja kita tak perlu lagi berpikir untuk menulis. Sementara jika menggunakan tangan kiri, kita cenderung sedikit kesulitan dan ketika itu logika berpikir akan diberi ruang dan waktu untuk maju ke depan.

Ini bukan sekedar omong kosong. Karena sudah ada penelitian tentang ini, dan yang diteliti itu tidak main-main, yaitu surat cinta Thomas Jefferson yang belakangan menjadi Presiden Amerika Serikat. Kala itu di usianya yang ke 43, Thomas Jefferson terlibat cinta terlarang bersama Maria Cosway yang berstatus istri orang.

Sejak awal ia sudah berpikir untuk meninggalkan pasangannya tersebut karena jelas mereka menjalin hubungan yang melanggar etika. Namun berulang kali ia mencobanya, berulang kali pula ia gagal.

Sampai suatu ketika di tahun 1786 ia mengalami terkilir di pergelangan tangan kanannya. Sementara ia ingin menuliskan curahan perasaannya melalui surat kepada kekasih terlarangnya tersebut. Dengan sangat terpaksa ia menulisnya menggunakan tangan kiri.

Hasilnya ternyata luar biasa! Surat yang kemudian dikenal sebagai “Head and Heart letter” ini berisi tentang pergulatan dan pertarungan antara pikiran rasionalnya yang menyuruhnya pergi melawan perasaannya yang menyuruhnya tinggal. Akhirnya nuansa surat itu didominasi oleh kemenangan pikirannya.

Sejak surat itu dibuat, tidak pernah lagi Thomas Jefferson menjalin hubungan dengan Maria Cosway. Memang ada beberapa surat cinta dengan tulisan tangan kanan yang dikirim belakangan. Namun hal itu tidak membuatnya kembali kepada perempuan tersebut. Bahkan sesudah Maria Cosway menjanda pun, mereka tak lagi menjalin hubungan sampai Thomas menjadi Presiden.

surat thomas jefferson

Hal macam ini yang perlu kamu lakukan. Awalilah dengan menulis sebuah catatan harian. Tulis kenapa kamu harus kembali pada pasanganmu dan kenapa harus tidak kembali. Gunakan tangan kiri alias yang tidak aktif kamu gunakan untuk menuliskan surat tersebut.

Cara ini juga bisa digunakan dalam kasus yang lain. Misalnya ketika terpikir untuk mengakhiri sebuah hubungan atau justru sudah benar-benar berakhir, kemudian kamu menerima pesan via sosmed atau aplikasi pesan. Gunakan tangan kirimu untuk mengetik pesan balasan.

Tidak lancar memang dan mungkin berulang kali typo. Tapi tidak mengapa, hal ini akan memberi kamu jeda waktu berpikir sebelum mengirim pesan. Logika kita akan lebih dikedepankan dan perasaan kita akan cenderung mengalah. Hasilnya, keputusan apa pun yang kemudian muncul, biasanya akan jauh lebih baik.

Kapanlagi Lupain Mantan, Kalau Bukan Sekarang?

Cara melupakan mantan dengan menulis surat cinta menggunakan tangan kiri itu sebetulnya hanya salah satu cara. Sesungguhnya masih ada cara lain yang cukup ampuh buatmu agar bisa dengan mudah melupakan mantanmu.

Agar kamu tak melulu bergantung pada masa lalu bersama mantan, kamu bisa lihat tips-tips melupakan mantan yang ada di Kapanlagi #lupainmantan di sini.  Ini adalah semi reality show dengan unsur komedi di dalamnya. Sebuah cerita yang mengangkat keseharian seorang pria bernama Kinoy yang berusaha melupakan mantan kekasihnya. Ia pun lalu berusaha mencari saran dari 8 orang YouTuber dengan berbagai gaya dan pengalaman mereka masing-masing untuk membantu Kinoy melupakan mantannya.

Meski berbalut komedi, namun tips dan trick melupakan mantan yang ada di sana cukup jitu untuk kamu yang ingin hidupmu mengalir lagi. Simak misalnya tips dari Han Yoo Ra untuk Kinoy ini mulai dari makan yang manis sampai cari hobby baru.

Nah itu baru satu, kalau masih belum manjur juga bagimu untuk bisa melupakan mantan. Mungkin kamu harus lihat saran-saran lainnya yang dipersembahkan oleh MyTea di Kapanlagi #lupainmantan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tips

Minum Kopi Bagus Buat Kesehatan Liver Tapi Ada Caranya, Begini Menurut Penelitian

Kopi memang menyimpan sejuta cerita. Dari awal ditemukannya, kopi sudah punya kisah menarik. Berabad lalu di dataran eutiopia, paraa penggembala menemukan sejumlah kambing yan terlihat penuh energi. Setelah mereka perhatikan lebih lanjut, ditemukan bahwa kelompok kambing yang riang gembira itu adalah yang memakan biji kopi. Dari sinilah kemudian para penggembala itu mulai ikut memakan biji kopi.

Dimakan? Iya, dahulu kopi hanya dmakan. Sementara sebagai minuman, kopi justru baru dipopulerkan pada abad 15. Tepatnya di Yaman tanah arab dimana kopi dijadikan salah satu produk perdangangan. Kala itu juga mulai berdiri, tempat-tempat menikmati secangkir kopi sambil melakukan perbincangan santai. Dengan banyaknya orang yang beribadah haji dari seluruh penjuru dunia, kopi pun semakin tersebar kepopulerannya.

