Feature

Bagi yang Belum Tahu, Ini Gejala-gejala Seseorang yang Terkena Diabetes

Tahukah kamu kalau diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling banyak berkontribusi terhadap jumlah kematian di seluruh dunia? Ini dikarenakan diabetes berpotensi menimbulkan banyak komplikasi sehingga banyak dokter yang menyebutnya sebagai silent killer.

Berbagai penyakit komplikasi yang bisa disebabkan oleh diabetes di antaranya: stroke, sakit jantung, hipertensi, sakit paru-paru, TBC dan kecacatan yang berujung pada amputasi. Sayangnya, banyak orang yang menganggap remeh gejala-gejala diabetes.

Padahal diabetes merupakan penyakit metabolik yang artinya tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dikontrol dengan pengobatan yang tepat. Bagi kamu yang belum tahu seperti apa gejala-gejala diabetes, ini pemaparan selengkapnya:

Gejala yang paling khas, sering pipis di malam hari

wc-1033443_640

Kamu sering terbangun di malam hari karena kebelet pipis? Bukan hanya sekali tapi bisa berkali-kali? Waspada, poliuri atau sering pipis merupakan salah satu gejala klasik penderita diabetes. Biasanya penderita diabetes lebih sering pipis dan volumenya banyak pada malam hari. Bisa setiap 2 – 3 jam sekali.

 

Sering atau cepat merasa haus, sekali minum dalam jumlah banyak

glass-1206584_640

Jika kadar gula dalam darah seseorang tinggi, maka glukosa yang tidak bisa dicerna akan ikut terbuang dalam urine. Akibatnya, urine jadi lebih kental dan untuk mengencerkannya perlu air. Nah, cadangan air dalam tubuh lah yang diambil.

Ini yang menyebabkan dehidrasi sehingga penderita diabetes ingin banyak minum. Dikarenakan banyak air yang masuk, maka jadi sering pipis juga. Gejala ini disebut polidipsi.

 

Nafsu makan meningkat, rasanya lapar terus padahal baru makan beberapa jam yang lalu

women-1192737_640

Rasa lapar muncul karena sel-sel dalam tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Asupan makanan tidak dapat masuk ke dalam sel tubuh sehingga proses metabolisme tubuh pun terganggu. Hal inilah yang menyebabkan nafsu makan berlebih dibanding biasanya.

 

Makan banyak dan sering tapi berat badan malah turun

horizontal-162952_640

Nafsu makan meningkat, tapi anehnya berat badanmu berkurang terus? Ini dikarenakan saat gula darah ada di level yang tinggi, sumber energi tubuh berupa glukosa tidak dapat diserap dengan baik. Hal ini yang memicu penurunan berat badan meskipun kamu banyak makan.

 

Badan sering gemetar padahal tidak kedinginan

cracks-1287495_640

Ini adalah respon yang diberikan tubuh akibat buang air kecil yang terlalu sering dan kurangnya asupan karbohidrat dalam tubuh. Proses metabolisme terganggu menjadi penyebab tubuh sering gemetar tanpa alasan yang jelas.

 

Cepat merasa lelah saat beraktivitas atau ngantuk di siang hari

tiger-695332_640

Rasa lelah atau ngantuk ini timbul akibat kurang berkualitasnya waktu tidur di malam hari. Apa lagi kalau bukan karena setiap malam penderita diabetes merasa sering ingin kencing berkali-kali. Tidur yang seharusnya nyenyak menjadi terganggu.

 

Kalau sudah terluka, susah sembuh atau lama keringnya

accident-743032_640

Sistem imun dan kekebalan tubuh akan terganggu saat gula darah seseorang tinggi. Hal ini menyebabkan penyembuhan luka menjadi lebih lambat dari biasanya. Luka susah kering atau menutup meskipun sudah diberi berbagai macam obat. Ini yang harus kamu waspadai.

 

Sulit mengontrol emosi, jadi lebih sensitif dan mudah marah

man-390339_640

Emosi ini muncul karena kelelahan yang dialami oleh pasien diabetes. Semua gejala diabetes saling bersangkutan. Penyebab utamanya tetap sama yaitu adanya gangguan fungsi tubuh dikarenakan kadar gula darah yang tinggi.

