Sponsored Content

Alasan Kenapa Suzuki GSX-S150 Pantas Jadi Tunggangan Harian Kamu

Bingung pilah-pilih motor sport yang khas laki-laki, keren modelnya tidak ribet, andal, performa tinggi, dan tak kalah penting yakni, canggih. Maka Suzuki GSX-S150 bisa menjadi pilihan paling pas buat kamu. Kenapa harus pilih Suzuki GSX-S150 untuk jadi tunggangan harian kamu?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut kamu harus tahu beda Suzuki GSX-S150 dan GSX-R150. Karena Suzuki GSX-S150 adalah salah satu tipe dari dua model motor sport 150 cc Suzuki GSX yang diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia pada Maret 2017. Yakni GSX-R150 dan GSX-S150.

Untuk tipe R merupakan kepanjangan dari kata Racing, motor model ini bodynya dibalut full fairing racing lengkap khas motor balap. Konon terinspirasi dari kesuksesan suzuki GSX R yang lebih dari 30 tahun sebagai motor sport berforma tinggi di dunia.

Sedangkan tipe S merupakan kepanjangan dari kata Street Sport. GSX-S150 lebih mengedepankan gaya street sport. Hal itu tampak dari hilangnya komponen full fairing dan stang bertema ‘racy’. Sebagai gantinya, dikenakan air shroud besar di area samping, visor yang menempel dengan batok lampu utama dan stang lebar plus kaca spion pada tiap sisinya. Itulah kenapa GSX-S150 ini mungkin lebih cocok kamu gunakan sehari-hari.

Dimensinya Kompak Cocok Buatmu Yang Sering Meliuk Di Kemacetan

Untuk dimensi, tampilan dari motor garapan Suzuki ini yang menggunakan rangka Single Cradle yang memang terlihat kekar. Ukurannya sendiri memiliki panjang 1.975 mm, lebar 674 mm, dan tinggi keseluruhan mencapai 1.070 mm. Sedangkan untuk ukuran wheelbase sendiri mencapai 1.300 mm.

Dengan ukuran macam ini, GSX-S150 ini bisa dibilang cukup bongsor untuk kelas 150cc. Namun tak perlu khawatir, tinggi jok yang 785mm sangat pas untuk ukuran rata-rata orang Indonesia tanpa harus berjinjit. Kamu masih bisa dengan lancar memecah kemacetan dengan sesekali menurunkan kaki di tengah kemacetan.

Mesinnya Bertenaga, Untuk Menyalip Kendaraan Di Perkotaan

Tak nyaman rasanya kalau menggunakan motor sehari-hari namun tenaganya payah. Terbayang repotnya menyalip kendaraan di daerah perkotaan yang padat jika mesin tak responsif.

Berbeda dengan GSX-S150 ini. Untuk urusan dapur pacu GSX-S150 ini disematkan mesin berkapasitas 150 cc DOHC yang sama dengan saudaranya tipe R. Berbekal mesin overbore, DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan kapasitas 150cc dan berkompresi 11,5 : 1 yang sudah dilengkapi teknologi fuel injection yang canggih untuk pembakaran maksimal, GSX-S150 menghasilkan tenaga sebesar 14,1 kw/10.500 rpm dan torsi sebesar 14 nm/9.000 rpm yang tersalurkan dengan kuat melalui transmisi 6 percepatan. Ini diklaim sebagai salah satu yang terbesar di kelasnya.

Meski Tenaga Besar Namun Irit Bahan Bakar

Motor yang dibawa harian tentunya akan banyak mengalami proses “stop and go”. Aksi buka tutup gas ini tentunya berdampak besar pada konsumsi bahan bakar. Untuk ituManajemen mesin GSX-S 150 ini dilengkapi dengan 6 sensor untuk efisiensi kerja untuk membuat konsumsi bahan bakar lebih ekonomis.

Sistem pengapiannya disebut closed loop, dengan adanya oksigen sensor pada pembuangan yang bisa dibilang jarang diterapkan pada motor sekelasnya. Ini juga termasuk penerapan throttle body diameter 32mm dan injektor 10 lubang produk Mitsubishi agar pengabutan campuran bahan bakar lebih atomized. Sebagai bocoroan, teknologi ini serupa yang ada pada GSX-R 1000 loh.

Bobotnya Ringan, Posisi Pengendara Nyaman

Body motor yang ringan tentu akan menghasilkan Power to Weight Ratio yang cukup signitifikan dalam meraih top speed kelas motor 150cc sehingga motor jauh lebih kencang dan bertenaga.

Jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan oleh suzuki GSX S 150 ini, untuk beratnya hanya berbobot 126 kilogram. Coba bandingkan dengan motorsport 150cc merk sebelah, rata-rata berat motor berkisar antara 130-136 kg.

Selain itu karena motor ini bertipe street bike posisi berkendaranya lebih nyaman. Ya, tipe GSX-S150 ini memang mengadopsi tampilan yang cocok untuk digunakan perjalanan dengan durasi lama. Karena itu posisi berkendaranya tak terlalu menunduk macam di tipe R. Handle barnya dibuat lebar dengan posisi yang berada tinggi di atas tangki dan tempat duduk. Posisi kaki juga jadi tidak terlalu menekuk ke belakang.

Tentunya gaya berkendara ini dimaksudkan agar pengemudi tak lekas lelah. Ditambah lagi kaki-kakinya yang juga empuk. Di depan menggunakan suspensi teleskopik besar dengan di belakang mengusung tipe monoshock guna menambah kestabilan berkendara. Velg alloy berukuran 2,15 inchi di depan dan 3,5 inchi di belakang dibalut ban depan 90.

Tampilan Ciamik, Jadi Sering Dilirik

Meski dipakai harian, bukan berarti tampil seadanya. Tak mau kalah dengan saudaranya, GSX-S150 juga mengusung aura modern. Karena kita akan disambut oleh LCD speedometer full digital. Display dibagi menjadi 3 bagian. Di bagian kanan dan kiri sendiri menampilkan indikator lampu sein, lampu netral, lampu jarak jauh, rpm, dan indikator bahan bakar. Sementara itu, pada bagian tengahnya memberikan informasi mengenai kecepatan, tachometer, posisi gigi, indikator bahan bakar, dan waktu.

Lampu depannya sudah mengadopsi teknologi LED dengan batok lampu yang dilengkapi dengan visor kecil. Di bagian tangki disematkan fairing mini Shroud yang berfungsi untuk membelah angin dan membuat tampilan lebih gahar. Apalagi di bawah mesin terdapat undercowl yang berfungsi juga sebagai pelindung mesin. Sementara untuk lampu belakang digunakan model yang sama persis dengan tipe R.

Bahkan urusan pembuangan pun dirancang dengan baik. Knalpot motor ini berbeda dengan kelas motorsport 150 cc lainnya. Karenamemiliki 2 lubang dan terlihat begitu agresif. Tak cuma hiasan, lubang knalpot ada dua agar suaranya enak dan tarikannya powerfull.

Nah bagaimana, kamu tertarik memboyong GSX S150 ini jadi tunggangan harian kamu? Coba kamu check harganya, pastinya makin tergoda. Karena bandrolnya sangat kompetitif untuk motor sport kelas 150cc.

Mau tulisan Kamu dimuat di Gobagi.com ? Tulis Artikelmu Disini

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top