Community

5 Cara untuk Membuatmu Gemar Menabung Meski Saat Ini Kamu Orang yang Boros

 

Hasrat untuk jajan berbagai macam camilan, pergi ke gerai ponsel untukbeli gadget terbaru dan sejumlah keinginan lainnya yang datang tiap kali awal bulan tiba membuat kita seringkali  lupa diri alias khilaf untuk membelanjakan uang yang telah diperoleh dari hasil jerih payah selama satu bulan lamanya.

Akhirnya, kita pun lupa menyisihkan uang untuk menabung. Padahal banyak manfaat yang akan didapatkan dari rajin menabung, seperti simpanan hari tua, punya simpanan untuk keperluan mendesak, tabungan untuk sekolah lagi, dan sebagainya.

Kalau saat ini kamu belum rajin menabung, coba deh lakukan 5 cara sederhana dan mudah ini agar kamu terbiasa menabung untuk diri sendiri.

Mau Jalan-Jalan Ke Eropa Butuh Banyak Biaya Bukan? Sisihkan Uang Tabunganmu Sekarang Biar Mimpi Jalan-Jalan Ke Barcelona Gak Cuma Wacana

Cara pertama agar kamu rajin menabung adalah dengan menentukan tujuan. Kalau kamu punya tujuan dalam hidupmu yang butuh banyak uang, kamu pun akan termotivasi untuk terus menabung sampai berhasil mewujudkan tujuan yang telah kamu tetapkan.

Misalnya, kamu punya tujuan jalan-jalan keliling Eropa 2 tahun mendatang. Pastinya akan butuh banyak biaya seperti biaya tiket pesawat, penginapan, transportasi, makanan, oleh-oleh, dan lain-lain. Perjalanan ke Eropa rata-rata sekitar Rp50-60 juta. Memang mahal sih tapi  kan sepadan dengan pengalaman yang didapatkan!

Agar mimpi liburan kamu ke Eropa gak cuma sekedar mimpi di siang bolong, lebih baik kamu menabung dari sekarang untuk mewujudkannya.

Ingat Tagihan Bulanan, Agar Tiap Bulan Tidak Nunggak Melulu

Ada juga orang yang tiap bulan tidak membuat catatan pengeluaran tapi masih bisa tetap hemat dan menabung. Kenapa bisa demikian? Karena dalamotaknya telah terprogram soal tagihan bulanan atau biaya utama yang harus disisihkan tiap bulannya dan jumlahnya sama. Ketika seseorang sudah tahu tentang berapa biaya bulanan yang harus dikeluarkan, maka  jika ada sisa bisa dialokasikan untuk menabung.

Contohnya, kamu adalah pegawai dengan gaji Rp4 juta per bulan. Setiap bulan kamu harus membayar tagihan listrik Rp300 ribu, air Rp100 ribu, ongkos transportasi Rp150 ribu, tagihan motor Rp500 ribu, uang makan 1 bulan Rp1 juta. Total Rp2.050.000. Masih ada Rp1.950.000.

Rp 1.950.000 dipakai untuk simpanan mendesak Rp400.000. Masih ada sisa Rp1.550.000. Sisanya bisa kamu  pakai untuk  menabung, memberi uang bulanan orangtua jika masih ada, dan bisa untuk sesekali hiburan dengan biaya yang tidak sampai Rp300 ribu per bulannya agar uang  yang ditabung bisa lebih banyak.

Kurangi Deh Gaya Hidup Sok Mewah, Meski Kamu Senang Sekarang Tapi Masa Tuamu Menderita

Jika kamu menggunakan perhitungan di atas untuk menabung, terlihat bukan tidak ada anggaran untuk pergi makan ke restoran atau ke tempat-tempat klubingYa, memang jika kamu menghindari gaya hidup mewah, uang yang bisa disimpan jauh lebih banyak daripada kamu senang hura-hura di masa muda tapi kamu tidak bisa bahagia saat tua nanti.

Hitungannya begini, jika kamu lihat poin sebelumnya. Ada biaya makan Rp1 juta untuk satu bulan. Itu artinya kamu hanya makan sekitar Rp30 ribu per hari. Rp30 ribu x 30 hari – Rp900 ribu. Lebihkan sedikit sekitar Rp50-100 ribu sebagai biaya tambahan jika Rp900 ribu itu masih kurang.

Kalau kamu ingin pergi liburan agar tidak stres kerja melulu,kamu bisa gunakan dana hiburan. Carilah hiburan yang tidak lebih dari Rp300 ribu banyak kok! Intinya, kamu pun bisa refreshing untuk melepas penat dan lelah karena seharian bekerja.

Kalau Ada Olahraga Yang Gratis, Kenapa Harus Buang Uang Banyak Untuk Nge-Gym Yang Mahal?

Ingin membentuk otot atau ingin memiliki tubuh yang seksi tidak perlu datang ke gym. Memang sih, kalau di tempat fitness peralatannya lebuh memadai plus ada trainernya pula sehingga olahraga kamu bisa lebih terarah. Tetapi, biayanya sangat mahal dan menguras kantong.

Kalau ada olahraga yang gratis, mengapa harus bayar? Kamu bisa kok tetap berolahraga dan mendapatkan tubuh sehat dengan olahraga-olahraga seperti sepak bola, lompat tali, senam lantai, voli, badminton, dan sebagainya.

Ingin olahraga kamu lebih terarah? Lihat saja video panduan dari para trainer handal yang ada di Youtube. banyak kok video tutorialnya. Pengeluaran kamu jadi lebih hemat dan badan tetap sehat.