 

Jika kamu merasa sering mengalami beberapa gejala seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan dirimu ke dokter terdekat. Jangan ragu untuk cek gula darah minimal setahun sekali. Jangan lupa juga untuk menjaga berat badan dan banyak gerak ya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tips

Minum Kopi Bagus Buat Kesehatan Liver Tapi Ada Caranya, Begini Menurut Penelitian

Kopi memang menyimpan sejuta cerita. Dari awal ditemukannya, kopi sudah punya kisah menarik. Berabad lalu di dataran eutiopia, paraa penggembala menemukan sejumlah kambing yan terlihat penuh energi. Setelah mereka perhatikan lebih lanjut, ditemukan bahwa kelompok kambing yang riang gembira itu adalah yang memakan biji kopi. Dari sinilah kemudian para penggembala itu mulai ikut memakan biji kopi.

Dimakan? Iya, dahulu kopi hanya dmakan. Sementara sebagai minuman, kopi justru baru dipopulerkan pada abad 15. Tepatnya di Yaman tanah arab dimana kopi dijadikan salah satu produk perdangangan. Kala itu juga mulai berdiri, tempat-tempat menikmati secangkir kopi sambil melakukan perbincangan santai. Dengan banyaknya orang yang beribadah haji dari seluruh penjuru dunia, kopi pun semakin tersebar kepopulerannya.

Dari saat itu Kopi semakin dikenal sebagai minuman pengusir rasa kantuk yang ampuh. Namun sesungguhnya tak hanya itu manfaat kopi, selain nikmat kopi juga memiliki manfaat lain yang tersembunyi terutama untuk kesehatan organ hati.

Para peneliti dari Universitas Southampton mengumumkan bahwa minum kopi sebanyak dua cangkir setiap hari dapat berdampak baik pada penurunan risiko penyakit liver sirosis dan mengobati kerusakan yang ditimbulkan akibat sering mengonsumsi alkohol.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal bernama Alimentary Pharmacology and Therapeutics menemukan bahwa minum kopi sebanyak dua cangkir per hari dapat mengurangi setengah dari dampak risiko terkena penyakit liver sirosis.

Apa sih penyakit liver sirosis itu? Berbahayakah buat kesehatan? Yup, penyakit tersebut sudah tergolong berbahaya bagi kesehatan kamu, bukan hanya bikin menderita juga bisa sampai menyebabkan kematian!

Liver Sirosis Berbahaya Jika Didiamkan Terus-Menerus, Kamu Bisa Kehilangan Masa Muda Kamu Jika Sudah Didiagnosa Sirosis

Sirosis sendiri merupakan suatu kerusakan yang terjadi pada hati manusia yang telah terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama atau kronis yang akhirnya menyebabkan luka pada organ hati. Perkembangan penyakit yang perlahan-lahan tapi pasti menyebabkan jaringan sehat diganti oleh jaringan yang rusak, akhirnya hati tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Untuk diketahui, organ hati sendiri memiliki fungsi untuk memproses nutrisi, hormon, obat dan racun yang diproduksi oleh tubuh. Jika hati terganggu, semua pekerjaan yang biasa dilakukan oleh hati akan terhambat termasuk dalam memproduksi protein yang sangat penting untuk tubuh.

Gejala-Gejala Sirosis Agar Kamu Bisa Cegah Sedini Mungkin

Seperti kebanyakan penyakit pada umumnya, penyait liver sirosis juga memiliki gejala yang patut kamu waspadai, jika kamu mengalami hal-hal seperti di bawah ini sebaiknya kamu cepat-cepat ke dokter deh..

  • Kamu akan kehilangan selera makan
  • Kekurangan energi
  • Terjadi pembengkakan pada pergelangan kaki
  • Memar
  • Mulai sakit kuning
  • Muntah darah
  • Kulit gatal-gatal

Umumnya penyebab timbulnya penyakit ini dikarenakan virus hepatitis B, hepatitis C, konsumsi minuman keras berlebihan, dan kebiasaan-kebiasaan buruk yang menyebabkan racun merusak hati. Musisi Jimi Hendrix sang legenda pun diketahui wafat karena sirosis. Faktanya, penyakit ini menjadi penyebab jutaan orang meninggal tiap tahunnya.

Beruntung Bagi Kamu Para Penikmat Kopi, Kopi Berdampak Positif Terhadap Kesehatan Hati

Nah, para peneliti dari Universitas Southampthon melakukan peninjauan terhadap sembilan studi jangka panjang yang bersangkutan dengan liver sirosis yang ada di enam negara dan melibatkan sebanyak 500 ribu partisipan wanita dan pria. Hasil dari peinjauan tersebut menghasilkan simpulan bahwa kopi memiliki dampak yang positif pada organ hati.

“Sirosis dapat berpotensi fatal dan tidak ada obatnya. Oleh karena itu, penting bahwa pengembangan risiko sirosis dapat dikurangi dengan meminum kopi,” terang Dr. Oliver Kennedy, salah satu peneliti dari Universitas Southampthon.