Dari saat itu Kopi semakin dikenal sebagai minuman pengusir rasa kantuk yang ampuh. Namun sesungguhnya tak hanya itu manfaat kopi, selain nikmat kopi juga memiliki manfaat lain yang tersembunyi terutama untuk kesehatan organ hati.

Para peneliti dari Universitas Southampton mengumumkan bahwa minum kopi sebanyak dua cangkir setiap hari dapat berdampak baik pada penurunan risiko penyakit liver sirosis dan mengobati kerusakan yang ditimbulkan akibat sering mengonsumsi alkohol.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal bernama Alimentary Pharmacology and Therapeutics menemukan bahwa minum kopi sebanyak dua cangkir per hari dapat mengurangi setengah dari dampak risiko terkena penyakit liver sirosis.

Apa sih penyakit liver sirosis itu? Berbahayakah buat kesehatan? Yup, penyakit tersebut sudah tergolong berbahaya bagi kesehatan kamu, bukan hanya bikin menderita juga bisa sampai menyebabkan kematian!

Liver Sirosis Berbahaya Jika Didiamkan Terus-Menerus, Kamu Bisa Kehilangan Masa Muda Kamu Jika Sudah Didiagnosa Sirosis

Sirosis sendiri merupakan suatu kerusakan yang terjadi pada hati manusia yang telah terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama atau kronis yang akhirnya menyebabkan luka pada organ hati. Perkembangan penyakit yang perlahan-lahan tapi pasti menyebabkan jaringan sehat diganti oleh jaringan yang rusak, akhirnya hati tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Untuk diketahui, organ hati sendiri memiliki fungsi untuk memproses nutrisi, hormon, obat dan racun yang diproduksi oleh tubuh. Jika hati terganggu, semua pekerjaan yang biasa dilakukan oleh hati akan terhambat termasuk dalam memproduksi protein yang sangat penting untuk tubuh.

Gejala-Gejala Sirosis Agar Kamu Bisa Cegah Sedini Mungkin

Seperti kebanyakan penyakit pada umumnya, penyait liver sirosis juga memiliki gejala yang patut kamu waspadai, jika kamu mengalami hal-hal seperti di bawah ini sebaiknya kamu cepat-cepat ke dokter deh..

  • Kamu akan kehilangan selera makan
  • Kekurangan energi
  • Terjadi pembengkakan pada pergelangan kaki
  • Memar
  • Mulai sakit kuning
  • Muntah darah
  • Kulit gatal-gatal

Umumnya penyebab timbulnya penyakit ini dikarenakan virus hepatitis B, hepatitis C, konsumsi minuman keras berlebihan, dan kebiasaan-kebiasaan buruk yang menyebabkan racun merusak hati. Musisi Jimi Hendrix sang legenda pun diketahui wafat karena sirosis. Faktanya, penyakit ini menjadi penyebab jutaan orang meninggal tiap tahunnya.

Beruntung Bagi Kamu Para Penikmat Kopi, Kopi Berdampak Positif Terhadap Kesehatan Hati

Nah, para peneliti dari Universitas Southampthon melakukan peninjauan terhadap sembilan studi jangka panjang yang bersangkutan dengan liver sirosis yang ada di enam negara dan melibatkan sebanyak 500 ribu partisipan wanita dan pria. Hasil dari peinjauan tersebut menghasilkan simpulan bahwa kopi memiliki dampak yang positif pada organ hati.

“Sirosis dapat berpotensi fatal dan tidak ada obatnya. Oleh karena itu, penting bahwa pengembangan risiko sirosis dapat dikurangi dengan meminum kopi,” terang Dr. Oliver Kennedy, salah satu peneliti dari Universitas Southampthon.

Faktanya, mengonsumsi kopi secara reguler (dua cangkir dalam satu hari) dapat menurunkan risiko terkena penyakit sirosis sebanyak 44 persen. Kopi lebih efektif dibandingkan dengan obat-obatan, sebut saja statin yang hanya mengurangi risiko sirosis hanya sebesar 25 persen saja.

Bagi Pria Penikmat Kopi Ada Kabar Gembira Buat Kamu

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di PLOS One pada Mei 2015 yang lalu, menemukan bahwa minum dua hingga tiga cangkir kopi per hari dapat mengurangi kerusakan disfungsi ereksi pada pria, termasuk orang yang menderita obesitas dan punya hipertensi (kedua kondisi yang biasa dikaitkan dengan disfungsi ereksi).

Kopi Membantu Menjaga Ingatan Jangka Panjang

Masih seputar penelitian yang dilakukan belum lama ini yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Neurosciences menemukan hasil bahwa kafein dapat menjaga formasi memori jangka panjang tetap baik.

Selain itu kafein juga baik untuk pengusir radikal bebas yang selalu kita terima dalam kehidupan sehari-hari. Radikal bebas dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh, membuat tubuh mudah sakit jika sistem imun sedang tidak baik sehingga tubuh dengan mudah terserang berbagai penyakit yang merugikan.

Kopi selama ini dianggap sebagai minuman yang buruk bagi kesehatan. Asal tidak berlebihan dan dikonsumsi masih dalam batas yang wajar yakni dua cangkir kopi sehari tanpa gula tidak akan membahayakan kesehatan kamu.

Selamat minum kopi !

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top