Trending

2015: Tahun Pak Polisi Dan Pak Jokowi Paling Banyak Dipetisi

Semua-semua dipetisi! Idiom setengah bercanda itu memang kerap kali dilontarkan Netizen di Indonesia. Wajar memang karena rasanya 2015 ini ada saja petisi yang beredar di lini masa setiap harinya.

Hal ini juga tercermin dari Change.org platform petisi online yang baru saja merilis infografis perjalanannya di 2015. Dari sisi pengguna terjadi peningkatan yang luar biasa. Ketika awal meluncur di Juni 2012 baru tercatat ada 8000 pengguna. Angka ini meningkat tajam di tahun 2014 hingga mencapai 900 ribu orang. Dan menjadi dua kali lipat lebih di tahun 2015, alias mencapai 1,9 juta orang.

Soal apa yang paling banyak dipetisi? Kategori pertama adalah soal-soal Korupsi yang berhasil mengumpulkan tanda tangan hingga lebih dari 500 ribu. Menyusul kemudian soal lingkungan dan satwa serta soal olah raga. Salah satu kemenangan yang tercatat juga berasal dari kategori ini yaitu perkara “Papa minta saham”.

Hal menarik lainnya adalah mencermati tentang siapa dan apa saja yang paling banyak dipetisikan. Posisi pertama di tempai Polri dengan 400 ribu lebih petisi. Dan disusul oleh Jokowi-JK yang menerima petisi-petisi dengan total jumlah tanda tangan 395 ribu lebih.

Apakah trend pengajuan-pengajuan petisi ini masih akan berlanjut di 2016?

infografis change

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top