Faktanya, mengonsumsi kopi secara reguler (dua cangkir dalam satu hari) dapat menurunkan risiko terkena penyakit sirosis sebanyak 44 persen. Kopi lebih efektif dibandingkan dengan obat-obatan, sebut saja statin yang hanya mengurangi risiko sirosis hanya sebesar 25 persen saja.

Bagi Pria Penikmat Kopi Ada Kabar Gembira Buat Kamu

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di PLOS One pada Mei 2015 yang lalu, menemukan bahwa minum dua hingga tiga cangkir kopi per hari dapat mengurangi kerusakan disfungsi ereksi pada pria, termasuk orang yang menderita obesitas dan punya hipertensi (kedua kondisi yang biasa dikaitkan dengan disfungsi ereksi).

Kopi Membantu Menjaga Ingatan Jangka Panjang

Masih seputar penelitian yang dilakukan belum lama ini yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Neurosciences menemukan hasil bahwa kafein dapat menjaga formasi memori jangka panjang tetap baik.

Selain itu kafein juga baik untuk pengusir radikal bebas yang selalu kita terima dalam kehidupan sehari-hari. Radikal bebas dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh, membuat tubuh mudah sakit jika sistem imun sedang tidak baik sehingga tubuh dengan mudah terserang berbagai penyakit yang merugikan.

Kopi selama ini dianggap sebagai minuman yang buruk bagi kesehatan. Asal tidak berlebihan dan dikonsumsi masih dalam batas yang wajar yakni dua cangkir kopi sehari tanpa gula tidak akan membahayakan kesehatan kamu.

Selamat minum kopi !

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Kamu Yang Mudah Jatuh Sakit Belum Tentu Penyakitan, Mungkin Itu Tanda Kamu Kesepian

Dua hari kemarin flu, kemarin pusing, hari ini sakit perut. Buatmu mungkin itu biasa. Musim pancaroba, konsumsi maakanaan yang taak benaar, jarang olah raga, mungkin itu sebagian hal yang sering dijadikan kambing hitam ketika tubuh sering tak sehat.

Bahkan tak jarang, stigma sebagai orang penyakitan dilekatkan padamu. Dan gawatnya kamu menerima begitu saja tanpa mencoba mencari tahu lebih lanjut, penyebabnya. Padahal ada kemungkinan lainnya. Yaitu itu kesepian. Apa? Iya, kamu tak salah baca. Kesepian memang dapat mendorong seseorang jadi lebih mudah sakit.

Nyatanya rasa kesepian ini tidak bisa disepelekan begitu saja, karena ketika jiwa merasa terguncang oleh rasa sedih, maka fisik juga akan merasa tidak berdaya. Benar saja pernyataan beberapa orang tentang hal ini, jika fisikmu sehat tetapi hatimu sedang sakit maka fisikmu akan sakit, jika hatimu sedang bahagia maka ketika sakitpun kamu akan merasa baik-baik saja. Kesepian juga merupakan salah satu bagian dari kesedihan dirasakan oleh jiwa dan bisa berimbas dengan kesehatanmu.

Rasa sepi membuat imun tubuhmu juga melemah, tidak heran jika kamu jadi gampang tumbang

Sebuah penelitian dilakukan Ohio State University, rasa kesepian dapat membebani sistem kekebalan tubuh seperti halnya seseorang yang mengalami stres kronis. Bahkan rasa kesepian dapat mengaktifkan virus herpes dan memunculkan gelaja lain yang berkaitan dengan stres kronis. Mereka juga mengatakan bahwa rasa sepi meningkatkan protein tertentu di dalam tubuh. Protein ini akan diproduksi ketika terjadi peradangan dan pada akhirnya bisa memicu banyak penyakit seperti jantung koroner, diabetes tipe 2, arthritis dan alzheimer.

Jika Dibiarkan, rasa kesepian bisa membuatmu lebih cepat tua bahkan bisa mati muda

Seperti yang dilansir oleh Counsel dan Heal, seorang peneliti Lisa Jaremka mengatakan “hubungan yang buruk kualitasnya dikaitkan dengan sejumlah gangguan kesehatan, termasuk kematian prematur dan segala macam penyakit yang sangat serius. Orang-orang yang kesepian jelas merasa seolah berada dalam hubungan yang berkualitas buruk.”

