Feature

Bagi yang Belum Tahu, Ini Gejala-gejala Seseorang yang Terkena Diabetes

Tahukah kamu kalau diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling banyak berkontribusi terhadap jumlah kematian di seluruh dunia? Ini dikarenakan diabetes berpotensi menimbulkan banyak komplikasi sehingga banyak dokter yang menyebutnya sebagai silent killer.

Berbagai penyakit komplikasi yang bisa disebabkan oleh diabetes di antaranya: stroke, sakit jantung, hipertensi, sakit paru-paru, TBC dan kecacatan yang berujung pada amputasi. Sayangnya, banyak orang yang menganggap remeh gejala-gejala diabetes.

Padahal diabetes merupakan penyakit metabolik yang artinya tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dikontrol dengan pengobatan yang tepat. Bagi kamu yang belum tahu seperti apa gejala-gejala diabetes, ini pemaparan selengkapnya:

Gejala yang paling khas, sering pipis di malam hari

wc-1033443_640

Kamu sering terbangun di malam hari karena kebelet pipis? Bukan hanya sekali tapi bisa berkali-kali? Waspada, poliuri atau sering pipis merupakan salah satu gejala klasik penderita diabetes. Biasanya penderita diabetes lebih sering pipis dan volumenya banyak pada malam hari. Bisa setiap 2 – 3 jam sekali.

 

Sering atau cepat merasa haus, sekali minum dalam jumlah banyak

glass-1206584_640

Jika kadar gula dalam darah seseorang tinggi, maka glukosa yang tidak bisa dicerna akan ikut terbuang dalam urine. Akibatnya, urine jadi lebih kental dan untuk mengencerkannya perlu air. Nah, cadangan air dalam tubuh lah yang diambil.

Ini yang menyebabkan dehidrasi sehingga penderita diabetes ingin banyak minum. Dikarenakan banyak air yang masuk, maka jadi sering pipis juga. Gejala ini disebut polidipsi.

 

Nafsu makan meningkat, rasanya lapar terus padahal baru makan beberapa jam yang lalu

women-1192737_640

Rasa lapar muncul karena sel-sel dalam tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Asupan makanan tidak dapat masuk ke dalam sel tubuh sehingga proses metabolisme tubuh pun terganggu. Hal inilah yang menyebabkan nafsu makan berlebih dibanding biasanya.

 

Makan banyak dan sering tapi berat badan malah turun

horizontal-162952_640

Nafsu makan meningkat, tapi anehnya berat badanmu berkurang terus? Ini dikarenakan saat gula darah ada di level yang tinggi, sumber energi tubuh berupa glukosa tidak dapat diserap dengan baik. Hal ini yang memicu penurunan berat badan meskipun kamu banyak makan.

 

Badan sering gemetar padahal tidak kedinginan

cracks-1287495_640

Ini adalah respon yang diberikan tubuh akibat buang air kecil yang terlalu sering dan kurangnya asupan karbohidrat dalam tubuh. Proses metabolisme terganggu menjadi penyebab tubuh sering gemetar tanpa alasan yang jelas.

 

Cepat merasa lelah saat beraktivitas atau ngantuk di siang hari

tiger-695332_640

Rasa lelah atau ngantuk ini timbul akibat kurang berkualitasnya waktu tidur di malam hari. Apa lagi kalau bukan karena setiap malam penderita diabetes merasa sering ingin kencing berkali-kali. Tidur yang seharusnya nyenyak menjadi terganggu.

 

Kalau sudah terluka, susah sembuh atau lama keringnya

accident-743032_640

Sistem imun dan kekebalan tubuh akan terganggu saat gula darah seseorang tinggi. Hal ini menyebabkan penyembuhan luka menjadi lebih lambat dari biasanya. Luka susah kering atau menutup meskipun sudah diberi berbagai macam obat. Ini yang harus kamu waspadai.

 

Sulit mengontrol emosi, jadi lebih sensitif dan mudah marah

man-390339_640

Emosi ini muncul karena kelelahan yang dialami oleh pasien diabetes. Semua gejala diabetes saling bersangkutan. Penyebab utamanya tetap sama yaitu adanya gangguan fungsi tubuh dikarenakan kadar gula darah yang tinggi.

 

Jika kamu merasa sering mengalami beberapa gejala seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan dirimu ke dokter terdekat. Jangan ragu untuk cek gula darah minimal setahun sekali. Jangan lupa juga untuk menjaga berat badan dan banyak gerak ya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top