Tips

Kalau Belajarnya Seperti Ini, Kamu Pasti Sukses Jadi Pebisnis

belajar berbisnis

Sedari kecil kita selalu di cekoki dengan pelajaran aksi dan reaksi, bekerja maka mendapatkan hasil. Prinsip ini tidak sepenuhnya salah, namun sayangnya bisa membawa kita ke situasi yang tidak menguntungkan.

Coba bayangkan pertanyaan, kenapa kita belajar di sekolah? Jawabnya sering kali, “supaya dapat nilai yang bagus”. Lantas kemudian ketika ditanya, untuk apa nilai yang bagus? Maka kemudian menyusul jawaban “supaya bisa naik kelas, naik kelas dan kemudian lulus”. Untuk apa lulus? “supaya bisa mendapat pekerjaan”. Untuk apa bekerja? “untuk dapat uang”.

Inilah yang terjadi dalam diri kita, baik ketika belajar secara formal maupun informal. Kita selalu berpikir, untuk mempelajari sesuatu yang bisa mendukung tujuan kesuksesan kita secara spesifik. Akibatnya kita jadi tidak mempelajari hal-hal baru yang memungkinkan kita untuk bertumbuh.

Lantas apa yang perlu diubah agar kita keluar dari lingkaran tersebut?

1. Belajar Karena Ingin Belajar

Seringnya kita fokus mempelajari hal-hal yang berkaitan langsung dengan apa yang membuat kita tertarik dan sedang kita kerjakan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan imbalan secara cepat, umumnya berupa uang atau percepatan karir. Kita jarang mempelajari hal-hal yang kita tahu tidak akan dengan segera berguna bagi kita saat ini juga.

Ubahlah pikiran sempit seperti ini. Belajarlah sesuatu karena kita ingin mempelajarinya. Bukan karena imbalan atau keuntungan yang akan kita dapat karena mempelajarinya. Dengan berpikiran seperti ini kita akan banyak mempelajari hal-hal baru. Bahkan diluar bidang yang selama ini kita pahami. Hasilnya pengetahuan kita akan makin luas dan pertimbangan kita makin matang karena kekayaan pengetahuan ini.

2. Mempelajari Proses Bukan Sekedar Mencari Jawaban

Kita memang akan selalu tergoda untuk mencari jawaban dari sebuah permasalahan. Hasilnya kita sering terjebak untuk mencari cara mudah, tips singkat dan sejenisnya ketika menjalankan sesuatu termasuk dalam berbisnis.

Padahal yang terpenting dari semuanya adalah proses menuju hasil. Ambil contoh sederhana ketika kita tertarik mencari tahu cara sukses berjualan online di internet. Dengan fokus pada proses, kita akan berusaha belajar dari banyak orang, banyak sumber dan memperhatikan detailnya dengan lebih baik.

3. Pelajari lebih dalam, lebih luas bidang yang sedang kita tekuni

Contoh mudahnya kita ambil seandainya kita ingin menjadi sales asuransi yang tangguh. Alih-alih hanya belajar tentang bagaimana cara menjual asuransi, belajarlah jauh lebih luas. Mulailah dari sejarah asuransi, bagimana asuransi klasik, bagaimana perkembangannya di dunia modern, bagaimana asuransi diterapkan di negara lain, dan sebagainya.

Kesuksesan dalam bisnis biasanya berasal dari kemampuan seseorang menghubungkan titik-titik krusial penting dalam bidang yang digelutinya. Memahami secara garis besarnya akan sangat membantu kita untuk berkembang lebih jauh.

Semakin banyak dan semakin luas yang kita pelajari, maka semakin tajam insting kita dalam berbisnis. Usaha yang sukses adalah yang mampu menemukan masalah nyata yang ada di masyarakat dan bisa memberi solusinya dengan baik. Ini hanya bisa dilakukan jika kita punya pengetahuan yang cukup.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top