Lia Jaremka meneliti 200 relawan yang telah berhasil sembuh dari kanker payudara. Relawan ini rata-rata berusia 51 tahun. Interval waktu antara selesainya pengobatan dan keikutsertaan dalam penelitian ini adalah sekitar 2 bulan – 3 tahun. Semua sampel darah relawan dikumpulkan dan respon kekebalan tubuhnya terhadap antibodi Epstein-Barr dan sitomegalovirus juga ikut diteliti. Kedua virus ini merupakan jenis virus herpes. Keunikan dari virus ini adalah bisa tidak aktif dan dapat diaktifkan kembali.

Pada proses aktif kembali atau reaktifasi, terjadi peningkatan antibodi dalam sistem kekebalan tubuh walau tidak menunjukkan gejala yang jelas. Proses ini menunjukkan adanya masalah pada pengaturan sistem kekebalan tubuh seluler.

“Kami melihat peradangan lebih banyak terjadi pada orang yang merasa kesepian daripada yang tidak merasa kesepian. Penting juga untuk diingat, bahwa orang-orang yang merasa sangat terhubung secara sosial mendapatkan dampak yang lebih positif,” pungkas Jaremka.

Sendiri Tak Berarti Kesepian, Kesepian Tak Berarti Sendiri

 

Nah, jangan sampai keliru mengartikan kesepian. Mereka yang sendiri belum tentu merasa kesepian dan sebaliknya mereka yang merasa kesepian tak berarti sedang sendiri. Karena kesepian adalah soal rasa dan mental psikologis.

Perasaan terjauhi dan tercabut dari situasi sekitar yang membuat seseorang merasa kesepian. Studi yang dilakukan di negara bagian Ohio Amerika Serikat menemukan bahwa kesepian sering tercipta ketika seseorang menyimpan dan menceritakan pada diri mereka sendiri tentang hal-hal sedih yang terjadi pada dirinya.

Dan ketika perasaan kesepian ini sudah tercipta, efeknya akan seperti bola salju. Karena orang yang merasa kesepian cenderung untuk melihat orang lain secara negatif. Hal-hal baik yang dilakukan oleh orang lain padanya, akan dipandang sinis dan dirasa “ada apa-apanya”. Hasilnya dia akan menjauhi orang lain dan membuat rasa kesepiannya makin memuncak.

Tidak Harus Dengan Pasangan, Ada Banyak Cara Supaya Rasa Sepi Menghilang dari Hatimu

Saat kamu atau mungkin temanmu sedang merasakan kesepian, sebenarnya ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk menghindari rasa kesepian itu sendiri. Tidak hanya terpaku kepada pasangan hidup atau lawan jenis untuk menghilangkan rasa sepi itu. Kamu bisa melakukan banyak hal yang menyenangkan seperti merealisasikan hobimu, bergabung dengan komunitas yang mempunyai minat yang sama denganmu.

Atau kamu bisa menjadi sukarelawan dari berbagai komunitas yang ada, sehingga rasa sepi yang kamu alami bisa hilang bersama dengan kebahagiaan yang kamu bagikan dengan orang-orang yang mungkin tidak lebih beruntung hidupnya dibandingkan dengan kamu. Dan jangan lupa dekatkan diri dengan Tuhanmu, karena dengan merasa Tuhan bersamamu, maka hidupmu akan lebih terasa akan baik-baik saja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Tak Cuma Soal Virus WannaCry, Langkah-Langkah Ini Dapat Membuat Komputermu Lebih Aman

Virus Wannacrypt atau yang lebih dikenal sebagai Wannacry memang sukses bikin banyak orang menangis. Serangan siber yang memanfaatkan alat peretas milik National Security Agency Amerika itu sukses meluluh lantahkan 200 ribu komputer di 100 negara.

Wannacrypt ini tersebar dalam bentuk ransomware. Program jahat itu akan mengunci komputer beserta data milik korban dan meminta tebusan sejumlah uang jika ingin data-data di komputer itu terselamatkan.

Korbannya tak main-main. Di Indonesia misalnya dari mulai perpustakaan universitas Jember sampai rumah sakit sekelas Dharmais menjadi korbannya. Di Inggris bahkan dikabarkan ada korban meninggal dunia, karena data kesehatan yang terkunci oleh virus ini sementara sang pasien dalam keadaan kritis.

Serangan Ransomware, secara umum, dikabarkan meningkat belakangan ini. Kaspersky Lab, dalam sebuah laporannya berjudul “KSN: Report Ransomware in 2014-2016” mengungkapkan, dari April 2015 hingga Maret 2016, terjadi peningkatan korban Ransomware hingga 17,7 persen, atau dari 1.967.784 korban, hingga 2.315.931 korban di seluruh dunia.

Karena itu sejatinya WannaCrypt cuma satu diantara sekian banyak virus berbentuk ransomware. Itu kenapa kita perlu waspada dan melakukan antisipasi.