Pekerjaan Tambahan Bisa Jadi Cara Untuk Memperbanyak Tabungan Kamu Di Akhir Pekan

Terakhir, jika ingin menambah tabungan agar lebih berisi, kamu bisa juga mencari pekerjaan tambahan yangt menyenangkan. Cari pekerjaan tambahan sesuai passion kamu agar kamu tidak seperti merasa sedang bekerja.

Kalau kamu hobi menulis, bisa cari pekerjaan jadi freelance writer, jika kamu hobi fotografi bukalah jasa fotografer prewed atau foto studio, atau kalau kamu hobi masak jadi host acara memasak. Melakukan hobi yang dibayar jauh lebih seru, tabungan untuk pergi ke Eropa jadi lebih cepat terisi. Asyik kan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Dibandingkan Spanyol Atau Italia, Pecinta Motor Tanah Air Jauh Lebih Gila

Kalau bicara soal motor apalagi MotoGP rasanya Italia dan Spanyol merupakan dua negara teratas. Sebagian besar pembalap kasta tertinggi balap motor dihuni oleh warga dari kedua negara tersebut. Setiap gelaran di kedua negara itu juga hampir selalu pecah rekor untuk soal jumlah penonton.

Tapi jangan salah, kalau saja MotoGP diadakan di Indonesia, bisa jadi negara kita jadi nomor satu soal antusiasme masyarakatnya dengan motor. Beberapa kali pembalap MotoGP singgah di Indonesia selalu takjub dengan kegilaan orang Indonesia akan motor.

Tak terkecuali Rrasa antusias bikers di Indonesia yang membuat Andre Iannone dan Alex Rins terpukau. Mereka tidak menyangka kalau para bikers di Indonesia sebegitu besar dan heboh. Hal ini disampaikan kala Iannone dan Rins sedang melakukan kunjungan ke Indonesia dalam event Suzuki Bike Meet Jambore Nasional 2018 yang diadakan di sentul.

Event kali ini merangkul 3.000 bikers dari 63 klub dan komunitas Suzuki yang saling bekerjasama dengan PT.SIS (Suzuki Indomobil Sales). Acara dihelat di Sentul Sirkuit, Bogor daerah Jawa Barat. Yang mana acara pembuka dilakukan dengan iring-iringan yang dipimpin kedua pembalap Team Suzuki Ecstar MotoGP 2018.

Andrea Iannone dan Alex Rins disuguhkan Suzuki GSX-R150. Tak cuma mereka brand ambassador GSX-R150, Hamish Daud sebagai ambasador GSX juga ikut serta di acara ini. GSX dipilih karena mencirikan aura MotoGP.

Tampil dengan model full fairing, GSX-R150 tampilannya memang tampak serupa dengan tunggangan pebalap di arena MotoGP. Lampu depan yang menyudut tajam memberikan kesan yang sangat agresif. Struktur jok pengemudi dan penumpang yang tinggi makin memperkuat kesan ini, karena posisi berkendara jadi menunduk.

Berbekal mesin overbore, DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan kapasitas 150cc dan berkompresi 11,5 : 1 yang sudah dilengkapi teknologi fuel injection yang canggih untuk pembakaran maksimal, GSX-R150 menghasilkan tenaga sebesar 14,1 kw/10.500 rpm dan torsi sebesar 14 nm/9.000 rpm yang tersalurkan dengan kuat melalui transmisi 6 percepatan.

“Saya tidak menyangka kekuatan bikers Suzuki di Indonesia sangat luar biasa seperti ini. Senang sekali saya mendapatkan pengalaman yang sangat beragam dan berbeda bersama rekan balap saya dan ribuan bikers Suzuki,” ungkap Alex Rins.

Kehebohan dari komunitas dan klub terpancar dari acara yang diadakan sejak pagi hari jam 10, sudah dipenuhi oleh ribuan bikers yang berdatangan dari Tanggerang, Cikarang, Cengkareng, Parung dan lain-lain. Bahkan beberapa dari mereka ada yang berangkat ketika matahari belum terbangun dari tidurnya.

Rasa antusiasme total yang diperlihatkan bikers juga dirasakan oleh Andrea Iannone. Ia pun beranggapan antusiasme publik tanah air jadi dorongan luar biasa baginya untuk lebih berprestasi di ajang MotoGP.

“Ini adalah kali pertama bagi saya bisa larut dalam kegembiraan fans Suzuki. Saya sangat menikmati momen hari ini, dan semoga semangat teman-teman bikers Suzuki bisa menambah semangat saya sendiri untuk tampil lebih mengensankan di musim MotoGP 2018 bersama tim saya,” kata Iannone.

Meskipun acara seperti ini bukan yang pertama bagi kedua pembalap. Namun, Iannone mengungkapkan bahwa di Indonesia lebih meriah dari pada Italia dan Spanyol. Lantaran banyak bikers yang ikut serta dalam event ini apalagi pada saat konvoi yang dilakukan sepanjang track Sentul sirkuit.

“Seperti yang Iannone katakan, kami beberapa kali mengadakan acara serupa. Tapi di sini berbeda karena kami (Iannone dan Rins -red) berkendaraan dengan banyak orang. Apabila tahun ini sukses kami ingin mengdakan acara yang lebih besar,:” tambah Alex Rins.

Antusias yang diperlihatkan oleh para bikers dapat menghipnotis Alex Rins dan Andrea Iannone untuk mewujudkan kembali acara serupa di tahun mendatang. Karena selain menjadi wadah berjumpa dengan pembalap luar, hal ini juga menjadi ajang silaturahmi para klub dan komunitas Suzuki

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top