Sediakan Budget Untuk Selalu Pakai Sistem Operasi Terbaru

Memang menggunakan sistem operasi terbaru macam windows 10 memang tak menjamin 100 persen datamu aman. Tapi setidaknya, serangan virus macam ini umumnya memanfaatkan lubang yang dimiliki oleh sistem operasi jadul.

Wannacrypt misalnya, banyak menyerang sistem operasi yang lebih lama. Apalagi microsoft sudah menghentikan pembaharuan untuk produk XP dan sistem operasi server yang lebih lama. Sementara dibeberapa bidang masih bergantung pada OS ini. Walhasil, Wannacrypt berhasil menyusup. Dan perusahaan besutan Bill Gates itu harus turun gunung menambal lubang di Microsoft XP.

Bukan Berlagak Hipster, Tapi Pakai Sistem Operasi Alternatif Seringnya Lebih Aman

Pengguna produk apple memang bisa tidur nyenyak kemarin. Karena serangan hanya dilakukan ke OS Windows saja. Umumnya program jahat dirancang untuk bergerak di sistem operasi yang lebih banyak digunakan. Sementara sistem tertutup milik apple lebih mempersulit masuknya virus-virus jahat.

Pilihan lain dengan menggunakan sistem operasi alternatif macam Linux dan turunannya. Biasanya para penjahat malas untuk mengkutak-kutik pengguna OS ini karena jumlahnya yang tidak masif.

Kadang Malas Karena Makan Waktu, Tapi Meng-Update OS Adalah Langkah Bijak

Ini memang penyakit kebanyakan dari kita. Karena biasanya mengupdate OS memakan banyak waktu. Apalagi ketika sudah hendak shutdown komputer dan masih ada peringatan sedang mengupdate dan jangan mematikan komputer.

Padahal sesungguhnya langkah ini merupakan salah satu pencegahan terbaik. Sebagai penyedia sistem operasi, perusahaan macam microsft misalnya punya 3500 tenaga keamanan yang selalu siap siaga mencari celah produknya.

Untuk kasus Wannacrypt misalnya, Microsoft sudah menemukan celah ini sejak april dan memberikan update guna menambalnya. Sayangnya masih banyak pengguna windows yang mengabaikan update terbaru ini.

Pakai Program Antivirus Yang Juga Selalu Di Update

Minimal aktifkan windows defender milikmu. Dan tak ada salahnya memperkuatnya dengan antivirus milik pihak ketiga. Namun secanggih apapun program antivirus milikmu, akan sia-sia kalau tidak diperbaharui secara berkala. Karena perkembangan teknologi program jahat juga tak kenal hari libur dan selalu berkembang.

Zaman Begini Masih Pakai Produk Bajakan?

Sudah tak jamannya lagi menggunakan program bajakan. Terlebih sistem operasi bajakan. Biasanya dalam program bajakan sudah ditanam program-program jahat yang siap mencuri data hingga meluluh lantahkan komputermu.

Umumnya, program bajakan ini akan meminta antivirus komputer kita untuk dimatikan. Dengan alasan program tak akan jalan jika antivirus dinyalakan. Begitu diinstall, semua program jahat yang ada di dalamnya akan langsung tersebar tanpa ada yang menghalangi.

Coba Periksa Berulang-ulang Kalau Terima Email Dengan Lampiran File

Virus juga sangat umum tersebar melalu email yang berisi lampiran. Dalam sebuah serangan Ransomware, peretas akan mengirim email pada calon korban. Dalam email yang dikirimkan, peretas menautkan link atau lampiran dan link atau lampiran tersebut. Email yang terkirim dengan iming-iming tertentu agar pengguna komputer lengah dan masuk dalam jebakan.

Saat pengguna komputer meng-klik tautan link atau meng-klik lampiran, program jahat otomatis langsung bekerja. Selanjutnya, malware ini mengenkripsi file, folder, bahkan drive di komputer yang diserang dan meminta tebusan melalui pesan yang peretas tinggalkan. Meskipun korban berhasil membersihkan komputernya dari Ransomware, file, folder, atau drive yang terenkripsi, hampir mustahil bisa digunakan kembali tanpa kunci yang digenggam oleh peretas.

Tak Perlu Kunjungi Situs Yang Aneh-Aneh

Nah, terakhir jangan suka mengunjungi situs yang aneh-aneh. Macam situs-situs musik atau film bajakan, konten esek-esek, perjudian, informasi hoax atau situs-situs tak jelas lainnya. Karena banyak situs yang juga ditanam program-program jahat yang siap melumpuhkan komputermu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top